cover
Contact Name
Ida Ayu Nyoman Yuliastuti
Contact Email
ia.yuliastuti@unmas.ac.id
Phone
+6281238077558
Journal Mail Official
dharmajnana@unmas.ac.id
Editorial Address
Jalan Kamboja No. 11A Denpasar, Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Dharma Jnana
ISSN : -     EISSN : 27766535     DOI : -
Dharma Jnana merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar yang memuat artikel-artikel ilmiah dari hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat dalam berbagai bidang disiplin ilmu. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Dharma Jnana merupakan hasil-hasil kegiatan pengabdian asli yang berisikan ulasan kegiatan pengabdian yang bersifat baru, atau berupa komentar dan kritik terhadap tulisan-tulisan baik yang ada dimuat pada Jurnal Dharma Jnana maupun pada terbitan berkala ilmiah lainnya. Jurnal Dharma Jnana menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang pengabdian kepada masyarakat yang mencakup bidang keilmuan: 1. Sosial 2. Kependidikan 3. Sains 4. Keolahragaan 5. Bahasa 6. Bisnis dan Ekonomi 7. Teknik dan Kejuruan 8. Kesenian
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA" : 10 Documents clear
Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Negeri 4 Nyalian, Klungkung Ni Luh Putu Sandrya Dewi; Ni Putu Ayu Mirah Mariati; Luh Gde Kusuma Dewi
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kampus Mengajar merupakan kegiatan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan membuka ruang bagi mahasiswa untuk bisa mengaplikasikan keahlian serta ilmu pengetahuan mereka dalam membantu siswa di satuan pendidikan dasar. Mahasiswa diharapkan menjadi inspirasi bagi para peserta didik untuk memperluas cita-cita serta wawasan. Mahasiswa dibekali dengan beragam keahlian dan keterampilan dengan menjadi mitra guru dan sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Kampus Mengajar Angkatan 4 dimulai dari tanggal 2 Agustus – 3 Desember 2022 (5 bulan lapangan dan 1 bulan pembekalan/1 semester) dan menyasar SD dan SMP yang berada pada daerah 4T (Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan wilayah Transmigrasi). Program kerja disusun berdasarkan metode observasi lapangan, wawancara dengan siswa, guru-guru dan kepala sekolah, penunjukkan guru pamong, dan dokumentasi. Kami bertugas di SD Negeri 4 Nyalian berkolaborasi bersama guru-guru telah tuntas melaksanakan program kerja yang berfokus pada penguatan Literasi dan Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi Sekolah. Hasil dari kegiatan ini yaitu: barcode tanaman, majalah papan (mapan), pendampingan siswa dalam pembelajaran di kelas, pinjawara untuk siswa duta literasi dan numerasi, pelatihan adaptasi teknologi dalam pembelajaran maupun administrasi sekolah, pendataan perpustakaan, dan lain sebagainya.
Sosialisasi, Edukasi Dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Melalui Gerakan Peduli Sampah Sedari Dini Di TK Masyitoh Melikan Bantul Yogyakarta Amyati
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejak dini anak harus diajarkan cara pengelolaan sampah yang tepat dengan memisahkan sampah kering dan basah, organik dan anorganik.Tujuan pengabdian ini untuk mensosialisasikan, mengedukasi dan memberikan pelatihan terkait pengelolaan sampah kepada siswa di Taman Kanak-Kanak di Melikan Wonolelo. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan edukasi dan sosialisasi melalui metode ceramah, simulasi, dan pemberian fasilitas tempat sampah untuk mendukung pengelolaan sampah. Masalah utama dalam upaya pengelolaan sampah adalah belum adanya pemisahan dan pengelolaan sampah basah dan kering, organik dan anorganik. Sosialisasi dan edukasi terkait pengelolaan sampah ini perlu dilakukan sejak usia dini agar seiring adanya peningkatan pengetahuan khususnya bagi anak – anak usia taman kanak –kanakagar memilik kesadaran dan partisipasi dalam pengelolaan sampah yang mereka hasilkan dari kegiatan sehari- hari baik disekolah maupun di rumah masing – masing. Hasil dari Sosialisasi, Edukasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah melalui gerakan esduli sampah sedari dini ini yaitu siswa siswi TK RA Masyitoh Melikan sebanyak 46 siswa menjadi semakin paham terkait pentingnya mengelola sampah dengan mengenali sampah organik dan anorganik. Sehingga tumbuh kesadaran untuk mealakukan pemilahan sampah organik dan organik serta membuangnya pada tempat yang benar sesuai jenisnya. Wujud dukungan dengan menyediakan fasilitas tempat sampah, memberikan poster edukasi dan buku bilingual untuk menambah pengetahuan terkait jenis- jenis sampah.
Program Perbaikan Sanitasi Lingkungan Aliran Sungai Pai Pada RW 12 RT 1 Dan 3 Kelurahan Pai Kecamatan Biringkanaya Makassar Fransiskus Randa; Paulus Tangke; Maria Yessica Halik
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada Sungai Pai Kelurahan Pai dengan tujuan utama adalah membersihkan kurang lebih 300m aliran sungai pai yang telah ditumbuhi pohon-pohon besar dan sampah serta timbunan pagar yang roboh. Kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar aliran sungai  agar mencintai sungai dimasa sekarang dan masa akan datang. Kegiatan dimulai dengan musyawarah dengan penduduk sekitar, bersama-sama membersihkan aliran sungai dan melaksanakan program cinta sungai Pai. Rangkaian kegiatan tersebut sebagai upaya membangun kebersamaan untuk mencintai sungai. Hasil kegiatan yang dicapai mampu mereduksi banjir di kompleks perumahan dan mulai timbul kesadaran masyarakat sekitar untuk secara berkala membersihkan aliran sangai Pai di sekitar pemukiman penduduk.
Pemberdayaan Manajerial Usaha Kelompok Pengerajin Tedung Di Desa Sampalan Tengah Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung Ni Made Santini; Ni Made Tamansari; Made Pratiwi Dewi
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Agama Hindu di Bali sering melaksanakan yadnya, melaksanakan upacara yadnya yang mengunakan beberapa pelengkap upakara, salah satunya tedung. Penggunaan tedung dalam upacara keagamaan Hindu menunjukan pentingnya simbolisme dan ritual dalam agama Hindu, ini meniliki makna mandalam dan tujuan tertentu untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Tuhan dan alam semesta. Melihat potensi ini maka Universitas Warmadewa selaku institusi pendidikan ikut berkontribusi didalam melestarikan dan mengembangkan potensi yang dimiliki pengrajin tedung tersebut. Pengembangan dan pendampingan baik dari pengadaan sarana dan prasarana, pelatihan dan pembelajaran terkait pembuatan laporan keuangan, pemasaran diharapkan dapat memberikan manfaat untuk kelangsungan hidup usaha tedung di masa yang akan datang. Kelompok pengrajin tedung yang diketuai oleh Ibu Ketut Ariani yang beralamat di Banjar Pakel, Desa Sampalan Tengah, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung diharapkan dapat merasakan kontribusi dari program dengan meningkatnya kapasitas produksi, peningkatan pemasaran melalui aplikasi media sosial dan, peningkatan kualitas SDM, peningkatan penjualan dan asset perusahaan. Metode pelaksanaannya dengan memberikan pendampingan pembuatan dan perancangan sistem laporan keuangan sederhana, pendampingan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas produksi, pelatihan dalam penggunaan whatsapp business dan titik lokasi pada google map, dan pengadaan peralatan yang sudah rusak.
Edukasi Bertanam Sayur Bayam Merah Dan Sawi Samhong Bagi Anak-Anak Desa Nyurlembang Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat Riska Nabila
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sayur adalah sumber nutrisi penting bagi manusia yang mengandung berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan baik untuk kesehatan tubuh. Laporan Riskesdas tahun 2018 menunjukkan bahwa sebanyak 95,5% masyarakat Indonesia kurang mengkonsumsi sayur dan buah. Hal ini disebabkan karena kebiasaan kurang mengkonsumsi makanan tersebut yang berkembang sejak usia dini. Solusi yang dapat diterapkan terkait masalah tersebut yaitu kegiatan edukasi bertanam sayur. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari KKP UIN Mataram Desa Nyurlembang bertujuan untuk menambah pengetahuan anak-anak tentang sayur, melatih keterampilan bercocok tanam, dan meningkatkan minat konsumsi sayur pada anak-anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Posko KKP Desa Nyurlembang dengan diikuti oleh 20 anak-anak. Kendala dalam kegiatan ini yaitu anak-anak memiliki jadwal yang padat dan bersikap hyperaktif, namun kendala tersebut berhasil diatasi sehingga kegiatan dapat berjalan baik dengan rasa antusiasme yang tinggi dari anak-anak Desa Nyurlembang.
Video Pijat Bayi Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Perawatan Bayi Pada Ibu Di Posyandu Bhineka Mekarsari, Cimanggis Kota Depok Erik Ekowati; Nina Herlina
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pijat sebagai rangsangan stimulus dalam perawatan bayi yang dapat memberikan kesehatan bayi, namun belum adanya pemahaman masyarakat melakukan pijat bayi dengan beran, maka adanya peningkatan pengetahuan ibu merawat bayi, akan meningkat keterampilan melakukan pijat bayi. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan Pendidikan Kesehatan kepada ibu bayi terhadap pijat bayi melalui video. Metode kegiatan meliput pemeriksaan tinggi badan dan berat badan, pengkajian karakteristik ibu dan bayi, penyuluhan menggunakan video pijat bayi. Hasil kegiatan adalah karakteristik bayi, dengan jumlah sebanyak 8 bayi, rentang usia 0 – 24 bulan, Sebagian besar laki-laki sebanyak 62,5%, keseluruhan bayi balita memiliki status gizi baik (-2 sd samapai +2 sd). Karakteristik ibu berupa: usia antar 20 – 25 tahun (60%), berpendidikan Perguruan tinggi (50%), dan mayoritas ibu rumah tangga (62,5%). Hasil kegiatan ini terdapat perbedaan pengetahuan dan perilaku rata - rata sebelum pemberian video setelah pemberian video pijat bayi dengan uji paired t-test diperoleh p value 0,000 (p<α). Memberikan video pijat bayi sebagai interaksi media penyampaian informasi yang mearik sehingga mudah diingat dan dipahami oleh ibu bayi.
Bernyanyi Sebagai Metode Pembelajaran Di TK Annabil Gelok Mulya Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Majalengka Ainur Rofiq
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berada pada usia 0-8 tahun. Sedangkan hakikat anak usia dini adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif, sosio emosional, kreativitas, Bahasa dan komunikasi yang khusus yang sesuai dengan tahapan yang sedang dilalui oleh anak tersebut. Hal ini menunjukkan Pendidikan pada masa anak-anak sangat penting. Bernyanyi sangat baik digunakan untuk mengungkapkan kemampuan, perasaan, dan keinginan anak. Bernyanyi akan memberikan kesempatan pada anak pra sekolah untuk dapat mengekpresikan apa yang ada dalam dirinya dan apa yang dirasakan. Penelitian ini mendeskripsikan Hasil dari penerapan metode bernyanyi di TK Annabil Gelok Mulya Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka.
Penerapan Green Economy Melalui Pengolahan Pasca Panen Bagi Kelompok Tani Hortikultura Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Budi Rahardjo; Wildan Yudhanto; Vierda Dwi Aprilia
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas peran penting pengolahan pasca panen dalam mewujudkan konsep green economy dalam sektor pertanian. Green economy menekankan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sambil mengurangi dampak negatif pada lingkungan alam. Dalam konteks pertanian, hal ini memiliki implikasi yang signifikan. Pertama, penerapan green economy dalam pertanian dapat meningkatkan kesejahteraan petani, mengurangi limbah pangan, melindungi lingkungan, dan memberdayakan komunitas lokal. Kedua, pengolahan pasca panen memiliki peran sentral dalam mencapai tujuan ini. Dengan mengurangi limbah pangan, meningkatkan efisiensi energi, mendukung petani, dan membuka akses ke pasar yang lebih luas, pengolahan pasca panen dapat mendukung pertanian yang berkelanjutan. Meskipun ada tantangan yang harus diatasi, seperti pendidikan petani, investasi infrastruktur, dan regulasi yang mendukung, langkah-langkah ini dapat membawa kita menuju masa depan yang lebih hijau di sektor pertanian. Dengan kesadaran konsumen yang ditingkatkan, kita dapat menciptakan lingkungan di mana pertanian dan lingkungan alam dapat beriringan dan berkontribusi positif satu sama lain, mendukung ketahanan pangan global.
Gerakan “Selfie Save Life” Melalui Social Media Guna Penguatan Resiliensi Kelompok Pemuda di Kota Bandar Lampung Simon Sumanjoyo Hutagalung; Eko Budi Sulistio; Apandi; Dedy Hermawan
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan utama yang hendak diatasi melalui kegiatan ini antara lain: (1). Belum optimalnya pemanfaatan Social Media dan pengemasan gerakan sadar bencana bagi kelompok pemuda dalam menghadapi resiko bencana di Kota Bandar Lampung?, (2). Belum maksimalnya peningkatan kapasitas resiliensi kelompok pemuda melalui penerapan Social Media dan pengemasan gerakan sadar bencana dalam menghadapi resiko bencana di Kota Bandar Lampung?. Metode pengabdian yaitu berupa pelatihan dengan pendekatan pragmatis teoritis dan pendekatan pragmatis praktis. Dalam tahap pelaksanaan, kegiatan utama yang dilakukan adalah penyampaian materi, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan pelatihan yang telah dilakukan menghasilkan perubahan rasio skor pengetahuan dan sikap peserta pelatihan, sehingga menghasilkan total skor rasio sebesar 89,4%. Diperlukan kegiatan lanjutan yang sifatnya lebih proaktif dengan melibatkan pihak lainnya yang dianggap lebih mampu mendorong pengaruh luas terhadap upaya pemanfaatan sosial media guna kepentingan memperkuat ketahanan terhadap bencana.
Peningkatan Pemahaman Berbahasa Inggris Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Di Desa Mekar Bhuwana Ida Ayu Nyoman Yuliastuti; Ni Putu Yeni Sukma Dewi; I Kadek Dirga Mustiasa; I Dewa Made Arik Permana Putra
Jurnal Dharma Jnana Vol. 3 No. 2 (2023): JURNAL DHARMA JNANA
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan di Desa Mekar Bhuwana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Mitra sasaran dalam kegiatan pengabdian ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar di Desa Mekar Bhuwana khususnya di SD No. 2 dan SD No. 3 Mekar Bhuwana. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa masalah yang dihadapi yaitu masih kurangnya pemahaman siswa-siswi dalam penggunaan bahasa inggris serta kurangnya pemahaman cara pengucapan yang benar dari kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris. Tim pengabdian masyarakat hadir untuk membantu meningkatkan pengetahuan siswa-siswi dalam berbahasa inggris dengan mengaplikasikan metode pembelajaran Active and Fun Learning serta metode Listen-Read-Discussion (LRD), sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa-siswi di SD No. 2 dan SD No. 3 Mekar Bhuwana. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan berbahasa inggris siswa-siswi dengan cara melaksanakan pengajaran bahasa inggris menggunakan metode belajar sebagai penghidup suasana dalam kegiatan pembelajaran. Sasaran diberikan materi pembelajaran dengan mengaplikasikan metode pembelajaran tersebut untuk menghidupkan suasana belajar dan meningkatkan partisipasi siswa-siswi dalam pembelajaran. Melalui program ini sasaran dapat memahami pelajaran bahasa inggris dengan lebih menyenangkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10