cover
Contact Name
Arief Teguh Nugroho
Contact Email
lppm@pelitabangsa.ac.id
Phone
+6281325038258
Journal Mail Official
jupilmu@gmail.com
Editorial Address
Jl. Inspeksi Kalimalang Tegal Danas, Cikarang Selatan, Bekasi Email: lppm@pelitabangsa.ac.id
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pelita Ilmu
ISSN : -     EISSN : 28097254     DOI : 10.37366
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Pelita Ilmu adalah salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial. Jurnal Pelita Ilmu mengkaji berbagai hal yang berkaitan dengan Ilmu Ekonomi Manajemen (Konsentrasi Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Operasional, Strategik, dan Kewirausahaan), Akuntansi, Perpajakan dan Ilmu Sosial lainnya. Jurnal Pelita Ilmu (JPI) terbit enam bulanan (dua kali setahun) yaitu setiap bulan April dan Oktober.
Articles 42 Documents
Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Pelita Bangsa Tri Wahju Wirjawan; Ratno Wijaya Kusuma; Muhammad Guntur
JURNAL PELITA ILMU Vol 15 No 02 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2021
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.737 KB) | DOI: 10.37366/jpi.v15i02.935

Abstract

Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui pembelajaran atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. Undangundang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (1) menyebutkan bahwa setiap negara berhak mendapat pendidikan, dan ayat (3) menegaskan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang Penelitian kuantitatif ini melakukan observasi dan mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner sebanyak 88 responden pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Angkatan 2019. Hasil penelitian menujukan bahwa promosi memiliki nilai koefisien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Lokasi memiliki nilai koefisien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan memiliki nilai koefisien dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial memiliki nilai koefisien signifikan 0,000< 0,05.Maka variable promosi, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 89,3%
Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone ASUS di Bekasi Taufiq Rachman
JURNAL PELITA ILMU Vol 15 No 01 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - April 2021
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.014 KB) | DOI: 10.37366/jpi.v15i01.816

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keputusan pembelian produk smartphone Asus pada tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnnya data tersebut diketahui dari top brand award. Smartphone Asus kurang diminati masyarakat karena masyarakat telah memilih produk cina yang bersaing cukup luas menciptakan ketertarikan konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasiproduk, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian ini dilaksanakan di di Bekasi, populasi pada penelitian ini adalah Konsumen Smartphone Asus di Bekasi dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi produk tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan arah positif.
Urgensi Izin Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik Bagi Usaha Mikro Dan Kecil Arum Tarina
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.42 KB)

Abstract

Kewajiban pelaku usaha memiliki izin usaha dalam melakukan kegiatan perdagangan melalui sistem elektronik berlaku bagi seluruh pelaku usaha perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) di indonesia baik untuk pelaku usaha dalam negeri maupun luar negeri termasuk usaha mikro dan kecil. Oleh karena itu, Tujuan penulisan ini untuk menguraikan pentingnya izin usaha bagi pelaku usaha PMSE di Indonesia terutama bagi usaha mikro dan kecil. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep. Hasil dari penelitian ini adalah urgensi mewajibkan izin usaha bagi UMK dalam PMSE bagi pemerintah adalah membantu pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan bagi pelaku usaha PMSE. Serta urgensi memiliki izin usaha dalam PMSE bagi UMK adalah untuk mendapatkan fasilitas kemudahan-kemudahan dan untuk menghindari pengenaan sanksi administratif.
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI KERAMIK PORSELIN DAN KACA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2021) Sapto Raharjo; Sunita Dasman; Fikko Bangun Primanda
JURNAL PELITA ILMU Vol. 16 No. 01 (2022): JURNAL PELITA ILMU - April 2022
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.414 KB)

Abstract

Memaksimalkan nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan, maka semakin tinggi pula kesejahteraan para pemegang saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah profitabilitas, leverage dan keputusan investasi berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sampel dari penelitian ini terdiri dari perusahaan subsektor industri keramik porselin dan kaca yang terdaftar di bursa efek Indonesia selama periode 2016-2021, yang sesuai dengan kriteria maka ditetapkan sebanyak 7 perusahaan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Populasi dari penelitian adalah perusahaan subsektor industri keramik porselin dan kaca yang terdaftar di bursa efek Indonesia dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan nilai sig 5%. Alat analisis menggunakan Eviews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan leverage memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan keputusan investasi memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan
Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Rustiana Rustiana; Catur Sasi Kirono; Nining Yuningsih; Eka Dwi Astuti
JURNAL PELITA ILMU Vol 15 No 02 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2021
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.248 KB) | DOI: 10.37366/jpi.v15i02.928

Abstract

Kinerja karyawan merupakan keseluruhan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan atau organisasi, termasuk kinerja setiap individu dan kelompok kerja dalam perusahaan. Peningkatan gaji dan insentif menjadi faktor motivasi dalam peningkatan kainerja karyawan. Tiingkat pendidikan yang merupakan bagian dari kemampuan kerja dapat meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan secara parsial dan simultan. Penelitian dilakukan pada perusahaan kurir JNE di wilayah Jati Asih Bekasi dengan jumlah responden sebanyak 60 orang yang dijadikan sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkna bahwa motibvasi kerja dan kemampuan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, baik secara parsial maupun simultan. Kemampuan motivasi kerja dan kemampuan kerja dalam menjelaskan kinerja karyawan sebesar 57%.
Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Turnover Intention Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Karya Teknik Nusantara Karawang Nining Yuningsih; Maha Putra; Adi Maryadi
JURNAL PELITA ILMU Vol 15 No 01 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - April 2021
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.796 KB) | DOI: 10.37366/jpi.v15i01.795

Abstract

Tingginya turnover di dalam suatu perusahaan dapat mengganggu aktifitas dan produktifitas yang pada akhirnya dapat menciptakan ketidakstabilan dan ketidakpastian pada perusahaan. Saat ini permasalahan tingginya tingkat turnover intention telah menjadi masalah serius bagi banyak perusahaan. Dampak negatif yang dirasakan akibat terjadinya turnover pada perusahaan yaitu pada kualitas dan kemampuan untuk menggantikan karyawan yang keluar dari perusahaan, sehingga butuh waktu serta biaya baru dalam merekrut karyawan baru. Individu yang merasa puas dengan pekerjaannya cenderung untuk bertahan dalam organisasi.Masalah kepuasan kerja merupakan hal mendasar yang dirasakan dapat mempengaruhi pemikiran seseorang untuk keluar dari tempatnya bekerja dan mencoba untuk mencari pekerjaan lain yang lebih baik dari tempat kerja sebelumnya.Sikap ketidakpuasan kerja yang dirasakan karyawan diduga menimbulkan berbagai masalah seperti meningkatnya tingkat absensi karyawan, perilaku kerja pasif. Lingkungan kerja adalah salah satu faktor yang berpengaruh cukup besar dalam perusahaan. lingkungan kerja yang kurang baik merupakan salah satu penyebab turnover intention. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Karya Teknik Nusantara Karawang, sebanyak 72 orang dengan jumlah sampel 72 karyawan dengan teknik total sampling. Kepuasan tidak berpengaruh terhadap Turnover Intention. Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh terhadap Turnover Intention. Sedangkan secara simultan variabel Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Turnover Intention.
Kinerja Karyawan : Pelatihan Kerja Dan Disiplin Kerja Dadang Heri Kusumah
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.336 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT IK Precision Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 190 responden dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan diuji dengan metode analisis data secara komputerisasi SPSS. Hasil penelitian ini terbukti dengan pengujian hipotesis yaitu : Uji T untuk menguji dengan membandingkan t hitung dengan t tabel atau dengan melihat kolom signifikan pada masing-masing t hitung. Sedangkan Uji F untuk menguji variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan atau tidak signifikan dengan variabel terikat. Uji T untuk variabel pelatihan kerja (X1) diperoleh t hitung =3,083 > t tabel yaitu 1,973 dengan nilai signifikan sebesar (0,002 < 0,05) dan untuk variabel disiplin kerja (X2) diperoleh t hitung 6,304 > t tabel yaitu 1,973 dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa variabel pelatihan kerja dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Uji F pengujian hipotesis secara simultan diperoleh F hitung 46,855 > F tabel 3,04 dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa variabel pelatihan kerja (X1) dan disiplin kerja (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di PT Cairnhill Serviech Inti Robert Yan; Tio Go Ban
JURNAL PELITA ILMU Vol 15 No 02 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2021
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.844 KB) | DOI: 10.37366/jpi.v15i02.937

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Produk, Harga, Tempat, dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen di PT Cairnhill Serviech Inti. Metode penelitian ini menggunakan analisis dekriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 45 konsumen PT Cairnhill Serviech Inti dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan antara Produk, Harga, Tempat, dan Promosi secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen, dimana variabel tersebut memberikan pengaruh sebesar 74,4% terhadap kepuasan konsumen. Secara Parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen. Besar pengaruh produk terhadap kepuasan pelanggan adalah 33.24% dan besar pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen adalah 25.80%. Namun, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Harga dan Tempat secara parsial terhadap Kepuasan Konsumen di PT Cairnhill Serviech Inti
Pengaruh Disiplin, Pelatihan Kerja, Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Produktivitas Karyawan Ida Abdul Gopar
JURNAL PELITA ILMU Vol 15 No 01 (2021): Jurnal Pelita Ilmu - April 2021
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.519 KB) | DOI: 10.37366/jpi.v15i01.821

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh upaya peningkatan produktivitas kerja karyawan. Produktivitas kerja merupakan faktor yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan usaha perusahaan dalam segala aspek. Produktivitas kerja karyawan akan terus meningkat apabila karyawan selalu disiplin dan mengikuti setiap aturan perusahaan dan adanya lingkungan kerja yang baik. Adapun yang menjadi masalah pada penelitian ini adalah terjadi penurunan produktivitas kerja karyawan pada PT. Indofarma (Persero) Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, pelatihan kerja, dan lingkungan kerja fisik terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Indofarma (Persero) Tbk. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui metode kuisioner terhadap 50 responden dari 50 karyawan, penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dibantu program SPSS 22. Disiplin Kerja berpengaruh positif tehadap Produktivitas, artinya semakin bertambahnya Disiplin Kerja maka akan meningkatkan Produktivitas kerja karyawan. Pelatihan Kerja berpengaruh positif terhadap Produktivitas, artinya semakin banyak Pelatihan Kerja yang diberikan atau adanya fasilitas Pelatihan Kerja yang diberikan maka semakin tinggi pula Produktivitas kerja karyawan. Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh positif terhadap Produktivitas, artinya dengan Lingkungan Kerja Fisik yang baik maka akan meningkatkan Produktivitas kerja karyawan..
Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Konsumen Marcks Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA), Jakarta Etty Zuliawati Zed; Yunita Ramadhani RDS
JURNAL PELITA ILMU Vol 14 No 02 (2020): Jurnal Pelita Ilmu - Oktober 2020
Publisher : Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Pelita Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.472 KB)

Abstract

Industri kosmetik kecantikan di Indonesia berkembang semakin cepat, hal ini membuat bisnis kosmetik kecantikan menjadi lebih dinamis terhadap perubahan pasar yang ada. Jenis metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian produk bedak Marck’ Venus LP Dinamic di area Jabotabek, sedangkan teknik sampelnya menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear, koefisien korelasi, koefissien determinasi, dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi  0,05. Dari hasil penelitian diketahui secara parsial terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, secara parsial terdapat pengaruh antara promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen Marcks’ Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA) Jakarta, dan terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen Marcks’ Venus LP Dinamic di PT. Kimia Farma Apotek (KFA), Jakarta.