cover
Contact Name
Novi Rosita Rahmawati
Contact Email
jurnaledudeena@iainkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaledudeena@iainkediri.ac.id
Editorial Address
Sunan Ampel St. No.7, Kediri, East Java, Indonesia, 64127
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education
ISSN : -     EISSN : 25809989     DOI : 10.30762
Core Subject : Education,
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education publishes articles on textual and fieldwork studies with various perspectives of: Islamic Studies Instructional Media of Islamic Studies Instructional Strategy of Islamic Studies Development Curriculum of Islamic Studies Management of Islamic Studies
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2022)" : 8 Documents clear
Studi Fenomenologi Kepercayaan Diri Santri pada Pembelajaran Tahfizh Qur’an Tematik Ning Fuadah Karimah Elnur; Arbin Janu Setiyowati; Ella Faridati Zen; Eko Pramudya Laksana
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.952 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.55

Abstract

Abstract: Self-confidence can help an individual to move forward in life. This study aims to determine: (1) students' self-confidence, (2) the development process, (3) learning strategies that support the development of self-confidence, and (4) the meaning of Tahfizh Qur'an Thematic (TQT) learning in developing students' self-confidence. This qualitative research with phenomenological methods was carried out at the Bait Al-Hikmah Foundation, Malang, especially in the regular Tahfizh Qur'an Thematic (TQT) program. The research subject selection technique used a purposive sampling technique, with two primary subjects, namely students who experienced the development of self-confidence and the teacher of the students. This study indicates that there is a development of students' self-confidence in most of the outer and inner aspects. Abstrak: Kepercayaan diri dapat membantu seorang individu untuk melangkah maju dalam menjalani hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kepercayaan diri santri, (2) proses perkembangan, (3) strategi pembelajaran yang mendukung perkembangan kepercayaan diri, dan (4) makna pembelajaran  pembelajaran TQT dalam mengembangkan kepercayaan diri santri. Penelitian kualitatif metode fenomenologi ini dilakukan di Yayasan Bait Al-Hikmah Malang, khususnya pada program Tahfizh Qur’an Tematik (TQT) reguler. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dengan dua macam subjek primer, yaitu santri yang mengalami perkembangan kepercayaan diri dan pengajar santri tersebut. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi perkembangan kepercayaan diri santri pada sebagian besar aspek lahir dan batin.
Urgensi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam Dzakiyatul Farikhah; Nur Sikin
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.663 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.116

Abstract

Abstract: The parents have an important role in determining the direction of their children education, namely as the main and first madrasah. Therefore, this study aims to analyze the urgency of the role of parents, including the use of strategies in the selection of Islamic Religious education with supporting and inhibiting factors that accompany it. The type of research used is field research with qualitative descriptive approach and involve 3 parents with 3 children in the Dangkel, Parakan Temanggung. The results of this research are (1) parents act as educators and the main motivators for children in undergoing education; (2) the strategy used through the material of faith, worship and morality with the methods of exemplary, habituation, advice and punishment; (3)supporting factors include the basic religion of good parents, comfortable and loving family condition. While the inhibiting factors arise from the surrounding environment, such as peers who always invite to play and out of the time. Abstrak: Peran orang tua sangat besar dalam menentukan arah pendidikan yang akan dijalani oleh anak, yakni sebagai madrasah yang utama dan pertama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi peran orang tua tersebut, meliputi penggunaan strategi dalam pemilihan pendidikan agama Islam dengan faktor pendukung dan penghambat yang mengiringinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, Adapun Responden penelitian dengan 3 keluarga atau orang tua dan 3 anak didusun Dangkel, Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Hasil penelitian menyebutkan bahwa (1) orang tua berperan sebagai tenaga pendidik dan motivator anak yang utama dalam menjalani pendidikan; (2) strategi yang digunakan melalui materi akidah, ibadah dan akhlakul karimah dengan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman; (3) faktor pendukung meliputi basic agama orang tua yang baik, keadaan  keluarga  yang nyaman dan penuh kasih sayang. Sedangkan faktor penghambat muncul dari lingkungan sekitar, seperti teman sebaya yang selalu mengajak bermain dan tidak kenal waktu.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Benime dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Siswa SMP Ulvia Nur Aini; Tri Wardah Utami; Tuhfatul Khalidiyah; Lilik Huriyah
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.219 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.117

Abstract

Abstract: Video learning media is a media that combines two elements, namely audio and visual (image). Benime application is an application that produces videos with attractive and not monotonous illustrations. The hope of using the media is that students can be more effective in understanding the material presented. This study aims to develop video media using the benime application and measure the effectiveness of learning videos using the benime application in improving understanding of the material " Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah". This type of research is Research and Development with a development model adapted from the Dick and Carey model. The five research stages are, (1) preliminary stage, (2) analysis stage, (3) design stage, (4) development stage, and (5) testing stage. Sources of data obtained through observation, interviews, validation, and documentation of the learning outcomes of class VII students at SMPN 2 Kunjang Kediri. The results showed that the use of the Benime application was considered quite effective in improving the understanding of PAIBP material. The use of the Benime application is also considered quite flexible because it can be accessed through each student's device. Abstrak: Media pembelajaran video merupakan media yang bersifat menggabungkan dua unsur yaitu audio (suara) dan visual (gambar). Aplikasi benime merupakan aplikasi yang menghasilkan video dengan ilustrasi yang menarik dan tidak monoton. Harapan dari pemanfaatan media tersebut adalah para siswa dapat lebih efektif dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video menggunakan aplikasi benime serta mengukur efektivitas video pembelajaran menggunakan aplikasi benime dalam meningkatkan  pemahaman materi “Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah”.  Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan yang diadaptasi dari model Dick and Carey. Lima tahap penelitian yaitu, (1) tahap pendahuluan, (2) tahap analisis, (3) tahap perancangan, (4) tahap pengembangan, dan (5) tahap pengujian. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, validasi, dan dokumentasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Kunjang Kediri. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan aplikasi benime dinilai cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman materi PAIBP. Pemanfaatan aplikasi benime juga dinilai cukup fleksibel karena dapat diakses melalui gawai siswa masing-masing.
Pengaruh Religiusitas dan Efikasi Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MA Al-Huda Qonita Luthfia Zeinnida; Iskandar Tsani; Nila Zaimatus Septiana
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.84 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.118

Abstract

Abstract: Emotional intelligence is a person's ability to manage emotions wisely. Several factors related to emotional intelligence include religiosity and self-efficacy. Self-efficacy is the ability to measure the strength of an individual to complete a task or face a problem. Religiosity is a process that occurs between fellow human beings and humans with their god which is framed in worship behavior, aqidah and living systems. Both of these things can affect the level of emotional intelligence of students. This study aims to examine the effect of religiosity and self-efficacy on the emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City. This study uses a quantitative approach with multiple correlation types. The subjects were 62 students. The sample was drawn using a simple random sampling technique. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale. The data analysis technique used multiple regression analysis with the help of the SPSS application. The results showed that: 1) There was a significant influence between religiosity on emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City by 36.6 percent. 2) There is a significant influence between self-efficacy on emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City by 51.7 percent. 3) There is a significant influence between religiosity and self-efficacy on emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City by 55.1 percent. Abstrak: Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola emosi secara bijak. Beberapa faktor yang berkaitan dengan kecerdasan emosi diantaranya adalah religiusitas dan efikasi diri. Efikasi diri merupakan kemampuan untuk menakar kekuatan yang dimiliki individu guna menyelesaikan tugas atau menghadapi masalah. Religiusitas merupakan proses yang terjadi antar sesama manusia dan manusia dengan tuhannya yang dibingkai dalam perilaku ibadah, aqidah dan sistem hidup. Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi tingkatan kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh religiusitas dan efikasi diri terhadap kecerdasan emosional siswa MA Al-Huda Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi ganda. Subjek sebanyak 62 siswa, penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisi data menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi spss. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap kecerdasan emosi siswa MA Al-Huda Kota Kediri sebesar 36,6 persen. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap kecerdasan emosi siswa MA Al-Huda Kota Kediri sebesar 51,7 persen. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas dan efikasi diri terhadap kecerdasan emosi siswa MA Al-Huda Kota Kediri sebesar 55,1persen.
Permasalahan Penggunaan Google Classroom pada Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Nasikhin Nasikhin; Raharjo Raharjo; Nasikhin Nasikhin; Ismutik Ismutik; Ulul Albab
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.894 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.120

Abstract

Abstract: The focus of this research is to find out the responses of students and teachers in using Google Classroom in Islamic religious education lessons in elementary schools during online learning. A qualitative approach with the QAIT model is used as an effort to evaluate the ability of Google Classroom in teaching Islamic Religious Education. This study involved 4 teachers and 15 students of SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Data were collected through observation of teaching and learning process activities in the classroom. The results showed: (1) the use of Google Classroom can be utilized well by young teachers (aged 21 and 34 years), teachers whose performance is quite good are in the age range of 43 years, and teachers whose performance is less than 50 years old; (2) this study shows that the obstacles found in the learning process are poor internet connection, lack of supportive learning tools, low learning motivation, and lack of readiness to use online learning platforms. This research is useful for determining the direction of religious education policies, such as the need for training in using Google Classroom to improve the quality of better online learning. Abstrak: Fokus penelitian ini adalah mengetahui respon siswa dan guru dalam menggunakan Google Classroom pada pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar selama pembelajaran online. Pendekatan kualitatif dengan Model QAIT digunakan sebagai upaya untuk mengevaluasi kemampuan Google Classroom dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini melibatkan 4 guru dan 15 siswa SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunaan Google Classroom dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru berusia muda (Usia 21 dan 34 tahun), guru yang kinerjanya cukup baik berada pada rentang usia 43 tahun, dan guru yang kinerjanya kurang berada pada usia 50 tahun; (2) penelitian ini meperlihatkan bahwa kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran adalah koneksi internet yang buruk, kurangnya perangkat pembelajaran yang mendukung, motivasi belajar yang rendah, dan kurangnya kesiapan dalam menggunakan platform pembelajaran online. Penelitian ini bermanfaat untuk menentukan arah kebijakan pendidikan agama, seperti diperlukannya pelatihan dalam menggunakan Google Classroom untuk meningkatkan kualitas pembelajaran online yang lebih baik.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur'an Siswa Sekolah Menengah Atas Edi Nurhidin
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.587 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.136

Abstract

Abstract: This paper aims to describe the role of Islamic religious education (PAI) teachers in improving the competence in reading the Qur'an of students at Public Senior High School (SMA Negeri) 1 Ngadiluwih Kediri. The research method used is descriptive qualitative with interactive data analysis techniques Miles and Huberman that consist of three steps, those are : data reduction, data presentation, and conclusion. There are two questions raised in this study. First, what is the driving factor of PAI teacher's program the Qur'anic literacy in the learning process? Second, how is the practice of Qur'an literacy in the PAI learning process? The results of this study concluded that there were two main driving factors for pie teachers to study the literacy of reading the Qur'an, (1) Internal factors in the form of curriculum Waka instructions and objective conditions of the ability to read diverse al-Qur'an students; (2) Internal factors, namely experience, and desire of pie teachers. Second, the practice of Literacy takes place in an integrated manner in the process of learning PAI by managing lesson hours and using the Nderes Qur'an method. Therefore, PAI teachers play an important role in overcoming the problem of reading the Qur'anic Literacy experienced by students. Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kompetensi membaca Qur'an siswa SMAN 1 Ngadiluwih Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga hal yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ada dua rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini. Pertama, apa faktor pendorong guru PAI memprogramkan literasi Qur'an dalam proses pembelajaran? Kedua, bagaimana praktik literasi Qur'an dalam proses pembelajaran PAI? Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada dua faktor pendorong utama guru PAI membelajarkan literasi membaca Qur'an, (1) faktor internal berupa instruksi waka kurikulum dan kondisi objektif kemampuan membaca Qur'an siswa yang beragam; (2) faktor internal yakni pengalaman dan keinginan guru PAI. Kedua, praktik pembelajaran literasi Qur'an berlangsung secara terintegrasi dalam proses pembelajaran PAI dengan mengelola jam pelajaran dan menggunakan metode nderes Qur'an. Oleh karena itu, guru PAI memainkan peran penting dalam mengatasi problem literasi membaca Qur'an yang dialami siswa.
Implementasi Metode Mind Mapping dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) secara Online Laudria Nanda Prameswati; Gilang Permata Sari; Ali Anwar
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.266 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.342

Abstract

Abstrack: The purpose of the study was to determine the implementation of the mind mapping method when applied in the Islamic cultural history (SKI) learning to online learning, the challenges, as well as the advantages and disadvantages of this method when applied online in MAN 1 Kota Kediri. This research uses qualitative research with a descriptive approach. Three data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation. The result of this study describes the implementation of the mind mapping method in online SKI subjects that can be applied, even though there are challenges from implementing this method online. The challenges the reseacrhers faced werestudents’ attempt to cheat, unstable internet access, limited learning time, students' enthusiasm, and the advantages and disadvantages of this method when applied online.This study is limited because it only describes one school in Kediri city, which is MAN 1 Kota Kediri. The results of this study werehelpful as an illustration of the application of the mind mapping method during online learning and a reference for future research. Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui implementasi, tantangan, kelebihan dan kekurangan dari metode mind mapping ketika diterapkan dalam mata pelajaran SKI pada pembelajaran online di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tiga teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan implementasi dari metode mind mapping dalam mata pelajaran SKI secara online yang dapat diterapkan meski terdapat tantangan dari pelaksanaannya antara lain: terdapat kecurangan pada peserta didik, akses internet yang kurang stabil, keterbatasan waktu pembelajaran, dan antusias peserta didik. Kelebihannya adalah berisi catatan ringkas, dan melatih kreativitas sedangkan kekurangannya adalah tidak semua peserta didik telaten dalam membuat mind mapping, tidak detail, membutuhkan waktu yang lama untuk guru mengoreksi. Penelitian ini terbatas karena hanya menggambarkan satu sekolah yang ada di kota Kediri, yaitu MAN 1 Kota Kediri. Hasil penelitian ini berguna sebagai gambaran tentang penerapan metode mind mapping pada saat pembelajaran online berlangsung dan rujukan untuk penelitian di masa mendatang.
Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri Melalui Metode Ummi di Pesantren Pelajar Al-Fath Kediri Mochamad Nasichin Al Muiz; Choiru Umatin
Edudeena : Journal of Islamic Religious Education Vol. 6 No. 1 (2022)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.992 KB) | DOI: 10.30762/ed.v6i1.518

Abstract

Abstract: The Holy Qur'an is the revelation of Allah SWT which was gradually revealed to the Prophet Muhammad through the intermediary of the angel Jibril who was used as a guide for all mankind. Reading the Holy Qur'an is not only being able to read it, but also having to pay attention to the laws of tajwid, makhorijul letters, and the short length of reading the Holy Qur'an. The purpose of this research was to determine the implementation of the Ummi method of learning and the impact of learning using the Ummi method in an effort to improve the ability to read the Qur'an on the students of Al-Fath Rejomulyo Islamic boarding school of Kediri City. This researcher used descriptive qualitative research methods with data collection techniques by means of in-depth interviews, observations and documentation studies. The data analysis technique of this research is through the stages process of data reduction, data display and verification or conclusion. The results of the research carried out explain that the implementation of learning the Qur’an with the Ummi method has been carried out well, smoothly and an according to expectations. In addition, the reading of the Holy Qur’an of the students has improved very well with 7 stages, starting from the opening stage, apperception, concept planting, concept understanding, skill training and closing and is strengthened by the 10 pillars of the Ummi quality system. Abstrak: Kitab suci Al-Quran merupakan wahyu Allah SWT yang secara berangsur-angsur diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara malaikat Jibril yang dijadikan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Membaca Al-Quran tidak hanya sekedar bisa membacanya, namun juga harus memperhatikan hukum tajwid, makhorijul huruf, dan panjang pendek bacaan Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran metode Ummi dan dampak pembelajaran menggunakan metode Ummi dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada santri pesantren pelajar Al-Fath Rejomulyo Kota Kediri. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dean teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, pengamatan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini melalui tahapan proses reduksi data, display data dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran al-Quran dengan metode Ummi sudah terlaksana dengan baik, lancar dan sesuai harapan. Selain itu, bacaan Al Qur’an para santri mengalami peningkatan yang sangat baik dengan 7 tahapan, mulai dari tahap pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan ketrampilan dan penutup serta diperkuat dengan 10 pilar sistem mutu Ummi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8