cover
Contact Name
Andi Hamzah Fansury
Contact Email
andyfansury@gmail.com
Phone
+6285255265759
Journal Mail Official
embriopendidikan@journalfkipuniversitasbosowa.org
Editorial Address
Jalan Urip Sumoharjo Km 4 Kampus 2 Lantai 5 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Published by Universitas Bosowa
ISSN : 2528357X     EISSN : 29618495     DOI : https://doi.org/10.52208/embrio
Core Subject : Education, Social,
Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak 2019. Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar menerbitkan karya ilmiah tentang hasil studi dan tinjauan literatur di bidang pendidikan, dan pengajaran ditingkat pendidikan dasar. Konteks jurnal ini menerbitkan artikel profesional atau konseptual, dan artikel penelitian yang dibentuk pada studi kualitatif dan kuantitatif di bidang cakupan berikut: Pendidikan Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar Kebijakan Pendidikan Pengembangan Kurikulum dan Materi TIK dalam Pendidikan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar" : 7 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BATULACCU KOTA MAKASSAR Febrien Victhory H.P Lema; Muhammad Yunus; Soma Salim S
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.112 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i1.185

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Batulaccu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran koopertif tipe STAD. Subjek penelitian sebanyak 37 siswa kelas IV SD Negeri Batulaccu. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan rumus rata- rata dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dilihat berdasarkan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa dari siklus I yaitu 34,72 % dengan kriteria kurang aktif dan siklus II yaitu 84,03 % dengan kriteria sangat aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Batulaccu.
PENGEMBANGAN APLIKASI RESPONSIBLE APP BERBASIS E-LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR Iin Muthiah K; Muhammad Yunus; Jaja Jamaluddin
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.833 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i1.186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Aplikasi Responsible App Berbasis E-Learning sebagai Penunjang Pembelajaran Daring bagi guru dan siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall dimulai dari tahap pengumpulan informasi sampai dengan revisi produk akhir berupa aplikasi Responsible App. Sampel penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 51 orang. Prosedur pengembangan produk diawali dengan studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi, revisi, uji coba terbatas, revisi produk operasional, uji coba operasional hingga revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi yang dianalisis dengan analisis data persentase dan kriteria kevalidan, kepraktisan serta keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi Responsible App berbasis E-Learning dapat digunakan sebagai Penunjang Pembelajaran Daring siswa di Sekolah Dasar berdasarkan hasil validasi senilai 1,00 pada kriteria sangat valid. Hasil dari uji kepraktisan dan uji keefektifan produk yang masing-masing memiliki persentase sebesar 91,23% dan 93,60% pada kriteria sangat praktis dan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan aplikasi Responsible App layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran daring siswa di Sekolah Dasar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI BONE-BONE KAB. MAMUJU Nurmahdimin Nurmahdimin; Andi Hamsiah; A. Vivit Angreani
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.993 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i1.187

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negei Bone-Bone Mamuju. Penelitian ini meruapakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bone-Bone yang berjumlah 21orang. Sumber data yang diperoleh dari siswa kelas V SD Negeri Bone-Bone dengan fokus penelitian tes keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VSD Negeri Bone-Bone Kabupaten Mamuju, yaitu: (1) tempat dan peristiwa,(2) informan, dan (3) dokumen. Tempat dan peristiwa dalam penelitian ini yaknikegiatan pembelajaran keterampilan berbicara dalam mata pelajaran BahasaIndonesia pada siswa kelas V SD Negeri Bone-Bone Mamuju. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri Bone-Bone Mamuju. Dokumen yang digunakan berupa rekaman aktivitas komunikatif pembelajaran keterampilan berbicara, instrument paragraf, rancangan pedoman pembelajaran yang dibuat peneliti dan guru, dan silabus yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu: (1) teknik wawancara; (2) observasi; (3) tes; dan (4) dokemenasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan bebicara siswa kelas SD Negeri Bone-Bone Mamuju. Hal tersebut terefleksi sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat dari: minat dan motivasi belajar berbicara siswa meningkat, perhatian siswa lebih fokus untuk mengikuti proses pembelajaran keterampilan berbicara, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran kelompok berlangsung, (2) terdapat peningkatan kualitas hasil pembelajaran keterampilan berbicara. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rerata siswa dan jumlah siswa yang berhasil mencapai standar ketuntasan belajar yang ditentukan oleh pihak sekolah sebesar 70 yaitu: pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 64,29 dan 21 siswa berhasil mencapai standar ketuntasan belajar; pada siklus II, nilai rerata siswa sebesar 81,90 dinyatakan berhasil mencapai standar ketuntasan belajar.
STUDI DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DARING PADA BIDANG STUDI BAHASA INDONESIA DI KELAS IIA SD INPRES LANRAKI 1 KOTA MAKASSAR Junita Lambi; Syahriah Madjid; Nursamsilis Lutfin
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.009 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i1.188

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia serta hambatan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIA dan siswa kelas IIA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia serta hambatan pembelajaran dimana dalam pelaksanaannya guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan menggunakan media serta metode pembelajaran, namun adapun hambatan dalam pembelajaran yaitu bagi siswa yang sulit memahami materi pelajaran dan bagi guru yang mengalami kesulitan mengimplementasikan pembelajaran daring terutama bidang studi bahasa indonesia di kelas IIA. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada bidang studi bahasa indonesia, nilai yang diperoleh siswa kelas IIA pada bidang studi bahasa indonesia menunjukkan bahwa siswa kelas IIA dapat dikatakan tuntas karena semua siswa telah mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan yaitu 75.
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD INPRES LANRAKI 1 KOTA MAKASSAR Enjelin Sinar; Sundari Hamid; Abdul Rahman Pillang
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.106 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i1.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik di Kelas IV SD Inpres Lanraki I Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik, orang tua dan guru. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan penerapan pendidikan karakter meliputi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik. Proses pelaksanaannya guru menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, diskusi dan penugasan. Pada pembelajaran tematik pada tema 1, nilai karakter yang dikembangkan oleh guru ada empat yaitu religius, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab. Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendidikan karakter adalah faktor dari diri sendiri guru, keadaan sekarang yaitu belajar secara daring dan dukungan orang tua.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN NO. 37 PATANI II KABUPATEN TAKALAR Annisa Dwi Putri; Sundari Hamid; Soma Salim S
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.1 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i1.190

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN NO. 37 PATANI II Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental serta desain penelitian adalah penelitian jenis One- Group Pretes-Posttest Design. Populasi dalam penelitian inia adalah seluruh siswa kelas III SDN NO. 37 PATANI II dan sampel penelitian ini menggunakan sampling jenuh atau sampel total keseluruhan populasi karena jumlahnya kurang dari 100 yaitu siswa kelas III yang berjumlah 17 orang. Proses pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yaitu tes uji tertulis pilihan ganda dan observasi. Tes yang dilakukan sebanyak dua yaitu menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Adapun teknik analisis data yang dilakukan adalah Uji Independen Sampel T Tes analisis berbantuan spss 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas III mengalami peningkatan. Dengan demikian, model pembelajaran interaktif dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 68 PINRANG Novieser Parombean; Asdar Asdar; Tismi Dipalaya
EMBRIO PENDIDIKAN: JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 6 No 1 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Lembaga Jurnal FKIP Universitas Bosowa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.001 KB) | DOI: 10.52208/embrio.v6i1.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V UPT SD Negeri 68 Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan uji regresi linear.Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi rxy 0,556 adalah positif dan lebih besar dari rtabel 0,396 (rhitung > rtabel) artinya minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Dari uji t yang dilakukan dihasilkan lebih besar thitung dari ttabel yaitu thitung sebesar 3,277 dan ttabel (db=24), sebesar 1,711 taraf signifikan 5%, jadi thitung ˃ ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dari pengujian hipotesis terbukti bahwa “Ada hubungan antara minat belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V UPT SD Negeri 68 Pinrang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7