cover
Contact Name
Vina Iasha
Contact Email
Jatuwahyuwicaksono@ymail.com
Phone
+6285693117020
Journal Mail Official
jpd@unj.ac.id
Editorial Address
Gedung Muhammad Hatta Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Dasar Lantai 4 Jalan Rawamangun Muka Jakarta 13220 . Email : jpd@unj.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 20867433     EISSN : 25495801     DOI : https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Core Subject : Education,
1. online writing conceptual notions 2. studies and application of theories 3. practitioners writing and research results and teaching in the field of knowledge elementary education.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar" : 15 Documents clear
PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR Salamah Salamah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.38823

Abstract

Kompetensi manajerial Kepala Sekolah merupakan salah satu kompetensi yang dimiliki dan diimplementasikan oleh Kepala Sekolah dalam merancang, menyusun, dan mengaplikasikan rencana administrasi dan kegiatan pendidikan dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Hal ini merupakan tugas yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah agar seluruh komponen berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan serta mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kompetensi manajerial Kepala Sekolah terhadap kinerja pendidik pada jenjang sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian ex post facto dengan desain korelasi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket. Sampel penelitian ini yaitu 15 orang Kepala Sekolah dan 30 pendidik di jenjang sekolah dasar di wilayah Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai Adjusted R Square (Koefisien Determinasi) memperoleh nilai sebesar 0,410. Diartikan bahwa terdapat pengaruh kompetensi manajerial Kepala Sekolah sebanyak 41% terhadap kinerja pendidik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan antara kompetensi manajerial Kepala Sekolah dengan kinerja pendidik.
PENGEMBANGAN BUKU BACA TULIS AKSARA LONTARA’ BERBASIS BUDAYA BUGIS UNTUK SEKOLAH DASAR Andi Kilawati; M Zulham; Sunardin
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.38841

Abstract

Abstrak: Penelitian pengembangan buku baca tulis aksara lontara’ bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis aksara lontara’ pada siswa sekolah dasar kelas fase C (kelas V). Jenis penelitian ini adalah R & D dan mengunakan model ADDIE (analysis, design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji coba penelitian ini direalisasikan sesuai tempat obervasi awal yaitu di SDN 106 Kabupaten Barru. Subjek penelitian ini adalah 17 siswa kelas V (fase C). Instrument penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli budaya menunjukkan 92% kategori sangat layak, hasil vvalidasi ahli bahasa menunjukkan 94% kategori sangat layak, dan hasil validasi isi materi menunjukkan 90% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba awal menunjukkan kemampuan baca tulis aksara lontara mencapai 87% kategori sangat baik, dan pada hasil uji coba akhir (uji coba kelompok besar) kemampuan baca tulis aksara lontara’ siswa berhasil mencapai 89,3% kategori sangat baik. capaian ini menunjukkan bahwa buku ajar baca tulis aksara lontara’ layak digunakan sebagai bahan ajar dalam meningkatkan kemampuan baca tulis aksara lontara’ siswa sekolah dasar kelas V (fase C). Kata Kunci : Baca Tulis, Aksara Lontara’, Budaya Bugis
TRANSFORMASI DIGITAL DAN PENGUATAN KARAKTER PANCASILA DI SEKOLAH DASAR: STRATEGI ERA SOCIETY 5.0 Erlita Ayu Nofridasari; Dian Hidayati
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.38890

Abstract

Era Society 5.0 memengaruhi pendidikan dasar, dengan perubahan signifikan dalam cara siswa belajar melalui teknologi. Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam menghadapi transformasi digital ini dan memperkuat karakter Pancasila. Meskipun teknologi memungkinkan akses sumber daya online, tantangan gangguan dan ketidakpastian muncul. Penelitian ini merinci strategi integrasi transformasi digital dengan pembentukan karakter Pancasila di Sekolah Dasar. Pelatihan guru dalam pemanfaatan teknologi menjadi penting, sementara melibatkan orang tua dan masyarakat ditekankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya integrasi ini untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik di Era Society 5.0.
PENGEMBANGAN MEDIA EDUGAME GETAR SIDAQU BERBASIS REMO GAGRAK ANYAR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS V SDN PENJARINGANSARI 2 Silvina Cahya Agita Agita; She Fira Azka Arifin
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.39530

Abstract

The condition of children's interests tends to have an impact on current traditions which can eliminate cultural sustainability. So that culture is no longer left behind and teaching and learning activities are not monotonous, one way is to introduce local wisdom by using edugame learning media in the form of CAI-based quizzes. This research and development aims to determine the validity, practicality and effectiveness of the remo gagrak anyar based vibrating sidaqu edugame to improve student learning outcomes in class V arts and culture subjects at SDN Penjaringansari 2. This research is a type of R & D with the ADDIE research model. Data collection techniques use validation sheets, observations, questionnaires, tests. The research results showed that the validity of the material was 90% and the media graphics were 86% in the very valid category. The practicality of Edugame Getar Sidaqu media is based on the implementation of the teaching process at 97% in the very good or practical category. Effectiveness based on the results of the student response questionnaire reached 89% in the very good category. Keyword : Learning Media, Edugame, Learning Results
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV MIM AL MUTTAQIEN Fita Tri Karnia; Ari Suryawan
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.39914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas IV di MIM Al Muttaqien. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian pre-eksperimental design dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MIM Al Muttaqien. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen soal pilihan ganda. Untuk pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi (2 tailed) sebesar 0,000 yang artinya kurang dari taraf signifikasi (α) 0,05 maka Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Dari hasil tersebut dapat dilihat t hitung bernilai negatif yaitu – 8,906 yang berarti rata-rata nilai pretest lebih rendah daripada rata-rata nilai posttest. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas IV MIM Al Muttaqien”.
REALISASI PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH BERSTATUS SEKOLAH PENGGERAK Dea Mahdayana; Zerri Rahman Hakim; Reksa Adya Pribadi
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.40032

Abstract

Pendidikan yang ada di Indonesia menurun pada saat munculnya pandemi covid 19 pada awal tahun 2020, munculnya covid 19 ini menyebabkan banyaknya kegiatan pembelajaran yang tertunda atau bahkan ditiadakan. Dengan menurunnya kualitas pendidikan akibat adanya pandemi covid 19 ini pemerintah membuat inovasi baru agar pendidikan yang ada di Indonesia ini meningkat kembali dan sesuai dengan tujuan pendidikan yang ada di Indonesia. Kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia berinovasi dengan membuat program sekolah penggerak yang dibuat secara khusus pada saat adanya pandemi covid 19 di tahun 2020. Tujuan dibuatnya program sekolah penggerak ini adalah untuk meningkatkan kembali kualitas pendidikan yang menurun akibat munculnya pandemi covid 19 di Indonesia. Peneliti ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tahapan yang dilalui oleh sekolah agar memiliki status sekolah penggerak, lalu hambatan atau tantangan dalam melaksanakan kegiatan atau program sekolah penggerak dan pelaksaaan kegiatan pembelajaran sekolah penggerak. Dalam peneltian yang dilakukan, peneliti mengambil data ke sekolah dengan menggunakan pendekatan kualiatif metode deskriptif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan didapatkan hasil bahwa sekolah penggerak ini merupakan program yang mana kemendikbud bersama pemerintah daerah bekerja sama dalam mengupayakan sekolah menjadi sekolah penggerak untuk bisa dijadikan contoh atau acuan bagi sekolah yang tidak memiliki status sekolah penggerak.
ANALISIS METODE RESITASI UNTUK MENUMBUHHKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SDIU CAHAYA AL-FATIH KABUPATEN PANDEGLANG Ahmad Fuadi Dakwan; Sholeh Hidayat; Ana Nurhasanah
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.40081

Abstract

Abstrak : Karakter tanggung jawab merupakan karakter yang penting dimiliki seorang peserta didik karena merupakan karakter dasar, bentuk komitmen serta konsistensi atas semua tingkah laku yang dilakukan. Dalam proses pembelajaran di sekolah banyak cara yang dapat dilakukan sebagai upaya menumbuhkan karakter tanggung jawab, salah satunya ialah dengan menggunakan metode resitasi dalam kegiatan pembelajaran. Metode resitasi dinilai dapat menumbuhkan karakter tanggung jawab melalui proses mengerjakan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses perencanaan kegiatan pembelajaran menggunakan metode resitasi, untuk menjelaskan proses pelaksanaan metode resitasi serta menganalisis implikasi proses metode resitasi dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SDIU Cahaya Al-Fatih Kabupaten Pandeglang sebagai tempat untuk pengambilan data, temuan dan hasil. Hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode resitasi di SDIU Cahaya Al-Fatih Kabupaten Pandeglang berjalan sesuai dengan sintak yang ada dimulai dari fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas dan fase pertanggung jawaban tugas, serta berimplikasi terhadap tumbuhnya karakter tanggung jawab peserta didik yang dilihat dari beberapa indikator diantaranya peserta didik menghargai waktu, tidak mencontek, aktif dalam kegiatan pembelajaran serta melakukan atau mengerjakan apa yang diminta. Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Resitasi, Karakter Tanggung Jawab.
ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK PADA PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 2 KANDANGSAPI Ryco Hermawan; A Syahruroji; Ana Nurhasanah; Indhira Asih Vivi Yandari
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.40168

Abstract

Penggunaan teknologi dalam dunia Pendidikan tentu sangat berguna dan relevan dengan kondisi saat ini. keberadaan teknologi bisa memberi informasi apa pun yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Penggunaan teknologi saat ini dalam dunia pembelajaran lebih dikenal dengan TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan analisis proses pembelajaran berbasis TPACK. 2) Menjelaskan tantangan serta upaya pembelajaran berbasis TPACK. 3) Menggambarkan hasil pembelajaran TPACK di SDN 2 Kandangsapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Yang mana dalam pengumpulan datanya berupa kumpulan kata-kata serta gambar. Sehingga dalam penelitian ini peneliti mengkaji data dari sumber wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) TPACK dapat dijadikan sebagai sarana pendekatan pembelajaran berbasis teknologi dalam upaya adaptasi teknologi dengan perkembangan zaman saat ini. 2) Pendekatan TPACK ini harus didukung dengan segala aspek penunjang pembelajaran seperti, laptop, handphone, proyektor, video pembelajaran, dan internet. 3) Dampak pembelajaran TPACK dapat dilihat pada keterampilan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran serta keterampilan peserta didik dalam penggunaan teknologi.
PENGARUH METODE MONTESSORI TERHADAP PEMAHAMAN BERBAHASA INDONESIA DI SEKOLAH SRI AMAN SUKSA SCHOOL SATUN THAILAND Elvina Syahlita; Chairunnisa Amelia; Dewi Kesuma Nasution
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.40292

Abstract

Metode Montessori merupakan metode yang dirumuskan berdasarkan teori Montessori yang dapat digunakan dalam ranah pendidikan anak dan disusun berdasarkan teori tentang perkembangan anak. Karakteristik yang paling terlihat dari metode ini yaitu menekankan pada aktivitas yang dimunculkan oleh diri anak dengan menekankan pada proses adaptasi lingkungan belajar anak yang dibentuk sesuai dengan tahap perkembangannya, menggunakan peran dari aktivitas fisik dalam menyerap konsep pembelajaran untuk memiliki kemampuan yang praktis. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah pengaruh metode montessori terhadap pemahaman berbahasa Indonesia di Sri Aman Suksa School Satun Thailand. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, yaitu berupa observasi partisipasi aktif dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang penulis pakai sebagai upaya terkumpulnya informasi yang dilakukan di Sri Aman Suksa School Satun Thailand. Hasil penelitian terkait penerapan metode montessori menggunakan aktivitas rangsangan sesuai dengan prinsip Maria Montessori ternyata dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman berbahasa Indonesia para siswa di Sri Aman Suksa School Satun Thailand.
PENGARUH PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV PADA SEKOLAH PENGGERAK DI WILAYAH KOTA TANGERANG Arry Patria Azhar; Edwita Edwita; Gusti Yarmi
Jurnal Pendidikan Dasar Vol 14 No 2 (2023): JPD - Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Pendidikan Dasar - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpd.v14i2.40372

Abstract

This article aims to explore the application of technology in the context of the Mobilizing School Program with a focus on how technology can be used to encourage student independence in the digital era. This research uses a qualitative approach with the case study method as the research framework. Data was collected from several Driving Schools that have successfully integrated technology in the learning process.This research explores various aspects of technology implementation in the Driving School Program, including the type of technology used, the training provided to teachers, and its impact on student independence. Data was collected through in-depth interviews with teachers, students and school staff, as well as participatory observation in classes that have implemented technology effectively.The results of this research reveal that the application of technology in the Driving School Program can make a significant contribution in developing student independence. Factors such as selecting the right technological tools, good teacher training, and support from the school and parents play an important role in the successful implementation of the technology. Apart from that, students' independence is also influenced by their ability to manage information, collaborate online, and develop digital literacy.The case studies in this research provide in-depth insight into how the application of technology can support the development of student independence in the digital era. These results have important implications for the design of educational programs and teaching practices that focus on the use of technology to increase student independence.

Page 1 of 2 | Total Record : 15