cover
Contact Name
Karunia Eka Lestari
Contact Email
karunia@staff.unsika.ac.id
Phone
+6285721512517
Journal Mail Official
radian@fkip.unsika.ac.id
Editorial Address
First Floor FKIP Building, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur, Karawang 41361 West Java, Indonesia.
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Radian Journal: Research and Review in mathematics Education
ISSN : -     EISSN : 29617049     DOI : https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i2
Core Subject : Education,
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education is a peer-reviewed online academic journal devoted to disseminate original research (qualitative research, qualitative research, design/development research) and review papers (literature reviews, review articles, book reviews) in the field of mathematics education (teaching and learning strategy, curriculum development, mathematical hard skills & soft skills, learning environment, educational technology, and other related teaching and learning mathematics issues).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Analisis Kemampuan Elaborasi Matematis Siswa pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel Lestari Dija Yumanik; Karunia Eka Lestari
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6499

Abstract

Kemampuan elaborasi matematis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Kemampuan ini menuntun siswa dalam mengembangkan gagasannya sehingga mendapatkan pengetahuan baru yang lebih bermakna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan elaborasi siswa pada materi persamaan linier satu variabel di tingkat SMP. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Karawang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling sistematis. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan analisis tekstual yang didukung oleh penyajian statistik deskriptif, sehingga diperoleh gambaran umum terkait kemampuan elaborasi matematis siswa berdasarkan tingkatan yang dikategorikan dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan elaborasi matematis siswa masih tergolong rendah. Meskipun demikian, secara umum siswa menunjukkan tingkat penguasaannya terhadap pengembangan ide atau gagasan yang sudah ada.
Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA Kelas XI di SMA Negeri 1 Terisi Indramayu Kholifatul Akbar; Sutirna Sutirna
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa SMA kelas XI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang berupa soal uraian dengan materi Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang disesuaikan dengan indikator kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini ialah dengan menganalisis data hasil tes. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA yang di Kabupaten Indramayu, yaitu SMA Negeri 1 Terisi. Subjek yang diteliti adalah kelas XI-4 IPA sebanyak 15 siswa. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang sudah dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan penalaran matematis, dari total 15 siswa diperoleh 7 siswa memiliki kemampuan penalaran matematis kategori tengah dan 8 siswa memiliki kemampuan penalaran matematis kategori bawah. Tidak ada siswa yang tergolong ke dalam kategori kemampuan penalaran matematis atas
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Menurut Teori Konstruktivisme Ratnasari Meliana; Hanifah Nurus Sopiany
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6503

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret menurut teori konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Hayatan Thayyibah pada semester ganjil tahun ajaran 2021/ 2022. Penentuan subjek penelitian ini dilakukan secara purposive sampling dengan memilih 1 siswa dari setiap kategori hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, dan triangulasi data. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini akan menunjukkan kesesuaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal barisan dan deret dengan teori konstruktivisme berdasarkan prinsip -prinsipnya: a) Lingkungan belajar; b) Pengetahuan awal siswa; c) Kemampuan mengkonstruksi hubungan antara pengetahuan yang sudah dimiliki dengan yang sedang dipelajari; d) Keaktifan siswa dalam pembelajaran; e) Kemampuan menjelaskan kembali hasil yang dikerjakan.
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segitiga dan Segiempat Intan Larasati; Kiki Nia Sania Effendi
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6529

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di salah satu SMP di daerah Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan 3 butir soal materi segitiga dan segiempat pada siswa. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII A yang terdiri atas 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan koneksi matematis siswa adalah 57,6667 berada dibawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yakni sebesar 78, dengan rincian bahwa hanya terdapat 4 orang siswa yang telah memenuhi nilai KKM. Adapun berdasarkan hasil kategorisasi siswa menurut kemampuan koneksi matematisnya, diperoleh bahwa 20% siswa termasuk kedalam kategori tinggi, sementara sebanyak 66,667% siswa yang merupakan perolehan persentase tertinggi termasuk kedalam kategori sedang, dan 13,333% siswa lainnya termasuk kedalam kategori rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis dari 15 orang siswa di kelas VIII A dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan segiempat adalah rendah.
Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Putri Zahra Birrul Walidain; Redo Martila Ruli
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 2 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v1i2.6531

Abstract

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika dalam bentuk cerita pada materi SPLTV masih sering ditemukan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan yang umum dialami oleh siswa kelas X di salah satu MA di Kabupaten Karawang dalam mengerjakan soal cerita dengan materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu 15 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah menggunakan soal tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh kesalahan reading (membaca) pada soal nomor 1 sebanyak 1 siswa dan pada soal nomor 2 sebanyak 1 siswa. Kesalahan comprehension (memahami soal) pada soal nomor 1 sebanyak 7 siswa dan pada soal nomor 2 sebanyak 12 siswa. Kesalahan transformation (transformasi) pada soal nomor 1 sebanyak 6 siswa dan pada soal nomor 2 sebanyak 11 siswa. Kesalahan process skill (kesalahan keterampilan proses) pada soal nomor 1 sebanyak 12 siswa dan pada soal nomor 2 sebanyak 15 siswa. Kesalahan encoding (Kesalahan Penulisan Jawaban) pada soal nomor 1 sebanyak 12 siswa dan pada soal nomor 2 sebanyak 15 siswa. Dari hasil dan pembahasan mayoritas siswa kelas X di salah satu MA di Kabupaten Karawang mengalami kesalahan pada aspek process skill dan encoding error. Hal ini disebabkan siswa lemah dalam menentukan metode yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan dan ketidakbiasaan siswa melakukan evaluasi atas hasil akhir.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid-19 Dewi Badriyah; Hanifah Nurus Sopiany
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 2 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v1i2.6533

Abstract

Masa pandemi Covid-19 membuat perubahan dalam kegiatan belajar di sekolah, dimana siswa dituntut lebih mandiri dalam belajar, sedangkan gaya belajar mandiri setiap siswa berbeda, salah satu faktor yang membedakan gaya belajar dimasa pandemi Covid-19 yaitu kepribadian. Sehingga hal tersebut, mempengaruhi pada penguasaan kemampuan matematis siswa, salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP ditinjau dari tipe kepribadian yang berpengaruh pada gaya belajar di masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMPN 3 Klari yang terdiri dari 12 siswa. Proses pengambilan subjek menggunakan teknik nonprobability sampling masing-masing satu siswa untuk setiap tipe kepribadian dan gaya belajar. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket kepribadian dan gaya belajar, tes tertulis, serta wawancara.  Teknik analasis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) siswa ekstrovert pada masa pandemi Covid-19 cenderung menggunakan gaya belajar visual dengan rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis pada kategori sedang (2) siswa introvert pada masa pandemi Covid-19 cenderung menggunakan gaya belajar auditori dengan  rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematis pada kategori sedang (3) siswa introvert yang  menggunakan gaya belajar visual rata-rata hasil tes pemecahan masalah matematisnya berada pada kategori sedang.
Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat SMP Siti umayah Hopatuh Fatonah; Iyan Rosita Dewi Nur
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 2 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v1i2.6534

Abstract

Gaya belajar siswa merupakan salah satu unsur yang penting serta harus diperhatikan dalam proses belajar di sekolah menengah untuk mewujudkan tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling dimana subjek yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 15 siswa SMPN 1 Tambelang dengan instrumen yang di berikan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diindentifikasi bahwa perbedaan gaya belajar siswa beragam. Berdasarkan hasil penelitian pada gaya belajar visual diperoleh sebanyak 18,5% siswa menggunakan gaya belajar visual, sebanyak 19,5% siswa menggunakan gaya belajar auditorial, dan 21,8% siswa menggunakan gaya belajar kinestetik. Selain itu, sebanyak 18,27% siswa menggunakan gaya belajar visual dan kinestetik, dan 21,5% siswa menggunakan gaya belajar Auditorial dan kinestetik. Gaya belajar kinestetik merupakan gaya belajar yang lebih dominan dari gaya belajar lainnya.
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi Mega Shintia Asoraya; Redo Martila Ruli
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 2 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v1i2.6537

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi tujuan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 18 orang siswa kelas VIII di salah satu SMP Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa 3 butir soal uraian kemampuan komunikasi matematis pada materi relasi dan fungsi dan diperkuat dengan hasil wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pada soal nomor 1 dengan indikator menghubungkan benda nyata, gambar dan diagram ke dalam ide matematika diperoleh skor  hal ini dikategorikan tinggi; untuk soal nomor 2 dengan indikator menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar secara lisan maupun tertulis diperoleh skor  hal ini dikategorikan sangat rendah; dan untuk soal nomor 3 dengan indikator menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam bahasa atau simbol matematika diperoleh skor  hal ini dikategorikan rendah. Maka, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di salah satu SMP Kabupaten Karawang masih tergolong rendah.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Shalom Bengkayang Dewi Tila Elisa; Pebria Dheni Purnasari; Siprianus Siprianus
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 1 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/radian.v1i1.6581

Abstract

This study aims to determine the critical thinking ability of the tenth graders of SMA Shalom, Bengkayang city in the 2021/2022 academic year. The number of respondents in this study was 22 students, with data collection methods in the form of test questions for students' understanding of the power and energy material in physics lessons with aspects of the assessment of formulating data, analyzing data, comparing data, understanding material concepts, knowing material concepts, instruments in the form of questions. From the 5 aspects of the assessment, it turns out that the results are quite diverse. In the aspect of problem formulation, the dominant value is 4 with a percentage of 80%. while the data analysis aspect of the students' answers showed a dominant score of 4 with a percentage of 65%. Aspects of comparing, students are more dominant in getting a score of 4 with a percentage of 85%. In addition to the aspect of understanding the concept, the dominant student gets a score of 2 with a percentage of 75%, and the aspect of knowing the concept, the answer of the dominant student gets a score of 4 with a percentage of 80%.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Subah Awanda Erna Awanda Erna; Jamilah Jamilah
Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education Vol 1 No 2 (2022): Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education
Publisher : Program Studi Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/rjrrme.v1i2.6907

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk menemukan 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Subah dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ? 2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Subah dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ? 3) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Subah dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel ?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk menghimpun atau menganalisis data berbagai fenomena-fenomena yang menjadi subjek penelitian di sini peneliti memberikan pertanyaan-peratanyaan dan tes yang terstruktur kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif untuk mengetahui kebenaran yang terdapat pada lokasi penelitian. Data dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan tes dan angket. Validasi data yang digunakan adalah menggunakan SPSS versi 16 for desktop. Hasil penelitian menuajukan, bahwa gaya belajar yang dimiliki masing-masing siswa tidak memiliki pengaruh terhadap hasil pengerjaan siswa dalam menyelesaikan soal, karena dari penjelasan tersebut terlihat bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki peran penting bagi siswa dalam memahami penjelasan dalam mengerjakan soal yang diberikan. Dengan demikian yang membuat siswa mampu menjelaskan soal denagn baik adalah pemahaman dan penguasaan materi yang dimiliki masing-masing siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 20