cover
Contact Name
Ida Ayu Nyoman Yuliastuti
Contact Email
ia.yuliastuti@unmas.ac.id
Phone
+6281238077558
Journal Mail Official
dharmajnana@unmas.ac.id
Editorial Address
Jalan Kamboja No. 11A Denpasar, Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Dharma Jnana
ISSN : -     EISSN : 27766535     DOI : -
Dharma Jnana merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar yang memuat artikel-artikel ilmiah dari hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat dalam berbagai bidang disiplin ilmu. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Dharma Jnana merupakan hasil-hasil kegiatan pengabdian asli yang berisikan ulasan kegiatan pengabdian yang bersifat baru, atau berupa komentar dan kritik terhadap tulisan-tulisan baik yang ada dimuat pada Jurnal Dharma Jnana maupun pada terbitan berkala ilmiah lainnya. Jurnal Dharma Jnana menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang pengabdian kepada masyarakat yang mencakup bidang keilmuan: 1. Sosial 2. Kependidikan 3. Sains 4. Keolahragaan 5. Bahasa 6. Bisnis dan Ekonomi 7. Teknik dan Kejuruan 8. Kesenian
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 48 Documents
PENGOPTIMALAN PENJUALAN PERUSAHAAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 MELALUI PEMANFAATAN PLATFORM E-COMMERCE Putu Kepramareni; Dewa Ayu Sri Dewi
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.278 KB)

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 ini, omset perusahaan mengalami penurunan yang sangat drastis yang menyebabkan terhambatnya kegiatan operasional perusahaan dan juga berdampak kepada semua pihak yang terlibat. Penurunan omset perusahaan ini berdampak pada pemotongan upah karyawan yang dikarenakan adanya pemotongan jam kerja karyawan, dan banyak tagihan yang harus tertunda pembayarannya baik kepada supplier atau dari customers. Dalam upaya mengoptimalkan penjualan perusahaan untuk meningkatkan omset perusahaan, maka perlu dirancang suatu strategi penjualan yang tidak hanya terfokus pada penjualan offline saja, tetapi diimbangi juga dengan penjualan online dengan memanfaatkan bisnis online (E-Commerce). Hal ini perlu dilakukan karena situasi saat pandemi ini, dimana pembeli lebih memilih belanja online dibandingkan berbelanja langsung ke swalayan untuk menghindari kerumunan. Hasil capaian yang diperoleh dari adanya kegiatan pengabdian ini yaitu penjualan perusahaan Mayindo Jaya dengan memanfaatkan e-commerce semakin optimal. Adapun faktor-faktor yang membantu keberhasilan ini yaitu pimpinan perusahaan dan bagian marketing yang mendukung kegiatan ini, antusiasme karyawan dalam mengikuti kegiatan ini, dan tersedia fasilitas pendukung yang memadai dalam melaksanakan kegiatan.
PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN COVID-19 PADA PT. MANIK MAS I Gusti Ngurah Bagus Gunadi; I Kadek Andi Sugianta
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.106 KB)

Abstract

Berbagai hal disarankan sebagai upaya untuk mencegah penularan dan penyebaran kasus Covid-19 yang kini tengah mewabah di kehidupan kita. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh bahwa saat ini karyawan PT. Manik Mas (AAA Transport Tour & Travel) belum secara maksimal mengetahui cara pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Program kerja kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pemahaman karyawan PT. Manik Mas (AAA Transport Tour & Travel) terhadap bahaya dan cara penanganan virus corona (Covid-19). Dari hasil kegiatan yang dilakukan dan dengan melihat perubahan yang terjadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang diprogramkan dan direncanakan telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Partisipasi dan dukungan karyawan terhadap kegiatan yang dilakukan sangat positif, hal tersebut tampak dalam antusiasnya karyawan dalam mengikuti pelatihan dan penyuluhan diberikan. Dengan tereliasiasinya program kerja kegiatan ini mampu memberikan dampak yang positif yakni meningkatnya kesadaran para karyawan akan bahaya Covid-10 serta meningkatnya pengetahuan para karyawan dalam mencegah dan menanggulangi Covid-19 ini.
PENINGKATAN PENGGUNAAN APLIKASI MANAJEMEN SURAT (AMS) KORPORAT GUNA MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19 Ni Luh Gde Novitasari; Niayu Netisia
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.034 KB)

Abstract

Diperbaharuinya Aplikasi Manajemen Surat menjadi Aplikasi Manajemen Surat Korporat menimbulkan beberapa masalah yaitu fitur dan cara penggunaan yang sangat berbeda dengan aplikasi sebelumnya, dan wilayah perkantoran juga dinyatakan menjadi salah satu tempat penularan Virus Corona. Intensitas penerimaan dan pengiriman dokumen surat menyurat di PT PLN (Persero) UID Bali yang sangat tinggi, menyebabkan dokumen perusahaan menjadi salah satu media penyebaran Virus Corona jika prosedur pendistribusiannya tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Metode yang digunakan untuk peningkatan penggunaan Aplikasi Manajemen Surat Korporat adalah sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan Aplikasi Manajemen Surat Korporat. Metode lainnya yang digunakan yaitu dengan menyiapkan tempat khusus sterilisasi untuk dokumen fisik yang akan didistribusikan. Adapun faktor-faktor yang mendukung keberhasilan kegiatan ini adanya dukungan penuh terhadap kegiatan pengabdian masyarakat ini dari Pimpinan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, antusias, kerjasama dan partisipasi yang baik dari pegawai dalam penggunaan Aplikasi Manajemen Surat Korporat, serta tersedianya alat disinfektan untuk mensterilkan dokumen fisik perusahaan.
PENINGKATAN PENGETAHUAN CUSTOMER SERVICE OPERATOR DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA KONSUMEN Ni Putu Yeni Astiti; Komang Tri Widia Ningsih
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.6 KB)

Abstract

Customer Servis Operator PT Sumber Bintang Abadi mempunyai tugas yaitu untuk melakukan konfirmasi pemesanan yang telah dilakukan oleh pelanggan melalui media sosial, dengan memberikan pelayanan informasi mengenai produk, meyakinkan pelanggan, dan melengkapi data pelanggan yang telah melakukan pemesanan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai bagaimana pelayanan yang harus diberikan customer servis operator kepada pelanggan yang sesuai dengan SOP yang telah dibuat. Bagaimana cara melayanin pelanggan dengan baik yang memiliki watak yang berbeda serta memberikan penjelasan dan merespon pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dengan cepat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengambilan data yaitu pengamatan, wawancara dan pelatihan yang diberikan. Metode penelitian ini digunakan agar mampu menjelaskan kepada pembaca bagaimana memberikan sosialisasi penyuluhan dan memberikan pelatihan terhadap customer servis merupkan kegiatan yang penting dilakukan agar customer servis tetap memiliki kualitas pelayanan yang baik terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kegitan dalam perusahaan yang membatu meningkatkan kulitas pelayanann pelanggan akan sangat baik dilakukan upaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan tercapainya target penjualan perusahaan.
STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN DISIPLIN KERJA PADA PT. TIARA INDAH ABADI Luh Komang Merawati; Sang Ayu Made Riska Vidyasari
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.944 KB)

Abstract

Tiara Indah Abadi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri otomotif sepeda motor jenis skuter. Kegiatan yang dilakukan di perusahaan ini yaitu menjual sepeda motor Piaggio Vespa. Covid-19 merupakan penyakit menular yang berpotensi menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, tindakan pencegahan terhadap jenis penyakit menular tersebut wajib dilakukan secepat mungkin. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan disiplin kerja di PT. Tiara Indah Abadi Cabang Gunung Agung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dalam adalah penyuluhan, pendampingan, pelatihan dan pengontrolan. Upaya pencegahan Covid-19 dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan disiplin kerja dilakukan melalui pembuatan SOP pencegahan Covid-19, pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 sesuai dengan SOP, pelatihan karyawan mengenai kualitas pelayanan terhadap konsumen guna mendapatkan kualitas pelayanan prima, melakukan pengontrolan absensi karyawan terhadap jam kerja.
PELATIHAN ADMINISTRASI PENGGUNAAN PETTY CASH DAN PROGRAM FREE SAME DAY DELIVERY I Wayan Widnyana; Ni Luh Purwaningsih
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.776 KB)

Abstract

New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal, namun ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan COVID-19. Pemberlakuan new normal mewajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan. PT. Asia Bandar Alam adalah salah satu perusahaan yang memiliki cabang toko di pusat perbelanjaa yang berada di Jalan Pantai Kuta yang masih beroperasi di situasi pandemi memenuhi kebutuhan protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan disinfektan menggunakan dana dari petty cash. Pencatatan penggunaan petty cash yang masih manual, membuat proses klaim menjadi lambat. Permasalahan lain yang timbul pada perusahaan ini sebagai dampak dari pandemi COVID-19 adalah penurunan jumlah konsumen yang berbelanja secara langsung ke toko yang berimbas pada menurunnya omzet penjualan. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir untuk membantu PT. Asia Bandar Alam mengatasi permasalahan tersebut dan dapat survive di situasi pandemi ini. Pelatihan pencatatan penggunaan petty cash pada Ms. Excel dan program promosi free same day delivery merupakan solusi yang tepat bagi perusahaan ini. Pencatatan penggunaan petty cash pada Ms. Excel dapat membantu pencatatan lebih rapi dan mempercepat proses klaim, sedangkan program free same day delivery dapat membantu meningkatkan omzet penjualan.
PENINGKATAN PROMOTIONAL MIX MENUJU PENCAPAIAN TARGET JUMLAH PENJUALAN PADA AUGI SPORT CENTRE I Nyoman Mustika; Ni Ketut Novi Eryanti
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.745 KB)

Abstract

Promosi merupakan salah satu cara untuk menarik pelanggan untuk membeli barang atau item yang yang akan dijual oleh pelaku usaha, baik itu perseorangan maupun usaha berskala besar. Dalam usaha mempengaruhi pasar untuk melakukan keputusan pembelian, kegiatan-kegiatan promosi (Promotion Mix) adalah kombinasi strategi yang lebih baik dan seluruhnya direncanakan untuk mencapai tujuan penjualan. Dalam hal ini, Augi Sport Centre kurang memaksimalkan promosinya, mereka hanya melakukan beberapa item kecil saja. Guna mencapai target jumlah penjualan yang ditentukan, tentunya promosi dalam hal ini harus lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan. Dengan menggunakan metode pelatihan mengenai penerapan promotional mix diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan target jumlah penjualannya.
PENINGKATAN PERENCANAAN ANGGARAN DALAM MENGANTISIPASI PENURUNAN LABA OPERASIONAL PERUSAHAAN I Wayan Mendra; I Gede Yoga Purianta
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.665 KB)

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini dilakukan di PT Raaga Samudra Resort yang terletak di kecamatan Manggis kabupaten Karangasem, dengan sasaran yaitu karyawan yang bekerja pada bagian keuangan. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan yang sedang dihadapi saat ini yaitu penurunan pendapatan operasional yang dialami selama masa pandemi covid-19, terutama karyawan dibagian keuangan yang masih belum efektif dalam melakukan perencanaan anggaran untuk menekan biaya-biaya dari kegiatan operasional yang mengakibatkan terjadinya penurunan laba operasional yang cukup signifikan selama masa pandemi covid-19. Melihat kondisi tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat hadir untuk membantu meningkatkan pemahaman dan juga memberikan pelatihan kepada karyawan di PT Raaga Samudra Resort terutama dibagian keuangan mengenai perencanaan anggaran dalam mengantisipasi penurunan laba operasional di masa pandemi covid-19. Dengan adanya program ini diharapkan dapat mempermudah nantinya bagi karyawan dalam menentukan biaya-biaya apa saja yang harus dikeluarkan dan biaya yang perlu disimpan dengan tujuan untuk menghemat pengeluaran anggaran perusahaan agar terhindar dari risiko penurunan laba operasional.
PENINGKATAN PENCATATAN KEUANGAN SETORAN PARKIR WILAYAH PADA JUKIR PERUMDA BHUKTI PRAJA SEWAKADARMA I Ketut Sunarwijaya; A.A.A. Mirah Dwisyana Pabandari
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.867 KB)

Abstract

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor. 5 Tahun 2003, mengenai Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar bahwa seluruh pendapatan jasa parkir bruto dikurangi langsung dengan seluruh pengeluaran atau seluruh biaya operasional perusahaan, sehingga diperoleh laba bersih perusahaan setelah pajak penghasilan yang disetorkan ke kas daerah, sehingga pendapatan yang disetor ke PAD adalah pendapatan netto sebesar 35%. Permasalah yang ditemui pada pengelompokan pencatatan setoran pendapatan total jukir harian dan bulanan yang sudah dilakukan dengan sistem namun belum dapat dioperasikan secara optimal, solusi yang dapat diberikan dari yaitu, penataan kembali arsipan dokumen setoran jukir, memberi penyuluhan mengenai cara mengoperasikan pembutan formula baru pada Microsoft Office Excel Worksheet. Adapun faktor - faktor yang mendukung keberhasilan kegiatan ini antara lain adanya dukungan penuh terhadap kegiatan pengadian masyarakat ini dari Pimpinan Perusahaan Umum Daerah Bhukti Praja Sewakadarma, antusias, kerjasama dan komunikasi yang baik antar staff dalam mengikuti pelatihan dan pendampingan, serta tersedianya fasilitas yang memadai.
UPAYA PENINGKATAN KINERJA PADA KARYAWAN PT. BPR ARUNA NIRMALADUTA Ni Putu Shinta Dewi; Ni Kadek Ayu Aprilia Dewi
Jurnal Dharma Jnana Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.563 KB)

Abstract

Hal sederhana yang menunjukkan kinerja karyawan yang baik yaitu dalam hal kedisiplinan dalam kehadiran dan kemampuan dalam mengelola Sistem Informasi Akuntansi yang berkaitan dengan program-program perangkat lunak komputer yang berperan mempermudah kegiatan pencatatan aliran kas. Pengabdian ini bertujuan untuk mencari solusi alternatif untuk meningkatkan kinerja karyawan PT. BPR Aruna Nirmaladuta selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan meningkatkan kedisiplinan karyawan terkait kehadiran, menegakkan aturan, dan menerapkan sanksi yang tegas bagi pihak karyawan yang melanggar aturan. Permasalahan kinerja karyawan di PT. BPR Aruna Nirmaladuta sudah bisa diatasi dengan baik melalui penyusunan peraturan dan sanksi yang tegas dibantu dengan penerapan sanksi yang ketat dari pimpinan perusahaan. Berikutnya pemberian pelatihan mengenai pengoperasian Sistem Informasi Akuntansi dilaksanakan kepada karyawan untuk mempermudah kinerja dari pegawai dan bisa meminimalisir kesalahan dalam input data dan perhitungan data.Untuk mengurangi terjadinya pelanggaran terhadap aturan kedisiplinan kehadiran dapat dilakukan dengan pendekatan personal pimpinan kepada karyawan yang cenderung melakukan pelanggaran.