cover
Contact Name
Muh. Nasir
Contact Email
perahubima@gmail.com
Phone
+6285253506723
Journal Mail Official
perahubima@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pemuda No. 65 RT.003 RW.001 Kel. Penataoi Kec. Mpunda, Kota Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 28290011     EISSN : 28288858     DOI : https://doi.org/10.55784/jueb
Core Subject : Economy,
JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis menerbitkan artikel ilmiah bidang ekonomi dan bisnis, manajemen, serta akutansi, berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit tiap bulan Maret, Juni, September dan Desember
Articles 82 Documents
Pengaruh Kesejahteraan Terhadap Motivasi Mengajar Guru Pada SMPN 11 Kota Bima Sitaman Sitaman
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.426 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i1.55

Abstract

Penelitian ini beruujuan untuk mengetahui pengaruh kesejahtraan terhadap motivasi mengajar guru pada SMPN 11 Kota Bima. Rancangan penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Alat analisis data yang digunakan adalah analisa regresi linier sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru pada SMPN 11 Kota Bima sebanyak 45 orang. Hasil penelitian, didapatkan bahwa kesejahtraan berpengaruh signifikan terhadap motivasi guru pada SMPN 11 Kota Bima yang ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel (20,499>1,6775).
Pengaruh Tunjangan Pegawai Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Bima Burhanuddin Burhanuddin; Arsad Arsad
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.448 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i1.56

Abstract

Penelitian ini beruujuan untuk mengetahui pengaruh tunjangan pegawai terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner Alat analisis data yang digunakan adalah regresi liner sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 orang. Hasil penelitian, didapatkan bahwa  terdapat pengaruh tunjangan pegawai terhadap prestasi kerja pegawai pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima, hal tersebut ditunjukkan oleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,519>2,000). Nilai koefisien korelasi sebesar 0,267. sedangkan besarnya pengaruh tunjangan pegawai terhadap prestasi kerja pegawai ditunjukkan dengan hasil koefisien diterminasi (r2) sebesar 0,267 atau 26,7%.
Analisis Perbandingan Kinerja Guru PNS Dengan Guru Honorer Pada SMAN 2 Woha Kabupaten Bima Ahmad Sandi; Ahmad Yani
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.425 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i1.57

Abstract

Penelitian ini beruujuan untuk mengetahui perbedaan Kinerja Guru PNS Dengan Guru Honorer Pada SMAN 2 Woha Kabupaten Bima. Rancangan penelitian ini adalah penelitian komparatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah analisa analisis statistic dengan rumus t-test varian. Hasil penelitian, didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kinerja Guru PNS Dengan Guru Honorer Pada SMAN 2 Woha Kabupaten Bima yang ditunjukkan oleh nilai nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (0,012<2,000).
Perbandingan Etos Kerja Guru Pada SMPN 3 Kota Bima Dan SMPN 5 Kota Bima Wahyuni Wahyuni; Sitaman Sitaman
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.394 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i1.58

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan Etos Kerja Guru pada  SMPN 3 Kota Bima dan SMPN 5 Kota Bima. Rancangan penelitian ini adalah penelitian komparatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Untuk menganalisis digunakan teknik analisis statistik dengan rumus  t-test Saparated varian, karena variannya tidak homogen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah untuk X1 sebanyak 79 orang dan X2 sebanyak 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terdapat perbedaan Etos Kerja antara Guru pada  SMPN 3 Kota Bima dengan SMPN 5 Kota Bima, karena nilai thitung lebih kecil dari pada ttabel (thitung<tabel) yaitu (0,01226<1,960). Etos Kerja Guru SMPN 3 Kota Bima  memiliki nilai total skor 3657 dari skor ideal sebesar 4740 dengan rata-rata skor sebesar 0,772 atau 77,2% berada pada interval 2845–3792 dengan katogori cukup tinggi. Sedangkan Etos Kerja Guru SMPN 5 Kota Bima  memiliki total skor 2079 dari skor ideal sebesar 270 dengan rata-rata skor sebesar 0,770 atau 77,0% berada pada interval  1621–2160 dengan kategori cukup tinggi.
Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi Pada Koperasi Bina Usaha Kecamatan Raba Kota Bima Arsad Arsad; Mukhlis Mukhlis
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.853 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i1.59

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi pada Koperasi Bina Usaha Kecamatan Raba Kota Bima. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu mencari pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Adapun variabel bebas adalah Pengaruh Tingkat Kesejahtaraan Anggota  (X) dan variabel terikat adalah. Keberhasilan Koperasi (Y).Instrumen penelitian menggunakan kuisioner dengan skala likert. Jumlah populasi 103 orang, dan sample sebanyak 38 orang anggota. Teknik penentuan sampel adalah simple random sampling (setiap populasi memiliki peluang yang sama untuk menjadi sampel). Hasil penelitian, menunjukan bahwa terdapat  pengaruh yang signifikan antara interaksi tingkat kesejahteraan anggota dengan keberhasilan koperasi Pada Koperasi Bina Usaha Kecamatan Raba Kota Bima, karena nilai thitung>ttabel (5,606>2,402).
Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan Di Keluarahan Sudian Raya Kota Makassar Ibadurrahman Ibadurrahman; Abdul Hafid
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.288 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i2.91

Abstract

Dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal yang mutlak akan dihadapi oleh setiap pelaku usaha, oleh karena itu, pelaku usaha perlu merancang strategi yang tepat untuk menari minat pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan. Harga, cita rasa dan kemasan dari suatu produk merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, cita rasa dan kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen minuman ringan di Kelurahan Sudiang Raya Kota Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen kedai minuman ringan yang ada pada RT 004/RW 001 dimana jumlah konsumen dalam sehari rata-rata 23 orang sehingga konsumen secara keseluruhannya 368 orang per hari. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling (15% dari populasi) yakni 55 konsumen. Penelitian menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga, cita rasa dan kemasan produk secara simultan memiliki pengaruh kuat dan searah terhadap keputusan pembelian konsumen pada minuman ringan. Harga dan cita rasa secara parsial memiliki pengaruh kuat dan searah sedangkan Konsumen.
Pengaruh Profesionalisme, Integritas, Pengalaman Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas: Tanggung Jawab Auditor Sebagai Pemoderasi Kurnia Krisna Hari; Hasan Zen
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.149 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i2.92

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pengaruh Profesionalisme Auditor, Integritas Auditor, dan Pengalaman Auditor terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Pemeriksaan Laporan Keuangan dengan Tanggung Jawab Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Kantor Akuntan Publik dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan di Kota Palembang). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang tersebar di KAP dan BPK RI Palembang sebanyak 62 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, kuesioner, dan survei. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa profesionalisme auditor dan pengalaman auditor tidak mempengaruhi pertimbangan tingkat materialitas, integritas auditor mempengaruhi pertimbangan tingkat materialitas. Kemudian tanggung jawab auditor memoderasi profesionalisme auditor dan pengalaman auditor secara pure moderator terhadap pertimbangan tingkat materialitas, sementara tanggung jawab auditor memoderasi integritas auditor secara ekuasi moderator terhadap pertimbangan tingkat materialitas.
Membentuk Kepercayaan Konsumen Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian Walter Tabelessy; Erlinda Tehuayo; Richelda Christiara Loppies
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.487 KB) | DOI: 10.55784/jueb.v1i2.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kesadaran merek dan citra merek untuk membentuk kepercayaan merek dan dampaknya terhadap peningkatan keputusan pembelian Biskuit Khong Guan di Kota Ambon. Populasi dalam penelitian ini masyarakat Kota Ambon yang pernah membeli dan mengonsumsi biskuit Khong Guan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Kuesioner sebagai alat pengumpul data dan non probabilty sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa semua hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Pengaruh Ekspektasi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas (Studi Kasus Pada Pelanggan Internet PT. Telkom Cabang Bima) Islahulkhair Islahulkhair; Muhajirin Muhajirin
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.049 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Ekspektasi terhadap Loyalitas Pelanggan; (2) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) pengaruh Ekspektasi dan Kepuasan pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Pada penelitian ini populasinya adalah seluruh pelanggan yang menggunakan internet pada PT. Telkom Cabang Bima yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 sampel pelanggan PT. Telkom Cabang Bima. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Dalam penelitian ini memanfaatkan SPSS 23 untuk melakukan Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat pengaruh Ekspektasi terhadap Loyalitas Pelanggan; (2) terdapat pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) terdapat pengaruh Ekspektasi dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan.
Analisis Loyalitas Pelanggan Pada Skincare Wardah Dikota Bima Nabila Putri Sakinah; Ismunandar Ismunandar
JUEB : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 2 (2022): JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Yayasan Jompa Research and Development

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.488 KB)

Abstract

Satisfying consumer needs is the dream of every company. Apart from being an important factor for the survival of the company, meeting consumer needs can increase its superiority in the competition. Consumers who are satisfied with the quality and price of the product tend to repurchase the product and reuse the product when the same need reappears in the future. This study aims to determine the analysis of customer loyalty on skincare wardah in the city of Bima. This research uses a quantitative approach with a survey method, while this type of research includes descriptive research. The population in this study were customers who used Wardah skincare, the number of samples taken in this study were 96 respondents. The sample used in this study was accidental. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale. Data analysis used validity test, reliability test, and on sample test. To test the independent variables using SPSS (Statistical Service Product Solutions) version 23.00. Research results Based on the results of the one sample t-test at Skincare Wardah City of Bima it is said to be good because it is more than 70%, which means that Customer Loyalty to Skincare Wardah City of Bima is in accordance with consumer desires.