cover
Contact Name
Sri Hariyani
Contact Email
pi@unikama.ac.id
Phone
+6281332496234
Journal Mail Official
srihariyani@unikama.ac.id
Editorial Address
Jl. S.Supriyadi No.48 Malang 65148
Location
Kab. malang,
Jawa timur
INDONESIA
Pi: Mathematics Education Journal
ISSN : 25975161     EISSN : 25976915     DOI : https://doi.org/10.21067/pmej
Core Subject : Education,
Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of mathematics. We welcome authors for original research articles aims on Mathematics Education. Subjects suitable for publication include, but are not limited to the following fields: Learning mathematics Media development of mathematics Assesment and evaluation in mathematics Mathematics curriculum Thinking Process
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): April" : 6 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Model Webbed Terhadap Hasil Belajar Siswa di MTs Nur Alawi Hudayana; Nurwiani; Syarifatul Maf’ulah; Mochamad Nur Hasan; Filliana Asri Lestari
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 6 No. 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v6i1.7901

Abstract

Siswa kelas VIII MTsN 9 Jombang banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar pola bilangan.
Karakterisasi Pengajuan Pertanyaan Mahasiswa Calon Guru Sebagai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Moh Zayyadi; Harfin Lanya; Ubaidi
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 6 No. 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v6i1.8010

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah melakukan karakterisasi pengajuan pertanyaan mahasiswa calon guru sebagai dasar keterampilan berpikir tingkat tinggi guru. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti bekerjasama dengan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Madura dan salah satu Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pamekasan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika Universitas Madura yang sedang menempuh mata kuliah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Subjek tersebut untuk melakukan karakterisasi pertanyaan yang ada dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Sesuai dengan jenis penelitian, penelitian kualitatif, instrumen utama dalam penelitian ini adalah pengamatan peneliti, Instrumen pendukung dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, alat perekam, software bantu untuk video dan transkrip data dan lembar observasi. Instrumen pendukung digunakan oleh peneliti sebagai pendukung untuk memperoleh data tentang aktivitas mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Instrumen divalidasi berdasarkan validasi konten, konstruksi masalah, bahan dan bahasa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan urutan: klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, penafsiran, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ada beberapa pertanyaan yang dilakukan oleh mahasiswa calon guru seperti pertanyaan bertujuan, pertanyaan konvergen, pertanyaan klasikal, pertanyaan tindak lanjut, leading question
Kemampuan Siswa SMP dalam Menulis Bukti Ditinjau Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Robbi Nur Mulyo; Mega Teguh Budiarto; Ismail; Rini Setianingsih
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 6 No. 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v6i1.8111

Abstract

The ability to write proof means writing down an idea to prove a mathematical problem. It consists of a combination of the ability to read, write and prove. This study aims to describe the ability of junior high school students to write evidence based on mathematical ability. However, only students with high mathematical abilities are the subject of the research. This research is a descriptive study using a qualitative approach. Tests and interviews were conducted to collect the data. There were three steps for collecting data in this study: administering a mathematical ability test; administering a proof writing test with congruence questions to students with high mathematical abilities; and interviewing three students with high mathematical abilities of Grade IXA of SMP Negeri 1 Siliragung, Banyuwangi Regency. Data analysis includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that students with high mathematical abilities had good reading, writing, and proving abilities. Based on the results of this study, the researchers suggest that teachers train students more often in reading, writing, and proving mathematical problems and accustom students to writing proofs systematically.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Materi SPLDV untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dea Darma Putri; Maimunah; Susda Heleni
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 6 No. 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v6i1.8126

Abstract

KBK harus siswa miliki pada pembelajaran abad 21 dalam mempelajari matematika. KBK juga merupakan tujuan pembelajaran matematika pada Kurikulum 2013. Rendahnya KBK dapat tergambarkan dalam materi SPLDV sehingga dibutuhkan inovasi untuk mengembangkan kemampuan KBK siswa. PBL adalah model pembelajaran yang dapat memfasilitasi KBK siswa, khususnya siswa SMP. KBK dapat terfasilitasi melalui penerapan PBLyang diwujudkan dengan membuat perangkat pembelajaran yaitu silabus, RPP, dan LAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran materi SPLDV untuk memfasilitasi kemampuan KBK siswa. penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), pendiseminasian (disseminate). Pada tahap pengembangan dilakukan validasi, revisi produk dan ujicoba produk (ujicoba kelompok kecil dan besar). Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 45 Pekanbaru. Jenis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis hasil validasi, masing-masing rata-rata hasil validasi silabus, RPP dan LAS adalah  kriteria sangat valid,  kriteria sangat valid, dan  kriteria sangat valid. Rata-rata hasil kepraktisan pada ujicoba kelompok kecil adalah  kategori sangat praktis dan rata-rata hasil kepraktisan ujicoba kelompok besar adalah  kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL pada materi SPLDV untuk memfasilitasi KBK siswa SMP telah memenuhi syarat valid dan praktis.
Tanggapan dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Vidio Pembelajaran Materi Integral dan Diferensial Numerik Frengky Tedy; Patrisius Batarius; Sisilia D.B. Mau
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 6 No. 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v6i1.8231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan persepsi mahasiswa terhadap proses perkuliahan online selama masa pandemic vovid-19. Permasalahan tidak merata jaringan internet bagi mahasiswa yang berada di daerah menyebabkan perkuliahan online tatap muka tersendat. Pemahaman materi, konsep, dan kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan menjadi kendala bagi dosen dalam menyampaiakan materi pembelajaran. Pada penelitian ini, mata kuliah metode numerik, sub bagian integral dan diferensial numerik dilakukan proses model mengajar dengan cara lian. Materi kuliah direkam dalam bentuk vidio pembelajaran. Setiap materi ada 4 vidio pembelajaran sepeti vidio konsep dasar materi yang diajarkan, video contoh latihan pengerjaan soal-soal secara manual dan video latihan soal menggunakan software spredsheet excel. Vidio pembelajaran dikirim ke elearning universitas dan WAG. Mahasiswa bisa belajar dan mengulang materi-materi yang belum dipahami. Materi kuliah bisa diunduh sewaktu kondisi internetnya bagus karena durasi vidio pembelajarnnya maksimal 10 sampai 15 menit untuk. Diakhir pembelajaran mahasiswa mengisi kuisioner yang diberikan untuk mengetahui pemahaman dan persepsi dari proses pembelajaran online. Kuisioner dikirim secara online menggunakan google form. Total mahasiswa yang mengambil sebanyak 50 orang mahasiswa program studi ilmu komputer semester 4. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Kuesioner diisi dengan menggunakan skala Likert. Model pembelajaran yang dilakukan di masa pendemi covid-19 ini, memberi manfaat tersendiri bagi mahasiswa yang kesulitan akan jaringan internet. Pembelajaran berbasis vidio sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diajarkan dosen.
Posing Arithmetic Problems for Junior High School Students with Different Cognitive Styles Aminatul Lailiyah; Agung Lukito; Siti Khabibah
Pi: Mathematics Education Journal Vol. 6 No. 1 (2023): April
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21067/pmej.v6i1.8395

Abstract

This study aims to describe the process of posing arithmetic problems for junior high school students with different cognitive styles. The posed problems were assessed based on four processes of posing problems: editing, selecting, comprehending, and translating. Free-type problem posing was used in this study. This study is descriptive research with a qualitative approach. Subject selection was conducted by providing TKM, GEFT, and BSRI. Data collection was conducted through written task and task-based interviews. The subject was two junior high school students. One has Field Dependent (FD) cognitive style, and the other is Field Independent (FI), measured by GEFT. Furthermore, the data were analyzed based on the four processes of posing problems. The results showed that posing arithmetic problems for FI students fulfilled all four processes of posing problems, and posing arithmetic problems for FD students fulfilled three processes for posing problems. In general, the problems raised by the two subjects were problems the subject had encountered or experienced. FD students can pose more problems than FI students.

Page 1 of 1 | Total Record : 6