cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 28290011     EISSN : 28288858     DOI : https://doi.org/10.55784/jueb
Core Subject : Economy,
JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis menerbitkan artikel ilmiah bidang ekonomi dan bisnis, manajemen, serta akutansi, berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit tiap bulan Maret, Juni, September dan Desember
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis" : 12 Documents clear
Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan Di Keluarahan Sudian Raya Kota Makassar Ibadurrahman Ibadurrahman; Abdul Hafid
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.288 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i2.91

Abstract

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal yang mutlak akan dihadapi oleh setiap pelaku usaha, oleh karena itu, pelaku usaha perlu merancang strategi yang tepat untuk menari minat pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan. Harga, cita rasa dan kemasan dari suatu produk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, cita rasa dan kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen minuman ringan di Kelurahan Sudiang Raya Kota Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen kedai minuman ringan yang ada pada RT 004/RW 001 dimana jumlah konsumen dalam sehari rata-rata 23 orang sehingga konsumen secara keseluruhannya 368 orang per hari. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling (15% dari populasi) yakni 55 konsumen. Penelitian menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga, cita rasa dan kemasan produk secara simultan memiliki pengaruh kuat dan searah terhadap keputusan pembelian konsumen pada minuman ringan. Harga dan cita rasa secara parsial memiliki pengaruh kuat dan searah sedangkan Konsumen.
Pengaruh Profesionalisme, Integritas, Pengalaman Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas: Tanggung Jawab Auditor Sebagai Pemoderasi Kurnia Krisna Hari; Hasan Zen
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.149 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i2.92

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pengaruh Profesionalisme Auditor, Integritas Auditor, dan Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan dengan Tanggung Jawab Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan di Kota Palembang). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang tersebar di KAP dan BPK RI Palembang sebanyak 62 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan survei. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa profesionalisme auditor dan pengalaman auditor tidak mempengaruhi pertimbangan tingkat materialitas, integritas auditor mempengaruhi pertimbangan tingkat materialitas. Kemudian tanggung jawab auditor memoderasi profesionalisme auditor dan pengalaman auditor secara pure moderator terhadap pertimbangan tingkat materialitas, sementara tanggung jawab auditor memoderasi integritas auditor secara ekuasi moderator terhadap pertimbangan tingkat materialitas.
Membentuk Kepercayaan Konsumen Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Walter Tabelessy; Erlinda Tehuayo; Richelda Christiara Loppies
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.487 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i2.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kesadaran merek dan citra merek untuk membentuk kepercayaan merek dan dampaknya terhadap peningkatan keputusan pembelian Biskuit Khong Guan di Kota Ambon. Populasi dalam penelitian ini masyarakat Kota Ambon yang pernah membeli dan mengonsumsi biskuit Khong Guan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Kuesioner sebagai alat pengumpul data dan non probabilty sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Pengaruh Ekspektasi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas (Studi Kasus Pada Pelanggan Internet PT. Telkom Cabang Bima) Islahulkhair Islahulkhair; Muhajirin Muhajirin
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.049 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Ekspektasi terhadap Loyalitas Pelanggan; (2) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) pengaruh Ekspektasi dan Kepuasan pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh pelanggan yang menggunakan internet pada PT. Telkom Cabang Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 sampel pelanggan PT. Telkom Cabang Bima. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Dalam penelitian ini memanfaatkan SPSS 23 untuk melakukan Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh Ekspektasi terhadap Loyalitas Pelanggan; (2) terdapat pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) terdapat pengaruh Ekspektasi dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Analisis Loyalitas Pelanggan Pada Skincare Wardah Dikota Bima Nabila Putri Sakinah; Ismunandar Ismunandar
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.488 KB)

Abstract

Satisfying consumer needs is the dream of every company. Apart from being an important factor for the survival of the company, meeting consumer needs can increase its superiority in the competition. Consumers who are satisfied with the quality and price of the product tend to repurchase the product and reuse the product when the same need reappears in the future. This study aims to determine the analysis of customer loyalty on skincare wardah in the city of Bima. This research uses a quantitative approach with a survey method, while this type of research includes descriptive research. The population in this study were customers who used Wardah skincare, the number of samples taken in this study were 96 respondents. The sample used in this study was accidental. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale. Data analysis used validity test, reliability test, and on sample test. To test the independent variables using SPSS (Statistical Service Product Solutions) version 23.00. Research results Based on the results of the one sample t-test at Skincare Wardah City of Bima it is said to be good because it is more than 70%, which means that Customer Loyalty to Skincare Wardah City of Bima is in accordance with consumer desires.
Dampak Rasio Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Kelapa Sawit Selama Pandemi Ambardi Ambardi; Aziz Adiprawir; Adi Musharianto
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.622 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Return Saham sub sektor kelapa sawit pada masa pandemi periode kuartal pertama 2020 sampai dengan kuartal pertama 2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah bersifat asosiatif kuantitatif menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan Perusahaan Sub Sektor Kelapa Sawit yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisa data menggunakan teknik uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t), dan uji koefisien determinasi dengan variabel X1 Return On Asset (ROA), variabel X2 Return On Equity (ROE), variabel X3 Net Profit Margin (NPM) dan variabel Y Return Saham. Pengujian dilakukan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan ROA berpengaruh signifikan terhadap Return Saham secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Sedangkan ROE berpengaruh signifikan terhadap Return Saham secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,046 < 0,05. Dan NPM tidak berpengaruh terhadap Return Saham secara parsial dengan nilai signifikansi sebesar 0,084 > 0,05.
Analisis Pengaruh Lingkungan Usaha Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Binaan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Maluku Ferdy Leuhery
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.265 KB)

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan dan motivasi teradap pelaku usaha mikro kecil dan menengah binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku. sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 UMKM. Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil penilitian didapatkan hasil secara parsial dan simultan lingkungan dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pelaku usaha mikro kecil dan menengah binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku.
Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri 11 Ambon Maluku Rachma Atamimi; Pieter Rehata; Rafiah Amalia
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.21 KB)

Abstract

The aim of the researcher was to determine the influence of locus of control on teachers through job satisfaction. This study uses a descriptive-analytic method whose aim is to obtain an overview of the locus of control on teacher performance through job satisfaction at SMA Negeri 11 Ambon teachers. The source used is primary data, namely data obtained directly from the object of research at SMA Negeri 11 Ambon. Based on the data obtained, conclusions can be drawn, namely, locus of control has an effect on teacher performance, there is a positive and significant influence on job satisfaction on teacher performance, and locus of control has a significant effect on teacher performance through job satisfaction
Analisis Perbandingan Brand Equty Dan Strategi Promosi Pada Produk Smartphone Samsung Dengan Oppo Rizal Angga Setiawan; Muhajirin Muhajirin
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.312 KB)

Abstract

In the very rapid development of the business world, many companies or entrepreneurs want their products to be known and liked by consumers. Especially in the development of smartphones that are so fast in technology. The use of smartphones in society is very broad, where almost every place exists and has become a necessity, because smartphones can support communication between humans. Among people, the top smartphone brands are Samsung Smartphones and Oppo Smartphones. The purpose of this research is to determine the difference between Brand Equity and Promotional Strategy on Samsung Smartphones and Oppo Smartphones. The sample used is purposive sampling technique and data collection is done quantitatively method. The analytical tool used is the T-test Differential Test with 100 respondents. From the results of the analysis obtained is a comparative analysis of brand equity for Samsung Smartphones and Oppo Smartphones, which are known to have significant differences. And the Samsung Smartphone Marketing Strategy and Oppo Smartphones are known to have no significant differences.
Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Ms Glow Di Kota Bima Yuni Anggriani; Ismunandar Ismunandar
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.298 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness dan Perceived Quality terhadap Repurchase Intention. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan yang membeli atau menggunakan ms glow di wilayah kota bima dengan ukuran sampel 50 responden berdasarkan metode angket. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengukur 11 indikator. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa variabel brand awareness(X1) berpengaruh terhadap Repurchase Intention(Y) pada produk ms glow dikota bima, Perceived quality(X2) berpengaruh terhadap repurchase intention(Y) pada produk ms glow dikota bima dan Brand awareness(X1) dan Perceived quality(X2) berpengaruh terhadap repurchase intention(Y) pada produk ms glow di kota bima.

Page 1 of 2 | Total Record : 12