cover
Contact Name
Surindi
Contact Email
rindi1912@gmail.com
Phone
+6285244649153
Journal Mail Official
honaibdkpapua@gmail.com
Editorial Address
Jl. Merah Putih Kompleks IAIN Fattahul Muluk Gedung LAB. Multimedia Lt. II Waena-Heram Kota Jayapura 99332,Email : bdkpapua@kemenag.go.id
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Honai
ISSN : 27151050     EISSN : 28076850     DOI : https://doi.org/10.47655/honai.v4i2
Jurnal Honai menampilkan artikel dengan ruang lingkup yang beragam. Keragaman ruang lingkup yang meliputi aspek studi Pendidikan, sosial, keagamaan dan administrasi. Sebagai media pengembangan ilmu pengetahuan dari hasil penelitian dan gagasan ilmiah yang dilakukan widyaiswara, peneliti, dan praktik pendidikan. Selain itu, tentunya tulisan ini dapat dijadikan salah satu referensi dalam penyelenggaraan pelatihan aparatur sipil negara.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2023): Honai" : 8 Documents clear
IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIZ AL-QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTs DARUD DA’WAH WAL IRSYAD (DDI) SENTANI KABUPATEN JAYAPURA Astutik, Sri; Umkabu, Talabudin; Huda, Miftahul
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v5i1.72

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan pembelajaran tahfiz al-Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani Kabupaten Jayapura dan menganalisa perubahan karakter siswa setelah mengikuti program tahfiz al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani Kabupaten Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik. Objek penelitian adalah siswa, guru tahfiz, guru kelas, kepala madrasah, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles dan Huberman, yang melipiti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi pembelajaran tahfiz al-Qur’an telah memenuhi standar manajemen pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran gabungan antara lain; talaqqi, takrir, muroja’ah, dan iktibar.  Kedua, Implementasi pembelajaran tahfiz al-Qur’an mampu merubah karakter siswa menjadi lebih baik. Karakter yang menonjol yaitu: religius, jujur, disiplin, mandiri, percaya diri, sopan/santun, dan tanggung jawab.   Abstract This study aims to analyze the implementation of learning tahfiz al-Qur'an to students at Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani, Jayapura Regency and analyze changes in student character after participating in the tahfiz al-Qur'an program at Madrasah Tsanawiyah DDI Sentani, Jayapura Regency. This research is a qualitative research using a pedagogic approach. The objects of research are students, tahfiz teachers, class teachers, madrasa heads, and parents of students. Data collection is done by in-depth interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses Miles and Huberman's qualitative analysis technique, which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that: First, the implementation of learning tahfiz al-Qur'an meets learning management standards, namely planning, implementing, and evaluating learning by using combined learning methods including; talaqqi, takrir, muroja'ah, and iktibar. Second, the implementation of learning tahfiz al-Qur'an is able to change the character of students for the better. The prominent characters are: religious, honest, disciplined, independent, confident, polite/polite, and responsible.  
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI PENDEKATAN SETS PADA PESERTA DIDIK KELAS XII.IPA MAN JAYAPURA Kabarek, Novita
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v5i1.74

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar materi Bioteknologi peserta didik kelas XII.IPA Madrasah Aliyah Negeri Jayapura melalui pendekatan SETS. (2) Indikator hasil belajar materi Bioteknologi peserta didik kelas XII.IPA Madrasah Aliyah Negeri Jayapura melalui pendekatan SETS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif sebanyak dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.IPA yang berjumlah 16 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan penelitian persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik hanya mencapai 25 %, siklus I persentase hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 44 % dan pada siklus II persentase meningkat mencapai 88 %. Pendekatan pembelajaran SETS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran dari aspek indikator kognitif, afektif dan psikomotor pada siklus I mencapai 64 % meningkat pada siklus II menjadi 88%.   Abstract The aims of the research were to find out (1) to increase learning outcomes in Biotechnology material for students of class XII.IPA at Madrasah Aliyah Negeri Jayapura through the SETS approach. (2) Indicators of learning outcomes for Biotechnology material for class XII.IPA students at Madrasah Aliyah Negeri Jayapura through the SETS approach. The method used in this research is qualitative with a descriptive approach of two cycles through the stages of planning, implementing, observing, and reflecting. The research subjects were class XII.IPA students, totaling 16 students. Data collection in this study was carried out through tests and observations. The results showed that before the research was carried out the percentage of completeness of student learning outcomes only reached 25%, the first cycle the percentage of student learning outcomes increased to 44% and in the second cycle the percentage increased to 88%. The SETS learning approach can improve student learning outcomes during the learning process from aspects of cognitive, affective and psychomotor indicators in cycle I reaching 64% increasing in cycle II to 88%.
SOLIDARITAS SOSIAL BAGI PASANGAN SUAMI ISTRI: SUATU BENTUK PERWUJUDAN KEHARMONISAN KELUARGA Amri, Amri; Muhksin, Ali
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Melihat perselisihan suami istri yang berujung perceraian yang disebabkan karena kurangnya rasa memiliki dan menghargai satu sama lain, maka penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bentuk maupun usaha solidaritas suami istri dalam mewujudkan keharmonisan pada mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi pustaka dengan pendekatan normative sosiologis. Selanjunya penelitian ini akan dianalisis menggunakan teori solidaritas Emile Durkheim. Hasil penelitian menunjukan bahwa keharmonisan keluarga dapat diperoleh melalui kedekatan dan keterbukaan suami dan istri. Kedekatan dan keterbukaan disini menurut Emile Durkheim dalam teori solidaritas sosial diperoleh melalui gotong royong dan kerjasama. Selanjunya dalam penelitian ini menunjukan terkait perwujudan keharmonisan melalui solidaritas mekanik dimana setiap pasangan suami istri memiliki rasa kesadaran bersama atau saling tolong menolong dalam mencapai tujuan bersama. Kemudian bentuk-bentuk usaha dalam mewujudkan keharmonisan keluarga yang dapat dilakukan suami istri melalui gotong rotong dan kerjasama ialah Melakukan pekerjaan rumah bersama, saling keterbukaan dalam mengelola keuangan keluarga, saling terbuka dalam berkomunikasi serta memahami peran masing-masing   Abstract Seeing husband and wife disputes that lead to divorce caused by a lack of belonging and respect for each other, this study aims to describe the form and efforts of husband and wife solidarity in realizing harmony with them. The method used in this research is a literature study with a sociological normative approach. Next this research will be analyzed using Emile Durkheim's theory of solidarity. The results showed that family harmony can be obtained through the closeness and openness of husband and wife. Closeness and openness here according to Emile Durkheim in the theory of social solidarity is obtained through mutual assistance and cooperation. Furthermore, this study shows the realization of harmony through mechanical solidarity where each married couple has a sense of mutual awareness or mutual help in achieving common goals. Then the forms of business in realizing family harmony that can be done by husband and wife through mutual assistance and cooperation are Doing housework together, mutual openness in managing family finances, being open to each other in communicating and understanding each other's roles
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN INSAN CENDEKIA SORONG: NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) Wiwindari, Yuni
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v5i1.77

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X MAN Insan Cendekia Sorong tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sederhana. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Insan Cendekia Sorong tahun pelajaran 2022/2023. Prosedur pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, subjek penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 20 orang dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Materi yang dibahas dalam penelitian ini adalah Persamaan Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda yaitu Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika peserta didik Kelas X MAN Insan Cendekia Sorong. Abstract The purpose of this study was to find out whether the application of the Numbered Heads Together (NHT) learning model affected the mathematics learning outcomes of class X students of MAN Insan Cendekia Sorong in the 2022/2023 academic year. This research is simple experimental research. The population of this study were class X students of MAN Insan Cendekia Sorong for the 2022/2023 academic year. The sampling procedure was carried out by cluster random sampling, the research subjects consisted of 2 classes, namely class X.1 as the experimental class with 20 students and class X.2 as the control class with 20 students. The material discussed in this study is Quadratic Equations. The results showed that the average of the experimental class and the control class was different, namely the Application of the Numbered Heads Together (NHT) Learning Model on the Mathematics Learning Outcomes of Class X Students of MAN Insan Cendekia Sorong.
PENERAPAN METODE MAKE A MATCH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB TEMA AL-GHURAFU FI AL-BAITI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs AS’ADIYAH ULOE Hasna, Hasnawati; Mahdi, Akmal; Syafi'i, Ahmad Syafi'i
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v5i1.81

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Make a Match (MaM) pada pembelajaran Bahasa Arab tema al-Ghurafu fi al-Baiti (ruangan-ruangan di dalam rumah) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A di MTs As’adiyah Uloe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kelas (classroom action research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, tes, dan dokumentasi, sehingga teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif (mix methods). KKMnya adalah 73. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I ialah 78. Nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah adalah 60. Jumlah siswa dengan kriteria tuntas ialah 20 orang karena >73, sedangkan yang tidak tuntas ialah 9 orang karena <73. Jika data dipersentasekan, maka rata-rata ketuntasan ialah 69%, sedangkan yang tidak tuntas ialah 31%. 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II ialah 83. Nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 80. Jumlah siswa dengan kriteria tuntas ialah 29 orang karena >73, sedangkan yang tidak tuntas ialah 0 orang karena <73. Jika data dipersentasekan, maka rata-rata ketuntasan ialah 100%, sedangkan yang tidak tuntas ialah 0%. Abstract This study aims to determine the application of the Make a Match (MaM) method to Arabic learning the theme of al-Ghurafu fi al-Baiti (rooms in the house) in improving the learning outcomes of class VII A students  at MTs As'adiyah Uloe. This research is classroom action research. The methods used in this study are observation, tests, and documentation, so that data processing and analysis techniques use qualitative and quantitative techniques (mix methods). The KKM is 73.  The results of this study showed that: 1) Theaverage hasil of student learning in the first cycle was 78. The highest value is 90 and the lowest value is 60. The number of students with complete criteria is 20 people because of >73, while the incomplete ones are 9 people because of <73. If the data is concentrated, then the average completion is 69%, while the incomplete is 31%.  2) Theaverage hasil of student learning in cycle II is 83. The highest value is 100 and the lowest value is 80. The number of students with complete criteria is 29 people because of >73, while those who are not complete are 0 people because of <73. If the data is concentrated, then the average completion is 100%, while the incomplete is 0%.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI GEREJA PERSEKUTUAN PARA KUDUS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VI SD ST. AGUSTINUS BAMPEL MERAUKE Hartini, Sri
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v5i1.91

Abstract

Abstrak Sri Hartini, S.Ag Meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Katolik pada materi Gereja Persekutuan Para Kudus merupakan tujuan dari penelitian ini dengan menggunakan Model Pembelajaran Numberde Head Together. Penelitian ini dilakukan karena terjadi penurunan hasil belajar pada materi Pendidikan Agama Katolik sebelumnya. Penelitian menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together ini didisain dengan menggunakan 2 siklus, dan terdapat 2 pertemuan pada setiap siklus, Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanan/tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD YPPK St. Agustinus Bambu Pemali Merauke yang berjumlah 35 siswa. Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together ketuntasan hasil belajar siswa  pada Siklus I adalah 40% atau 14 siswa dengan nilai rata-rata 58,03, meningkat menjadi 91,43 % atau 32 siswa dengan nilai rata-rata 89,87 pada Siklus II. Dengan adanya penelitian ini terjadi peningkatan ketuntasan belajar maupun peningkatan nilai rata-rata kelas setelah diterapkannya Model Pembelajaran Numbered Head Together secara signifikan sebesar 31,84 %.   Abstract Sri Hartini, S. Ag, Improving learning outcomes in Chatolic Religious Education on the material of the Chruth of the Commonion of saints is the purpose of this study using the Numbered Head Together Learning Model. This research was conducted because there was a decrease in learning outcomes in the previous Chatolic Religious Education material. Research using the Numbered Head together Learning model is designed using 2 cycles, and there are 2 meetings in each cycle, each cycle consists of palnning, implementation/action, observation and reflection stages. The subjects of this study were grade VI students of SD YPPK St. Agustinus Bambu Pemali Merauke, totaling 35 students. Trought the Numbered Head Together Learning Model, the complateness of student learning outcomes in Cycle I was 40% or 14 students with an average score of 58,03, increasing to 91,43% or 32 students with an average score of 89,87 in Cycle II. With this research, there was an increase in learning completeness and an increase in the class average value after the application of the Numbered Head Together Learning Model significantly by 31,84%.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL CIRCUIT LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV MI NEGERI SORONG Sumarlan, Sumarlan
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v5i1.93

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Negeri Sorong menggunakan Model Pembelajaran Circuit Learning. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama dua siklus pada tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Circuit Learning efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Aktivitas guru meningkat dari 31 pada siklus pertama menjadi 45 pada siklus kedua, masuk dalam kategori sedang dan baik. Jumlah aktivitas belajar siswa yang diamati pada siklus kedua meningkat dari 15 dengan kategori sangat tinggi menjadi 22 dengan kategori tinggi. Persentase prestasi belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yang signifikan dari 52% pada siklus pertama dengan rata-rata 72 menjadi 80% pada siklus kedua dengan rata-rata 80. Dengan demikian, Model Pembelajaran Circuit Learning dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif dan efisien dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV MI Negeri Sorong.   Abstract This study aimed to enhance student development in thematic learning in class IV MI Negeri Sorong by utilizing the Circuit Learning Learning Model. The research was carried out across two cycles of the 2021–2022 academic year utilizing the classroom action research approach. The results showed that the Circuit Learning Learning Model was effective in improving students' achievement in theme learning. Teacher activity increased, rising from 31 in the first cycle to 45 in the second cycle, falling into the medium and good categories. The number of students who demonstrate success in classical learning has also greatly increased, rising from 52% in the first cycle with an average of 72 to 80% in the second cycle with an average of 80. The Circuit Learning Learning Model may therefore be a different, successful, and efficient teaching strategy for raising student accomplishment in the thematic learning class IV MI Negeri Sorong.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MATERI GEREJA DAN ORANG MUDA DENGAN METODE DEMONSTRASI KELAS IXC SMP NEGERI 5 ARSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Simarmata, Henni Mariani; Waluyo, Joko
honai Vol. 5 No. 1 (2023): Honai
Publisher : Balai Diklat Keagamaan Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47655/honai.v5i1.97

Abstract

Abstrak Henni Mariani Simarmata, S.PAK Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Materi Gereja Dan Orang Muda Dengan Metode Demonstrasi Kelas IXCSMP Negeri 5 Arso Tahun Pelajaran 2021/2022 Peneliti telah melakukan penelitian tentang upaya meningkatkan hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen dengan menggunakan Metode Demonstrasi Kelas IXCSMP Negeri 5 Arso Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan utuk meningkat hasil dan prestasi belajar siswa pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif, psikomotor. Jenis Penelitian yang digunakan   adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan di setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, obeservasi dan refleksi kritis dan objektif rencana pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Objek tindakan yaitu evaluasi diri dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan handout. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 5 Arso memperlihatkan hasil uji kompetensi rata-rata nilai dan ketuntasan yang dicapai, yaitu pada prasiklus rata-rata nilai 68,21, dengan ketuntasan 4 siswa atau mencapai 28,57% pada tindakan siklus I rata-rata nilai 76,43 dengan ketuntasan 10 siswa atau mencapai 71,42 %, dan tindakan siklus II rata - rata nilai 83,21 dengan ketuntasan 12 siswa atau mencapai 100%.   Abstract Henni Mariani Simarmata, S.PAK Improving Learning Outcomes in Christian Religious Education on the Material of the Church and Young People with the Demonstration Method for Class IXCSMP Negeri 5 Arso for the 2021/2022 academic year. Researchers have conducted research on efforts to improve Christian Religious Education learning outcomes by using the Demonstration Method for Class IXCSMP Negeri 5 Arso for the 2021/2022 academic year. This study aims to improve student learning outcomes and achievements in three domains, namely cognitive, affective, psychomotor. The type of research used is classroom action research (PTK) with 4 stages in each cycle, namely planning, implementation, observation and critical and objective reflection of the learning plan on student learning achievement. The object of action is self- evaluation in the learning process to improve the effectiveness of learning by using handouts. This research was conducted at SMP Negeri 5 Arso showing the results of the competency test of the average score and the completeness achieved, namely in the pre-cycle average score of 68.21, with the completeness of 4 students or reaching 28.57% in cycle I action average score 76.43 with the completeness of 10 students or reaching 71.42%, and cycle II action average score 83.21 with the completeness of 12 students or reaching 100%.  

Page 1 of 1 | Total Record : 8