cover
Contact Name
Novi Rosita Rahmawati
Contact Email
jurnaledudeena@iainkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaledudeena@iainkediri.ac.id
Editorial Address
Sunan Ampel St. No.7, Kediri, East Java, Indonesia, 64127
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education
ISSN : -     EISSN : 25809989     DOI : 10.30762
Core Subject : Education,
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education publishes articles on textual and fieldwork studies with various perspectives of: Islamic Studies Instructional Media of Islamic Studies Instructional Strategy of Islamic Studies Development Curriculum of Islamic Studies Management of Islamic Studies
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021)" : 7 Documents clear
FLIPPED CLASSROOM SOLUSI MELEJITKAN LOGICAL MATHEMATICAL INTELLIGENCES SISWA DIKALA PANDEMI Zuha el Widad; Jumari Jumari
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.086 KB) | DOI: 10.30762/ed.v5i1.2741

Abstract

Abstract: The pandemic case causes the shift on the regulation of education in Indonesia therefore, the world needs qualified humans who do not only take part yet create new civilizations. The pandemic era however cannot be mentioned as an obstacle to the learning process. Nowadays in millenial era, the awareness of the importance of knowledge is increased. Flipped Classroom, the media used to transfer the material is applied not only at school but home. In addition, tasks are also worked eithe at home or school. In this case, schools become secondary place where the independence aspect of students become teachers’ main focus thus Flipped Classroom is appropriately applied in this pandemic situation. The main focus of this study are: first, the implementation of flipped classroom combined with map strategy of Hanidifa’s imagination at MA al-Quran La Raiba Hanifida. Second, the application of Flipped Classroom that can improve logical mathematical intelligence skills in fiqh subject. By this research, it is proven that Flipped Classroom can provide the ability to focus, critical attitude and independence skill that can be used as learning model solutions. In this study, the researcher used a qualitative approach. The type of research chosen by the researcher is a case study Abstrak: Pandemi mengakibatkan pergeseran tatanan pendidikan di Indonesia, selaras dengan hal itu dunia membutuhkan manusia yang berkualitas, yang tidak hanya mengisi peradaban tapi menciptakan peradaban baru. Pandemi tidak bisa menjadi penghambat proses pembelajaran. Memasuki era millenium, kesadaran akan pentingnya pengetahuan semakin meningkat. Flipped Classroom, penyampaian materi yang umumnya dilakukan di sekolah, ini dilakukan di rumah. Sedang pengerjaan tugas yang biasanya dilakukan di rumah, dilakukan di sekolah. Dalam ranah ini sekolah menempati posisi sekunder, dimana kemandirian anak menjadi fokus utama sehingga cocok diaplikasikan dalam situasi pandemi. Fokus penting hasil penelitian ini yakni: pertama, pelaksanaan flipped classroom di MA al-Quran La Raiba Hanifida dikombinasikan dengan strategi peta imajinasi Hanifida. (mind mapping), presentasi dan penyampaian pendapat secara tegas dan kritis). Kedua, contoh pengaplikasian flipped clasroom yang dapat meningkatkan kemampuan logical mathematical intelligence pada mata pelajaran fiqih. Guru menyampaikan topik, siswa mencari materi secara individu di asrama dan ketika di kelas, menyampaikan pendapat dan sudut pandangnya, peran guru tidak lain mengarahkan untuk anak bisa berfikir secara tepat dan kritis dalam memahami dan menyelesaikan suatu permasalahan. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang dipilih peneiti yakni studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi komunikasi. Dalam hal menganalisa data ini, peneliti mengambil apa yang dikemukakan oleh Miles and Huberman, prosedur analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas data dan dependabilitas data dan konfirmabilitas data.
Pengaruh Kompetensi Sosial Guru terhadap Sikap Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafiiyah Seblak Diwek Jombang Siti Fa’iz Fauziah; Suwandi Suwandi
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.489 KB) | DOI: 10.30762/ed.v5i1.2830

Abstract

Abstract: This research is intended to describe and explain the impact of teacher's social skills on the students' social attitudes at tsanawiyah salafiyah syafiiyah cure. Regarding this, we will discuss the level of social competence of students and teachers of tsanawiyah salaf ha ha ha ha shafi 'iyah immediately debunched, and student social attitudes. General tsanawiyah salafiyah saii 'iya ya ya ya cure, and that is.They contribute to the teacher's social skills. Leverage. Disciple Social madrasah tsanawiya saiafiya 'ii 'iya ya cure cure. The study is a field study using a quantitative approach. The data-collection technique used was either a questionnaire or an angket. Based on research already done, the teacher's social competence at tsanawiyah salafiyah fi I 'iyah Once quacked on jombang is in a good category as many as 16 teachers with 50 percent value of propercentage. As for the student social attitude at the madrasah tsanawiyah Saiaf yah shafi 'iyah healer is listed in good categories 15 students with a value of 47 percent. Further after a data analysis, researchers have concluded that there is an influence of teacher social competence toward the student's social attitudes at tsanawiyah salafiyah interi 'ii 'iya ya ya failed. This can be deduced based on calculations already made with x and y's value corelations on the p-valu value chart in the sig column (2-tailed) 0,000 less than 0.05 levels of accuracy which means ha received and ho rejected. Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah SaIafiyah Syafi’iyah Seblak Diwek Jombang. Pendekatan peneIitian yang dipakai oIeh peneIiti iaIah pendekatan kuantitatif dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi sosial guru di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Seblak Diwek Jombang sudah baik. Hal ini didasarkan pada hasil angket yang teIah dilakukanoleh peneliti, dengan hasil jawaban angket dari responden mengenai kompetensi sosial guru dimana kategori baik sebanyak 16 guru dengan nilai prosentase 50 persen dan kategori sangat baik sebanyak 6 guru dengan nilai prosentase 19 persen. Sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah SaIafiyah Syafi’iyah SebIak Diwek Jombang juga sudah sangat baik. Hal ini berdasarkan hasil angket dimana kategori baik sebanyak 15 siswa dengan nilai prosentase 47 persen dan kategori sangat baik sebanyak 9 siswa dengan nilai prosentase 28 persen. Disini kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi social guru terhadap sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Seblak Diwek Jombang. Hal ini disimpulkan berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan melalui uji korelasi hasil X dan Y pada tabel coreIations niIai p-value pada koIom sig(2-taiIed) 0,000 kurang dari 0,05 level of significant yang berarti Ha diterima dan H0 nya ditoIak.
Peran Orang Tua Work From Home Dalam Memenuhi Hak Pendidikan Anak di Era Pandemi Covid-19 Hulaimi Azhari; Fatihatul Anhar Azzulfa; Afnan Riani Cahya Ananda
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.012 KB) | DOI: 10.30762/ed.v5i1.2986

Abstract

Abstract: The role of parents greatly assist children in the learning process. The Covid-19 pandemic has spread throughout the archipelago therefore it has had a considerable effect, including in the education sector.The government makes a policy to conduct online learning as an effective learning system to stop the spread of the virus. Online learning becomes a major factor to reimplement the role of family, mainly parents. The purpose of this study is to find out how parents work from home in providing learning assistance to children during the pandemic era, which is basically the responsibility of family, especially parents.This study used qualitative data presented in verbal form with data sources in the form of interviews and literature of constitution. The study shows that the role of parents working from home to meet the children’s education rights during Covid-19 pandemic was not yet fully implemented, because there are many challenges, such as children’s learning schedules which mismatche with their parents’ work schedule, thus parents work from home less participate in supervising and progrssively assisting their childrens’ learning process. Abstrak: Peran orang tua sangat membantu anak-anak dalam proses pendampingan belajar di era Covid-19 ini. Pandemi Covid-19 telah mewabah ke seluruh penjuru nusantara sehingga memberikan efek yang cukup besar, termasuk pada sektor pendidikan. Pemerintah memberi kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring guna memutus penyebaran virus. Pembelajaran secara daring menjadi faktor utama dilaksanakan ulang peran keluarga khususnya peran orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua work from home dalam melakukan pendampingan pada anak selama pandemi berlangsung yang pada dasarnya menjadi tanggung jawab elemen keluarga khususnya orang tua. Penelitian ini memakai data kualitatif dan berbentuk verbal dengan sumber data bberupa hasil wawancara dan literatur perundang-undangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran aktif orang tua work from home dalam memenuhi hak pendidikan anak di era pandemi Covid-19 belum sepenuhnya dilaksanakan, karena terdapat banyak hambatan yang mengiringinya seperti proses belajar anak berbenturan dengan jadwal pekerjaan orang tuanya, sehingga orang tua work from home kurang berpartisipasi dalam melakukan pengawasan serta pendampingan pada proses pembelajaran anak sedang berlangsung.
PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM MADRASAH DINIYYAH TAKMILIYAH LP. MA'ARIF KAB. JEPARA DI ERA 4.0 Ali As’ad; Alex yusron Al-mufti; M. Natsir
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.779 KB) | DOI: 10.30762/ed.v5i1.3056

Abstract

Abstract: This research focuses on developing the content/materials of Madin Takmiliyah curriculum managed by LP. Ma’arif Jepara. This research aims to: a) Describe the strategic role of the LP. Ma’arif Jepara in Madin Education, b) developing the Madin Takmiliyah Curriculum model in Jepara regency c) measuring the effectiveness of Madin Takmiliyah curriculum development in Jepara regency. This study is a Research and Development research (R&D) using the ADDIE model, namely development with stages; analysis, design, development, implementation and evaluation. Data collection techniques using Dhelphi technique, FGD, product practicality testing, small-scale product trials and large-scale product trials. The results of the study explained that; a) LP Ma’arif Jepara’s education system includes supervision, coaching, and mentoring for each Madrasah Diniyah in various regions including management, learning and others. b) curriculum development includes content, methods and learning assessment., c) Madin curriculum model developed is considered effective with a barometer that is easy to translate, implement, evaluate and improve the management of the education system and human resources Abstrak: Penelitian ini fokus pada mengembangkan isi/materi kurikulum Madin Takmiliyah yang dikelola LP. Ma’arif Kab. Jepara. Penelitan ini bertujuan untuk: a) Mendeskripsikan peran strategis LP. Ma’arif, Kab. Jepara dalam Pendidikan Madin, b) mengembangkan model Kurikulum Madin Takmiliyah di Kab. Jepara, c) mengukur efektifitas pengembangan kurikulum Madin Takmiliyah di Kab. Jepara. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan R & D dengan menggunakan model ADDIE, yaitu Pengembangan dengan tahapan; analisis, desain, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik Dhelphi, FGD, uji kepraktisan produk, uji coba produk skala kecil dan uji coba produk skala besar. Hasil penelitian memaparkan bahwa; a) LP Ma’arif Kab. Jepara dalam sistem pendidikan meliputi pengawasan, pembinaan, dan pendampingan bagi setiap Madrasah Diniyah di berbagai wilayah meliputi manajemen, pembelajaran dan lain-lain. b) pengembangan kurikulum meliputi isi, metode dan penilaian pembelajaran., c) model kurikulum Madin yang dikembangkan dinilai efektif dengan barometer mudah diterjemahkan, dilaksanakan, dievaluasi dan meningkatkan manajemen sistem pendidikan dan SDM.
IMPLEMENTASI APLIKASI EDMODO SEBAGAI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MI AZZAINIYAH II GRINTING PAITON PROBOLINGGO Niken Septantiningtyas; Nadiya Rosmila; Warda Maghfiroh Husein
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.294 KB) | DOI: 10.30762/ed.v5i1.3191

Abstract

Abstract: The spread of pandemic in the world, especially in Indonesia, has disrupted all sectors including the education sector. The existence of social distancing due to the spread of the Covid-19 virus requires humans to maintain a distance from one another. For this reason, in order for education to continue, the government has established learning activities from home which is known as online learning. Online learning functions as a liaison between teachers and students so that they can continue to carry out teaching and learning activities. One of the applications that can be used in online learning is the Edmodo application, a learning platform based on social networks that can be downloaded easily on the Google Playstore or the APP market application on an Android device. This study aims to determine the implementation of the Edmodo application in MI Azzainiyah. The research subjects were students at MI Azzainiyah Paiton. This research uses descriptive qualitative research, which explains how the Edmodo application is applied in the institution. Abstrak: Mewabahnya pandemi di dunia, terutama di Indonesia membuat semua sektor terganggu termasuk sektor Pendidikan. Adanya social distancing akibat merebaknya virus covid-19 mengharuskan manusia menjaga jarak antar satu dengan yang lain. Untuk itu, agar pendidikan tetap berlangsung, pemerintah menetapkan pembelajaran dari rumah yang dikenal dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antara guru dan siswa agar tetap bisa melakukan kegiatan belajar mengajar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring adalah aplikasi edmodo, salah satu platform pembelajaran yang berbasis jejaring sosial yang dapat didownload dengan mudah di google playstore ataupun aplikasi APP market pada perangkat android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aplikasi edmodo di MI Azzainiyah. Subjek penelitian adalah peserta didik MI Azzainiyah Paiton. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu menjelaskan bagaimana penerapan aplikasi edmodo di lembaga tersebut.
PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA KULIAH AGAMA ISLAM (STUDI KASUS UNIVERSITAS TANJUNGPURA) Didik M Nur Haris; Rika Riyanti; Robby Mauludy Arif
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.799 KB) | DOI: 10.30762/ed.v5i1.3598

Abstract

Abstract: Radicalism in education recently has often been in a sharp spotlight. Education which should have produced intelligent and characterized human beings, in fact, has made the seeds of terrorism. A finding of a survey indicates that college students have sympathy for the acts of violence in the name of religion. This reality should be considered for evaluation. The values of moderation which become the basic character of every religion are an effective and efficient means to ward off this phenomenon. This study is qualitative research using participatory observation, documentation, and interviews for data collection to analyze the implementation of UNTAN Rector Decree No. 1540 / UN22 / DT / 2012 on the integrated model for character education in religion subject. This research found that the integrated character education in religion subject through the moral knowing, moral feeling, and moral action approaches in learning is quite effective in providing direct learning experiences (Experiential Learning) in the implementation of moderation values such as tolerance, exclusivity, cooperation, and democracy. Abstrak: Radikalisme dunia pendidikan sering menjadi sorotan yang cukup tajam, pendidikan yang seharusnya mencetak manusia-manusia cerdas dan berkarakter berubah menjadi pabrik yang memproduksi benih-benih sikap terorisme. Kenyataan sebagian hasil survei yang menggambarkan simpati kalangan mahasiswa di perguruan tinggi atas tindak kekerasan yang mengatasnamakan agama adalah realita yang harus menjadi bahan evaluasi diri. Nilai-nilai moderasi yang menjadi watak dasar setiap agama adalah sarana yang efektif, efesien untuk menangkal fenomena ini. Penelitian ini adalah kualitatif dengan melakukan observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara dalam pengumpulan datanya, untuk melihat rool model penerapan pendidikan karakter (pendikar) yang terintegrasi dalam mata kuliah pendidikan agama di Universitas Tanjungpura melalui SK Rektor UNTAN No 1540/UN22/DT/2012. Penelitian ini telah menemukan bahwa integrasi pendikar dalam mata kuliah agama melalui pendekatan moral knowing, moral feeling, dan moral action dalam pembelajarannya cukup efektif memberikan pengalaman pembelajaran secara langsung (Experiential Learning) dalam penerapan nilai-nilai moderasi yang meliputi sikap toleransi, eksklusif, kooperatif dan demokratis.
Pengaruh Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Ibnu Muanas; Andi Mariono; Andi Kristanto
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 5 No. 1 (2021)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1112.726 KB) | DOI: 10.30762/ed.v5i1.705

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh multimedia mobile learning dengan kemandirian belajar bagi peserta didik. Kemandirian belajar merupakan suatu sikap peserta didik yang memiliki inisiatif sendiri untuk belajar, memiliki keinginan untuk menguasai kompetensi, memiliki rasa percaya diri serta tanggung jawab terhadap tugasnya sebagai peserta didik serta tidak bergantung pada temannya. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan sejumlah 30 peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen angket dan wawancara. Pengujian hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara mobile learning dengan kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMK Ma’arif Sudimoro pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) selama masa pandemi Covid-19. Setelah dilakukan pengujian, diketahui hasil analisis data sebagai berikut; (1) peserta didik memiliki responsif terhadap penggunaan mobile learning mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI), dibuktikan dengan hasil analisa angket di angka 77 %; (2) penggunaan mobile learning ini menimbulkan efek terhadap kemandirian belajar bagi peserta didik, hal ini terbukti di hasil rata rata yang mencapai 76%; (3) sesuai hasil analisa uji hipotesis dan analisa angket maupun wawancara bahwa ada pengaruh yang signifikan antara mobile learning terhadap terhadap kemandirian belajar bagi peserta didik di masa pandemic covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 7