cover
Contact Name
Satriyo Pamungkas
Contact Email
istoria.unbari@gmail.com
Phone
+6285266457808
Journal Mail Official
istoria.unbari@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, FKIP Universitas Batanghari Jambi, Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, kodepos: 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Istoria : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari
ISSN : -     EISSN : 25978845     DOI : http://dx.doi.org/10.33087/istoria
Core Subject : Education, Social,
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, setiap bulan April dan September yang berisi hasil penelitian (lapangan atau studi pustaka) kajian teoretis maupun kajian kritis. Jurnal ini merupakan salah satu media publikasi bagi penelitian dengan kajian terkini dalam bidang sejarah dan pendidikan sejarah yang meliputi ranah sejarah dan pembelajaran sejarah itu sendiri. Dalam penelitian sejarah teoritis dan kritis mencakup sejarah dunia, sejarah Indonesia, dan sejarah lokal sedangkan pada bidang pendidikan sejarah mencakup strategi pembelajaran sejarah, metode pembelajaran sejarah, evaluasi pembelajaran sejarah, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan sejarah.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): September" : 10 Documents clear
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 6 MUARO JAMBI Mawiyah, Ferry Yanto
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.415 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.85

Abstract

AbstrakThis research departs from what happened at SMAN 6 Muaro Jambi where online learning has been carried out since the spread of the Corona virus or COVID-19 so that students carry out learning activities at home.This research aims to determine online learning and the effectiveness of the implementation of online learning in history subjects in class X SMAN 6 Muaro Jambi. The research method used in this research is qualitative with a case study model. This research was conducted at SMAN 6 Muaro Jambi. The subjects in this study were teachers and participants in class X SMAN 6 Muaro Jambi. Data collection was carried out by observation, interviews, documents and documentation. Based on the results of the research conducted, it shows that the history teacher of class X at SMAN 6 Muaro Jambi has used the syllabus that has been developed by the Ministry of Education and Culture as a guideline for preparing the Learning Implementation Plan (RPP). Online learning will continue to be carried out considering the incomplete Covid-19 outbreak in Indonesia. The lack of facilities and infrastructure which is influenced by economic factors and technological unpreparedness is also an obstacle to the ongoing online learning activities in class X SMA Negeri 6 Muaro Jambi. So that the learning outcomes provided by students are not 100% smooth or effective.Keywords: Online Learning, History Learning AbstrakPeneltian ini berangkat dari apa yang terjadi di SMAN 6 Muaro Jambi dimana pembelajaran daring dilakukan semenjak adanya penyebaran virus Corona atau COVID-19 sehingga siswa melaksanakan kegiatan belajar di rumah. Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui pembelajaran daring dan efektivitas dari pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran sejarah di kelas X SMAN 6 Muaro Jambi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan model studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Muaro Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didi kelas X SMAN 6 Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumen dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa guru sejarah kelas X SMAN 6 Muaro Jambi sudah menggunakan silabus yang telah dikembangkan oleh Kemendikbud sebagai pedoman penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembelajaran daring akan terus dilakukan mengingat belum tuntasnya wabah Covid-19 di Indonesia. Kurang nya sarana dan prasarana yang dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan ketidaksiapan teknologi juga menjadi suatu hambatan dalam berlangsungnya kegiatan belajar daring di kelas X SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Sehingga hasil belajar yang diberikan oleh pemelajar tidak 100% lancar atau efektif.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sejarah.
SEJARAH DESA EMPELU KECAMATAN TANAH SEPENGGAL KABUPATEN BUNGO TAHUN 1700-2005 Hefni .
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.247 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.92

Abstract

 AbstractThe purpose of this research is to explain how the beginning of the arrival of the people who inhabit Empelu Village and Describe how empelu village development in the field of Social and Cultural. Research method used is historical research method consisting of several steps namely heuristic, criticism, interpretation and historiography. Sources used in the form of literature studies, documents, archives and interviews. The results showed that the progress and development that occurred in Empelu Village can be seen in several perspectives, namely economics, education, social interaction, culture, language, knowledge system, technology and living license plate, arts, livelihood. The socio-cultural life of empelu village community leads to Minang tribe, it seems in many ways such as: Language, wedding dress, kinship system and tradition that has similarities with minang tribeABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk Menjelaskan bagaimana awal kedatangan masyarakat yang mendiami Desa Empelu dan Menggambarkan bagaimana perkembangan Desa Empelu bidang Sosial dan Budaya.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian historis yang terdiri dari beberapa langkah yaitu heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi.Sumber yang digunakan berupa studi literatur, dokumen, arsip serta wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemajuan dan perkembangan yang terjadi di Desa Empelu ini dapat dilihat dalam beberapa perspektif, yaitu ekonomi, pendidikan, interaksi social, kebudayaan, bahasa, system pengetahuan, teknologi dan pelatan hidup, kesenian, mata pencaharian. Kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Empelu mengarah kepada suku Minang, hal itu tampak dalam banyak hal seperti: Bahasa, baju adat pengantin, sistem kekerabatan dan tradisi yang memiliki kesamaan dengan suku minangKata Kunci: Kebudayaan, Desa Empelu
PASAR KAMIS KELURAHAN JAMBI KECIL KECAMATAN MUARO SEBO 1953-2021 Maisaro, Siti Heidi Karmela
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.179 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.86

Abstract

 AbstractThis study aims to describe the importance and existence of the Thursday Market as well as the economic activities that occur from trading transactions (buying and selling) to the parties involved in these economic activities. In addition, it also aims to explain the level of economic and social welfare of PasarKamis, Kelurahahan Jambi Kecil for the economic life of the population and for economic growth outside the Kelurahan Jambi Kecil. The research method used is the historical method, including the Heuristic stage or source collection, criticism, interpretation and historiography. Historical sources used are in the form of local archives, oral interviews and written literature. Local archives: Books, and bulletin through library research. The approach used is an economic approach to find out the income or profit earned by traders and expenses and buyers, then a sociological approach to see the relationship or social interaction between fellow traders, traders and buyers, and other parties involved suchas the scoping institution in this case. manager of the Thursday market, Jambi small village, MaroSebo sub-district. The results showed that PasarKamisKelurahan Jambi Kecil remained a traditional main market and had been transformed into a modern-style market, coupled with the increasing number of buildings and types of goods being traded. Thus, the Thursday market in Jambi Kecil Village still plays an important role as the economic infrastructure for the Jambi Kecil Village which has a positive impact on those who pocket their livelihoods in buying and selling activities at the Thursday Market.Keyword:  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan arti penting dan keberadaan Pasar Kamis serta aktivitas ekonomi yang terjadi mulai dari kegiatan transaksi dagang (jual beli) hingga pihak-pihak yang terlibat didalam aktivitas ekonomi tersebut. Selain itu juga bertujuan untuk menjelaskan tingkat kesejahteraan ekonomi dan sosial Pasar Kamis KelurahanJambiKecil bagi kehidupan ekonomi penduduk maupun bagi pertumbuhan ekonomi diluar kelurahan Jambi Kecil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah, meliputi tahapan Heuristik atau pengumpulan sumber, kritik, interpretasi dan Historiografi. Sumber sejarah yang digunakan berupa arsip lokal, wawancara lisan dan literature tertulis. Arsip local: Buku-buku, dan bulletin lewat studi kepustakaan.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ekonomi untuk mengetahui pendapatan atau keuntungan yang diproleh pedagang serta pengeluaran dan pihak pembeli, kemudian pendekatan sosiologi untuk melihat hubungan atau interaksi sosial diantarasesame pedagang, pedagang dan pembeli, dan pihak-pihak lain yang terlibat seperti institusi pelingkup dalam hal ini pengrus pasar kamis kelurahan jambi kecil Kecamatan Maro Sebo.Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Pasar Kamis Kelurahan Jambi kecil tetap menjadi Pasar induk Tradisional dan telah berubah menjadi Pasar yang bercorak modern, ditambah dengan semakin banyaknya bangunan serta jenis barang yang diperjual belikan. Dengan demikian pasar Kamis Kelurahan Jambi Kecil tetap berperan penting sebagai insfrastruktur ekonomi kelurahan Jambi Kecil yang berdampak positif bagi pihak-pihak yang mengantungkan mata pencarian pada aktivitas jual beli di Pasar Kamis.Kata kunci: Pasar tradisional, Kamis, jual beli, kecamatan maro sebo.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPA SMA N 8 KOTA JAMBI Nada tismaliya sari, Mohammad Andi Wasgito
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.92 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.93

Abstract

AbstractThis research and development departs from the problems that occur in SMA N 8 in the city of Jambi where the learning is monotonous and less varied so that students get bored quickly. Learning media can be an alternative in solving problems that occur. This research aims to produce instructional media products, namely crossword puzzles and apply it to history lessons in class X IPA at SMA N 8, Jambi city. The research method used in this research is ADDIE developed by Lee and Owen which has five stages, namely; 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, and 5) evaluation. In the implementation stage, the researcher adopted the Martin Tessmen model. The research was conducted at SMA N 8 Kota Jambi with research subjects of class X IPA students, amounting to 2 people for individual trials, 10 people for small group trials, and 34 people for large group trials. From the results of field trials, it was found that the results of individual trials, the total score an average percentage of 82.6% were included in the "good" category. The results of the small group skoe trial average percentage of 86.8% were included in the "very good" category, the results of the field test results for the average score of 90.74% were included in the "very good" category. For the use of learning media, this crossword puzzle is applied in learning history.Keywords: Media, learning, crossword puzzles AbstrakPeneltian dan pengembangan ini berangkat dari permasalahan yang terjadi di SMA N 8 kota jambi dimana pembelajaran yang dilakukan monoton dan kurang bervariasi sehingga siswa cepat bosan. Media pembelajaran dapat menjadi alternative dalam pemecahan masalah yang terjadi. Penelitian ini bertujaun untuk menghasilkan produk media pembelajaran yaitu teka-teki silang dan menerapkannya pada pelajaran sejarah kelas X IPA di SMA N 8 kota jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Lee and owen yang memiliki lima tahap yaitu; 1) analisis,2) desain,3) pengembangan,4) implementasi, dan 5) evaluasi. Pada tahap implenrasi peneliti mengadopsi model martin tessmen. Penelitian dilakukan di SMA N 8 kota jambi denagn subjek penelitian siswa kelas X IPA yang berjumlah 2 orang untuk uji coba perorangan, 10 orang untuk uji coba kelompok kecil, dan 34 orang pada uji coba kelompok beasr. Dari hasil uji coba lapangan didapatkan hasil uji coba perorangan, jumlah skor rata-rata persentase 82,6% termasuk kedalam kategori “baik”. Hasil uji coba small group skoe rata-rata persentase 86,8% termasuk kedalam kategori “sangat baik”, hasil uji coba field tes skor rata-rata persentase 90,74% termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Untuk penggunaan media pembelajaran teka-teki silang ini diterapkan dalam pembelajaran sejarah.Kata kunci: Media, pembelajaran,  teka-teki silang 
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI DALAM KURIKULUM 2013 Alfin Bagus Rivaldi, Satriyo Pamungkas
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.458 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.87

Abstract

AbstractScientific learning is a characteristic of implementing the 2013 curriculum in the learning process in schools so that students are more active in the learning process. The scientific approach is a scientific approach that is applied to learning because it applies scientific principles namely observing, asking, gathering information, associating, and communicating. The new approach applied to learning requires teachers to master how to implement it according to the 2013 curriculum. The implementation of the scientific approach in history learning at SMA Negeri 4 Muaro Jambi applies learning methods and models that are capable of student activity in learning. It can be said that history learning is in accordance with the 2013 curriculum even though it is not optimal. One of the methods used in learning is carried out by the teacher, namely the discussion method which is interspersed with the lecture method. The teacher applies the discussion method because it is considered capable of making students more active and critical in the learning process. Meanwhile, there are also obstacles such as a lack of reference reading materials, learning tools such as projectors and permanent focus in classrooms, and the absence of a special history lab. Keywords: Scientific Approach, Historical Learning AbstrakPembelajaran scietific merupakan ciri khas dari penerapan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di sekolah agar siswa lebih aktif dalam proses belajarnya. Pendekatan scietific suatu pendekatan ilmiah yang diterapkan dalam pembelajaran karena menerapkan prinsip-prinsip ilmiah yakni mengamati, menannya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Barunya pendekatan diterapkan pada pembelajaran mengahruskan guru dituntut menguasai cara implementasinya sesuai kurikulum 2013. Implementasi pendekatan scientific dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Muaro Jambi menerapkan metode dan model pembelajaran yang mampu keaktifan siswa dalam belajar. Hal ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran sejarah sudah seuai dengan kurikulum 2013 meskipun belum maksimal. Penggunaan metode dalam pembelajaran salah satunya dijalankan oleh guru yaitu metode diskusi yang diselingi dengan metode ceramah. Penerapan metode diskusi oleh guru karena dirasa mampu membuat siswa lebih aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Sementara juga terdapat kendala seperti kurangnya bahan bacaan referensi, sarana pembelajaran seperti proyektor dan infocus secara permanen di kelas, dan tidak adanya lab khusus sejarah. Kata Kunci : Pendekatan Scietific, Pembelajaran Sejarah.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PRA AKSARA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI Selly Octavianti
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.499 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.94

Abstract

AbstractThis study aims to produce instructional media products, namely instructional videos and apply them to class X history learning at SMA Negeri 9 Jambi City. The method used in this research is ADDIE which has five stages, namely; 1. Analysis (Analyze), 2. Design (Design), 3. Development (Devolepment), 4. Implementation (Implementation), and 5. Evaluation (Evaluation). The research was conducted at SMA Negeri 9 Jambi City with the research subjects of class X IPA students, amounting to 3 people for individual trials, 8 people for small group trials, and 20 people for large group trials. The results of the first stage of validation by media experts obtained a value of 58.09%, the assessment after revision was obtained a value of 92%. So this product is in the "very feasible" category and can be tested. The results of the material expert validation obtained a value of 57.5%. After the revision was carried out, the value was 85%, so this product was included in the "very feasible" category and could be tested. After obtaining the validation results, then the trial was carried out, the average individual test value was 76.29%, the small group had an average percentage value of 82.08%, while the large group had an average percentage value of 72.91%. From the results of product trials conducted, based on the guidelines for the conversion of quantitative to qualitative data, the instructional video media was included in the Good category.Keywords: Learning Videos, Pre-LiteracyABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yaitu video pembelajaran dan menerapkannya pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 9 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu; 1. Analisis (Analyze), 2. Desain (Design), 3. Pengembangan (Devolepment), 4. Implementasi (Implementation), dan 5. Evaluasi (Evaluation). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Jambi dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA yang berjumlah 3 orang untuk uji coba perorangan, 8 orang untuk uji coba kelompok kecil, dan 20 orang pada uji coba kelompok besar. Hasil validasi tahap pertama oleh ahli media diperoleh nilai 58,09%, penilaian setelah dilakukan revisi diperoleh nilai 92 %. Maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat layak” dan dapat diujicobakan. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai yaitu 57,5 % penilaian setelah dilakukan revisi diperoleh nilai 85 %, maka produk ini termasuk dalam kategori “sangat layak” dan dapat diujicobakan. Setelah diperoleh hasil validasi selanjutnya dilakukan ujicoba, nilai uji coba perorangan rata-rata persentase 76,29%, kelompok kecil dengan nilai rata-rata persentase 82,08%, sedangkan kelompok besar dengan nilai rata-rata persentase 72,91%.  Dari hasil ujicoba produk yang dilakukan maka, berdasarkan  pedoman konversi data kuantitatif ke kualitatif maka media video pembelajaran  termasuk dalam kategori Baik.Kata Kunci: Video Pembelajaran, Pra Aksara.
SUKU ANAK DALAM DI DESA BUNGKU KECAMATAN BAJUBANG (1980-2014) Fournika Lailatul Jami’ah, Ferry Yanto
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.994 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.90

Abstract

AbstractThis research is a historical research with the theme of culture which examines cultural elements from an empirical point of view rather than a normative one. As for what is being researched is about the cultural elements of the Anak Dalam Tribe in Bungku Village, Bajubang District. The purpose of this study is to explain the dynamics of the cultural life patterns of the Inner Children in Bungku Village, Bajubang District and to describe the existence of the Inner Child Tribe culture to the flow of change. The historical method used in this research includes several stages, namely heuristics, criticism, interpretation, and historiography. The findings of research in the field from different Anak Dalam Tribe in Bajubang District, especially in Bungku Village, illustrate that there have been many changes in culture, this is because they do not want to be confused with the Orang Rimba in Bukit Dua Belas. called the Orang Rimba. They are more comfortable with being called the Suku Anak Dalam.Keywords: Culture, Tribe of Inner Children, Bungku Village AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian sejarah bertemakan kebudayaan yang mengkaji unsur-unsur budaya dari sudut empiris bukan dari segi normatif. Adapun yang diteliti adalah tentang unsur-unsur kebudayaan dari Suku Anak Dalam di Desa Bungku Kecamatan Bajubang. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dinamika pola kehidupan kebudayaan Suku Anak Dalam di Desa Bungku Kecamatan Bajubang dan mendeskripsikan eksistensi budaya Suku Anak Dalam terhadap arus perubahan. Metode sejarah digunakan dalam penelitian ini yang meliputi beberapa tahapan yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Temuan hasil penelitian di lapangan dari Suku Anak Dalam yang berbeda di Kecamatan Bajubang khususnya di Desa Bungku memberikan gambaran bahwa sudah mengalami banyak perubahan dalam kebudayaan, hal demikian di karenakan mereka tidak ingin disamakan dengan Orang Rimba yang ada di Bukit Dua Belas bahkan mereka juga tidak mau disebut dengan sebutan Orang Rimba. Mereka lebih nyaman dengan sebutan Suku Anak Dalam.Kata Kunci : Kebudayaan, Suku Anak Dalam, Desa Bungku
PENGEMBANGAN E-BOOK MATERI MASUKNYA AGAMA HINDU BUDHA KE INDONESIA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMK NEGERI 4 KOTA JAMBI Indriani. S
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.011 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.95

Abstract

AbstractThis research is designed to produce learning media products namely E-book and apply it to history lessons class X TBG 2 SMK Negeri 4 Jambi City. The research method used in this research is ADDIE developed by Lee and owen which has five stages, namely; 1) analysis,2) design,3) development,4) implementation, and 5) evaluation. At the implenration stage researchers adopted the martin tessmen model. The research was conducted at SMKN 4 Jambi city with the research subjects of grade X TBG 2 students who numbered 2 people for individual trials, 10 people for small group trials, and 34 people in the beasr group trials. From the results of field trials obtained individual trial results, the average score of 81.6 % belongs to the good category. Small Group trial results average score of 83.2 % fall into the good category. Field test results average score of 90.69% fall into the excellent categoryKeyword: E-Book, Instructional, The entry of Hindu Buddhism into Indonesia AbstrakPenelitian ini bertujaun untuk menghasilkan produk media pembelajaran yaitu E-book dan menerapkannya pada pelajaran sejarah kelas X TBG 2 SMK Negeri 4  Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Lee and owen yang memiliki lima tahap yaitu; 1) analisis,2) desain,3) pengembangan,4) implementasi, dan 5) evaluasi. Pada tahap implenrasi peneliti mengadopsi model martin tessmen. Penelitian dilakukan di SMKN 4 Kota Jambi dengan subjek penelitian siswa kelas X TBG 2 yang berjumlah 2 orang untuk uji coba perorangan, 10 orang untuk uji coba kelompok kecil, dan 34 orang pada uji coba kelompok beasr. Dari hasil uji coba lapangan didapatkan hasil uji coba perorangan, jumlah skor rata-rata 81,6 % termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba Small  Groupjumlah skor rata-rata 83,2 % termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba kelompok besar (field test) jumlah skor rata-rata 90,69 % termasuk dalam kategori sangat baikKata Kunci: E-book, pembelajaran, Masuknya agama hindu budha ke Indonesia
DESA MUARA JAMBI SEBAGAI DESA WISATA BERBASIS BUDAYA LOKAL 2009 – 2017 Desi Arisanty, Ulul Azmi
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.66 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.84

Abstract

AbstractThis research is a historical research that translates rural history with the main problem is the development of Muaro Jambi Village as a Local Culture-Based Tourism Village in 2009-2017 as for the purpose of this thesis research is to explain the emergence and development of tourism in Muaro Jambi Village which in the end is Muaro Jambi Village. Being a Tourism Village, another destination explains the condition of the population, the utilization of the Tourism sector after Muaro Jambi Village becomes a Tourism Village. Some of the theories used are the Edward Inskeeptetang tourism village theory where a small group of tourists live in or near a traditional atmosphere. The research method is the historical method, through several stages, namely Heuristics (Village Office archives, interviews, and other written sources), criticism, interpretation and writing. The findings in the field show that Muaro Jambi Village, Muaro Sebo Sub-district, Muaro Jambi Regency is experiencing a development from an agricultural style to non-agricultural, this is marked by the development of Muaro Jambi Village into a Local culture-Based Tourism Village.Keywords: Tourism Village, Local Culture. AbstrakPenelitian ini merupakan penelitiaan sejarah yang bertemahkan sejarah pedesaan dengan permasalhan pokoknya perkembangan Desa Muaro Jambi Sebagai Desa Wisata Berbasis Budaya Lokal tahun 2009-2017 adapun tujuan dari penelitiaan skripsi ini untuk menjelaskan kemmuculan dan perkembangan pariwisata yang ada di Desa Muaro Jambi yang pada akhirnya Desa Muaro Jambi Menjadi Desa Wisata tujuan lain nya menjelaskan kondisi Penduduk ,pemanfaatan sektor Pariwisata setelah Desa Muaro Jambi Menjadi Desa Wisata. Beberapa Teori  yang di gunakan adalah Teori Edward Inskeeptetang Desa Wisata dimana sekelompok kecil wisatawan tinggal dalam atau dekat dengan suasana tradisional. Untuk  metode penelitiaanya adalah metode sejarah, melalui beberapa tahapan yaitu Heuristik (arsip Kantor Desa, Wawancara, dan Sumber tertulis lainya), Kritik, Interpretasi dan penulisan. Hasil temuan di Lapangan menujukan bahwa Desa Muaro Jambi Kecamatn Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi Mengalami Perkembangan  dari Corak agraris Menjadi non Agraris, hal tersebut ditandai dengan perkembngan Desa Muaro Jambi menjadi Desa Wisata Berbasis Budayh Lokal.Kata Kunci : Desa Wisata, Budaya Lokal
AGAMA KATOLIK DI KOTA JAMBI 1925 – 2013 Eva Meliana Magdalena Panggaribuan, Siti Heidi Karmela
Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Vol 4, No 2 (2020): September
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.511 KB) | DOI: 10.33087/istoria.v4i2.91

Abstract

AbstractThis research is a historical research with the theme of religion which examines religion from an empirical point of view rather than from a normative point of view. As for what is being researched is about the growth and development of Catholicism in the city of Jambi. Therefore, the purpose of this research is to explain historically the dynamics of Catholicism in Jambi City from the initial process of its spread to its development since the Dutch colonial period, the Japanese occupation, to independence, and to describe the existence of missionary groups who were important figures in the process of its spread. The method used is the historical method starting from the heuristic, criticism, interpretation, and historiographic stages. Some of the theories used refer to the theory from E.B. Taylor on the "theory of the soul" or "anima", Stephen K, Anderson on the "theory of stages of religious development", and the theory of R.N. Bellah on the evolution of religion. In the end, the findings obtained after conducting field research were that the Catholic religion that developed in Jambi City has gone through a long process in its history, was carried and spread by missionary groups (priests, brothers, nuns), and contributed a lot to the lives of the population starting from field work. religious, social, and economic.Keywords: Religion, Catholicism, Missionary, Jambi City AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian sejarah yang bertemakan bertemakan agama yang mengkaji agama dari sudut empiris bukan dari segi normatifnya. Adapun yang diteliti adalah tentang pertumbuhan dan perkembangan agama Katolik di Kota Jambi. Oleh karenanya tujuan penelitian ini adalah menjelaskan secara historis dinamika agama katolik di Kota Jambi mulai dari proses awal penyebaran hingga perkembangannya  sejak periode Kolonial Belanda, Pendudukan Jepang, hingga kemerdekaan, serta mendeskripsikan keberadaan kelompok misionaris yang menjadi tokoh penting dalam proses penyebarannya. Metode yang digunakan adalah metode sejarah mulai dari tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Beberapa teori yang dipakai mengacu pada  Teori dari E.B. Taylor tentang “teori jiwa” atau “anima”, Stephen K, Anderson tentang “teori tahapan perkembangan agama”, dan teori dari R.N. Bellah tentang evolusi agama. Pada akhirnya hasil temuan yang didapat setelah melakukan penelitian lapangan adalah bahwa agama Katolik yang berkembang di Kota Jambi telah melewati proses panjang dalam sejarahnya, dibawa dan disebarkan oleh kelompok misionaris (pastor, bruder, suster), dan banyak berkontribusi bagi kehidupan penduduk mulai dari karya bidang keagamaan, sosial, dan ekonomi.Kata Kunci : Agama, Katolik, Misionaris, Kota Jambi

Page 1 of 1 | Total Record : 10