cover
Contact Name
-
Contact Email
gamajpp.psikologi@ugm.ac.id
Phone
+6289527548628
Journal Mail Official
gamajpp.psikologi@ugm.ac.id
Editorial Address
Unit Research Development and Community Research Faculty of Psychology - Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta - Indonesia. Building D Sixth Floor Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55781
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)
ISSN : -     EISSN : 24077801     DOI : 10.22146
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) e-ISSN 2407-7801 is an open-access journal disseminating articles with implications for research and practices professional psychology. GamaJPP welcomes manuscript in the areas of:: Clinical Psychology Education Psychology Developmental Psychology Industrial and Organizational Psychology using empirical, systematic literature review, and experimental research designs that meet the standard publication are accepted in this journal. Submission will need to clearly justify how the manuscript contribute to informing research and practice of Professional Psychology. Researchers, academics, graduate students, practitioners, and other professionals who have interest in the field of Professional Psychology are cordially invited to submit prominent research achievements as authors.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020)" : 8 Documents clear
Pelatihan “Perencanaan Lanjut Studi” (PLANS) terhadap Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMP Yuli Rahmawati; Fauzan Heru Santhoso
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.53114

Abstract

Permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa sejumlah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) merasa ragu dalam menetapkan pilihan studi lanjut. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas “PLANS” untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam pengambilan keputusan karier. Eksperimen kuasi ini dilakukan dengan the untreated control group design with dependent pretest and posttest samples using double pretest. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX sejumlah 84, dengan skor efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier tergolong sedang (42 siswa kelompok eksperimen dan 42 siswa kelompok kontrol). Mixed ANOVA dipilih karena menggabungkan dua sub-analisis yakni within subject test dan between subject test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier sebelum dan setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen (F=37,015; p<0,01). Pelatihan “PLANS” memberikan kontribusi terhadap peningkatan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karier sebesar 67%. Pelatihan “PLANS” memberikan kesempatan pada individu untuk memperoleh keterampilan kognitif serta perilaku baru melalui pengamatan terhadap performansi orang lain.
Pengaruh Mindfulness Meditation Training terhadap Atensi Selektif pada Siswa SMP Danu Mukti; Supra Wimbarti
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.53189

Abstract

Permasalahan atensi yang meliputi ketidakmampuan dalam memfokuskan perhatian dan mengabaikan stimulus yang tidak relevan terjadi pada sebagian siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan meditasi mindfulness terhadap kemampuan atensi selektif siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi, dengan desain untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII yang diambil melalui purposive sampling (15 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol). Pengumpulan data menggunakan Computerized Stroop Color Word Test dan soal matematika, serta skala Kentucky Inventory Mindfulness Skills sebagai cek manipulasi. Lembar observasi dan buku harian subjek juga digunakan sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor interference yaitu t=-4,836 (p=0,000; p<0,05) dan skor matematika (Z=-2,187; p<0,05) pada pengukuran posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini memberikan usulan logis pada sekolah untuk pengadaan program meditasi mindfulness secara berkala, mengingat pentingnya hal tersebut bagi perkembangan kemampuan atensi selektif dan performasi belajar matematika.
Gratitude Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Kualitas Hidup pada Perempuan dengan HIV/AIDS Nanda Putri Adhiningtyas; Muhana Sofiati Utami
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.54234

Abstract

Perempuan dengan HIV/AIDS (ODHA) sering kali mengalami permasalahan baik secara fisik, psikologis, dan sosial. Hal tersebut dapat membuat mereka merasa kesepian, merasa tidak berharga, tidak puas dengan kehidupannya, sering kali merasa sedih bahkan putus asa. Kondisi tersebut dapat mengarah pada rendahnya kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas Gratitude Cognitive Behavior Therapy (G-CBT) untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dengan HIV/AIDS. Hipotesis penelitian ini adalah G-CBT dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan dengan HIV/AIDS. Partisipan dalam penelitian ini adalah dua orang perempuan dengan HIV/AIDS yang mendapatkan status HIV dari suaminya, dan telah menjalani terapi ARV. Penelitian ini dilakukan dalam kelompok dengan menggunakan rancangan small-n tipe single case A-B-A. Instrumen yang digunakan adalah Skala Kualitas Hidup WHOQOL-HIV BREF, Skala Bersyukur versi Indonesia, dan lembar penilaian diri. Analisis kuantitatif dengan teknik inspeksi visual menunjukkan bahwa G-CBT dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan dengan HIV/AIDS. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa G-CBT memberikan efek positif pada kedua partisipan, seperti suasana hati yang lebih positif dan lebih sabar dalam hidupnya.
Program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri” untuk Meningkatkan Keterampilan Toileting Anak Usia Dini Putu Riana Artyanti Putri; Wisjnu Martani
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.54711

Abstract

Keterampilan toileting merupakan salah satu tugas perkembangan pada masa anak usia dini untuk melatih kemandirian dalam kehidupan sehari-hari. Maka dirasa perlu untuk membiasakan anak agar dapat melakukan kegiatan toileting secara mandiri. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri” dapat meningkatkan keterampilan toileting anak usia dini. Kuasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk nonequivalent control group design. Partisipan terdiri dari 16 orang siswa yang berusia 4-6 tahun (8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok control). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah skala keterampilan toileting, lembar observasi keterampilan toileting anak, serta modul program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri”. Analisis data menggunakan independent sample T-test. Hasil analisis menunjukkan (t(14)=1,761; p=0,055, p>0,05). Tidak ada perbedaan skor yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan berupa program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri” dengan kelompok kontrol yang hanya mendapat perlakuan berupa pemutaran video yang bertemakan lagu-lagu mengenai keterampilan toileting.
Konseling Daring Pendukung Siswa Cerdas (KDPSC): A Preliminary Evaluation of iCBT Treatments for Indonesian Freshmen with Social Anxiety Kurnia Yohana Yulianti; Yulia Wijayanti; Neila Ramdhani
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.54888

Abstract

During the transition period from adolescence to adulthood, individuals with high level of social anxiety may face challenges in their academics, social life, and career. The internet-based CBT (iCBT) module "Konseling Daring Pendukung Siswa Cerdas" (KDPSC) was developed to intervene with the social anxiety experienced by Indonesian young adults. Fifteen university freshmen with moderate to high levels of social anxiety agreed to fully participate in all sessions of the program. The sessions were conducted under the guidance of registered psychologists through the chatting platform on Google Hangouts. Indonesian version of Social Anxiety Scale for Adolescents (SAS-A) were administered during the pretest and posttest. We initially conducted a qualitative assessment during the intervention and found three emergent themes at the beginning of Session Two, namely, loneliness, the feeling of having no choice, and social withdrawal. After the end of Session Two, three emergent themes were found; 1), positive thinking, 2) feeling academically motivated, and 3) intention to open up. The main finding showed that students’ level of social anxiety after intervention (M = 58.07; SE = 3.28; t(14) = 4.250; p<0.01; Cohen’s d=0.875) was significantly lower than before intervention (M = 67.20; SE = 2.048). Further implications of the study are discussed.
Pelatihan Antecedent-Focused & Response-Focused Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Remaja Panti Asuhan Vera Suci Endaryani; Muhammad Salis Yuniardi; Nandy Agustin Syakarofath
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.55232

Abstract

Remaja panti asuhan menunjukkan berbagai peristiwa yang tidak menyenangkan sehingga berdampak pada kondisi emosional yang dirasakan. Untuk dapat mengatasi kondisi tersebut diperlukan cara meregulasi emosi yang tepat. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah pelatihan antecedent-focused & response-focused. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja panti asuhan yang berjumlah enam orang. Instrumen yang digunakan adalah skala regulasi emosi yang diadaptasi oleh Padang. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan pelatihan antecedent-focused & response-focused efektif meningkatkan regulasi emosi remaja di panti asuhan (p=0,007; p<0,05). Artinya dengan memberikan pelatihan ini dapat melatih remaja untuk dapat mengelola emosi dan respons yang dirasakan.
Pelatihan Strategi Koping Fokus Emosi untuk Menurunkan Stres Akademik pada Mahasiswa F. Octaffia Mahardhani; Anggitya Nur Ramadhani; Rizky Melyn Isnanti; Tri Nur Chasanah; Ardian Praptomojati
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.55253

Abstract

Stres akademik menjadi permasalahan yang banyak terjadi pada mahasiswa. Berbagai penyesuaian yang harus dihadapinya dalam peran dan lingkungan barunya tersebut kerapkali menjadi stressor tersendiri, terlebih bagi mahasiswa yang tidak memiliki kemampuan koping yang adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh program pelatihan strategi koping fokus emosi untuk menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa. Desain studi menggunakan metode eksperimen quasi dengan one group pretest–posttest design. Subjek dalam penelitian berjumlah 16 mahasiswa (M=19,81 tahun; SD=0,911) dari salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta, Indonesia. Instrumen pengukuran yang digunakan meliputi Skala Koping Fokus Emosi dan Skala Stres Akademik. Analisis statistik paired sample t-test menunjukkan bahwa pelatihan strategi koping fokus emosi terbukti dapat menurunkan stres akademik pada mahasiswa dengan t(15)=2,149; p=0,048 (p<0,05). Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi intervensi bagi program kesehatan mental di perguruan tinggi.
Program Aktif (Aku Positif) untuk Meningkatkan Harga Diri Menjelang Masa Bebas pada Anak Didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Fany Fakhrah; Esti Hayu Purnamaningsih
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.55364

Abstract

Persepsi masyarakat tentang narapidana memberikan efek yang buruk terhadap persepsi narapidana tentang diri mereka sehingga tahanan anak merasa rendah diri menghadapi penerimaan masyarakat setelah masa hukuman berakhir. Penelitian ini menggunakan Program AKTIF (Aku Positif) yang bertujuan untuk meningkatkan harga diri remaja yang berhadapan dengan hukum menjelang masa bebas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik non parametrik Wilcoxon. Subjek penelitian berjumlah 12 orang remaja yang sedang menjalani masa tahanan (usia 16-18 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor  self-esteem lebih tinggi U(n=6)=0,027, p<0,05 secara signifikan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program AKTIF (Aku Positif) terbukti efektif dalam meningkatkan harga diri pada anak didik di lembaga pemasyarakatan untuk mempersiapkan diri menjelang masa bebas.

Page 1 of 1 | Total Record : 8