cover
Contact Name
Almas Farah Dinna Dewi
Contact Email
jpma@unej.ac.id
Phone
+6285730014860
Journal Mail Official
DEWIDINNA@GMAIL.COM
Editorial Address
JPMA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember Jalan Kalimantan No. 37, Jember, Kode Pos 68121 Jawa Timur
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JPMA
Published by Universitas Jember
ISSN : -     EISSN : 28304888     DOI : https://doi.org/10.19184/jpma.v1i2.35469
JPMA Journal accepts articles in Indonesian and English that have not been published by other publication media. The accepted articles are evaluated based on its originality, actuality, and significant contribution towards the development of the sciences and practices of business, management, and economics. Article editing is intended for the uniformity of formats, terms, and other procedures.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN MANAJEMEN PEMASARAN, BRAND IMAGE DAN INOVASI PRODUK PADA UMKM “OPAK DIFAH” DESA LERAN, KECAMATAN MANYAR, KABUPATEN GRESIK Diana Sulianti K. Tobing; Huzainatul Aini
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.663 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31416

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan implikasi ekonomi, sosial, dan politik. Tidak hanya di Negara-negara besar akan tetapi hampir seluruh negara di dunia. Dalam situasi pandemi ini, menurut Kemenkop UKM ada sekitar 37.000 UMKM yang memberikan laporan bahwa mereka terdampak sangat serius dengan adanya pandemi ini ditandai dengan: sekitar 56 persen melaporkan terjadi penurunan penjualan, 22 persen melaporkan permasalahan pada aspek pembiayaan, 15 persen melaporkan pada masalah distribusi barang, dan 4 persen melaporkan kesulitan mendapatkan bahan baku mentah (Kemenkop UKM, 2020). Desa Leran merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Desa Leran memiliki potensi berbagai jenis usaha yang ada. Salah satunya terdapat wirausaha Opak, yang dikelola oleh Ibu Maimunah. System penjualan Opak ini dijual secara offline melalui pasar. Namun ditengah pandemic ini kesulitan pemasaran akibat kebijakan social distancing. Hal ini mengakibatkan kesulitannya peningkatan penjualan. Oleh karena itu diperlukan merencanakan program sebagai dorongan manajemen pemasaran dalam bisnis Opak mulai dari pengembangan kualitas produk, serta pengembangan kemasan dan perluasan pasar dengan digital marketing yang akan membantu usaha Opak dalam meningkatkan penjualan.
PEMBERDAYAAN UMKM KUE LEMPER TERDAMPAK COVID-19 DENGAN MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN MELALUI MEDIA DIGITAL DAN BRANDING UMKM KUE LEMPER DI KEBONSARI Siela Sudy Syahputri; Intan Nurul Awwaliyah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.41 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31414

Abstract

Kelurahan Kebonsari adalah salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Kabupaten Jember sendiri terdiri dari 31 Kecamatan, 22 Kelurahan, dan 226 Desa. Kabupaten Jember merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak pelaku usaha mikro kecil, dan menengah. Salah satu UMKM yang ada di Kebonsari adalah UMKM Kue Lemper milik Ibu Nining. Situasi pandemi seperti sekarang membuat banyak pelaku usaha mengalami kebangkrutan karena tidak mampu beradaptasi dengan kondisi yang baru. Dampak covid-19 ini juga dirasakan oleh Ibu Nining selaku pemilik UMKM kue lemper yang berada di Kebonsari. Permasalahan utama yang diahadapi adalah menurunnya penjualan karena pembatasan mobilitas dan kegiatan masyarakat. Selain itu, belum adanya brand dan kurangnya pengoptimalan teknologi juga menjadi masalah yang dihadapi oleh UMKM. Maka dari itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM yang terdampak covid 19. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengoptimalkan pendapatan melalui pemanfaatan media digital dan pemberian branding. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 11 Agustus 2021 sampai dengan 9 September 2021. Sasaran kegiatan pengabdian kali ini adalah salah satu UMKM Kue Lemper di Kebonsari. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mendongkrak pendapatan UMKM dengan memanfaatkan media digital dan juga branding.
PENTINGNYA BRANDING DAN INOVASI PRODUK UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS OLAHAN TEMPE PADA DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER Ricky Oktavian Perdana Putra
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1228.554 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31412

Abstract

Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional, mengingat kegiatan usahanya mencakup hampir semua lapangan usaha sehingga kontribusi UMKM menjadi sangat besar bagi peningkatan pendapatan bagi kelompok masyarakat berpendapat rendah. UMKM mempunyai peranan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, terbukti pada waktu bangsa Indonesia mengalami krisis yang terjadi beberapa waktu lalu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih tangguh dalam menghadapi realita tersebut, sedangkan usaha yang berskala besar mengalami stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya. Salah satu permasalahan yang terjadi di Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember saat ini adalah sedang turunnya pendapatan dan meningkatnya biaya produksi beberapa UMKM olahan tempe. Hal ini merupakan tujuan diadakannya edukasi tentang pentingnya pengembangan bisnis untuk menunjang pelaku usaha mengembangkan usahanya. Dengan dilakukannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ada beberapa program diantaranya, memperkenalkan pentingnya branding untuk sebuah produk, perlu adanya inovasi dalam sebuah produk, sosialiasasi menghitung Harga Pokok Produksi. Hasilnya menunjukkan bahwa sasaran mampu membuat identitas sebuah produk dengan nama Tempe Putra Glagasan serta dapat melakukan pengembangan produk dari olahan tempe mentah menjadi Nugget Tempe. Diharapkan untuk kedepannya terus mengalami peningkatan penjualan sehingga dapat meningkatkan perolehan laba di masa pandemi Covid – 19.
Cover JPMA Vol. 1 No.1 JPMA Journal
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.999 KB)

Abstract

PROGRAM PEMBERDAYAAN DIGITAL MARKETING WIRAUSAHA UMKM SUSU SAPI SEGAR DI KABUPATEN JEMBER KKN BTV III UNIVERSITAS JEMBER Fahriza Diana Camelia
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.01 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31413

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia mengakibatkan penurunan penjualan bahan kerugian besar bagi para pelaku UMKM. Selain itu permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu kurangnya pemahaman akan teknologi sehingga mengalami keterbatasan dalam mengembangkan usahanya. Untuk itu dilakukannya program pemberdaya wirausaha untuk membantu mengebangkan dan meningkatkan penjualan. Program ini dilakukan pada salah satu usaha Susu Sapi Segar Susu Rudal yang berlokasi di Desa Tanggul Kulon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember. Kegiatan Pengabdian Masyarakat III Universitas Jember pemberdayaan wirausaha ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan dilakukan observasi dan wawancara secara langsung kepada pelaku UMKM. Pemberdayaan dilakukan melalui strategi pemasaran dengan mengembangkan inovasi kemasan produk, pembuatan logo, dan dilakukannya pemasaran secara digital. Hasil kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan ini diantaranya melakukan branding kemasan produk, mendesign logo dan label kemasan sebagai brand image produk Susu Sapi Segar Susu Rudal yang mendapatkan sambutan positif dari pelanggan. Penggunaan digital marketing juga merupakan program pemberdayaan dengan melakukan pembuatan akun dan pelatihan cara penggunaannya dengan hasil peningkatan penjualan dan konsumen baru dari produk usaha Susu Sapi Segar Susu Rudal. Harapannya kegiatan pemberdayaan ini dapat diimplementasikan pada usaha secara berkelanjutan dan dapat mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19.
PENDAMPINGAN PACKAGING DAN BRANDING PADA UMKM PRODUK KHAS OLAHAN HASIL LAUT DI KELURAHAN SUKOLILO BARU – KENJERAN, SURABAYA Margaretha Ardhanari; Gratianus Edwi Nugrohadi
Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied Vol 1 No 1 (2022): JPMA Volume 1 Number 1 Year 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1019.635 KB) | DOI: 10.19184/jpma.v1i1.31415

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sangat berdampak terhadap usaha UMKM terutama yang memiliki produk tidak tahan lama. UMKM produk khas olahan hasil laut yang berada di Kelurahan Sukolilo Baru merupakan salah satunya. Hal ini disebabkan karena UMKM hanya menjual secara konvensional yaitu menunggu konsumen datang dan membeli. Karena penyimpanan dan pengemasan produk belum baik maka produk yang tidak terjual mengalami kerusakan, berakibat semakin memperparah kerugian. Maka kegiatan abdimas ini bertujuan untuk memperpanjang usia produk melalui packaging yang baik dan untuk mengembalikan penjualan yang hilang dilakukan branding produk maupun destinasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6