cover
Contact Name
Nurwinsyah Rohmaningtyas
Contact Email
nurwins@unisda.ac.id
Phone
+6285292445369
Journal Mail Official
jurnaladilla@unisda.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ekonomi Syari'ah Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul Ulum (UNISDA) Jl. Airlangga 03 Sukodadi Lamongan Jawa Timur
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
ADILLA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah
ISSN : 26218453     EISSN : 26209535     DOI : https://doi.org/10.52166/adilla
Fokus kajian jurnal ADILLA dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Januari" : 7 Documents clear
Analisis Pemberdayaan Ekonomi Pemuda dari Bahan Limbah Bonggol Jagung Menjadi Produk Kerajinan Multiguna di Desa Ketanen Panceng Gresik Misbahul Khoir; Imam Wahyudhi; M Zainuddin Alanshori
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.892 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i1.2839

Abstract

Di Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, sekitar 48 % masyarakatnya berprofesi sebagai petani jagung. Mulai tahun 2013 lalu, komoditas jagung diproduksi sebanyak 22.853 ton yang menghasilkan 285.662.500 limbah bonggol jagung bahkan di tahun 2019 sudah mencapai dua kali lipatnya. Limbah bonggol jagung ini terbuang begitu saja dan tidak dimanfaatkan dengan baik sebelum adanya pengembangan ekonomi lokal dalam bentuk Unit Dagang (UD) Ketanen Industri Kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan perkembangan usaha UD. Ketanen Industri Kreatif di Desa Ketanen Panceng Gresik ditinjau dari aspek pasar, aspek teknik, aspek manajemen, aspek sosial ekonomi dan aspek lingkungan juga untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan melalui analisis SWOT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertumpu pada data di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sisi aspek pasar, aspek teknis, aspek sosial ekonomi dan aspek lingkungan adalah layak. Namun, dari sisi aspek manajemen dan aspek keuangan serta pemasaran kurang layak dengan indikasi temuan kendala Sumber Daya Manusia (SDM) yang beralih memilih pekerjaan ke Luar Negeri atau di tempat lain. Dan kendala utamanya adalah pada pemasaran hasil-hasil produk yang tidak bisa langsung dipasarkan karena dampak pandemi (Covid 19), yang akhirnya memupus harapan keberlangsungan usaha ini.
Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Tingkat Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional Sita Hidayati; Syuhada' Syuhada'
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.015 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i1.2889

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang semakin tinggi. Dengan persaingan yang begitu tinggi untuk meningkatkan tingkat penjualan, pelaku bisnis kadang menggunakan segala cara sehingga sering mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat transaksi jual beli dan Untuk mengetahui besar nilai pengaruh penerapan etika bisnis Islam terhadap tingkat transaksi jual beli di pasar desa Kapas Bojonegoeo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sampel dalam penelitian ini 64 pedagang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, kuesioner, dan riset internet. Analisis datanya bersifat deskriptif analisis dimana data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian diberikan penjelasan dan kesimpulan dari setiap tabel. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner yang diperoleh dari para pedagang diperoleh hasil bahwa Etika Bisnis Islam berpengaruh terhadap Tingkat Jual Beli sebesar 98,2%
Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) untuk Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 Nur Sa'idaturrohmah
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.848 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i1.2890

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) untuk ketahanan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) sebagai bentuk integrasi antara sukuk dan wakaf yang menarik dalam keuangan Islam. Realisasi penjualan Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) mencapai Rp 14.912.000.000 pada seri SWR001 dan Rp 24.141 miliar pada seri SWR002. Hal ini menunjukkan bahwa CWLS mengalami peningkatan sekitar 61,8% meskipun di masa pandemi. Cash Waqf Linked Sukuk Dana CWLS dapat membantu pemerintah sebagai sumber pembiayaan proyek untuk pembangunan nasional yang tertunda akibat APBN yang difokuskan untuk pengangan Covid-19. Sedangkan Imbal hasil dari investasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik di bidang pendidikan, kesehatan, dakwah, dan program kemasyarakatan, serta penguatan ekonomi dan pemberdayaan umat khususnya yang terdampak pandemi Covid-19
Analisis Strategi Penghimpunan Dana Dalam Produk Deposito Mudharabah Pada KCP Bank Syariah Indonesia Sumberrejo Bojonegoro Aris Zulianto; Novia Rohmatullaili; Vina Lutfiatul Maula
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (864.142 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i1.2970

Abstract

Dengan adanya perkembangan Bank Syariah yang begitu pesat di Indonesia, ternyata perkembangan tersebut tidak dibarengi dengan wawasan syariah yang dimiliki oleh masyarakat. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kesenjangan yang membuat tidak banyak masyarakat yang memahami produk dan sistem yang diterapkan oleh Bank Syariah. Padahal, sebagian besar penduduk Indonesia adalah orang Islam yang seharusnya mengetahui dan memahami secara luas tentang produk dan jasa dalam perbankan syariah. Hal tersebut dilakukan dan dimaksudkan agar pemenuhan kebutuhan perekonomian masyarakat tidak seenaknya saja, tetapi berdasarkan pada prinsip syariah. Dalam operasionalnya, Perbankan Syariah menerapkan beberapa produk dengan berbagai macam akad. Produk operasional Perbankan Syariah, di antaranya adalah produk jasa, produk penyaluran dana dan produk penghimpunan dana. Penerapan dan sistem penghimpunan dana Bank Syariah dengan konvensional sangatlah berbeda karena Perbankan Syariah sendiri mempunyai akad syariah, salah satunya yaitu produk deposito mudharabah. Produk pengumpulan dana yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sumberrejo adalah menggunakan Deposito Mudharabah. Akad mudharabah yang dipilih adalah mudharabah muthlaqoh, sehingga Bank Syariah mendapatkan kebebasan untuk mengelola dana tersebut.
Analisis Strategi Pemasaran Hotel Yang Berbasis Syariah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Dan Marketing Syariah Izzatun Maghfirah
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.288 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i1.2993

Abstract

Hotel Syariah merupakan konsep baru dalam dunia perhotelan yang ada di Indonesia. Hal itu dilakukan bermula dari kesadaran orang Islam untuk menerapkan aturan Islam dalam dunia perhotelan. Tujuannya adalah menjauhkan orang dari perilaku yang tidak dibenarkan oleh agama. Apalagi, sebagaimana diketahui bahwa mayoritas penduduk di Indonesia adalah muslim. Maka, tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran hotel yang berbasis syariah, apakah sesuai dengan etika bisnis Islam dan pemasaran syariah. Dari analisa yang dilakukan menunjukkan bahwa Hotel Wali Songo Surabaya telah menerapkan konsep etika bisnis Islam dan pemasaran syariah. Hal itu ditunjukkan dengan melaksanakan konsep tauhid, keadilan dan ihsan dalam etika bisnis Islam serta melaksanakan empat karakteristik marketing syariah yaitu, ketuhanan (rabbaniyah), etis (akhlaqiyah), realistis (waqi’iyyah) dan humanistik (insaniyyah).
Analisis Metode SMART Dalam Strategi Segmentasi Pasar (Studi Produk Tabungan Simitra Mikro di Bank Mitra Syariah Kantor Cabang Bojonegoro) Agus Wahyu Irawan; Siti Lailatunnikmah Asfiah
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.549 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i1.3050

Abstract

This study aims to analyze the Smart Method on market segmentation strategies in increasing the number of simitra micro savings customers at Bank Mitra Syariah Bojonegoro Branch Office. Products owned by Bank Mitra Syariah include savings and financing products. One of the derivative products from savings products is the Simitra Micro Savings product. Simitra Micro Savings is a superior product owned by Sharia Partner Banks. The targets chosen by the Sharia Partner Bank are market traders. This research uses qualitative research and the analysis used is SMART analysis. This study uses data collection methods through interviews, observation, and documentation. Segmentation strategy is a method used by a company to divide the market into several different groups of buyers, which are seen from the point of view of the needs of traders. The segmentation strategy aims to make it easier for Micro Field Officers (PLM) in marketing products owned by Sharia Partner Banks, especially in simitra micro savings products. Simitra micro savings are savings or savings for small traders that are entrusted to the Sharia Mitra Bank which in the future can provide benefits to the merchant. Strategies implemented by sharia partner banks in marketing products owned by Sharia Partner Banks include dividing the market into several regions (segmentation), having the responsibility of officers in each region, determining targets for each region, offering superior products, establishing good relationships with customer.
Tinjauan Hukum Islam Terhadap Formulasi Akad Dalam Pembuatan Rumah Sistem Borongan Ihlal Fauqi; Ainul Masruroh
ADILLA : Jurnal Ilmiah Ekonomi Syari'ah Vol 5 No 1 (2022): Januari
Publisher : Universitas Islam Darul 'ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.22 KB) | DOI: 10.52166/adilla.v5i1.3062

Abstract

Perjanjian pemborongan rumah merupakan suatu perjanjian dimana seorang pemborong menerima pesanan pembuatan rumah dengan kriteria dan persyaratan tertentu yang disepakati dengan pembayaran sesuai kesepakatan. Di Desa Tunggul, perjanjian antara konsumen dan pemborong dilakukan secara lisan dan isi perjanjian tersebut tidak memuat mengenai bentuk penyelesaian masalah. Perjanjian antara konsumen dan pemborong di Desa Tunggul berlangsung baik, meskipun pada kenyataannya tidak sedikit para pemborong dan konsumen harus menanggung risiko kerugian yang di sebabkan oleh overmacht dan wanprestasi. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan akad apa yang disepakati oleh kedua pihak tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu penelitian yang mengambarkan bentuk akad dalam pembuatan rumah dengan sistem borongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk memperoleh gambaran lokasi penelitan, observasi untuk mengetahui akad serta wawancara pemborong dan konsumen di Desa Tunggul untuk memperoleh data yang valid. Teknik analisis data menggunakan analisa kualitatif, yaitu data yang diperoleh kemudian disusun secara sistematis kemudian dianalisis kualitatif untuk mencapai kejelasan masalah mengenai risiko kerugian. Setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa praktek perjanjian pemborongan rumah di Desa Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan menggunakan akad istisna’ dengan bentuk akad secara lisan. Akad tersebut sesuai atau sah dalam Hukum Islam karena sudah memenuhi syarat dan rukun akad.

Page 1 of 1 | Total Record : 7