cover
Contact Name
Jhoni Lagun Siang
Contact Email
jhonilagunsiang@yahoo.co.id
Phone
+6282195680125
Journal Mail Official
jhonilagunsiang@yahoo.co.id
Editorial Address
Jalan Bougenvile, Tateli Satu, Pineleng, Modoinding, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara 95661
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Magenang : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
ISSN : -     EISSN : 29631319     DOI : -
urnal MAGENANG adalah jurnal kajian Teologi dan Pendidikan Kristen. Jurnal ini diterbitkan oleh Pascasarjana Institut Agama Kristen Negeri Manado (IAKN) Manado. Tujuan Jurnal Magenang adalah menghasilkan dan memajukan karya tulis ilmiah melalui media penelitian dan pemikiran kritis analitis di bidang kajian Teologi dan Pendidikan Kristen. Artikel yang dikirimkan haruslah belum pernah atau tidak sedang dalam proses dimuat dalam jurnal lainnya. Setiap artikel yang dikirim harus mengikuti petunjuk penulisan atau gaya selingkung yang telah ditetapkan. Setiap artikel yang diajukan ke Jurnal Magenang akan melewati tahapan review menggunakan blind review.
Articles 37 Documents
MENELAAH PENDIDIKAN KEHIDUPAN PRA-NATAL BERBASIS PAK KELUARGA Semuel Selanno
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.589 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelaah tugas Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang selama ini berpatokan pada peserta didik yang mencakup anak, remaja, pemuda dan lansia sedangkan PAK kepada manusia (janin) yang mulai menjadi makhluk hidup semenjak di dalam kandungan ibu (pendidikan pran-natal) kurang mendapat penekanan. Karena itu penelitian ini hendak memberikan dasar pemikiran bahwa PAK Kehidupan kepada janin harus menjadi skala prioritas. Maksudnya Pendidikan Agama Kristen haruslah diberikan pada awal kehidupan sebagai bentuk tanggung jawab PAK terhadap pendidikan kehidupan (PAK Kehidupan). Dasar pemikirannya ialah kehidupan janin di dalam kandungan adalah pemberian Allah dan Allah mendelegasikan pendidikan kepada orang tua dalam proses pendidikan kehidupan di mulai dari fase pendidikan pra-natal. Penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pra-natal dapat didasarkan pada Pendidikan Agama Kristen (PAK) Keluarga. Keluarga sebagai ruang lingkup pendidikan Pranatal berbasis PAK Keluarga. Penelitian ini memberikan alasan logis bahwa pendidikan kehidupan kepada janin dapat dilakukan dan bisa dipertanggung jawabkan secara ilmu pendidikan termasuk Pendidikan Agama Kristen.
SISTEM MANAJEMEN STAKEHOLDER (PEMERINTAH DESA DAN TOKOH AGAMA) TERHADAP PENGGUNAAN SALURAN KOMUNIKASI DALAM MENJAGA SIKAP HIDUP TOLERANSI BERAGAMA DI DESA KEMA SATU KABUPATEN MINAHASA UTARA Art Samuel Thomas
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.355 KB)

Abstract

Adalah suatu kebutuhan yang hakiki tentang toleransi di dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat dimana salah satunya diwujudnyatakan dalam bentuk toleransi beragama. Saluran komunikasi merupakan salah satu prasyarat utama dalam menciptakan sebuah perdamaian menuju kehidupan yang harmoni. Sistem manajemen yang diterapkan oleh stakeholder (pemerintah desa dan tokoh agama) berpengaruh terhadap penggunaan saluran komunikasi dadalam penelitian ini adalah aparat desa dan tokoh agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata persentase sistem manajemen stakeholder dalam penggunaan saluran komunikasi untuk menyebarkan informasi tentang menjaga sikap hidup toleransi beragama sebesar 34,06% dan diklasifikasikan lemah. Hal ini dipengaruhi oleh aspek Perencanaan (Planning) sebesar 50%, aspek Pengorganisasian (Organizing) sebesar 22,5%, aspek Pengarahan (Actuating) sebesar 45%, dan aspek Pengendalian (Controlling) sebesar 18,75%.
KAJIAN TEOLOGIS PAROUSIA DAN IMPLIKASINYA BAGI JEMAAT KRISTEN MASA KINI Alfa Kurnia Batubuaja
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.305 KB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara teologis salah satu doktrin akhir jaman yaitu ajaran Parousia atau kedatangan Yesus yang kedua. Dalam Perjanjian Lama dikatakan sebagai hari Tuhan atau kedatangan anak manusia. Di Perjanjian Baru lebih diperjelas mengenai kedatangan Yesus Kristus yang kedua, dalam kedatanganNya yang kedua, digambarkan dalam tiga bentuk penjelasan yaitu Apokalipsis yang merupakan hal-hal yang telah di nubuatkan oleh Alkitab, serta Epifani yang merujuk pada pernyataan akan kedatanganNya yang penuh kemuliaan, dan Parousia berarti kehadiran atau kedatanganNya kembali. Parousia merupakan bagian dari ajaran Eskatologi, mengenai kedatangan Yesus yang kedua, Ia akan membuka misteri dalam kedatanganNya yang pertama tentang kerajaan Allah, serta mengakhiri kedatanganNya yang pertama. Lewat kedatangan Yesus yang kedua, Ia akan menjadi raja dan hakim yang adil untuk memisahkan orang percaya dan durhaka, melalui ini Yesus akan mengakhiri penderitaan orang percaya lewat mengangkat umat pilihan untuk bersama-sama dalam kerajaan seribu tahun yang penuh kekekalan. Dengan penulisan artikel ini kiranya jemaat Kristen sebagai Gereja mampu mengembangkan paradigma atau kerangka berpikir yang tepat mengenai konsep kedatangan Yesus kedua atau Parousia dalam tinjauan Teologis Alkitabiah
PENDAMPINGAN PASTORAL BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN TONDANO Evanglista Momongan
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 1 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.113 KB)

Abstract

Menjalani kehidupan sebagai narapidana tentu ada beban dan dampak tersendiri. Maka sudah pasti mereka membutuhkan bantuan serta perhatian dari orang lain. Pendampingan pastoral merupakan salah satu bentuk perhatian yang juga bagian dari pembinaan yang dapat diberikan bagi para narapidana, khususnya narapidana Kristen. Oleh sebab itu, artikel ini membahas tentang pendampingan pastoral yang optimal bagi narapidana Kristen di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian ini bahwa pendampingan pastoral dengan mengadakan percakapan pastoral, merupakan bagian penting dalam membina narapidana. Karena melalui bentuk pendampingan seperti itu dapat membantu mereka mengatasi masalah-masalah yang dialami dalam diri mereka, serta dapat membangun kembali kepercayaan kepada Allah agar mereka mau terdorong memperbaharui diri supaya ke depannya menjadi manusia yang lebih baik lagi.
SATU BUMI BANYAK RUMAH: DAMPAK DAN STRATEGI GEREJA MENGHADAPI COVID-19 Semuel Selanno; Kartini Rorong; Nency Heydemans
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.816 KB)

Abstract

Abstrak ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang dampak dan strategi gereja yang berfokus pada jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) menghadapi COVID-19. Selama ini, pelayanan gereja dilakukan oleh pelayan khusus melibatkan pertemuan kontak fisik dalam satu rumah atau jejaring sosial keagamaan di gedung gereja. Namun artikel ini mengungkapkan bahwa selama pandemi COVID-19 membatasi semua orang melakukan peribadatan dalam jumlah besar sehingga muncul banyak gereja rumah. Membatasi tanpa melanggar ditindaklanjuti melalui peribadatan gereja rumah dengan menciptakan sebuah ruang kebersamaan yang harmonis. Penggunaan Pengeras suara (toa), tata ibadah, tv kabel dapat dipakai dalam melaksanakan peribadatan selain live streaming yang menggunakan kuota data internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskripsi. Data primer melalui wawancara dan observasi mendalam dilakukan di daerah Minahasa dan Minahasa Selatan pada empat anggota jemaat. Data sekunder menggunakan buku, jurnal, makalah dan internet. Artikel ini menyimpulkan bahwa anggota jemaat GMIM mengikuti himbauan pemerintah dan Sinode GMIM untuk menjalankan protokol kesehatan melalui nilai kemanusiaan yang dipengaruhi faktor sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya.
Teologi Multikultural: Kearifan Lokal Sebagai Bentuk Berteologi dan Berbudaya Frets Keriapy
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.638 KB)

Abstract

Christianity is a religion that can be said to be quite large and growing rapidly in the world. Since the first time people who believed in Jesus Christ as Lord and Savior were called Christian in Antioch, the development in terms of quantity continued to increase and eventually spread to Indonesia through missionaries from the Western world. Along with the development on the field of technology and information era, this makes people consider culture as an ancient thing that needs to be abandoned. Not only technology, with the development of Western theology, makes culture lost without trace. Western theology views culture as an idol and therefore according to Christian teachings that Christians should not be involved in it. This paper will provide a new horizon where theology and culture should not be the two things that should not be hostiled to each other but both must be united so that the cultural community can interpret its faith more concretely. The method used in this research is a qualitative description method using literature study and also theories that are used as a tool to look back at theology in a plural society system. The attitude of Christians towards culture is strongly influenced by the construction of theology that is built. Therefore, it is important to look back and review the theology that develops in culture. In addition, studying the Bible's view of culture and how theology should behave is of the utmost importance. At the end of this paper, the author will contribute giving the thoughts on how theology is manifested in a pluralistic culture.
Kajian tentang Doktrin Alkitab dari Perspektif Teologi Injili Yornan Masinambouw
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.403 KB)

Abstract

Based on the study and understanding that the Bible is the Word of God which is the basis of faith for every believer to be able to provide a transformative value of life to glorify Christ in church life, this article is intended to describe and formulate dogmatically the doctrine of the Bible from evangelical theology perspective. The research results obtained through the literature study approach that the Bible is the Word of God inspired by the Holy Spirit which also inspired the biblical writers to preach the News about the Kingdom of God for every believer. In addition, the Bible is also used as a benchmark for preaching the Word of God in the life of the church community. The implication for the reformatory church is that the church must return to the Bible as the reformers thought in accordance with the Sola Scriptura motto.
Menyusuri Mitologi dan Ritual Sebagai Elemen Budaya Yang Menjadi Jejak Pembentuk Realitas Pandangan Dunia Orang Bolaang Mongondow Marde Christian Stenly Mawikere; Sudiria Hura
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.515 KB)

Abstract

This research is an investigation into traces of the myths and rituals of the Bolaang Mongondow people that shape the reality of their world view. The study was carried out using a descriptive method that was built from diverse and relevant scientific literature research. The results of this study show the components of the traditional culture of the Bolaang Mongondow people, namely the stories of the past and certain traditional ceremonies that shape their worldview concept, including their beliefs that have a background in folk religion with animism-dynamism and traditional social structures which is in the form of a monarchy. This then shapes their world view which continues to influence their attitudes and behaviors even though there have been social changes because time always points forward. Thus it can determine and recommend a complete service approach that is contextual and relevant to Bolaang Mongondow people, both spiritual, social, economic, educational, and so on.
Sikap Yesus kepada Sang Liyan dalam Kisah Pengusiran Setan dari Orang Gerasa dalam Markus 5:1-20 Yohanes Krismantyo Susanta
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 2 No. 2 (2021): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.065 KB)

Abstract

By using a qualitative approach and historical critical interpretation method, this paper shows the story of Mark 5: 1-20 which tells about the exorcism of Satan from the body of the Gerasenes by Jesus. Jesus' actions are evidence of His power over the power of the evil Spirit. Not only that, Jesus' actions are a form of concern for foreigners, non-Jews. Jesus showed an example of hospitality towards strangers, namely those who were neglected and underestimated in society.    
Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas di Kota Manado Tahun 2018 Agus lope Tindige; Marde Christian Stenly Mawikere
MAGENANG : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 1 No. 2 (2020): MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Publisher : Pascasarjana IAKN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.319 KB)

Abstract

This article examines the professionalism of Christian ReligiousEducation Teachers at the Senior High School level in Manado City. Theresearch was conducted using qualitative methods which were built fromliterature research, observation and interviews.This study begins with research on the professionalism ofteachers, both teachers in general and Christian Religious Educationteachers which are based on the example of the life and ministry of theLord Jesus Christ as the Great Teacher. Then proceed with empiricalresearch on the form of professionalism of Christian Religious Educationteachers, the obstacles faced by Christian Religious Education teachers inincreasing their professionalism and the efforts of Christian ReligiousEducation teachers in overcoming obstacles to increase theirprofessionalism.The results of the study show that there is an opinion regardingprofessional teachers of Christian Religious Education at the high schoollevel in the city of Manado which have links to formalities such as aminimum bachelor's diploma, following the teacher certification process,education and training, understanding the curriculum and alliances withfellow teachers. The obstacle for a Christian Religious Education teacherin increasing his professionalism comes from external factors such as thelimited development costs and opportunities for developing ChristianReligious Education teachers themselves. Meanwhile, the efforts of aChristian Religious Education teacher in overcoming obstacles inincreasing professionalism are also external factors such as furtherstudies, mastery of the curriculum and skills in the preparation oflearning tools.With the results of this study, it is possible to recommendproposals for Christian Religious Education teachers, especially in thecity of Manado for the professional development of teachers using theAction Research model. This model provides opportunities for ChristianReligious Education teachers to be involved and as the main actors in thelearning process, they identify and find problems, and then explore,explore and find their own answers to problems they encounter in the 3field. The Action Research Model is a model that can be an alternativechoice to help teachers develop their professionalism

Page 1 of 4 | Total Record : 37