cover
Contact Name
Tommy
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285695565558
Journal Mail Official
tommy@admi.or.id
Editorial Address
Perumahan Bumi Dirgantara Permai Blok CL NO 5, Jl. Durian, Jati Asih, Bekasi, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
ISSN : 28290488     EISSN : 28290518     DOI : https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2
Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah multidisiplin sebagai sebuah jurnal ilmiah diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat luas akan kekayaan khazanah keilmuan melingkupi berbagai dimensi kehidupan. Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Teknik, dan Informatika
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin" : 21 Documents clear
PENGARUH KREDIBILITAS DAN MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @SEATODAYNEWS TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PADA FOLLOWERS Dyah Ayu Annisaa Prabowo; Eko Hartanto
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1095

Abstract

Instagram menjadi salah satu media online yang digunakan sebagai sumber informasi pada khalayak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kredibilitas dan motif penggunaa media sosial Instagram @seatodaynews terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner (angket) secara online kepada 400 sampel dan pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling menggunakan rumus Slovin, kemudian data diolah menggunakan aplikasi program SPSS 25. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah kredibilitas, motif penggunaan, dan pemenuhan kebutuhan informasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa kredibilitas dan motif penggunaan berpengaruh secara positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pada followers baik secara parsial maupun simultan.­­­ Pada hasil uji Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan bahwa kredibilitas dan motif penggunaan media sosial Instagram @seatodaynews berkontribusi memberikan pengaruh terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 40,5%.
MANAJEMEN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA Nilam Cahaya; Sukatin; Nadia Febitami; Diky Afrizal; Wahyu Hidayat
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1097

Abstract

Seorang guru atau pendidik dapat digambarkan sebagai pemimpin dalam tindakan (Journey), Seseorang yang memiliki keterampilan dan keahlian yang bertanggung jawab atas kelancaran proses pembelajaran. Perjalanan adalah suatu proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam atau di luar kelas dan mencakup seluruh aktivitas kehidupan. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan karakter siswa. Guru juga diharapkan memiliki karakter yang kuat dan positif untuk membentuk karakter siswa atau anak didiknya dengan baik. Oleh karena itu, peran guru dalam membentuk karakter siswa sangat strategis dan penting dalam proses pendidikan.
STRATEGI PENGEMBANGAN KOLEKSI DIGITAL DI PERPUSTAKAAN BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL Rizkita Salsabila; Yunus Winoto; Nuning Kurniasih
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1101

Abstract

Pengembangan koleksi adalah upaya perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi penggunanya dengan cara meningkatkan kualitas koleksi yang dilakukan melalui serangkaian proses. Pada pelaksanaannya, pengembangan koleksi memerlukan adaptasi dan relevansi dengan teknologi yang terus berkembang. Maka dari itu, perpustakaan sejatinya membutuhkan strategi yang tepat dalam upaya mereka untuk memperkaya koleksi yang dimiliki dan menyesuaikannya dengan kebutuhan, permintaan, serta selera penggunanya. Sehubungan dengan hal tersebut, Perpustakaan Badan Riset dan Inovasi Nasional yang berada di bawah naungan lembaga Badan Riset dan Inovasi Nasional mulai berinovasi dengan mengembangkan koleksi dalam bentuk digital dan menerapkan strategi tertentu dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan menunjang kegiatan penelitian sesuai dengan fungsinya sebagai perpustakaan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pengembangan koleksi digital dan strategi yang paling tepat untuk mengembangkan koleksi digital bagi Perpustakaan BRIN. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, serta wawancara dengan dua koordinator layanan kepustakaan kawasan, dan satu peneliti sebagai pengguna prepustakaan BRIN. Hasil dari pada penelitian ini menunjukkan strategi yang diterapkan perpustakaan BRIN untuk mengembangkan koleksi digitalnya, diantaranya adalah melakukan analisis kebutuhan, menciptakan database digital, melakukan interlibrary loan, dan melakukan evaluasi koleksi.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DI SEKOLAH ALAM CIKEAS Putri Amanda Faizal; Eko Hartanto
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1109

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara guru dengan anak berkebutuhan khusus dalam membangun kemampuan berkomunikasi di Sekolah Alam Cikeas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan paradigma konstruktivisme dan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal dan teori pembelajaran sosial. Sumber data penelitian ini didapatkan melalui observasi di lapangan,wawancara dengan informan dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses komunikasi interpersonal antara guru dengan anak berkebutuhan khusus melakukan komunikasi yang berbeda-beda dengan kondisi yang dimiliki anak berkebutuhan khusus seperti komunikasi verbal, non verbal dan juga komunikasi total. Adapun hambatan komunikasi antara guru dengan anak berkebutuhan khusus dalam membangun kemampuan berkomunikasi di Sekolah Alam Cikeas sering terjadi pada anak berkebutuhan khusus dengan berbagai konidisi yang dialami anak berkebutuhan khusus. Komunikasi Interpersonal yang digunakan antara Guru dengan Anak Berkebutuhan khusus diharapkan kedepannya akan semakin berkembang, serta anak berkebutuhan khusus memiliki kemampuan berkomunikasi
PENERAPAN EMOTIONAL BRANDING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN PADA PERPUSTAKAAN DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN Sally Amanda; Encang Saepudin; Rully Khairul Anwar
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1117

Abstract

Perpustakaan DJA merupakan salah satu perpustakaan khusus yang terdampak pandemi. Setelah pandemi berakhir Perpustakaan DJA menerapkan konsep emotional branding pada layanannya dengan tujuan untuk menarik minat pemustaka sehingga dapat meningkatkan kembali pemanfaatan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran mengenai implementasi emotional branding pada Perpustakaan DJA melalui pilar hubungan dan pilar pengalaman pancaindra. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan Perpustakaan DJA mengimplementasikan dua pilar emotional branding, yaitu pilar hubungan dan pengalaman pancaindra. Implementasi pilar hubungan dilakukan dengan memahami pemustaka melalui pembuatan formulir dan selalu berkomunikasi dengan pemustaka. Selain itu, dalam mengimplementasikan pilar hubungan juga dilakukan dengan cara membangun hubungan dengan pemustaka yaitu dengan memberikan layanan yang cepat, tepat guna, tepat sasaran, maksimal dan berkelanjutan. Pilar pengalaman pancaindra pada Perpustakaan DJA difokuskan pada pengalaman visual dan pengalaman peraba. Pengalaman visual diberikan melalui desain ruangan perpustakaan yang menarik sedangkan pengalaman peraba diberikan melalui beragam tekstur yang bisa didapat di Perpustakaan DJA. Kesimpulan yang didapat adalah Perpustakaan DJA sudah mengimplementasikan emotional branding dengan cukup baik. Namun, agar dapat meningkatkan pemanfaatan perpustakaan dengan lebih optimal, Perpustakaan DJA harus terus meningkatkan lagi pelayanannya dan menambah variasi layanan yang lebih menarik.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. RAYA AZURA PERSADA JAKARTA SELATAN Agustina Mogi; Krida Puji Rahayu; Siti Aesah
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Raya Azura Persada baik secara Parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan merupakan penelitian populasi. Subjek penelitian ini adalah semua karyawan kantor dengan jumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dari hasil uji t > t tabel yaitu 2,613 > 1,703, Motivasi berpengaruh terhadap kinerja dengan t hit > t tabel yaitu 6,397 > 1,703 dan Lingkungan kerja dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan F hit > F tabel yaitu 58,234 > 3,35. Koefisien determinasi sebesar 79,8 %,hal ini berarti Kinerja karyawan dipengaruhi oleh Lingkungan kerja fisik dan motivasi sebesar 79,8% sedangkan sisanya yaitu 20,2 % Kinerja Karyawan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA MANAJER DAN ARTIS DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK KUTIPAN-X Adelina Frisila; Eko Hartanto
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1125

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang terjadi antara manajer dan artis dalam mengembangkan kreativitas pada media sosial TikTok Kutipan -X. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Pada saat COVID-19 berlangsung, TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer dimanfaatkan semua kalangan masyarakat untuk berkreativitas. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori belajar sosial Albert Bandura, yang menyatakan bahwa teori Bandura berdasarkan pada 4 proses modeling yaitu, perhatian, representasi, produksi perilaku, dan motivasi. Pada teori ini dapat menampilkan bagaimana mengembangkan kreativitas sesuai dengan proses yang sesuai dengan teori yang sudah disebutkan. Hasil penelitian ini menampilkan efektivitas komunikasi interpersonal yang terjadi antara manajer dan artis dalam mengembangkan kreativitas kemudian melakukan analisis berdasarkan proses modeling belajar sosial Albert Bandura. Komunikasi interpersonal yang diciptakan antara manajer dan artis sudah berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan untuk Media Kreatif Kutipan X dan kedepannya akan semakin berkembang, serta memiliki dampak positif dalam penggunaan media sosial khususnya TikTok.
PENGARUH PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PADA PT. XYZ Suwardi Suwardi
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1130

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program kesejahteraan terhadap semangat kerja karyawan pada PT. Supratama Aneka Industri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu program kesejahteraan dan variabel terikat yaitu semangat kerja. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda, uji t (parsial) dan uji F (stimultan). Data tersebut dianalisis dengan menggunakan program Statistical Package For Social Science (SPSS versi 20). Berdasarkan hasil analisis terbukti bahwa secara parsial program kesejahteraan berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja karyawan pada PT. Supratama Aneka Industri dan secara stimultan program kesejahteraan bersifat ekonomis dan program kesejahteraan bersifat fasilitatif secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap semangat kerja.
PENENTUAN NILAI WAJAR SAHAM PADA PT. SEMEN INDONESIA (Persero) TBK MENGGUNAKAN METODE GORDON GROWTH MODEL Kartika Sukmawati; Dyah Puspitasari
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1131

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan nilai harga wajar saham pada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2021 dengan menggunakan metode Gordon Growth Model sehingga dapat membandingkan dengan harga pasar saham tersebut dan mengetahui harga wajar saham bersifat undervalued atau overvalued. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang telah diolah dan dipublikasikan berupa Laporan Keuangan tahunan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dari tahun 2017-2021. Adapun data yang diperoleh berasal dari www.idx.co.id, www.idnfinancial.co.id, www.bi.go.id, www.id.investing.com, www.sig.co.id, dan www.damodaran.com. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa harga pasar saham PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk sebesar Rp.7.300 per lembar saham, sedangkan harga wajarnya sebesar Rp.2.201 per lembar saham. Maka dapat disimpulkan bahwa harga saham PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk bersifat overvalued.
ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENJADI PESERTA ASURANSI SYARIAH SERTA PERSEPSI MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI MASYARAKAT JABODETABEK) Siti Aisyah; Zahrani Fendiana; Stevani Adinda Nurul Huda; Nur Azifah
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v3i01.1132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemahaman dan keyakinan mempengaruhi minat masyarakat terhadap asuransi syariah, dan bagaimana persepsi masyarakat dalam hal ini berperan sebagai variabel yang memediasi hubungan antara pemahaman, keyakinan dan minat. Penelitian ini dilakukan dengan fokus pada masyarakat di wilayah Jabodetabek. Metode analisis penelitian ini menggunakan data kuantitatif primer, dengan tahapan pengujian yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji r-square, dan uji hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, data yang valid terkumpul sebanyak 121 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan teknik slovin. Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks asuransi syariah, pemahaman tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi masyarakat. Namun, pemahaman berpengaruh terhadap minat masyarakat terhadap asuransi syariah. Selanjutnya, kepercayaan mempengaruhi persepsi masyarakat dan berperan penting dalam membentuk minat masyarakat terhadap asuransi syariah. Selain itu, persepsi masyarakat memiliki pengaruh langsung terhadap minat masyarakat terhadap asuransi syariah. Namun, variabel pemahaman tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat melalui persepsi. Sebaliknya, kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat melalui persepsi.

Page 1 of 3 | Total Record : 21