cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): April" : 26 Documents clear
Pengaruh brand trust dan ease of use juga enjoyment serta switching barriers terhadap customer loyalty dan dampaknya terhadap repurchase intenton Alicha Elvydayanti Rahmi; Zainal Abidin; Gusti Noorlitaria
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.10889

Abstract

Customer loyalty merupakan suatu hal yang paling penting pada setiap perusahaan, hal ini harus sangat diperhatikan oleh perusahaan demi mempertahankan pelanggan yang telah ada dan membuat pelanggan tersebut melakukan pembelian secara berulang (repurchase intention). Beberapa  usaha yang bisa perusahaan lakukan dalam mempertahankan customer loyalty adalah dengan meningkatkan brand trust, ease of use, enjoyment, dan switching barrier. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand trust, ease of use, enjoyment, dan switching barrier terhadap customer loyalty serta pengaruh customer loyalty terhadap repurchase intention. Populasi dari penelitian adalah seluruh pengguna aplikasi Netflix khususnya di Kota Samarinda. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 110 responden dengan non-probability sampling melalui kuesioner skala Likert. Variabel penelitian brand trust, ease of use, enjoyment, dan switching barrier sebagai variabel independent, Customer Loyalty sebagai variabel dependent. Analisis data dengan menggunakan PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukan brand trust, ease of use, enjoyment, dan switching barrier secara simultan memiliki pengaruh terhadap customer loyalty, dan customer loyalty juga secara simultan mempengaruhi terhadap repurchase intention. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa brand trust memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap customer loyalty, ease of use memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty, enjoyment memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap customer loyalty, switching barrier memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty dan customer loyalty memiliki pengaruh yang positif dan signifikan Terhadap repurchase intention. Disarankan kepada perusahaan agar lebih meningkatkan lagi pada tiap variable-variabel yang belum memiliki pengaruh yang signifikan sehingga dapat lebih mempengaruhi loyalitas pelanggan dan pelanggan mau melakukan pembelian ulang menggunakan aplikasi streaming film Netflix. 
Pegaruh kepuasan dan kualitas tas imitasi berkualitas (counterfeit bag) terhadap loyalitas konsumen pada produk tas bermerek asli Tisya Fitria Muditha; Suharno Suharno; Saida Zainurossalamia ZA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.8049

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan dan kualitas tas imitasi berkualitas terhadap loyalitas konsumen pada produk tas bermerek asli di Samarinda. Penelitian ini dilakukan secara dengan metode personally administrated survey yang memungkinkan responden untuk mengisi kuesioner yang diberikan tanpa bantuan peneliti. Jumlah responden diambil sebanyak 45 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner.Metode analisis yang digunakan adalah Analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada tas asli, kesan produk yang eksklusif dan kesan produk yang sesuai model maka loyalitas konsumen terhadap pembelian pada tas bermerek asli ini semakin tinggi. Kualitas tas imitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen pada tas merek asli yang artinya konsumen terhadap kualitas tas imitasi menyerupai tas aslinya memiliki harga yang lebih murah, dan kemudahan produk untuk diakses.
Analisis pengaruh budaya organisasi dan kompensasi terhadap motivasi dan kinerja karyawan Fauzian Haryadi; Zainal Ilmi; Siti Amalia
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.8317

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompensasi Terhadap Motivasi dan Kinerja pada 80 karyawan PT Bank Bukopin Cabang Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisa data menggunakan alat analisis yaitu Structural Equation Modeling atau SEM-Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Budaya Organisasi dan kompensasi memberikan pengaruh positif terhadap Motivasi dan Motivasi memberikan pengaruh positif terhadap Kinerja. Kemudian Budaya Organisasi dan Kompensasi juga memberikan pengaruh positif terhadap Kinerja. Maka hasil dari penilitian ini seluruh hipotesis diterima. 
Pengaruh kemampuan pembelajaran organisasi dan keterikatan karyawan terhadap kinerja karyawan bidang perkreditan dan operasional Maisaroh Maisaroh; Robiansyah Robiansyah; Ariesta Heksarini
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.8235

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pembelajaran organisasi dan keterikatan karyawan terhadap kinerja karyawan bidang perkreditan dan operasional pada PT. BPD Kaltim Kaltara KCU Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bankaltimtara KCU Samarinda bidang perkreditan dan operasional yaitu sebanyak 51 karyawan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling jenuh sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 51 karyawan. Alat analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Pembelajaran Organisasi dan Keterikatan Karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.
Analisis manufacturing cycle effectiveness (MCE) dalam mengurangi non value added activities pada home industri Ories Maihesa; Irsan Tricahyadinata; Rizky Yudaruddin
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.7270

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui non value added activities dalam aktivitas produksi keripik tempe seno. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati secara langsung untuk mendapatkan data kuantitiatif dan kualitatif. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode manufacturing cycle effectiveness (MCE) untuk melihat rasio MCE sehingga dapat diketahui apakah terdapat aktivitas yang tidak bernilai tambah didalam aktivitas produksi.
Pengaruh konten pemasaran dan kualitas produk serta pemasaran afiliasi terhadap keputusan pembelian Tamara Astrinika Anatasya; Muhammad Wasil
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.8790

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten pemasaran dan kualitas produk serta pemasaran afiliasi terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen kosmetik emina di kota Samarinda). Populasi pada penelitian ini adalah konsumen kosmetik emina di kota Samarinda dengan penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konten pemasaran tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian serta pemasaran afiliasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh pelatihan kerja dan pengembangan karir terhadap komitmen organisasi dan kinerja karyawan Untung Hayati; Sukisno S. Riadi; Gusti Noorlitaria Achmad
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.7728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan PT Matahari Department Store Lembuswana di Samarinda. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria tertentu yang disesuaikan dengan tujuan penelitian dan diperoleh 85 sampel. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Pelatihan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi; (2) Pelatihan Kerja berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan; (3) Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Organisasi; (4) Pengembangan Karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan; (5) Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
Pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko terhadap dividen payout ratio Muhammad Baihaki; Michael Hadjaat; Rizky Yudaruddin
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.7125

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan dan risiko terhadap rasio pembayaran dividen perusahaan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan pengaruh positif tidak signifikan antara leverage terhadap dividend payout ratio, pengaruh negatif tidak signifikan antara likuiditas terhadap dividend payout ratio, pengaruh positif signifikan antara profitabilitas terhadap dividend payout ratio, pengaruh positif signifikan antara ukuran perusahaan terhadapa dividend payout ratio dan pengaruh negatif tidak signifikan antara risiko terhadap dividend payout ratio.
Analisis modal kerja Muhammad Rizal Ramadan; Hairul Anwar
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.10198

Abstract

Penulis melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan modal kerja dalam perusahaan. Penulis melakukan perhitungan sistematis menggunakan alat analisis Rasio Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan. Data yang digunakan merupaka data yang di peroleh dari Laporan Keuangan perusahaan PT. Wiratama Niaga Cabang Samarinda Tahun 2016-2018. Dari hasil Analisis Perputaran Kas dari tahun 2016-2018 mengalami penurunan pada tahun 2018, dari hasil analiasis perputaran piutang dari tahun 2016-2018 mengalami kenaikan yang signifikan, dan dari hasil analisis perputaran persediaan dari tahun 2016-2018 padah tahun 2018 mengalami penurunan yang drastis.
Pengaruh city branding dan city image terhadap keputusan berkunjung wisatawan Niati Nor; Suharno Suharno; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 7, No 1 (2022): April
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v7i1.7278

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh city branding terhadap city image, pengaruh city branding terhadap keputusan berkunjung, dan pengaruh city image terhadap keputusan berkunjung. Responden yang digunakan sejumlah 150 orang wisatawan yang mengunjungi bontang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa city branding memiliki pengaruh signifikan terhadap city image, city branding memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan city image memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung.

Page 1 of 3 | Total Record : 26