cover
Contact Name
Muhammad Iqbal
Contact Email
jap.puslatbangkmp@gmail.com
Phone
+6282187708520
Journal Mail Official
jap.puslatbangkmp@gmail.com
Editorial Address
Jln. Raya Baruga No. 48 Antang Makassar 90234 Telp.: (0411) 490101 Fax.: (0411) 490107
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Administrasi Publik
ISSN : 18582186     EISSN : 2621251X     DOI : https://doi.org/10.52316/jap.v18i1
Core Subject : Social,
Jurnal Administrasi Publik adalah jurnal ilmiah berkala di bidang administrasi negara yang diterbitkan dua kali setahun oleh Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara RI Sejak tahun 1995, merupakan produk hasil kajian, penelitian, maupun pemikiran kritis terhadap isu-isu di bidang administrasi publik misalnya mengenai kebijakan publik, manajemen publik, desentralisasi, otonomi daerah, pelayanan publik,kelembagaan pemerintah dan sumberdaya aparatur.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN" : 7 Documents clear
INOVASI SIDUKUN 3 IN 1 DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI DKI JAKARTA Moris Pricahyadi; Rahmah Wijayanti; Novriza; Betria Eriani
Jurnal Administrasi Publik Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (17366.03 KB) | DOI: 10.52316/jap.v15i1.8

Abstract

Karya tulis ini merupakan hasil penelitian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta yang membuat inovasi kebijakan dalam rangka mempermudah dan mempercepat layanan penerbitan Nomor Induk Kependudukan, Akta Kelahiran bayi yang baru lahir di RSUD, dan Kartu Keluarga, serta Pengiriman data kepesertaan BPJS bayi baru lahir, melalui program “SIDUKUN 3 in 1 di RSUD (Sistem Integrasi Layanan Kependudukan 3 in 1 di Rumah Sakit Umum Daerah). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari model implementasi George C. Edwards III, program inovasi SIDUKUN 3 In 1 memang berjalan dengan baik karena keempat aspek yang meliputi struktur birokrasi, disposisi, sumber daya, dan juga komunikasi berjalan beriringan. Dalam rangka keberlanjutan dari program ini juga masih membutuhkan perhatian khusus pada beberapa hal dalam proses implementasi inovasi kebijakan yang berkelanjutan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA PEGAWAI PADA PEMERINTAH DAERAH PROVINSI GORONTALO Anis Naki
Jurnal Administrasi Publik Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11495.074 KB) | DOI: 10.52316/jap.v15i1.12

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan, budaya organisasi, serta pengaruhnya terhadap motivasi kerja dan kinerja pegawai pada Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo yang meliputi: (1) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap budaya organisasi, (2) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja pegawai, (3) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai (4) pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja, (5) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai (6) pengaruh motivasi kerja pegawai terhadap kinerja pegawai organisasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 pegawai pada Pemerintahan Daerah Provinsi Gorontalo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner serta teknik observasi. Untuk menguji pola hubungan model yang dibentuk, digunakan alat analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Analysis of Moment Structures (AMOS) versi 4.00. Hasil peenlitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap budaya organisasi dan motivasi kerja namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo. Hasil penelitian ini juga menunjukkan gaya afiliasi, gaya kecepatan, gaya demokrasi, dan gaya pelatih akan mempengaruhi para bawahan tidak hanya sekedar melaksanakan kewajiban namun mampu meningkatkan budaya organisasi dan dapat memberikan motivasi terhadap pegawai. Disamping itu penggunaan gaya kepemimpinan yang efektif akan dapat memberikan dorongan kepada pegawai untuk melakukan tindakan guna pencapaian tujuan yang diinginkan. Kata kunci: gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi kerja, kinerja pegawai.
EVALUASI KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI SIM SATLANTAS SORONG KOTA Milawaty
Jurnal Administrasi Publik Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (16405.832 KB) | DOI: 10.52316/jap.v15i1.13

Abstract

Gerakan untuk menjadikan keadilan sosial sebagai salah satu nilai penting dalam penyelenggaraan pemerintahan sudah dimulai sejak lama, yakni hampir empat dekade yang lalu. Dalam mewujudkan keadilan sosial tersebut, Kepolisian Indonesia sejak beberapa tahun terakhir memiliki Program Promoter guna terwujudnya penegakan hukum yang obyektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Program Promoter ini dilaksanakan melalui 11 program prioritas, yang salah satu diantaranya adalah peningkatan pelayanan publik. Peningkatan pelayanan publik menjadi salah satu program prioritas mengingat masih banyaknya keluhan terutama saat masyarakat berhadapan dengan loket pelayanan publik, termasuk pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik pada unit layanan SIM pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Satlantas Sorong Kota. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui data primer dan data sekunder. Ruang lingkup penelitian didasarkan pada Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik dari Permenpan-RB Nomor 17/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka pemenuhan pelayanan yang prima, Satpas Satlantas Polres Sorong Kota hampir sebagian besar telah memenuhi standar pelayanan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam aturan. Keywords: Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Promoter, Surat Izin Mengemudi (SIM)
STUDI PERSEPSI ALUMNI TERHADAP KEMAKNAAN TAHAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT III DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA I Ketut Puspa Adnyana
Jurnal Administrasi Publik Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (12635.198 KB) | DOI: 10.52316/jap.v15i1.14

Abstract

Peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara, antara lain dilakukan melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim), yang perlu dievaluasi untuk menjaga mutu penyelenggaraan dan lulusan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi, tipologi persepsi dan faktor faktor penentu persepsi Alumni terhadap tahap pembelajaran pelaksanaan Diklatpim Tingkat III. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dua tahap (two sequential study). Tahap pertama, pengumpulan data dengan kuesioner, untuk memetakan persepsi Alumni. Tahap Kedua wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terfokus untuk mendapatkan informasi mengenai tipologi persepsi dan faktor faktor penentu persepsi Alumni. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada lima tahap pembelajaran yang berurutan, yaitu: (1) Diagnosa Kebutuhan Perubahan, dipersepsi paling membosankan (TP-B) dan perlu dikurangi waktunya (TP-KW); (2) Membangun Komitmen Bersama, dipersepsi paling bermanfaat dalam pekerjaan (TP-M); (3) Merancang Proyek Perubahan dan Membangun Tim, dipersepsi paling menyenangkan (TP-S); (4) Laboratorium Kepemimpinan perlu ditambahkan waktu (TP-TW); dan (5) Evaluasi dipersepsi paling tidak berguna (TP-TG). Tipologi persepsi Alumni terdiri atas: (1) persepsi positif; dan (2) persepsi negatif. Persepsi positif membangun dukungan terhadap tahap pembelajaran dan pekerjaan alumni, sedangkan persepsi negatip menimbulkan jenuh, bosan dan tidak berguna dalam pekerjaan. Faktor faktor penentu persepsi positif , yaitu: (a) kesenangan (pleasure) tahap pembelajaran; dan (b) kemanfaatan (expedience) tahap pembelajaran. Faktor persepsi negatif, yaitu: (a) kepadatan jadual (shcedule density) tahap pembelajaran; dan (b) keberulangan (repetition) mata diklat pada tahap pembelajaran. Diklatpim harus dibangun berdasarkan konsep pendidikan orang dewasa yang menyenangkan, sehingga desain penyelenggaraan Diklatpim Tingkat III perlu dilakukan perbaikan.
SINERGITAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL MELALUI PENGGIAT ANTI NARKOBA DALAM UPAYA FORMULASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Dindin Supratman; Arthur Josias Simon Runturambi
Jurnal Administrasi Publik Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (16938.511 KB) | DOI: 10.52316/jap.v15i1.15

Abstract

Masalah narkoba tidak bisa diatasi oleh satu atau beberapa organisasi saja, akan tetapi harus melibatkan banyak instansi terkait. Peran serta masyarakat dalam berkontribusi melalui peran Penggiat Anti Narkoba juga mutlak diperlukan sebagai upaya sinergitas lembaga. Namun upaya sinergitas tersebut terlihat masih ada kendala seperti hubungan dan koordinasi yang belum berjalan dengan baik diantara stakeholder. Situasi inilah yang mendorong penulis untuk melihat bagaimana penerapan sinergitas lembaga yang dilaksanakan oleh BNN dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) khususnya melalui pemberdayaan fungsi Penggiat Anti Narkoba sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan sinergitas lembaga Badan Narkotika Nasional dalam rangka pemberdayaan masyarakat, dan mengidentifikasi faktor–faktor penghambat sinergitas lembaga Badan Narkotika Nasional dalam rangka pemberdayaan masayarakat. Penelitian ini memilih metode pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk memahami masalah–masalah manusia atau sosial secara menyeluruh dan kompleks.
Efektivitas Pelayanan Administrasi Izin Usaha Pariwisata di Kabupaten Bulukumba Nurhidayanti Nurhidayanti
Jurnal Administrasi Publik Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (11347.789 KB) | DOI: 10.52316/jap.v15i1.22

Abstract

Pembangunan nasional merupakan rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Administrasi Izin Usaha Pariwisata di Kabupaten Bulukumba. Untuk mengetahui tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Informan pada penelitian ini sebanyak lima orang dengan mengunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,wawancara,dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan mengunakan teknik analisis data yang terdiri atas pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses Pelayanan Administrasi Izin Usaha Pariwisata Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba sudah dalam konteks efektif. Hal tersebut ditinjau dari beberapa aspek yaitu aspek prosedur pelayanan sudah efektif, waktu pelayanan yang belum efektif, biaya pelayanan yang sudah efektif, produk pelayanan sudah efektif, sarana dan prasarana belum efektif, kompetensi petugas sudah dapat dikatakan efektif. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pelayanan administrasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bulukumba sudah mampu memberikan pelayanan yang sesuai yang diharapkan oleh masyarakat maupun pemerintah.
PELAYANAN PUBLIK BERBASIS KERAKYATAN DI KOTA MAKASSAR Andi Nureani Aksa
Jurnal Administrasi Publik Vol 15 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9455.199 KB) | DOI: 10.52316/jap.v15i1.24

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya warga masyarakat yang tidak tersentuh oleh beberapa jenis pelayanan yang diberikan oleh pemerintah karena keterbatasan akses terhadap pelayanan tersebut. Sekalipun upaya perbaikan pelayanan telah banyak dilakukan namun masih dijumpai beberapa kelemahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelayanan berbasis kerakyatan dan mengkonstruksi pelayanan yang tepat bagi warga masyarakat marginal pada khususnya. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data pada tiga kecamatan yang menjadi sampel dalam wilayah Kota Makassar, hasil penelitian menemukan bahwa pelayanan yang dilaksanakan di instansi kantor kecamatan terkait dengan bentuk kualitas pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat meliputi aspek kepedulian petugas dalam memberikan pelayanan, kedisiplinan dalam melayani, tanggungjawab dalam melaksanakan pelayanan, dan pelayanan yang tidak diskriminatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 7