cover
Contact Name
Awang Pradana
Contact Email
awang.pradana@borneo.ac.id
Phone
+6285328066644
Journal Mail Official
jbit@borneo.ac.id
Editorial Address
Jalan amal lama no 1 tarakan timur
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer (JBIT)
ISSN : 28088190     EISSN : 28086600     DOI : https://doi.org/10.35334/jbit.v1i1
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer (JBIT) (P-ISSN: 2808-8190, E-ISSN: 2808-6600) is a forum for academics and practitioners to publish scientific papers, research results, literature, and analytical studies that focus on the fields of computer science and computer engineering. JBIT is published regularly twice a year in April and October by the Computer Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan with 5 articles in each issue. The focus and scope of this journal is research and studies on the latest issues related to the field of computer science and computer engineering for the development of border areas and tropical marine resources. The following is an explanation related to the JBIT field: IoT and Embedded System, Robotics, Biomedical Engineering, Digital Networking and Multimedia, Information System, Cloud Computing, Machine Learning, Computer Vision, Data Mining, Information Retrieval, Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, Image Processing, Mobile Computing, Augmented Reality, Web Technologies, Network Security and Cryptography, Computing Languages and Algorithms. The manuscripts submitted must be up-to-date articles and will be selected through a peer-reviewers process
Articles 20 Documents
Analisa Clustering Aplikasi Laporan Kasus Kekerasan Talitha Ayudhea Novia; Daniel Swanjaya; Resty Wulaningrum
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 2, No 1 (2022): Edisi April-September
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1090.952 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v2i1.2689

Abstract

Kekerasan merupakan suatu tindakan yang sangat meresahkan masyarakat , ada berbagai macam kekerasan yang terjadi pada anak dan perempuan di Kota Kediri. Semakin banyaknya kasus kekerasan maka perlu nya mencari solusi  untuk mengatasi masalah ini dengan cara menganalisa data dengan menggunakan metode Self Organizing Maps (SOM). Data yang telah didapatkan dari aplikasi pelaporan VICARA direkap dan dinormalisasikan kemudian di clustering kan dengan metode SOM. Metode SOM menganalisa data kasus kekerasan berjumlah 100 data kasus dengan nilai Silhouette Coefficient sebesar 0,9821.
RANCANG BANGUN SISTEM KETERSEDIAAN TEMPAT PARKIR MOBIL MENGGUNAKAN SENSOR INFRARED BERBASIS ARDUINO Meidi Wani Lestari; Novita Delima Siahaan; Reynaldi Sianipar
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 1, No 1 (2021): Edisi Oktober-Maret
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.532 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v1i1.2119

Abstract

Salah satu kesulitan memasuki gedung bertingkat adalah parkir. Tidak adanya informasi tentang ketersediaan slot parkir pada bangunan menyebabkan kesulitan untuk menemukan lokasi parkir. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk mengetahui ketersediaan slot parkir pada sebuah gedung bertingkat. Sistem parkir yang umumnya hanya mengetahui jumlah kendaraan yang masuk kedalam gedung bertingkat namun belum memiliki informasi tentang ketersediaan slot parkir. Tujuan penelitian ini adalah menampilkan ketersediaan slot parkir menggunakan sensor LDR sebagai monitoring tempat parkir dan sensor infra red untuk jumlah mobil yang mauk ke dalam mobil. Hasil dari penelitian ini adalah sistem slot parkir telah berhasil menampilkan kondisi parkir dengan menampilkan ketersediaan slot parkir pada sebuah gedung dan jumlah mobil yang parkir pada gedung tersebut.
Sistem Informasi Berkah Bersama Berbasis Website (Studi Kasus: Divisi Umum dan Keuangan Perusahaan Berkah Bersama) Sefhia Febriana Budiarti; Khairul Anwar Hafizd; Yunita Prastyaningsih
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 2, No 1 (2022): Edisi April-September
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/jbit.v2i1.2721

Abstract

Pengelolaan data menjadi hal yang penting untuk dapat menghasilkan informasi yang berguna. Perusahaan Berkah Bersama melakukan pengelolaan data secara terkomputerisasi, tetapi antar data tidak terintegrasi sehingga terjadi penginputan data yang sama berulang kali. Hal tersebut tentunya tidak efisien dan efektif. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu membuat sistem informasi untuk pengelolaan data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi untuk studi kasus divisi umum dan keuangan agar membantu dalam membuat laporan administrasi dan mengetahui sisa kas perusahaan. Penelitian ini menggunakan model incremental untuk pengembangan sistem, ERD untuk perancangan database, UML untuk perancangan sistem, dan pembangunan sistem menggunakan framework CodeIgniter. Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi Berkah Bersama Berbasis Website (Studi Kasus Divisi Umum dan Keuangan) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan data terkait bagian umum dan keuangan di Perusahaan Berkah Bersama. Berdasarkan pengujian dengan metode Black-Box Testing semua fitur yang ada di sistem yaitu tambah, edit, hapus, dan cetak data berhasil berjalan sesuai dengan fungsinya.
RANCANG BANGUN PENENTUAN POSISI SEPAK BOLA BERODA MENGGUNAKAN METODE ODOMETRY DAN KONTROL PID (PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE) Aditya Ramdahani; M Taufiqurrohman; Joko Subur
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 1, No 1 (2021): Edisi Oktober-Maret
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2654.902 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v1i1.2120

Abstract

Pada Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI) robot diharapkan dapat bermain layaknya manusia. Salah satu bagian terpenting dari sistem kendali robot adalah penentuan posisi robot. metode odometry adalah metode yang paling umum digunakan untuk menentukan posisi robot menggunakan pembacaan dari rotary encoder. Namun penggunaan rotary encoder rawan mengalami slip sehingga akan menghasilkan error pada sistem umpan balik odometry yang semakin besar dengan seiring waktu. Salah satu akibat dari slip adalah perubahan arah hadap robot yang akan memengaruhi pergerakan robot selanjutnya. Sehingga diperlukan penggunaan sensor yang kesalahannya tidak terpengaruh oleh kesalahan sebelumnya. Sistem yang stabil juga diperlukan untuk meningkatkan kinerja aktuator dan efektifitas sumber daya robot. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dalam penelitian ini menerapkan metode odometry untuk memetakan posisi robot dilapangan, dengan berdasarkan pembacaan rotary encoder dan pembacaan sensor gyroscope serta menerapkan metode PID untuk mengontrol sudut arah hadap robot. Dengan diterapkannya kombinasi ini pada robot sepak bola beroda dapat meningkatkan kemampuan robot dalam menentukan posisi.
Sistem Scada Level Air Dalam Tangki Menggunakan PLC dan Sensor MPM4700 Intelligent Level Transmitter Meidi Wani Lestari
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 2, No 1 (2022): Edisi April-September
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.296 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v2i1.2739

Abstract

Controlling the water level in the tank will not be a problem if it is only used for household needs. For example, if the water in the tank reaches the low level limit, you can still wait for the pump to work to be used. In contrast to the needs of water used in industry. For example, the use of water in a tank to supply water to a boiler, or a tank used in a mineral water company and others of the same type can be fatal. The use of HMI in a well-designed process industry can support high performance in an industry to produce a system that is easy to understand visually and also makes it easier for operators to handle troubleshooting problems. The availability of analog input output facilities on the PLC can read the output voltage of the water level sensor module. and display on the HMI diagram in real time
PENGEMBANGAN GAME ACTION-ADVENTURE BERDASARKAN CERITA RAKYAT SULTAN SURIANSYAH BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BANJARMASIN BERBASIS PERANGKAT BERGERAK Aulia Akhrian Syahidi; Ahmad Riyadi; Siti Zakiah; Maya Astuti
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 1, No 1 (2021): Edisi Oktober-Maret
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1082.777 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v1i1.2122

Abstract

Sultan Suriansyah was the King of Bandarmasih (the First King of Banjar) who ruled from 1520-1540 and was the first king to embrace Islam. Tourism-related to the tomb of Sultan Suriansyah is very popular among the people of Banjar. However, the folklore that tells about Sultan Suriansyah is not as popular as his tomb, many young people today don't know it, even across Indonesia it is also not well known for this folklore from South Kalimantan. The purpose of this research is to design and build a folklore game with an action-adventure genre that adapts the story of Sultan Suriansyah to preserve Banjarmasin folklore and as a means to understand grammar in the Banjar language. The research method used is the Game Development Life Cycle with stages in the form of Pre-Production, Production, Testing, and Post-Production. The results show that the game design has been produced in the form of a storyboard and then developed using Godot Engine software with the output of the (.apk) extension application that can be installed on mobile devices. Then the Playtesting and Gameflow testing was also carried out which involved 50 respondents as players with an age range of 13-15 years, the results showed that the games built and tested had met the elements and criteria with an overall average value of 4.84 and no bugs were found in the game. Tests related to player knowledge and justification for using games as a media to preserve folklore and a means to understand the Banjarese language have also been carried out with very good results.
Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Penentuan Bonus Karyawan Muhammad Arfi Nadhif; Rina Fiati
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 2, No 1 (2022): Edisi April-September
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.504 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v2i1.2631

Abstract

Pemberian bonus adalah sebuah bentuk penghargaan kepada karyawan yang kinerjanya dapat mempuaskan bagi pemilik toko Gumilang. Toko Gumilang merupakan toko yang menjual pakaian dan berlokasi di Prambatan Lor. Pemberian bonus juga dapat meningkatkan semangat sehingga dapat menambah kinerja karyawan. Bonus diberikan ke karyawan yang kinerjanya baik, sehingga diperlukan sistem pendukung keputusan (SPK) supaya sesuai dengan kriteria yang dikehendaki dan juga dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan. Sistem ini dibuat supaya bisa mempermudah pemilik toko dalam menentukan pemberian bonus kepada karyawan. Sistem ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). SAW ialah salah satu metode untuk mengambil keputusan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dengan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan memakai database MySQL. Penelitian ini dilakukan supaya dapat membantu pemilik toko dalam penilaian bonus karyawan sesuai kinerja karyawan yang sudah ditentukan dalam kriteria - kriteria. Sistem ini dapat memberikan penilaian dan perhitungan secara transparan dalam menentukan bonus yang akan diterima karyawan.
PENERAPAN RANCANGAN SISTEM E-VOTING DALAM PEMILIHAN KETUA BEM (BADAN EKSKLUSIF MAHASISWA) STUDI KASUS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN Rahmat Ismanto; Awang Pradana
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 1, No 1 (2021): Edisi Oktober-Maret
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.171 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v1i1.2117

Abstract

Awal penetapan pandemi virus corona pada tahun 2020 di indonesia, pemeritah indonesia memberikan arah untuk selalu hidup bersih dan sehat dengan cara mencuci tangan,menjaga jarak,serta mengenakan masker. Beberapa daerah di indonesia pun mengalami kondisi lockdown, hal yang biasa dilakukan masyarakat secara tatap muka tersebut mengalami masalah baik segi ekonomi, pembangunan, pendidikan dan lain-lain akibat dari keadaan daerah yang sedang atau dalam kondisi lockdown,  namun tidak menjadi masalah ketika kegiatan-kegiatan tersebut beralih ke sistem online atau pun biasa di kenal dengan kata daring (dalam jaringan). Terkhusus dalam bidang pendidikan sistem pembelajaran pun beralih ke sistem daring, universitas borneo tarakan pun menerapkan sistem daring baik kegiatan belajar mengajar, penelitian sampai dengan melakukan sebuah keputusan dalam hal pemilihan ketua atau kepala bidang di dalam divisi, penelitian ini mencoba menerapkan sistem e-voting dalam hal pemilihan ketua BEM (Badan Eksklusif Mahasiswa) periode tahun 2021. Penelitian ini bertujuan agar mahasiswa yang mempunyai hak suara atau hak pilih dapat menyalurkan hak suaranya dengan menentukan pasangan calon kandidat yang sesuai dengan yang di inginkan tanpa harus datang lokasi, cukup dengan memanfaatkan koneksi internet dan gadget. Dengan adanya sistem e-voting ini di harapkan kegiatan dalam melakukan pemilihan ketua bem dapat berjalan dengan baik serta dapat memanfaatkan kondisi di masa pandemi ini.
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Transaksi Jual Beli Buku di Untan press Fauzan Asrin; Yus Sholva; Khairul Haifdh
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 2, No 1 (2022): Edisi April-September
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.843 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v2i1.2633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran proses bisnis yang dilakukan di untan press. Proses bisnis yang dilakukan di untan press merupakan proses bisnis transaksi jual beli buku. Proses bisnis tersebut kemudian di identifikasi di anlisis dan dilihat permasalahan yang terjadi sehingga nantinya diberikan rekomendasi proses bisnis yang baru agar pengelolaan proses bisnis dapat dikelola oleh organisasi secara efektif maupun efisien. Rekomendasi tersebut di analisis dengan metode Business Process Improvement (BPI). BPI merupakan kerangka sistematis untuk menganalisis sebuah proses bisnis dan selanjutnya akan diberikan sebuah gambaran proses bisnis yang baru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan proses bisnis transaksi jual beli buku masih menggunakan cara yang tradisional atau manual sehingga teridentifikasi permasalahan yang harus di berikan solusi bagi organisasi. Solusi yang diberikan adalah menerapkan sebuah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berupa web dalam proses transaksi jual beli secara online dan tentunya rekomendasi ini hasil dari kajian menggnakan metode BPI. Kata kunci: BPI, Proses Bisnis, Untan Press, Rekomendasi, TIK
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MODUL ADC BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535 Henry Toruan
Jurnal Borneo Informatika dan Teknik Komputer Vol 1, No 1 (2021): Edisi Oktober-Maret
Publisher : Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.054 KB) | DOI: 10.35334/jbit.v1i1.2118

Abstract

Mikrokontroler AVR (Alf and Vegard RICS/ Reduced Instruction Set Computer) telah memiliki ADC 8 bit/ 10 bit internal dengan waktu konversi 65-260 µS sehingga lebih murah biayanya untuk merealisasi sistem mikrokontroler yang menggunakan ADC serta lebih praktis pengaplikasiannya. Modul ini penting dibuat untuk nantinya menjadi modul praktikum penggunaan ADC mikrokontroler AVR ATMEga8535 sebagai ADC 8 bit dan 10 bit. Pembuatan modul ini akan dapat memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang bagaimana cara memanfaatkan kemampuan fungsi ADC pada  mikrokontroler Atmega8535. Berdasarkan data yang didapat maka tingkat keakuratan data pada penggunaan ADC 10 bit lebih baik dengan beda selisih rata-rata 0,0018 sedangkan ADC 8 bit selisih rata-ratanya 0,0524. Dengan melakukan percobaan seperti pada modul yang dibuat maka mahasiswa diharapkan akan lebih memahami pengertian resolusi  yang lebih baik pada penggunaan ADC 10 bit bila dibandingkan dengan ADC 8 bit. Dengan menampilkan di monitor sehingga penggunaannya lebih mudah maka diharapkan nantinya akan dapat memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang bagaimana cara memanfaatkan kemampuan fungsi ADC pada  mikrokontroler Atmega8535.

Page 1 of 2 | Total Record : 20