cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2019): November" : 50 Documents clear
PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI, KEPUTUSAN PENDANAAN, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN Farah Dwi Munna; Ardi Paminto; Rizky Yudaruddin
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.5109

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 11 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode porpusive sampling. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keputusan investasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Keputusan pendanaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Kebijakan Dividen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Tingkat Suku Bunga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.
Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan terhadap Niat Beli (Study kasus pada Pengguna situs online Lazada di Kota Samarinda) Ana Yohana; J Kuleh; Saida Zainurossalamia ZA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.4770

Abstract

Ana Yuhana,  Analisis Persepsi Kemudahaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Niat Beli secara online pada (Studi Kasus Pengguna situs Lazada Di Kota Samarinda). Pembimbing  Dr. J. Kuleh, SE.,M.Si dan Saida Zainurossalamia Z.A, SE., M.Si. Penelitian ini  dilakukan  dengan  tujuan  mengetahui  pengaruh  Niat Beli yang  terdiri  dari  persepsi  kemudahan  penggunaan  dan  persepsi  manfaat,  dan  kepercayaan  terhadap  niat  beli masyarakat secara online pada situs Lazada. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Penelitian  dilakukan  di  Kota  Samarinda.  Ukuran  sampel  yang  digunakan sebanyak 100  responden  dengan  metode purposive  sampling.  Pengumpulan  data melalui  penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden dan secara online. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan SPSS 23.0 for Windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis penelitian  ini  menemukan bahwa  masing-masing  variabel  berpengaruh  positif  signifikan  terhadap Niat Beli pada situs Online Lazada.
Pengaruh iklim pelayanan dan work engagement terhadap kinerja pelayanan karyawan (studi pada hotel novotel balikpapan) Muhammad Reza Raka Al Fathan; Siti Maria; Syaharuddin Y
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.4941

Abstract

Muhammad Reza Raka Al Fathan, 2018. Pengaruh Iklim Pelayanan dan Work Engagement Terhadap Kinerja Pelayanan Karyawan (Studi pada Hotel Novotel Balikpapan). Dibawah bimbingan Ibu Dr. Siti Maria, SE., M.Si dan Bapak Syaharuddin Y, SE., MM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Iklim Pelayanan dan Keterikatan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pelayanan Karyawan di Hotel Novotel Balikpapan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Iklim Pelayanan dan Keterikatan Kerja. Sementara variabel terikat dalam penelitian ini adalah Kinerja Pelayanan Karyawan. Penelitian ini dilakukan pada karyawan pelayanan di hotel Novotel Balikpapan yang terdiri dari 50 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Iklim Pelayanan dan Keterikatan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pelayanan Karyawan.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PELATIHAN SERTA PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA INDEPENDEN HERBALIFE MEMBER (STUDI KASUS PADA PT HERBALIFE INDONESIA DI SAMARINDA PADA GROUP RAISA NEVADA DARANINGGAR) DEISY NURHAFSARI; Dr. H. Ardi Paminto, SE, MS; Dr. Irwan Gani, SE, M.Si
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.5185

Abstract

ABSTRACT THE EFFECT OF WORK MOTIVATION AND TRAINING AND REWARD ON INDEPENDENT HERBALIFE MEMBER PERFORMANCE(CASE STUDY PT. HERBALIFE INDONESIA IN SAMARINDA ON GROUP RAISA NEVADA DARANINGGAR) DEISY NURHAFSARINIM. 1501026125             This research is motivated by the phenomenon that occurred at               PT Herbalife Indonesia in Samarinda in the Raisa Nevada Daraninggar group, It is known that during the last four years the performance of Independent Members has been considered low and has not been maximized in achieving the performance standards set by the company. Work motivation, training and reward are the most dominant factors to improve the performance of Independent Members.            The purpose of this study was to determine the effect of work motivation, training and reward for the performance of Independent Members. The population in this research are all Supervisors, World Teams, GET Teams in the Raisa Nevada Daraninggar group that are registered until December 31, 2017. The sample used was 47 people using the Simple Random Sampling technique. This study uses a quantitative approach, data for this study were obtained through a questionnaire. The data analysis method used is PLS (Partial Least Square).            The results of the study it was found that work motivation had a positive and significant effect on the performance of Independent Members. Training has a negative and not significant effect on the performance of Independent Members. Rewards have a positive and not significant effect on the performance of Independent Members.
Pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada outlet geprek express samarinda) Arifa Praja Putri; Zainal Ilmi; Sri Wahyuni
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.4843

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan Outlet Geprek Express Samarinda. Dalam penelitian ini jenis dan sumber data yang digunakan dalam variabel penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yaitu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada pelanggan Outlet Geprek Express Samarinda Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan perhitungan menggunakan alat bantu program SPSS 20.Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa Kepercayaan dan Kepuasan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Outlet Geprek Express Samarinda. 
PENGARUH KEPUASAN MEREK, KEPERCAYAAN, KOMITMEN MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI EMPIRIK PADA PENGGUNA HANDPHONE SAMSUNG di FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN) Eko Agus Supian; Jusuf Kuleh; Gusti Noorlitaria Achmad
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.5130

Abstract

Eko   Agus   Supian,   lahir   di   Muara   Jawa   Kabupaten   Kutai Kartanegara pada 05 Agustus 1991, anak pertama dari Bapak Dwi Yono dan Ibu Widyawati. Dua bersaudara anak kedua yaitu Muhammad Novi Dwi Anggara. Jenjang pendidikan dimulai dari SDN 006 1997-2002, dilanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama yaitu SMPN 1 Muara Jawa pada tahun 2003-2005, dilanjutkan ke jenjang Sekolah Menengah Atas di SMK Nasional Muara Jawa pada tahun 2006-2008. Kemudian  melanjutkan  studi  ke  Perguruan Tinggi  Negeri Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur pada tahun 2012 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen hingga sekarang.
Analisis laporan arus kas sebagai alat bantu penilaian pencapaian kinerja keuangan perusahaan PT pembangunan jaya ancol Tbk yola yuliani; Nengzih Nengzih Nengzih
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.5063

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah – langkah penyusunan laporan arus kas dan menghitung analisis rasio laporan arus kas untuk mengukur Penilaian Pencapaian Kinerja Keuangan Perusahaan mendatang, serta mengetahui upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan arus kas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan metode studi kasus  yang bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi yang terjadi untuk melihat, mengungkapkan, dan menggambarkan secara tepat hal-hal yang sedang dihadapi serta menarik kesimpulan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis rasio laporan arus kas dan profitabilitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan arus kas PT Pembangunan Jaya Ancol  Tbk pada tahun 2012-2016 mengalami fluktuasi.kinerja keuangan PT Pembangunan Jaya Ancol  Tbk berdasarkan laporan arus kas tahun 2012-2016 kurang baik karena PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk tidak mampu membayar kewajiban lancar dan total hutangnya melalui arus kas operasi,memiliki kemampuan yang rendah dalam membayar komitmen-komitmennya,serta kurang mampu menyediakan kas untuk memenuhi kewajibannya.Kata kunci : Kinerja Keuangan,Laporan arus kas,Laporan Keuangan Profitabilitas
PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIEVED VALUE, DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Pembelian Jas di Awi Taylor) Muhammad Arsyad Arsyad; Tetra Hidayati; Saida Zainurossalamia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.4752

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembuatan dan produk jas yang umumnya mudah ditemukan di berbagai toko ritel modern, namun tidak semua pakain yang dijual sesuai. Sehingga salah satu pembuat dan produk jas yang sudah lama berdiri dari tahun 1976 hingga sekarang 2018 yaitu toko Awi taylor dimana pembuatan jas dibuat sesuai ukuran,nyaman dipakai, serta tampak enak dipandang.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness, perceived value, dan perceived quality terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang melakukan pembelian atau pembuatan jas ditoko Awi taylor dengan 53 responden dengan menggunakan metode non-probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas.Dimana variabel keputusan pembelian (Y), brand awareness (X1), perceived value (X2), dan perceived quality (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menujukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian dan 1 variabel independen tidak terbukti secara signifikan mempengaruhui dependen keputusan pembelian.kemudian dengan menggunakan uji F dapat diketahui ketiga variabel memang layak untuk menguji variabel dependen keputusan pembelian.
PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI DAN PENDANAAN SERTA KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014 - 2017 agus rizaldi; djoko setyadi; michael hadjaat
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.4963

Abstract

Agus Rizaldi, Pengaruh Keputusan Investasi, dan Pendanaan Serta Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Dibawah bimbingan Djoko Setyadi, selaku Dosen Pembimbing I dan Michael Hadjaat. selaku Dosen Pembimbing II.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris pengaruh Keputusan Investasi, dan Pendanaan serta Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Populasi dalam penelitian yaitu seluruh perusahaan go public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi berpengaruh positif dan secara statistik signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel pendanaan serta kebijakan dividen tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH BRAND IMAGE DESA BUDAYA PAMPANG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA UNGGULAN VISIT KALTIM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG Erwin Erwin; Suharno Suharno; Saidah Zainurossalamia Z.A
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 4, No 4 (2019): November
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v4i4.5157

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh brand image yang berfokus pada variabel cognitive destination image dan variabel affective destination image terhadap minat kunjung ke objek wisata Desa Budaya Pampang. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Desa Budaya Pampang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Analisis Regresi Berganda, Uji Signifikansi (Uji t), dan Uji Ketepatan Model ( Uji F dan Koefisien Determinasi (R2) ) dengan menggunakan Program SPSS Versi 23.Hasil penelitian menunjukan bahwa cognitive destination image berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang dan affective destination image berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang. Kedua variabel tersebut juga berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat bekunjung wisatawan Objek Wisata Desa Budaya Pampang.