cover
Contact Name
Muhammad Iqbal
Contact Email
jap.puslatbangkmp@gmail.com
Phone
+6282187708520
Journal Mail Official
jap.puslatbangkmp@gmail.com
Editorial Address
Jln. Raya Baruga No. 48 Antang Makassar 90234 Telp.: (0411) 490101 Fax.: (0411) 490107
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Administrasi Publik
ISSN : 18582186     EISSN : 2621251X     DOI : https://doi.org/10.52316/jap.v18i1
Core Subject : Social,
Jurnal Administrasi Publik adalah jurnal ilmiah berkala di bidang administrasi negara yang diterbitkan dua kali setahun oleh Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara RI Sejak tahun 1995, merupakan produk hasil kajian, penelitian, maupun pemikiran kritis terhadap isu-isu di bidang administrasi publik misalnya mengenai kebijakan publik, manajemen publik, desentralisasi, otonomi daerah, pelayanan publik,kelembagaan pemerintah dan sumberdaya aparatur.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN" : 7 Documents clear
RESPONSIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KABUPATEN SINJAI Ismaniar Ismail; Novayanti Sopia Rukmana
Jurnal Administrasi Publik Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.559 KB) | DOI: 10.52316/jap.v16i1.27

Abstract

Lahirnya pola pelayanan terpadu satu pintu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan yang prima (service excelent) terkait pembuatan SIUP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui responsivitas pelayanan publik dalam pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menjelaskan fenomena terkait responsivitas pengurusan SIUP. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam dengan key informan. Pengolahan dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi hasil penelitian. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa responsivitas pelayanan publik dalam pengurusan SIUP di DPMPTSP Kabupaten Sinjai sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat tergambar dengan jelas dari hasil observasi terhadap 6 indikator responsivitas, yakni kemampuan merespon masyarakat, kecepatan melayani, ketepatan melayani, kecermatan, ketepatan waktu, dan kemampuan menanggapi keluhan/aduan dari masyarakat. Namun, tak dapat dipungkiri, ada faktor penghambat yang menjadi kendala dalam proses penerbitans surat izin usaha perdagangan, yakni komunikasi antara aparatur dengan pemohon izin usaha serta lokasi usaha pemohon yang cenderung jauh untuk dijangkau.
EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SOPPENG Rudi Salam; Risma Niswaty; A. Muhammad Fajar Maulana; Jamaluddin; Muhammad Darwis
Jurnal Administrasi Publik Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1184.703 KB) | DOI: 10.52316/jap.v16i1.37

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabuapten Soppeng, petugas pemberi pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebanyak 3 orang, dan masyarakat yang sedang mengurus administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng sebanyak 3 orang. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik trianggulasi sumber. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa efektifitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Soppeng dilihat dari standar prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan yaitu: 1) Prosedur Pelayanan belum dapat dikatakan efektif, 2) Waktu Penyelesaian dapat dikatakan cukup cepat akan tetapi belum efektif, 3) Biaya Pelayanan dapat dikatakan efektif dilihat dari pelayanan gratis, 4) Produk Pelayanan dapat dikatakan efektif dilihat dari ketersediaan produk pelayanan, 5) Sarana dan Prasarana belum dapat dikatakan efektif, 6) Kompetensi Petugas Pemberi Pelayanan belum dapat dikatakan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencataan Sipil Kabupaten Soppeng telah terlaksana dengan baik akan tetapi belum efektif.
KINERJA ORGANISASI PADA KANTOR BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KOTA PALU Kemala Novriyanti; Muh. Irfan Mufti; Shadiq; Muhammad Ahsan Samad; Rudi Salam
Jurnal Administrasi Publik Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1131.153 KB) | DOI: 10.52316/jap.v16i1.40

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Kinerja Organisasi pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu. Tipe penelitian yang digunakan deskriktif kualitatif yaitu memberikan gambaran dan penjelasan lebih rinci dari variabel yang dilakukan melalui teknik penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan yang terdiri dari observasi secara langsung ke objek penelitian, wawancara secara langsung kepada informan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ditentukan secara purpossive berjumlah 7 (Tujuh) Orang. Penelitian ini menggunakan Teori Agus Dwiyanto (2015) dimana ada 5 (Lima) Indikator untuk mengukur kinerja organisasi yang meliputi Produktivitas, Kualitas Layanan, Responsivitas, Responsibilitas, Akuntabilitas. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa produktifitas pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu belum berjalan dengan baik, dalam hal ini dilihat dari aspek tingkat kedisiplinan pegawai perlu ditingkatkan lagi, sumber daya manusia yang kurang memadai baik dari segi jumlah maupun kemampuan, kemudian responsivitas pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Palu masih perlu diperhatikan terkait dari beberapa program yang dijalankan belum sesuai dengan harapan masyarakat.
FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI ALUMNI DIKLATPIM DALAM MENUNJANG KINERJA ORGANISASI PEMERINTAH DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA Sahabuddin
Jurnal Administrasi Publik Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1191.798 KB) | DOI: 10.52316/jap.v16i1.41

Abstract

Keberhasilan suatu organisasi pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Tenggara juga dipengaruhi oleh kinerja pegawainya yang memiliki seperangkat kompetensi khusunya Alumni Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan, baik itu Komptensi Teknis maupun Kompetensi Sosial kultural terlebih lagi Kompetensi Manajerial. Seorang pegawai atau Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas yang telah mengikuti Pelatihan Kepemimpian telah dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara berinovasi, membuat suatu perubahan cara kerja untuk keluar dari permasalahan yang ada dalam tugas pokok dan fungsinya tentunya harus memberikan manfaat yang signifikan terhadap kinerja organisasi dimana pegawai tersebut mengabdikan dirinya, keberhasilan semuanya itu dipengaruhi beberapa faktor antara lain faktor Coach, Mentor, Stakeholder dan Dukungan Pemerintah Daerah.
PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL PADA MATERI NASIONALISME PELATIHAN DASAR CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KABUPATEN HALMAHERA SELATAN Taufik Z Karim
Jurnal Administrasi Publik Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1339.634 KB) | DOI: 10.52316/jap.v16i1.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pertama, proses atau tahapan penerapan evaluasi pembelajaran berbasis media sosial, dan kedua mengetahui implementasi pemanfaatan teknologi dalam evaluasi pembelajaran berbasis media sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2020 sebanyak 30 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah kajian pustaka dan penyebaran kuisioner. Teknik analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa, pertama ditemukan 8 (delapan) tahapan atau proses penerapan evaluasi pembelajaran. Kedua, implementasi pemanfataan teknologi dalam evaluasi pembelajaran seperti Kahoot.it dan facebook memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran. Dimana proses evaluasi pembelajaran dinilai sangat kreatif dan inovatif. Kata Kunci: evaluasi pembelajaran, media sosial, pemanfaatan teknologi
KONTEKTUALISASI TEORI MULTI ARUS Fajar Iswahyudi
Jurnal Administrasi Publik Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1335.112 KB) | DOI: 10.52316/jap.v16i1.43

Abstract

Teori multi arus telah banyak digunakan dalam menjelaskan pembuatan kebijakan. Namun demikian, teori multi arus memiliki kelemahan dalam menjelaskan pengaruh konteks pembuatan kebijakan. Teori kelembagaan menjadi alternatif teori untuk menjelaskan konteks pembuatan kebijakan. Penelitian ini akan menjelaskan bagaimana teori multi arus dan teori kelembagaan digunakan untuk menjelaskan pembuatan kebijakan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus yang dipilih adalah kegagalan pembuatan karantina wilayah di DKI Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegagalan disebabkan oleh adanya faktor kelembagaan yang timbul guna mencegah terjadinya tragedy of common dan prisoner’s dillema. Dari segi teoritis, penelitian ini menemukan bahwa teori kelembagaan dapat membantu melengkapi teori multi arus dalam menjelaskan pembuatan kebijakan dari segi konteks pembuatan kebijakan.
OPTIMASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN PELAYANAN BALAI BESAR PENGEMBANGAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MAKASSAR Andi Tenri Sapada; Muhammad Ikbal
Jurnal Administrasi Publik Vol 16 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Publik Puslatbang KMP LAN
Publisher : Pusat Pengembangan dan Pelatihan dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1446.363 KB) | DOI: 10.52316/jap.v16i1.44

Abstract

Penggunaan teknologi informasi bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pelaksanaan pelayanan publik. Konsep perpaduan website, media sosial dan sistem yang responsif menjadi inti dari pelaksanaan e-goverment untuk menciptakan pemerintahan yang berbasis elektronik. Instagram sebagai halaman visual memiliki kekuatan sebagai medium untuk memberikan informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia terus bertambah setiap tahun menjadikannya medium yang pas ketika diolah dengan konten dan optimasi yang sesusai. Sesuai dengan sifat semua media sosial, Instagram juga bisa digunakan untuk menciptakan, berbagai, ataupun bertukar informasi dalam sebuah jaringan komunitas virtual. BBPK3 Makassar menggunakan Instagram sebagai kanal informasi untuk meningkatkan kesadaran dunia usaha dalam menerapkan K3. Melaui Root Cause Analysis, BPPK3 Makassar mengidentifikasi akar masalah dan mengevaluasi urutan peristiwa untuk membuat langkah optimasi halaman Instagram BPPK3 Makassar. Permasalahan ini kemudian dijawab melalui alternatif pemecahan masalah dan perencanaan produksi konten yang relevan untuk stakeholder BPPK3 Makassar. Dengan langkah tindak lanjut yang diharapkan bisa meningkatkan jumlah partisipasi dan engagement followers laman BPPK3 Makassar untuk memastikan informasi terkait K3 bisa tersebar secara maksimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 7