cover
Contact Name
-
Contact Email
jikm@alptkptm.org
Phone
+6271717417
Journal Mail Official
jikm@alptkptm.org
Editorial Address
Jalan Ahmad Yani No. 137, Pabelan, Surakarta, Indonesia 57169
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
ISSN : -     EISSN : 28286375     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (ALPTK PTMA). Tujuan jurnal imiah ini adalah untuk mensosialisasikan, mempublikasikan, dan mendeseminasikan hasil, temuan, inovasi, dan rekomendasi hasil-hasil pelaksanaan program kampus merdeka yang dilaksanakan baik di lingkungan pendidikan formal, pendidikan informal, maupun pendidikan non formal. Program kampus mengajar hakikatnya untuk mengembangkan, memberdayakan, meningkatkan, membudayakan, membudidayakan, menguatkan, melatih, menerampilkan, menumbuhkan, menumbuhkembangkan, merevitalisai, menghidupkan kembali, dan/atau bentuk-bentuk inovasi pengembangan serta pemberdayaan sasaran masyarakat pendidikan secara luas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 3, No. 2, Oktober 2023" : 3 Documents clear
Peningkatan Produksi Markisa pada Kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Ngongak Tanduran Kota Madiun Santosa Pradana Putra Setya Negara; Irfan Miftahul Fauzi; Dian Ardifah Iswari; Sherly Oktaviana Putri; Kilau Mustika Bayu Aji; Rina Astuti; Diwi Acita Irawati; Sugeng Riyanto
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 2, Oktober 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah(ALPTK PTMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i2.120

Abstract

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Ngongak Tanduran yang terletak di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun terdapat area penanaman markisa. Kendala yang dialami oleh P2L Ngongak Tanduran adalah kesulitan dalam budidaya tanaman markisa, sehingga buah markisa memiliki hasil yang kurang baik. Selain itu, pengunjung yang datang ke P2L Ngongak Tanduran seringkali memetik markisa secara sembarangan, sehingga mengakibatkan tanaman mengalami kerusakan dan mempengaruhi produksi buah markisa. Permasalahan berikutnya adalah banyak buah markisa muda yang mengalami kusut dan kering, hal ini karena penanganan yang belum tepat pada tanaman markisa. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, tim pengusul mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan informasi pemanfaatan budidaya markisa di area P2L Ngongak Tanduran dan pelatihan teknik budidaya markisa. Tahapan pelaksanaan dalam kegiatan ini berupa sosialisasi potensi markisa, pelatihan seleksi buah, perbanyakan tanaman dari benih buah yang telah dihasilkan, serta teknik pemeliharaan tanaman markisa. Dalam melaksanakan kegiatan ini, P2L Ngongak Tanduran berpartisipasi aktif sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam produksi markisa dan siap untuk mengembangkan produk turunan buah markisa.
Penguatan Guru SD dalam Psikoedukasi Pendidikan Seks pada Anak Murfiah Dewi Wulandari; Ika Candra Sayekti; Okti Sri Purwanti; Rizki Rahma Kusuma; Retno Fadillah; Anik Enikmawati; Sri Sat Titi Hamranani; Masreza Parahadi
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 2, Oktober 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i2.126

Abstract

Banyak guru yang menganggap pendidikan seks itu tabu dan pengetahuan dalam memberikan pencegahan pelecehan seksual anak (PPSA) terkait materi, metode, dan media yang masih kurang. Untuk itu pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam memberikan PPSA. Mitra pengabdian ini 26 guru SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Metode pengabdian yang dilakukan Analisa kebutuhan, sosialisasi PPSA, pelatihan materi, metode, dan media PPSA. Hasil pengabdian menunjukkan dengan sosialisasi PPSA 100% guru sudah tidak menganggap bahwa pendidikan seks itu tabu, 85% guru meningkat pengetahuan tentang materi, metode, dan media bagaimana mengenali, menolak, dan melaporkan jika terjadi pelecehan seksual. Pengabdian ini guru mendapatkan materi dan mempraktekkan dengan peerteaching mensimulasikan metode dalam memberikan PPSA dengan bermain peran menggunakan boneka tangan dan penggunaan media lainnya. Pengabdian ini sangat penting untuk membekali guru yang nantinya dapat diimplementasikan pada peserta didik sehingga meningkatkan keterampilan peserta didik dalam perlindungan diri dari pelecehan seksual.
Penguatan Pendidikan sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Jasmani bagi Anak Pekerja Migran di Sanggar Bimbingan Malaysia Anis Rohadatul Niehlah; Adi Jufriansah; Azmi Khusnani; Irfan Miftahul Fauzi; Tria Puspita Sari
Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3, No. 2, Oktober 2023
Publisher : Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56972/jikm.v3i2.127

Abstract

Penguatan pendidikan perlu memperhatikan faktor-faktor yang dapat membantu mencapai suatu kompetensi. Hal ini bersesuaian dengan peraturan Internasional yang menyatakan bahwa setiap manusia memiliki hak memperoleh pendidikan. Namun hal ini terbentur ketika dihadapkan dengan kasus untuk usia sekolah warga imigran yang sedang mencari suaka di Malaysia. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaan pendidikan sebagai upaya peningkatan kemampuan jasmani anak pekerja migran di sanggar bimbingan Malaysia selama penerjunan Kuliah Kerja Nyata kemitraan internasional program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah berlokasi di Sanggar bimbingan Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia Klang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data diperoleh dari studi pendahuluan terkait kondisi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani. Analisis data kualitatif ini menggunakan analisis Miles dan Hubermen yaitu reduksi, penyajian dan verfikasi data. Pada kegiatan kuliah kerja nyata kemitraan Internasional, peneliti mendalami dan mengamati kegiatan belajar dan mengajar pendidikan jasmani. Peneliti menyimpulkan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani kurang terstruktur dan sistematis serta pendidik kurang berkompeten dibidang pendidikan jasmani sehingga akan mengpengaruhi peningkatan kemampuan jasmani anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 3