cover
Contact Name
Agrippina Wiraningtyas
Contact Email
agriwiraningtyas@gmail.com
Phone
+6282247496708
Journal Mail Official
agrippina.wiraningtyas_kim@stkipbima.ac.id
Editorial Address
Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima Kode POS 84119
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
ISSN : 26855402     EISSN : 26147300     DOI : https://doi.org/10.33627/re.v5i2
Jurnal Redoks merupakan media publikasi ilmiah yang disediakan untuk menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian berupa karya ilmiah dibidang Pendidikan Kimia, Ilmu Kimia, Kimia Terapan, Inovasi Kimia dan umumnya IPA dari kalangan guru-guru dosen, mahasiswa dan praktisi peneliti.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KILO Rahmah Rahmah; Sry Agustina; Nurfidianty Annafi
JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.949 KB) | DOI: 10.33627/re.v5i1.750

Abstract

Telah dilakukan pengaruh model pembelajaran problem baset learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kilo Tahun Ajaran 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan satu kelas sampel pre-test dan post-test pada siswa. yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk desain one-group pretet-posttest Berdasarkan hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas XI di SMA Negeri 2 Kilo tahun ajaran 2022. Hasil analisi data mengunakan uji-T di peroleh 0,001, karena nilai (0,001 < 0,005) maka Ho ditolak dan Ha di terima, hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji SPSS 21 yang diperoleh % dari ttabel dan thitung ada tidak hasilnya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 PALIBELO PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM Sri Susanti; Nurfidianty Annafi; Agrippina Wiraningtyas
JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.206 KB) | DOI: 10.33627/re.v5i1.751

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5e terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa XI IPA SMAN 1 Palibelo pada materi Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam. penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palibelo yang beralamatkan di jalan Syekh Subu, Kecematan Palibelo, Kabupaten Bima. Penelitian ini dilaksanakan di semester Genap tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan garam. Hasil analissis data menggunakan statistik uji-t diperoleh nilai 0,003, karena nilai (0,003 < 0,05) maka h0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data posttest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,26 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 62,47 karena adanya perbedaan nilai rata-rata kedua kelas yakni lebih tinggi nilai kelas eksperimen dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dapat berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH DENA PADA MATERI STOIKIOMETRI Nurul Khairani; Sry Agustina; Agrippina Wiraningtyas
JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.505 KB) | DOI: 10.33627/re.v5i1.753

Abstract

Mata pelajaran kimia materi stoikiometri terkesan abstrak bagi siswa terutama pada kondisi siswa yang kurang aktif pada saat proses pembelajaran, diperlukan sebuah model pembelajaran yang ditambahkan strategi peta konsep didalamnya yang akan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL menggunakan strategi peta konsep. Model PBL dengan strategi peta konsep diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi guru-guru kimia untuk digunakan dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperime semu (quasi-eksperimental research) yaitu penelitian yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan dengan melakukan pengujian hipotesis yang didalamnya diberi perlakuan untuk mengontrol semua variabel yang ada.
PENGARUH DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WOJA nana mardiani; Magfirah Perkasa; Putri Ayu Mutmainnah
JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.468 KB) | DOI: 10.33627/re.v5i1.756

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Woja. Ruang lingkup pembahasan ini mencakup Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir Kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Woja. Model penelitian adalah Quasi Eksperimen Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Woja tahun pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA 2 Woja. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Data yang diambil merupakan hasil tes yang diberikan dalam penelitian ini terdiri dari 10 pertanyaan essay jawaban benar diberi skor maksimal 10. Hasil tes siswa kelas kontrol dengan nilai tertinggi pretest 83 nilai terendah 60, nilai rata-rata 71,62 dan nilai tertinggi postest adalah 85, nilai terendah 70 dengan rata-rata nilai adalah 75,67. Sedangkan data hasil test siswa kelas eksperimen di SMA Negeri 2 Woja nilai tertinggi pretest 83, nilai terendah 60 dengan rata-rata 72,50 dan postest adalah 90 dan nilai terendah adalah 70 sedangkan nilai rata-rata sebesar 79,23. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas dinyatakan normal dan homogen. Penentuan hipotesis dapat dilakukan dengan membandingkan nilai sebesar 2,529. Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi =0,05) hasil diperoleh untuk ttabel sebesar 2,048. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak yang bermakna bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikiris siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Woja Dompu.
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ASAM BASA DAN STOKIOMETRI Tusida Mulyani; Sry Agustina; Agrippina Wiraningtyas
JURNAL REDOKS : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA DAN ILMU KIMIA Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia STKIP Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.843 KB) | DOI: 10.33627/re.v5i1.761

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa atau steokiometri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis survey untuk menguji pengaruh dengan Problem Based Learning pada materi asam basa dan steokiometri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah Dena dan SMAN 2 Kilo. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Muhammadyiah Dena untuk materi steokiometri dan siswa kelas X1 IPA SMAN 2 Kilo untuk materi asam basa. Instrumen penelitian adalah hasil pretest dan postest penelitian Nurul dan Rahmah. Hasil penelitian dan analisis data pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik uji Independet Sample T-Test terhadap pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Thitung > 0,05 maka terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada penelitian Nurul Khairani dan Rahmah. Untuk menentukan seberapa besar efektivitas dilakukan dengan membandingkan ketuntasan klasikal dari kedua penelitian tersebut, pada penelitian Nurul Khairani (2022), ketuntasan klasikalnya sebesar 87,5 % sedangkan pada penelitian Rahmah (2022) ketuntasan klasikalnya sebesar 62,5 % bermakna bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketuntasan klasikal pada penelitian Nurul Khairani dan Penelitian Rahmah dengan perbandingan 87,5 % : 62,5 % yang berati bahwa penggunaan model Problem Based Learning pada materi stoikiometri lebih efektif dari pada materi asam basa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5