cover
Contact Name
Flavia Aurelia Hidajat
Contact Email
jurnaljrpmjjakarta@gmail.com
Phone
+6287712981371
Journal Mail Official
jurnaljrpmjjakarta@gmail.com
Editorial Address
Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
ISSN : 26214768     EISSN : 26214768     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, teaching mathematics, development in mathematics instruction, innovations in mathematics learning, and current trends issue in mathematics education research. This journal will be published four-issue per year in March, June, September, and December published by the Universitas Negeri Jakarta Press. Given that the journal prioritizes research reports in mathematics education, viewpoint articles in the same field will be considered for publication. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various countries in the world that have high-quality on all topics related to current trends issue in mathematics education research to publish in this journal. Submitted papers must be written in English dan Bahasa Indonesia for the initial review stage by editors and further review process by international reviewer
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022" : 8 Documents clear
PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA, DAGANG, DAN MANUFAKTUR DENGAN MATERI PENERIMAAN KAS PADA TINGKAT XII AKL I PROGRAM KEAHLIAN KEUANGAN P asmawati
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.736 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMK Negeri 1 Sumenep. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sumenep yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat 12 siswa (34,3%) dari 35 siswa masih belum mampu mencapai KKM, dan sebanyak 23 (65,7%) siswa kelas XII Akuntansi 2 telah mencapai KKM. Pada siklus II, hasil tes formatif siswa yang kompeten sejumlah 33 (94,3%) dan 2 siswa (5,7%) belum kompeten. Apabila dibandingkan, minat dan perhatian pada pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 60%. Siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X MELALUI KOMIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI SMA NEGERI 1 SINTANG Melinda Rismawati; Marli Hidayat; Anggista Septiani Saputri
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.077 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25084

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis komik pada materi bentuk aljabar untuk meningkatkan kemampuan literasi siwa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar berbasis komik pada materi bentuk aljabar untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. 2) Meningkatkan kemampuan literasi siswa setelah penggunaan bahan ajar berbasis komik. 3) Mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan media bahan ajar berbasis komik pada materi bentuk aljabar untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D. Tempat penelitian di SMAN I Sintang. Penilaian kemampuan literasi matematika siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sintang tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 71,08% pada level kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis. Sedangkan tanggapan guru berdasarkan analisis angket respon guru terdapat nilai rata-rata 75% dengan kriteria interpretasi, Dan tanggapan siswa berdasarkan hasil analisis angket respon siswa terdapat nilai rata-rata 79,75% dengan kriteria interpretasi. Sehingga dapat disimpulakan pengembangan media pembelajaran yang dilakukan dinyatakan layak, menarik dan efektif digunakan dalam pemebelajaran.
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA Atrina Luti; Beni Setiawan; Tetrosa Delila Pentaugus
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.445 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25081

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam penalaran matematis pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas XI IIS Sma Joseph Khatulistiwa. Dari hasil yang sudah diamati oleh peneliti salah satu penyebabnya kesalahan siswa dalam mengerjakan soal tes uraian yaitu kurangnya penalaran matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penalaran matematis siswa dalam mengerjakan soal matematika, untuk menjelaskan hambatan-hambatan penalaran matematis siswa dan untuk mengatasi faktor penghambat penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 9 siswa Sma Joseph Khatulistiwa. Insterumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian sebanyak 3 soal siswa SMA kelas XI IPS. Ada 3 cara uuntuk menganalisis data yaitu dengan mengumpulkan hasil tes uraian. Pengumpulan data dengan cara menghubungkan pengerjaan soal tes penalaran matematis siswa. Untuk mengetahui kesalahan siswa menggunakan materi barisan dan deret aritmatika. Hasil tes penelitian ini akan menggunakan indikator dari penalaran matematis yaitu: (a) menarik sebuah kesimpulan, (b) menentukan pola. Dari hasil tes menunjukan tidak ada siswa yang dapat menjawab denga tepat. Dengan menggunakan indikator pedoman kesalahan Newman, hal ini siswa belum dapat memahami dari suatu soal dan belum dapat berpikir secara logis
Analisis Kemampuan Disposisi Matematis Siswa MAN 1 Sintang Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking Devia Ananda; Fajar Nur Afifah; Nurapni Sopia
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.73 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25086

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan disposisi matematis pada materi barisan dan deret aritmstika yang ditinjau dari kemampuan matematika. Dimana tujuan dari pembelajaran matematika memuat aspek kognitif yang dilihat dari kemampuan pemecahan masalah dan aspek afektif dapat dilihat dari disposisi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan disposisi matematis untuk materi barisan dan deret aritmatika ditinjau dari aspek kemampuan matematika. Tempat pelaksanaan dalam penelitian ini di MAN 1 Sintang dengan subjek penelitian kelas XI.Adapun Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini memakai pendekatan kualitatif.Pengambilan data dilaksanakan dengan langkah memberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah, memberikan angket disposisi matematis, dan melakukan wawancara berdasarkan hasil dari soal tes kemampuan pemecahan masalah oleh masing-masing subjek. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Disposisi matematis siswa secara umum berada pada kriteria baik
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Alvro Mizardi; Melinda Rismawati; R Andy Pranando
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.105 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25088

Abstract

The purpose of this study is to analyze how the ability of the students of SMA Negeri 1 Sungai Tebelian for the academic year 2021/2022, the research subjects were 16 students of class X IPA1 semester 2. The data collected was in the form of data on students' ability tests in mathematical communication in solving problems. or solve problems presented in the form of stories by communicating everyday language into mathematical language. The test questions used to measure students' mathematical communication skills consist of 4 essay questions on a two-variable system of linear equations. The test results were then analyzed based on indicators of mathematical communication skills. The results of this study can provide information to teachers about students' mathematical communication skills so that teachers are expected to be able to design learning activities that can improve students' mathematical communication skills.
Analisis Kesalahan Konseptual dan Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penerapan Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa di SMA Negeri 1 Gunungsari Nurhasanah; Sudi Prayitno; Nurul Hikmah; Sri Subarinah
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.927 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25087

Abstract

The purpose of the research is to identify the conceptual and procedural error of eleventh grade students in solving problems in the Applications of Derivatives of Algebraic Functions based on Cognitive Style. The subjects of this research are eleventh grade students of SMA Negeri 1 Gunungsari. The four selected subjects consist of two field independent students and two field dependent students. This research is included in the type of descriptive qualitative research. Data collection techniques were carried out in three stages, namely the GEFT test, a written test about the description of Mathematics for the application of Algebraic Function Derivatives, and interviews. The result of this study shows that the field independent students committed one conceptual error and four procedural errors with different indicators. Meanwhile the field dependent students committed three conceptual errors and three procedural errors with different indicators. The differences between the field independent and field dependent students error are be able to know based on the error type. The field independent students tend to make procedural errors. Meanwhile the field dependent students tend to make conceptual errors.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022 Nurhadiatun Nufus; Nyoman Sridana; Junaidi; Amrullah
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.699 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25085

Abstract

This study aims to determine the effect of implementing the Think Pair Share cooperative learning model on the mathematical communication skills of eighth grade students of SMP Negeri 21 Mataram in the 2021/2022 academic year. This type of research is a quasi-experimental study with a posttest only nonequivalent control group design. The population in this study were all grade VIII students of SMP Negeri 21 Mataram in the academic year 2021/2022. The samples in this study were grade VIII A and VIII B students who were taken using a cluster random sampling technique. Class VIII A as the experimental class by applying the Think Pair Share type of cooperative learning model while class VIII B as the control class by applying the direct learning model. The instrument used in this study was an observation sheet to see the implementation of the learning model used and a test question in the form of a description of 3 questions to see students' mathematical communication skills. The data analysis technique used is t-test. Based on the results of data analysis, the value of tcount> ttable so that the average post-test results of the experimental class students' mathematical communication skills were better than the average post-test results of the control class's mathematical communication skills, this means that h0 where there is an effect of implementing the cooperative learning model type Think Pair Share on the mathematical communication skills of class VIII SMP Negeri 21 Mataram in the academic year 2021/2022.
Studi Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan The Power of Two Anisyah Isni Muthia; Laila Hayati; Eka Kurniawan; Amrullah
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.4 KB) | DOI: 10.21009/jrpmj.v4i2.25082

Abstract

This study aims to find out the differences in the learning achievements of students who are taught using the Discovery Learning learning model with students who are taught using the Power of Two learning model. This type of research is Quasi Eksperiment. Sampling techniques use Probability Sampling by means of Cluster Random Sampling so that class VIII B is obtained as a Discovery Learning class and class VIII C as the Power of two class. Data collection techniques are carried out by means of obervasi and write tests. The data was analyzed using a normality test, a homogeneity test and an independent sample t test. From the results of the study obtained (i) The average cognitive learning outcome (post-test) of class VIII B students with discovery learning model of 79.22 and the average cognitive learning results (post-test) of class VIII C students with the learning model of the Power of Two of 79.11. (ii) there is no significant difference between a student's mathematical learning achievement after being taught using the Dicovery Learning model and the Power of Two.

Page 1 of 1 | Total Record : 8