cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 21 Documents clear
Strategi Pemasaran Cafe Monkey Cave Espresso Pada Era New Normal Firman Sinaga; Angelia Hendri; Gusti Ayu Praminatih
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.466

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor IFAS dan EFAS dengan menggunakan analisis SWOT di Monkey Cave Espresso Ubud. Jenis data yang digunakan yaitu data kuatitaif dan kualitatif. Yang merupakan data kualitatif dari penelitian ini adalah strategi pemasaran dan sejarah Monkey Cave Espresso dan yang merupakan data kuantitatif adalah kuisioner IFAS dan EFAS serta harga produk di Monkey Cave Espresso Ubud. Data sekunder diperoleh dari internet, media sosial dan kerabat sedangkan data primer diperoleh dari hasil obeservasi, kuisioner dan wawancara mengenai indikator-indikator yang dirumuskan dalam penelitian ini serta hasil dari pemberian bobot dan rating IFAS dan EFAS. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, analisis SWOT, IFAS, EFAS, kuadran dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT, Hasil dari analisis IFAS dan EFAS di Monkey Cave Espresso Ubud yaitu berada pada koordinat X=0,6 dan koordinat Y= 0,17 atau berada kuadran 2 (diversifikasi) yang artinya Monkey Cave Espresso Ubud menghadapi beberapa ancaman perusahaan, maupun strategi pemasaran namun Monkey Cave Espresso masih memiliki kekuatan dari segi internal. Jadi, fokus dari Monkey Cave Espresso adalah dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang. Monkey Cave Ubud disarankan untuk merubah strateginya untuk lebih memaksimalkan strategi pemasaran melalui Digital Marketing, Endorsement dan WOM (Word Of Mouth) yang berbasis MLM (Multi Level Marketing) hal ini dapat disimpulkan karena dilihat dari target pasar yang dimiliki sebagian besar adalah para generasi Z yang sangat aktif di media sosial atau dunia maya. The result of this research is to analyze the IFAS and EFAS factors by using SWOT analysis at Monkey Cave Espresso Ubud. The types of data used are quantitative and qualitative data. The qualitative data from this research is the marketing strategy and history of Monkey Cave Espresso and quantitative data is the IFAS and EFAS questionnaires and product prices at Monkey Cave Espresso Ubud. Secondary data was obtained from the internet, social media and relatives while primary data was obtained from the results of observations, questionnaires and interviews regarding the indicators formulated in this study as well as the results of weighting and rating of IFAS and EFAS. The data analysis technique used is descriptive qualitative method, SWOT analysis, IFAS, EFAS, quadrant and SWOT matrix. Based on the results of the SWOT analysis, the results of the IFAS and EFAS analysis at Monkey Cave Espresso Ubud are located at coordinates X = 0.6 and coordinates Y = 0.17 or are in quadrant 2 (diversification) which means Monkey Cave Espresso Ubud faces several corporate threats. , as well as marketing strategies, but Monkey Cave Espresso still has internal strength. So, the focus of Monkey Cave Espresso is to maximize its strengths to take advantage of opportunities. Monkey Cave Ubud is advised to change its strategy to further maximize its marketing strategy through Digital Marketing, Endorsement and WOM (Word Of Mouth) based on MLM (Multi Level Marketing). very active on social media or cyberspace.
Analisis Menu Engineering Pada Menu A’la Carte Restoran Sky Borneo Pontianak Axnestasya Axnestasya; Deden Ismail; Firman Sinaga
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui popularitas, profitabilitas dan klasifikasi menu engineering yang dilakukan di Restoran Sky Borneo Pontianak dari bulan maret hingga bulan July 2021 dengan menggunakan data history sales bulan Januari sampai dengan Maret 2021. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Analisis data yang digunakan adalah analisis menu engineering dengan menggunakan sampel 79 menu makanan dan 54 menu minuman. Hasil penelitian pada analisis keseluruhan menu makanan menunjukkan kategori star sebesar 23%, puzzle 52%, plowhorse 10% dan dog 15%. Analisis keseluruhan menu minuman menunjukkan kategori star sebesar 13%, puzzle 28%, plowhorse 24% dan dog 35%. Item menu makanan yang memiliki popularitas dan profitabilitas tertinggi adalah french fries dan item menu minuman adalah mineral water dan bintang pitcher. Sedangkan item menu yang memiliki popularitas dan profitablitas terendah item menu makanan terdapat 11 item dan pada item minuman terdapat 5 item. This study aims to determine the popularity, profitability and classification of engineering menus carried out at the Sky Borneo Pontianak Restaurant from March to July 2021 using historical sales data from January to March 2021. The type of this research is descriptive research. The data analysis used was engineering menu analysis using a sample of 79 food menus and 54 drink menus. The results of the research on the analysis of the entire food menu showed that the star category was 23%, puzzle 52%, plowing horse 10% and dog 15%. An overall analysis of the drink menu shows a star category of 13%, puzzle 28%, plowhorse 24% and dog 35%. Food menu items that have the highest popularity and profitability are french fries and drink menu items are mineral water and bintang pitcher. While the menu items that have the lowest popularity and profitability are 11 food menu items and 5 items for beverage items.
Studi Motivasi dan Semangat Kerja Karyawan pada Masa Pandemi Covid-19 Fransisca Fransisca; Francisca Titing Koerniawaty; Ni Made Rinayanthi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.471

Abstract

Pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, tidak hanya berdampak pada dunia kesehatan, tetapi juga sangat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Salah satu industri yang sangat terdampak oleh pandemi adalah industri pariwisata, di mana di dalamnya terdapat sektor akomodasi wisata atau perhotelan. Sektor ini secara umum didominasi oleh perusahaan besar baik dalam negeri maupun milik asing, sektor perhotelan lumpuh beberapa bulan terakhir. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Rahmat (2018) dan Clarissa (2017) perbedaannya adalah teknik analisis yang digunakan dimana penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan pada masa pandemi Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Motivasi dan Semangat Kerja Karyawan di Astagina Resort Legian Pada Masa Pandemi Covid-19. Tempat penelitian yaitu di Astagina Resort Legian, penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2021 sampai dengan Juni 2021 berlokasi di Gg. Bulan, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 3 narasumber. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi dengan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Motivasi Karyawan mulai menurun dampak dari fenomena pandemi Covid-19 yang terjadi sehingga manajemen melakukan kebijakan yang berdampak pada menurunnya take home pay karyawan, pengurangan karyawan, serta penambahan jobdesk bagi karyawan yang masih bertahan. Semangat kerja karyawan juga mengalami penurunan akibat menurunnya motivasi kerja terlihat dari beberapa indikator semangat kerja yang tidak tercapai. Dari penelitian ini disarankan agar pihak manajemen bisa memberikan motivasi psikologis kepada karyawan agar tetap dapat bertahan di masa yang sulit ini. The Covid-19 pandemic that is currently sweeping the world has not only had an impact on the world of health, but has also greatly affected all aspects of people's lives. One of the industries that has been badly affected by the pandemic is the tourism industry, in which there is a tourist accommodation or hotel sector. This sector is generally dominated by large companies both domestic and foreign-owned, the hotel sector has been paralyzed in recent months. This research is a replication of previous research conducted by Rahmat (2018) and Clarissa (2017) the difference is the analytical technique used where this research uses a qualitative approach and was carried out during the Covid 19 pandemic. This study aims to find out how Employee Motivation and Morale at Astagina Resort Legian During the Covid-19 Pandemic. The research location is at Astagina Resort Legian, this research was carried out from March 2021 to June 2021 located at Gg. Bulan, Legian, Kuta, Badung Regency, Bali. The sample in this study amounted to 3 sources. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. Data analysis uses triangulation with Data Reduction, Data Presentation, and Conclusion Drawing. The results showed that employee motivation began to decline as a result of the Covid-19 pandemic phenomenon that occurred so that management implemented policies that had an impact on reducing employee take home pay, reducing employees, and adding job desks for employees who were still surviving. Employee morale also decreased due to decreased work motivation as seen from several indicators of morale that were not achieved. From this research it is suggested that management can provide psychological motivation to employees so they can survive in this difficult time.
Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan I Gede Sri Mulyarta; I Made Sudjana; Arik Agustina
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja, motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Desa Visesa Ubud Resort secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan mengolah data primer melalui kuesioner yang diberikan kepada karyawan di departemen Front Office, Food & Beverage dan Housekeeping Desa Visesa Ubud Resort. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu sebanyak 88 responden, jumlah ini didapatkan setelah menggunakan metode slovin dari total populasi 112 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji autokolerasi, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan lingkungan kerja, motivasi dan kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dimana nilai dari uji F didapatkan nilai Fhitung 20,546 > Ftabel 2,71 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial lingkungan kerja berpengaruh signifikan (0,000<0,05) terhadap kinerja karyawan, dimana thitung 3,625 > ttabel 1,98861. Motivasi kerja berpengaruh tidak signifikan (0,153>0,05) terhadap kinerja karyawan, dimana thitung 1,443 < ttabel 1,98861. Kepemimpinan berpengaruh tidak signifikan (0,970>0,05) terhadap kinerja karyawan, dimana thitung 0,038 < ttabel 1,98861. This study aims to determine the effect of work environment, motivation and leadership on employee performance in Desa Visesa Ubud Resort partially and simultaneously. This study uses a quantitative method by processing primary data through questionnaires given to employees in the Front Office, Food & Beverage and Housekeeping departments at Desa Visesa Ubud Resort. Sampling using simple random sampling. The samples obtained were 88 respondents, this number was obtained after using the slovin method from a total population of 112 people. The data analysis used is the classical assumption test (normality test, linearity test, autocorrelation test, multicollinearity test, heteroscedasticity test) and multiple linear regression analysis. The results showed that simultaneously the work environment, motivation and leadership had a significant effect on employee performance, where the value of the F test obtained Fcount 20.546 > Ftable 2.71 and a significance value of 0.000 <0.05. Partially, work environment has a significant effect (0.000 <0.05) on employee performance, where tcount 3.625 > ttable 1.98861. Work motivation has no significant effect (0.153> 0.05) on employee performance, where tcount 1.443 < ttable 1.98861. Leadership has no significant effect (0.970 > 0.05) on employee performance, where tcount 0.038 < ttable 1.98861.
Upaya Peningkatan Brand Awareness Sababay Winery Melalui Aktivitas Marketing Public Relation Made Ayu Widya Andari; I Made Trisna Semara; Febianti Febianti
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.474

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 dan era persaingan globalisasi menjadi permasalahan di sektor pariwisata terutama industri makanan dan minuman yang terkena dampaknya. Salah satu perusahaan industri minuman di Bali yaitu Sababay Winery yang mampu survive di keadaan krisis ini. Selain Sababay Winery terdapat beberapa perusahaan wine lokal menjadi kompetitor Sababay yaitu Hatten Wine, Plaga, Cape Discovery, dan Isola yang sama-sama beroperasi. Kondisi tersebut memunculkan persaingan di antara perusahaan – perusahaan wine lokal yang harus menciptakan maupun meningkatkan brand yang kuat di tengah masyarakat. Dalam upaya tersebut peran Public Relation sangat penting untuk meningkatkan Brand Awareness di masyarakat. Fokus penelitian ini adalah peran Public Relation dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk dan perusahaan Sababay Winery. Menggunakan teori strategi bauran pemasaran Humas Thomas L. Harris yang terkenal dengan konsep ‘P.E.N.C.I.L.S’. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif menggunakan triangulasi data dengan pengumpulan data yang berbeda yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan marketing Public Relations belaku dalam meningkatkan brand awareness ke 7 strategi marketing Public Relation. Kegiatan seperti publikasi, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menarik, hubungan yang baik dengan masyarakat, menjalin kerja sama dengan perusahaan lain meningkatkan citra positif, menyediakan layanan dan mampu memanfaatkan teknologi dengan mengemasnya secara up to date bergaya millineal. Semua kegiatan itu sebagai upaya serius Sababay Winery memperkenalkan produk terbaiknya kepada konsumen dan masyarakat agar kesadaran merek Sababay Winery semakin kuat dan meningkat. During the Covid-19 pandemic and the era of globalization competition, it became a problem in the tourism sector, especially the food and beverage industry which was affected. One of the beverage industry companies in Bali, namely Sababay Winery, has been able to survive in this crisis. Apart from Sababay Winery, there are several local wine companies that are competitors to Sababay, namely Hatten Wine, Plaga, Cape Discovery, and Isola which are both operating. This condition raises competition among local wine companies that must create or enhance a strong brand in the community. In this effort the role of Public Relations is very important to increase Brand Awareness in society. The focus of this research is the role of Public Relations in increasing public awareness of Sababay Winery's products and company. Using the marketing mix strategy theory of Thomas L. Harris's Public Relations which is famous for the concept of 'P.E.N.C.I.L.S'. The research method is descriptive qualitative using data triangulation with different data collection namely observation, interviews, and documentation. Public Relations marketing activities take place in increasing brand awareness of the 7 Public Relations marketing strategies. Activities such as publications, carrying out interesting activities, good relations with the community, cooperating with other companies increase a positive image, provide services and are able to take advantage of technology by packaging it in an up to date, millennial style. All of these activities are Sababay Winery's serious efforts to introduce its best products to consumers and the public so that Sababay Winery's brand awareness gets stronger and increases.
Analisis Proses Rekrutmen dan Penempatan Karyawan Capella Ubud Made Isa Wahyu Permana; I Wayan Kiki Sanjaya; Ni Wayan Rinayanthi
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.475

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi disebabkan oleh banyaknya karyawan yang mengundurkan diri dan lama mendapatkan penggantinya di hotel Capella Ubud yang menjadi awalan peneliti untuk melakukan penelitian langsung di lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam bentuk data deskriftif kualitatif dan metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses rekrutmen yang dilakukan mulai dari melakukannya perencanaan sumber daya manusia dari Departement Head hingga membuka lowongan pekerjaan yang di mulai dari internal perusahaan keudian hingga ke eksternal perusahaan melalui situs – situs online yang terpercaya dan media sosial, melakukan wawancara pertama bersama HRD untuk melakukan proses rekrutmen. HRD bertugas untuk mengisi Evaluatian Form. This research was motivated by the number of employees who resigned and had a long time to find replacements at the Capella Ubud hotel, which became the starting point for researchers to conduct direct research in the field. Data analysis techniques were carried out in the form of qualitative descriptive data and the data collection methods used were interviews and documentation. The results of this study indicate that the recruitment process starts from doing human resource planning from the Department Head to opening job vacancies starting from internal companies then to external companies through trusted online sites and social media, conducting the first interview together. HRD to carry out the recruitment process. The selection process is that an employee who has passed the test with HRD will conduct a second interview test with the Department Head and HRD. HRD is tasked with filling out the Evaluatian Form.
Pengelolaan Online Customer Review dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Ni Made Krisna Pratiwi; Ni Wayan Rena Mariani; Firlie Lanovia Amir
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pentingya peran dari pengelolaan online customer review dalam upaya meningkatkan dimensi kualitas pelayanan berdasarkan model SERVQUAL di Puri Santrian Beach Resort & Spa. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari situs online review, Trip Advisor, dan diolah menggunakan metode analisis data kualitatif dari Miles & Hubberman yang terdiri dari tiga bentuk kegiatan : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak komentar negatif perihal kualitas pelayanan yang terjadi berulang kali. Hal tersebut terjadi karena kurang maksimalnya pengelolaan online customer review. Pihak manajemen tidak sepenuhnya menyelesaikan permasalahan yang terjadi hingga tuntas, dan hal tersebut menyebabkan munculnya permasalahan yang sama dikemudian hari. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan online customer review memiliki peran yang sangat penting dalam upaya peningkatan dimensi kualitas pelayanan. Pihak manajemen hotel harus lebih fokus dalam hal tersebut untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan. This research is intend to empirically examine the important role of online review management in an attempt to improve service quality dimensions based on SERVQUAL model in Puri Santrian Beach Resort & Spa. Data were collected from online review platform, Trip Advisor, and using Miles & Hubberman qualitative data analysis which consist of three concurrent flow of activities: data reduction, data display, and conclusion drawing. Analysis results indicates that there are still a lot of negative comments regarding the service quality dimension that occurred repeatedly. It is caused by poorly managed online customer review. The management did not completely solve the problem from its’ roots which caused the same problem in the future. It implies that online review management plays a very important role in an attempt to improve service quality. The hotel management should focus on improving service quality dimension through online review management which leads to customer satisfaction.
Analisis Kepuasan Tamu Terhadap Kualitas Pelayanan Karyawan Kantor Depan Putu Arya Krisna Adi Putra; Deden Ismail; I Gusti Ayu Eka Suwintari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.479

Abstract

The Ritz – Carlton Bali merupakan salah satu hotel bintang 5 yang terletak di Sawangan Nusa Dua , Badung, Bali. Terdapat 2 masalah yang ditemukan di penelitian ini yaitu bagaimana kualitas pelayanan kantor depan terhadap kepuasan tamu dan upaya – upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian ini juga ditunjukkan untuk menganalisis kepuasaan tamu terhadap pelayanan karyawan kantor depan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Semua data tersebut dikumpulkan dengan metode kuesioner yang diberikan langsung kepada tamu. Kemudian data tersebut diukur dengan metode Servqual menurut Supranto (2011). Dalam penelitian ini yang data dianalisis menggunakan teknik analisis uji reliabilitas, uji validitas, dan Diagram Kartesius. Berdasarkan hasil penelitian kepuasan tamu yang diperoleh dari rata-rata kinerja pada angka 0,02 dimana nilainya lebih besar dari 0 menunjukkan kepuasan tamu sangat tinggi. Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan tamu sangat tinggi yang didasarkan pada pelayanan yang diberikan oleh karyawan , namun masih ditemukan beberapa indikator tamu merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan karyawan , hal ini karena karyawan kantor depan belum maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap apa yang tamu anggap sangat penting. Dengan hal tersebut maka pihak hotel melakukan beberapa upaya sebagai dasar untuk meningkatkan kualitas pelayanan tamu pada kantor depan Hotel The Ritz -Carlton Bali. The Ritz – Carlton Bali is a 5 star hotel located in Sawangan Nusa Dua, Badung, Bali. There are 2 problems found in this study, namely how the quality of front office services to guest satisfaction a nd the efforts made to improve service quality. This study was also shown to analyze guest satisfaction with the service of front office employees. The type of data used is quantitative data. Sources of data in this study using primary and secondary data. All of the data was collected by using a questionnaire method which was given directly to the guests. Then the data was measured by the Servqual method according to Supranto (2011). In this study, the data were analyzed using reliability test analysis techniques, validity tests, and Cartesian diagrams. Based on the results of guest satisfaction research obtained from the average performance at 0.02 where the value is greater than 0 indicates very high guest satisfaction. Based on the discussion, it can be concluded that the level of guest satisfaction is very high based on the services provided by employees, but there are still some indicators that guests feel dissatisfied with the services provided by employees, this is because the front office employees have not been maximal in providing services to what guests consider very important. With this, the hotel made several efforts as a basis for improving the quality of guest service at the front office of The Ritz-Carlton Bali Hotel.
Pengaruh Komunikasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Putu Angga Semara; Ni Putu Isha Aprinica; Putu Eka Wirawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.480

Abstract

Kinerja menjadi pokok masalah utama yang terjadi pada NEO Kuta Jelantik Hotel. Secara garis besar penurunan kinerja dipengaruhi oleh faktor komunikasi (X1) dan disiplin kerja (X2) dari karyawan. Penelitian ini dilakukan di NEO Kuta Jelantik Hotel, yaitu pada bulan Maret hingga Agustus Tahun 2020. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi (X1) dan Disiplin Kerja (X2) terhadap Kinerja (Y) karyawan di NEO Kuta Jelantik Hotel, dengan penyebaran kuesioner kepada 30 karyawan dan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling kuota (quote sampling). Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Komunikasi (X1) dan Disiplin Kerja (X2) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kinerja Karyawan (Y). Kemudian, Komunikasi (X1) dan Disiplin Kerja (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kinerja Karyawan (Y). Disarankan agar komunikasi dan disiplin kerja diperhatikan oleh manajemen karena akan mempengaruhi kinerja karyawan NEO Kuta Jelantik Hotel. Performance is one of the main problems at NEO Kuta Jelantik Hotel. Generally decline in performance is influenced by communication factors (X1) and work discipline (X2) from employees. This research was conducted at theNEO Kuta Jelantik Hotel, from March to August 2020. Method of analysis data is multiple linear regression by distributing questionnaires to 30 respondents (employees) and used the technique quote sampling and also processed by SPSS 25.0. Results of this study is indicate Communication (X1) and Work Dicipline (X2) has a significant effect by partiallyon Employee Perfomance (Y). Then Communication (X1) and Work Discipline (X2) have a significant effect by simultaneously on Employee Perfomance (Y). It is recommended that communication and work discipline are considered by management because will to influence the employee performance.
Kualitas Abon Vegetarian Berbahan Dasar Bonggol Pisang Klutuk Ida Ayu Ari Chandra Dewi; Denok Lestari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i7.482

Abstract

Abon merupakan makanan yang tidak asing lagi dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas abon vegetarian berbahan dasar bonggol pisang klutuk melalui eksperimen uji organoleptik dari segi rasa, warna, tekstur dan aroma, kemudian untuk mengetahui daya tahan , minat konsumen serta untuk mengetahui biaya produksi dari produk abon vegetarian berbahan dasar bonggol pisang klutuk. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji organoleptik yang dilakukan oleh 20 panelis memperoleh hasil enak dari segi rasa, menarik dari segi warna, kering dari segi tekstur dan sangat harum dari segi aroma. Dari uji daya tahan abon vegetarian berbahan dasar bonggol pisang klutuk, mampu bertahan selama 7 hari. Hasil survey minat konsumen menunjukkan masyarakat tertarik dengan inovasi produk abon ini. Hasil analisis biaya satu kali produksi abon adalah Rp 32.575,- serta biaya untuk satuan produk dengan berat 100 gram/ bungkus adalah Rp 16.300. Abon or Floss is a food that is familiar consumed by the people of Indonesia. The purpose of this study was to determine the quality of vegetarian floss klutuk banana hump through organoleptic testing in terms of taste, color, texture and aroma, then to determine durability, consumer interest and to determine the production cost of vegetarian floss made of klutuk banana hump. The research method used in this study is an experimental research method with data collection techniques using quantitative and qualitative. The results of this study based on organoleptic tests conducted by 20 panellists obtained good results in terms of taste, attractive in terms of colour, dry in terms of texture and very fragrant in terms of scent. From the resistance test the vegetarian floss klutuk banana hump was able to last for 7 days. The results of the consumer interest survey show that people are interested in this floss product innovation. The result of the one-time cost analysis is Rp 32.575, - and the unit price with a weight of 100 grams/pack is Rp 16,300.

Page 1 of 3 | Total Record : 21