cover
Contact Name
Nur Fadli Utomo
Contact Email
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Phone
+6282271416750
Journal Mail Official
fadli.utomo@iain-manado.ac.id
Editorial Address
IAIN Manado, Jl S.H. Sarundajang, Kawasan Ring Road I, Malendeng, Paal Dua, Manado
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal
ISSN : 28097513     EISSN : 27212149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan Islam terutama kaitannya dengan keadaan masyarakat multikultural di Sulawesi Utara khususnya Manado.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020" : 9 Documents clear
Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam Rivai Bolotio; Muhammad Imran; Dewi Afiatul Qutsiyah
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ini mengkaji tentang Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam. Kajian ini dilatar belakangi kekhawatiran akan arus informasi yang semakin masif dan tidak terkontrol lagi ditambah anak-anak bangsa banyak yang terjerumus kedalam hal-hal negatif dan anarkis. Sebagai orangtua mempunyai tugas yang sangat penting dalam menerapkan pendidikan pertama untuk generasi muda khususnya pendidikan anak dalam kandungan (Pendidikan Pranatal). Namun permasalahan seringkali muncul, mana kala orang tua kurang menyadari pentingnya mendidik anak dalam kandungan. Pendidikan Pranatal seringkali diabaikan. Menjaga anak dalam kandungan sekedar merupakan kewajiban orang tua agar anak lahir sehat, tidak cacat, dan tidak keguguran. Bahkan orang tua juga beranggapan bahwa mendidik anak itu dimulai dari anak di lahirkan. Melihat permasalahan tersebut, penulis mengkaji dan menganalisis Konsep Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Pendidikan Islam.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunkan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam hal ini ialah melakukan identifikasi wacana, dari buku-buku, artikel, jurnal, web (internet), atau informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penelitidan teknik analisis data yang digunakan oleh penulis adalah content analysis (analisis isi).Berdasarakan hasil penelitian yang dilakukan, maka penelitian ini berkesimpulan bahwa Konsep Pendidikan Pranatal dimulai dari masa prakonsepsi, konsepsi dan pasca konsepsi yaitu pertama, pemilihan jodoh yang sesuai dengan aturan agama: dilihat dari kecantikan/ ketampanan, nasabnya, kekayaan, dan yang paling penting adalah agamannya. Kedua, penikahan. Ketiga pertumbuhan janin mulai dari nuftah, alaqah, mudghah, idzaman hingga menjadi makhluk yang berbentuk lain.. Keempat, masa kehamilan hingga faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan anak dalam kandungan seperti faktor genetik/keturunan, makanan, dan lingkungan. Konsep Pendidikan Pranatal di atas ketika dilihat dari Perspektif Pendidikan Islam akan mewujudkan Implemetasi Nilai-nilai Pendidikan Pranatal dalam pembentukan karakter anak seperti halnya meningkatkan kemampuan IQ, EQ, SQ, dan untuk meningkatkan ketiga kemampuan tersebut maka harus menggunakan beberapa metode dalam pendidikan pranatal sehingga dapat merangsang aktivitas anak dalam kandungan sehingga interaksi anak dengan otang tua sudah terjalin sejak dini. Dari beberapa metode-metode yang dilakukan diatas juga akan meningkatkan dan memperkuat niali- nilai Akidah, Akhlak dan ibadah.Kata Kunci: Pendidikan Pranatal, Pendidikan Islam, Pembentukan Karakter Anak
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Menengah Pertama Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan Nur Fadli Utomo; Agung Budi Santoso
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan minat siswa SMP negeri di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk melanjutkan ke SMK serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 332 orang siswa dan sampel sejumlah 178 siswa ditentukan dengan teknik propotional random sampling berdasarkan tabel Isaac pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan BK memberi kontribusi 49,6% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Persepsi siswa tentang SMK berkontribusi 54,4% terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK. Pengaruh secara bersamaan ketiga variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69,9% sehingga membuktikan bahwa layanan BK dan persepsi siswa mengenai SMK sangat berpengaruh dan memberikan kontribusi yang besar terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK.Kata kunci: Minat siswa, bimbingan dan konseling, persepsi siswa, sekolah menengah kejuruan, sangihe
Analisis Penggunaan Aplikasi Quipper School Dalam Proses Pembelajaran Rumpun PAI Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung Wadan Anuli; Ishak Talibo; Sarina Mochtar
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI yang digunakan oleh peserta didik dan guru sebagai sarana pendukung kegiatan belajar dan apa manfaat penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang terdiri atas guru mata pelajaran rumpun PAI, peserta didik, kepala madrasah, dan ambassador, sedangkan sumber data sekunder meliputi dokumen, catatan, dan dokumentasi peserta didik dan guru rumpun PAI. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan/verifikasi data. Selain itu, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dua cara yakni triangulasi sumber triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI sudah cukup maksimal. Hal ini nampak dari adanya fasilitas berbasis teknologi yang memadai, pembelajaran yang ada di MAN 1 Bitung sudah 90% pembelajaran dilaksanakan secara online dengan berbasis pada penggunaan aplikasi quipper school, dan hampir semua guru mata pelajaran di MAN 1 Bitung sudah menguasai pembelajaran berbasis teknologi; 2) Penggunaan apilkasi quipper school memberikan manfaat baik bagi guru mata pelajaran rumpun PAI dan peserta didik diantaranya : 1) Dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran rumpun PAI, 2) Membantu guru dalam menyampaikan materi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena penggunaan aplikasi quipper school tidak dibatasi oleh ruang, waktu, dan situasi. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran rumpun PAI sudah maksimal dan memberikan manfaat yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran sehingga dapat disarankan penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran dapat terus ditingkatkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran rumpun PAI.Kata kunci: Quipper school, Pendidikan Agama Islam.
Model Penerimaan E-Learning oleh Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Merriam Modeong; Zulkifli Mansyur
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat penerimaan e-learning oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Yogyakarta, dengan menjelaskan pengaruh langsung dan tidak langsung dari sarana prasarana teknologi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 283 siswa. Sampel penelitian berjumlah 150 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sarana prasarana teknologi berpengaruh terhadap penerimaan e-learning secara tidak langsung melalui variabel kegunaan, dan intensi. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel eksternal dimediasi dengan baik oleh tiga variabel inti penerimaan teknologi untuk mengukur tingkat penerimaan teknologi oleh siswa SMK.Kata kunci: E-learning, model penerimaan teknologi, sarana prasarana teknologi
Pola Pendidikan Keagamaan Dalam Menyikapi Resiliensi Di Panti Asuhan Darul Istiqamah Ismail Usman; Abrari Ilham; Wulandari Tabo
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pola Pendidikan Keagamaan Dalam Menyikapi Resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah Manado. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan keagamaan dalam menyikapi resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah, dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala pada pola pembinaan pendidikan keagamaan dalam menyikapi resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Pola pendidikan keagamaan dalam menyikapi resiliensi di Panti Asuhan Darul Istiqamah Manado, yaitu membiasakan anak asuh membaca Al-Qur’an, melaksanakan sholat berjama’ah, muroja’ah hafalan, latihan dakwah, dan kajian umum, kemudian ada juga kegiatan setiap bulan sekali yaitu dakwah syariah. Adapun kendala yang ditemukan pada penelitian ini yaitu karakter anak yang masih mengikuti kebiasaan dari luar, masih kurangnya pemahaman tentang ilmu agama, terbatasnya tenaga Pegasuh, dan terbatasnya sarana prasarana. Untuk memperbaiki kendala tersebut, yaitu melalui kegiatan-kegiatan pendidikan keagamaan yang dilaksanakan di Panti Asuhan, dan untuk terbatasnya tenaga Pengasuh, di Panti Asuhan Darul Istiqamah terbantu dengan para Pembina yang mengabdi setelah lulus dari MA Darul Istiqamah, kemudian pada sarana prasarana Panti Asuhan Darul Istiqamah masih terbantu dengan menggunakan sarana prasarana Pesantren. Resiliensi dalam hal ini yang menjadi sumber-sumber pembentukan resiliensi pada anak asuh di Panti Asuhan Darul Istiqamah Manado, yaitu: I have (sumber dukungan sosial). I am (kemampuan individu) dan I can (kemampuan sosial dan interpersonal).Kata kunci : Pendidikan Keagamaan, Resiliensi
PENDIDIKAN KARAKTER DI KUTTAB AL-FATIH KELURAHAN BULUSAN KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG Abrari Ilham
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to understand: 1 ) character education in Kuttab Al-Fatih Bulusan Village Tembalang District Semarang City especially relating to subject matter, method, evaluation 2 ) character education in the environment families in Kuttab Al-Fatih Bulusan Village Tembalang District Semarang City especially relating to, matter, method, evaluation.The research is the qualitative study descriptive with strategy used is a case study. The subject of study that became a source of data is: Kuttab Al-Fatih’s head master, teachers , learners, learners of parents, and Kuttab Al-Fatih’s website. The data collection is done with the interviews, observation, and documentation. To test the data validation was conducted by a test of triangulation .Data analysis used is the model descriptive analysis, eg the reduction of the data, presentation of data and the withdrawal of the conclusions.The result of this research concluded that character education in Kuttab Al-Fatih Bulusan Village Tembalang District Semarang City and family environment learners particularly subject matter, methods and evaluation. Subject matter covered aqidah development, worship, culture , akhlaq, intellectual, social, health and physical, environment, and technology. Method covered exemplary, patience, habituation, dialogue, the story, rewards, and integration. Evaluation in the environment Kuttab Al-Fatih Semarang covered reflection daily, absentee the presence of, and judgment culture, while in family environment covered the aspects of kognitig, affective, and psychomotor. The results of character education in Kuttab Al-Fatih Semarang have fullfilled eighteen (18) indicators like which was formulated by the Ministry Education and Culture Indonesian. But the authors founded nine (9) indicators values character that developed of them sincere, patient, the mandate, keep the promise, charity, good deeds, healthy life, friendly, and empathy. Of the total indicators values such characters, there are eleven (11) indicators character education who has attached to strong on each of students study : culture, religious, sincere, patient, honest, responsibility, discipline, socially responsible, caring environment, friendly, and healthy life. Eleven the education indicators character inherent strong on the self child who emerged as a significant element in integration pattern who built a between Kuttab Al-Fatih Semarang with parents learners
Dasar-dasar Pendidikan Islam Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Ibnu Katsir Rivai Bolotio; Faisal Ade; Putri Sri Wahyuni
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Kajian ini dilatar belakangi oleh adanya surat dalam Al-Qur’an yang mengandung dasar-dasar pendidikan Islam yang harus diajarkan kepada peserta didik dalam surat Luqman ayat 12-19.Permasalahan tersebut dibahas dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), yang sumbernya dari literatur primer yaitu tafsir Ibnu Katsir dan menggunakan metode deskriptif-analitis untuk menjelaskan bagaimana dasar-dasar pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 12-19 menurut tafsir Ibnu Katsir.Hasil dari penelitian ini adalah dalam surat Luqman ayat 12-19 menurut tafsir Ibnu Katsir terdapat materi tentang dasar-dasar pendidikan Islam yang bisa diterapkan oleh orang tua dalam keluarga, guru di sekolah, juga individu di masyarakat. Kesimpulannya dasar-dasar pendidikan Islam dalam surat Luqman ayat 12-19 menurut tafsir Ibnu Katsir terdiri dari dasar pendidikan aqidah, syari’ah dan akhlaq. Aspek aqidah (keimanan) adalah ajaran tentang tauhid. Aspek syari’ah adalah ajaran tentang ibadah. Aspek akhlaq adalah ajaran tentang perilaku. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan materi bagi pendidik dan orang tua dalam masalah dasar-dasar pendidikan Islam.Kata Kunci: Dasar-Dasar Pendidikan Islam, Tafsir Ibnu Katsir, Peserta Didik
PENGEMBANGAN MATERI AKIDAH AKHLAK BERBASIS APLIKASI QUIPER SCHOOL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BITUNG Wadan Y Anuli
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan-tahapan dalam mengembangkan materi pembelajaran berbasis quipper school yang efektif untuk pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam. Materi yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut: bersifat online, dan mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, suara, dan video, yang diinput melalui aplikasi quipper school, ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media, dan jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan media pembelajaran ini.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan materi ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, produksi, uji coba, dan distribusi. Tahap analisis meliputi analisis tujuan pembuatan dan bentuk pembuatan produk. Tahap desain meliputi tata cara menginput materi berupa teks pdf/powerpoint, materi berbentuk video pembelajaran, soal ujian, pekerjaan rumah (PR). Tahap produksi meliputi pemasukan semua bahan-bahan yang ada, sinkronisasi dan menguji coba jalannya program. Tahap uji coba terdiri atas uji kelayakan terbatas oleh ahli materi dan ahli media, dan uji lapangan yang meliputi: preliminary field testing, main field testing, dan operational field testing. Tahap distribusi yaitu menyebarluaskan produk yang sudah direvisi ke pengguna. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kuesioner dan tes, dan  dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki materi pembelajaran berbasis quipper school hasil pengembangan.Hasil validasi ahli materi Akidah Akhlak menunjukkan bahwa kualitas materi  baik, dengan skor 3,69. Demikian juga ahli media menilai kualitas media sangat baik, dengan skor 4,65. Hasil uji coba menunjukkan bahwa penilaian siswa mengenai kualitas materi yang dikembangkan ini adalah baik. Aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,51 (sangat baik), aspek materi 4,55 (sangat baik) dan aspek media 4,77 (sangat baik). Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,61 yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar (nilai minimal ”75”) setelah menggunakan materi pembelajaran berbasis quipper school ini, sebanyak 90% dengan rerata skor pre-test sebesar 52.33 dan rerata skor post-test sebesar 98.66 dan termasuk dalam kategori ”Sangat Baik”
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Tata Cara Berwudhu untuk Mahasiswa Program Studi Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Manado Agung Budi Santoso; Nur Fadli Utomo
Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization Vol 1, No 2 (2020): Volume 1 No. 2 September 2020
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kebermafaatan multimedia pembelajaran interaktif tata cara berwudhu pada mahasiswa program studi agama islam negeri manado.Penelitian Pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan oleh Alessi & Trollip. Desain pengembangan tersebut terdiri atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi (a) tahap perencanaan (planning), (2) tahap desain, dan (c) tahap pengembangan (development). Uji coba produk terdiri dari uji alpha yang dilakukan oleh dua ahli media dan dua ahli materi, serta uji beta yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi PAI IAIN Manado. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi, angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, dan angket untuk respon mahasiswa.Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk software yang bisa digunakan di perangkat komputer atau laptop. Produk yang dihasilkan dinilai sangat layak untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai tata cara berwudhu berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, subjek uji coba, dan produk yang dihasilkan efektif meningkatkan pemahaman tentang materi tata cara berwudhu mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Manado, terbukti dengan nilai rata-rata pretest sebesar 48,00 meningkat pada posttest sebesar 85,07, dengan nilai gain skor 0,71.Kata Kunci : multimedia pembelajaran interaktif, tata cara wudhu, mahasiswa program studi pendidikan agama islam

Page 1 of 1 | Total Record : 9