cover
Contact Name
Arief Teguh Nugroho
Contact Email
lppm@pelitabangsa.ac.id
Phone
+6281325038258
Journal Mail Official
jupilmu@gmail.com
Editorial Address
Jl. Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Selatan, Bekasi Email: lppm@pelitabangsa.ac.id
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pelita Ilmu
ISSN : -     EISSN : 28097254     DOI : 10.37366
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Pelita Ilmu adalah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial. Jurnal Pelita Ilmu mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan Ilmu Ekonomi Manajemen (Konsentrasi Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Operasional, Strategik, dan Kewirausahaan), Akuntansi, Perpajakan dan Ilmu Sosial lainnya. Jurnal Pelita Ilmu (JPI) terbit enam bulanan (dua kali setahun) yaitu setiap bulan April dan Oktober.
Articles 41 Documents
Urgensi Izin Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Bagi Usaha Mikro Dan Kecil Arum Tarina
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.42 KB)

Abstract

Kewajiban pelaku usaha memiliki izin usaha dalam melakukan kegiatan perdagangan melalui sistem elektronik berlaku bagi seluruh pelaku usaha perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) di indonesia baik untuk pelaku usaha dalam negeri maupun luar negeri termasuk usaha mikro dan kecil. Oleh karena itu, Tujuan penulisan ini untuk menguraikan pentingnya izin usaha bagi pelaku usaha PMSE di Indonesia terutama bagi usaha mikro dan kecil. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep. Hasil dari penelitian ini adalah urgensi mewajibkan izin usaha bagi UMK dalam PMSE bagi pemerintah adalah membantu pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan bagi pelaku usaha PMSE. Serta urgensi memiliki izin usaha dalam PMSE bagi UMK adalah untuk mendapatkan fasilitas kemudahan-kemudahan dan untuk menghindari pengenaan sanksi administratif.
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI KERAMIK PORSELIN DAN KACA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2021) Sapto Raharjo; Sunita Dasman; Fikko Bangun Primanda
JURNAL PELITA ILMU Vol. 16 No. 01 (2022): JURNAL PELITA ILMU - April 2022
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.414 KB)

Abstract

Memaksimalkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan, maka semakin tinggi pula kesejahteraan para pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah profitabilitas, leverage dan keputusan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sampel dari penelitian ini terdiri dari perusahaan subsektor industri keramik porselin dan kaca yang terdaftar di bursa efek Indonesia selama periode 2016-2021, yang sesuai dengan kriteria maka ditetapkan sebanyak 7 perusahaan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Populasi dari penelitian adalah perusahaan subsektor industri keramik porselin dan kaca yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan nilai sig 5%. Alat analisis menggunakan Eviews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan leverage memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan keputusan investasi memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan
Kinerja Karyawan : Pelatihan Kerja Dan Disiplin Kerja Dadang Heri Kusumah
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.336 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT IK Precision Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 190 responden dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan diuji dengan metode analisis data secara komputerisasi SPSS. Hasil penelitian ini terbukti dengan pengujian hipotesis yaitu : Uji T untuk menguji dengan membandingkan t hitung dengan t tabel atau dengan melihat kolom signifikan pada masing-masing t hitung. Sedangkan Uji F untuk menguji variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan atau tidak signifikan dengan variabel terikat. Uji T untuk variabel pelatihan kerja (X1) diperoleh t hitung =3,083 > t tabel yaitu 1,973 dengan nilai signifikan sebesar (0,002 < 0,05) dan untuk variabel disiplin kerja (X2) diperoleh t hitung 6,304 > t tabel yaitu 1,973 dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa variabel pelatihan kerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Uji F pengujian hipotesis secara simultan diperoleh F hitung 46,855 > F tabel 3,04 dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa variabel pelatihan kerja (X1) dan disiplin kerja (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Marcks Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA), Jakarta Etty Zuliawati Zed; Yunita Ramadhani RDS
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.472 KB)

Abstract

Industri kosmetik kecantikan di Indonesia berkembang semakin cepat, hal ini membuat bisnis kosmetik kecantikan menjadi lebih dinamis terhadap perubahan pasar yang ada. Jenis metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian produk bedak Marck’ Venus LP Dinamic di area Jabotabek, sedangkan teknik sampelnya menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear, koefisien korelasi, koefissien determinasi, dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi  0,05. Dari hasil penelitian diketahui secara parsial terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, secara parsial terdapat pengaruh antara promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen Marcks’ Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA) Jakarta, dan terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Marcks’ Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA), Jakarta.
PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, DAN EFISIENSI AKTIVA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Wisnu Setyawan; Hilman Maulana
JURNAL PELITA ILMU Vol. 16 No. 01 (2022): JURNAL PELITA ILMU - April 2022
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.973 KB)

Abstract

Posisi keuangan perusahaan setiap tahunnya akan selalu mengalami perubahan seiring dengan operasional perusahaan, karena operasional perusahaan mempengaruhi kinerja keuangan pada perusahaan. Perusahaan akan berupaya untuk mengolah berbagai faktor yang dapat menyebabkan perubahan kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keputusan investasi (ROA), keputusan pendanaan (DER) dan efisiensi aktiva (TATO) terhadap nilai perusahaan (PBV) secara parsial. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka sample yang digunakan sebanyak 19 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan yang telah memenuhi kriteria sample. Model penelitian yang digunakan adalah regresi data panel dengan melakukan Uji Chow dan Uji Hausman. Untuk uji asumsi klasik menggunakan Uji Normalitas, Autokorelasi, Heteroskedastisitas dan Multikolinearitas. Program yang digunakan untuk membantu olah data adalah Eviews 10. Temuan dari Model Fixed Effect secara parsial menunjukkan bahwa Keputusan Investasi (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), Keputusan Pendanaan (DER) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV), dan Efisiensi Aktiva (TATO) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV).
Pengaruh Sertifikasi Profesi Internal, Assesment, dan Reward Terhadap Kinerja Karyawan Perum Peruri SBU (Strategic Business Unit) Produksi Non Uang RI Muhadar Putih; Rafri Dadang Nurrachmawan
JURNAL PELITA ILMU Vol 15 No 02 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2021
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297 KB)

Abstract

Dalam memenuhi produk yang bernilai jual tinggi ini perusahaan harus mampu memiliki karyawan yang dapat bekerja secara efektif dan efisien. Maka dari itu perusahaan harus mampu meningkatkan dan memperhatikan kinerja karyawan untuk membuat perusahaan berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menguji pengaruh sertifikasi profesi internal, assessment, dan reward terhadap kinerja karyawan PERUM PERURI SBU (STRATEGIC BUSINESS UNIT) PRODUKSI NON UANG RI. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu probability sampling dengan metode simple random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu sejumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26 yang digunakan untuk menguji validitas dan realibilitas, menguji asumsi klasik, dan menguji hipotesis yang diusulkan di dalam model teoritis. Hasil penelitian ini yaitu sertifikasi profesi internal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kemudian assessment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Dan reward memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Semua hipotesis yang diusulkan telah terbukti
Pengaruh Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Tri Mulyani Kartini
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.088 KB)

Abstract

This research was conducted to examine the influence of communication and organizational culture on employee performance at PT. XY. The population in this study were all employees of PT XY, totaling 262 employees. This study uses a quantitative approach, the data for this study were obtained through a questionnaire that had been filled in by PT XY employees, namely 50 respondents. The data analysis method used is the SPSS method of multiple linear regression. This study tested three variables, namely: communication (X1), organizational culture (X2) as the independent variable and employee performance (Y) as the dependent variable. The results showed that communication and organizational culture had a significant effect on employee performance at PT XY.
Effect of Intellectual Intelligence and Emotional Intelligence on Employee Performance Inna Nisawati Mardiani; Fahmi AL Hanafi
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.289 KB)

Abstract

One of the company's success depends on its employees. To be able to increase company productivity, it is necessary to know the effect of intellectual intelligence and emotional intelligence on employee performance. This research was conducted on 59 of 141 employees at PT. Flexi Components Indonesia. Emotional intelligence and intellectual intelligence are independent variables and employee performance as the dependent variable. This study uses survey methods, samples and questionnaires as the main data collection tools. The validity and reliability of the questions were tested for each variable. Then, emotional intelligence and intellectual intelligence variables were regressed on employee performance. The results of this study indicate that the intellectual intelligence variable has an effect on employee performance, and the emotional intelligence variable has a significant effect on the employee performance of PT. Flexi Components Indonesia.
MINAT BELI PENGGUNA KARTU BY.U DI BEKASI : KEMUDAHAN PENGGUNAAN, FASILITAS, DAN CITRA MEREK Dewi Juwita Permatasari; Arief Teguh Nugroho
JURNAL PELITA ILMU Vol. 16 No. 01 (2022): JURNAL PELITA ILMU - April 2022
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.033 KB)

Abstract

Hadirnya internet memudahkan masyarakat dalam mendapatkan lalu membagikan informasi secara cepat, tepat, dan tanpa batas waktu serta jarak. Masyarakat menginginkan kemudahan dalam berkomunikasi, meskipun masing- masing perusahaan telekomunikasi mempunyai kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu setiap perusahaan bersaing menetapkan manajemen strategi yang kompetitif. Persaingan yang terjadi antar perusahaan telekomunikasi ini menjadikan masyarakat sebagai pengguna lebih selektif dalam memilih dan menggunakan sesuai kebutuhan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat beli pengguna, fasilitas terhadap minat beli pengguna, dan citra merek terhadap minat beli pengguna kartu by.U di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probality sampling dengan jumlah populasi sebanyak 100 responden. Dalam melakukan metode analisa untuk penelitian ini dibantu dengan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kemudahan penggunaan dan fasilitas tidak berpengaruh signifikan sedangkan variabel citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pengguna kartu by.U di Bekasi.
Interprediksi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Ulang Atas Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Suparno Suparno; Fendy Manunggal
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.001 KB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman mengakibatkan persaingan yang semakin ketat antar perusahaan, maka salah satu cara untuk meningkatkan daya saing suatu perusahaan adalah dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi dan mampu memenuhi keinginan konsumen, harga yang terjangkau dan promosi yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sop buah Freshasan Cabang Banjarsari Selatan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli soto buah Freshasan cabang Banjarsari Selatan Semarang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel “purposive random sampling”. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini adalah: Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 52,4%. Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 42,9%. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 53,4%. Secara bersama-sama harga, promosi, dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 94,7%. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar Freshasan perlu menjaga agar harga tetap sesuai dengan kualitas produknya. Freshasan juga harus meningkatkan intensitas promosi, kualitas pelayanan perlu dijaga agar konsumen puas dan melakukan pembelian berulang.