cover
Contact Name
Ahmad Bairizki
Contact Email
kompetenjurnal@gmail.com
Phone
+6287737315067
Journal Mail Official
kompetenjurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 29622859     DOI : https://doi.org/10.57141
Core Subject : Economy, Science,
Kompeten Journal Ilmiah accepts research articles in the fields of Management, Accounting, Business, and Economics. We welcome research with qualitative and quantitative studies of good quality that have not been published in other journals. The scope of topics include: 1. Business and Strategic Management 2. Marketing Management 3. Economics 4. Operations Management 5. Finance and Investment 6. Accounting and its scope 7. Entrepreneurship 8. Organizational Behavior and Human Resource Management 9. Corporate Social Responsibility
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2023): Januari 2023" : 5 Documents clear
Pengaruh Content Marketing dan Electronic of Mouth pada Platform TikTok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee Ni Putu Aprilia Dewi; Faizatul Fajariah; I Made Suardana
Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 4 (2023): Januari 2023
Publisher : PT Seval Literindo Kreasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.144 KB) | DOI: 10.57141/kompeten.v1i4.23

Abstract

Abstrak Persaingan ketat di dunia pemasaran khususnya bagi para pebisnis e-commerce yang selalu dinamis menjadikan mereka harus bersaing dengan mencoba hal baru untuk menarik simpatik dari konsumen.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui PengaruhContent Marketing dan Electronic word of mouth pada platform Tiktok terhadap keputusan pembelian Di Shopee.Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa STIE AMM Mataram Prodi Manajemen Angkatan 2018 yang pernah melakukan pembelian online akibat racun shopee yang tidak dapat diketahui jumlahnya dengan pasti.Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebar kuisioner kepada 60 responden melalui link google form. Berdasarkan hasil dari SPSS uji regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa nilai constant sebesar 2,672, Hasil penelitian ini yaitu Content Marketing berpengaruh signifikan sedangkan Electronic Word Of Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji f (Simultan) dari kedua variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen.Khususnya pada variabel Content Marketing berpengaruh paling dominan terhadap variabel dependen. Kata Kunci: Content Marketing; Electronic Word of Mouth; dan Keputusan Pembelian.
Pengaruh Media Sosial, E-Commerce, dan Website terhadap Kinerja UMKM pada UMKM Tenun di Lombok Tengah: - Rusdi Rusdi; Armiani Armiani; I Made Murjana
Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 4 (2023): Januari 2023
Publisher : PT Seval Literindo Kreasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.255 KB) | DOI: 10.57141/kompeten.v1i4.24

Abstract

Penggunaan teknologi digital seperti Media sosial, E-Commerce dan Website dapat berpengaruh pada kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, e-commerce dan website terhadap kinerja UMKM pada UMKM tenun di Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen yaitu Media Sosial (X1), E-Commerce (X2) dan Website (X3) serta satu variabel dependen yaitu Kinerja UMKM (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Pelaku UMKM Tenun di Lombok Tengah. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pelaku UMKM merupakan pengrajin dan penjual Tenun sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 UMKM. Data diperoleh dengan menyebarkan 40 kuesioner kepada pelaku UMKM Tenun. Kuesioner yang kembali dan bisa digunakan sebanyak 40 kuesioner. Data dianalisis menggunakan SPSS 22 dengan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial, e-commerce dan website tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel independen (media sosial, e-commerce dan website) mampu mempengaruhi variabel dependen (kineja UMKM) sebesar 18,9% sedangkan sisanya sebesar 81,9% kinerja UMKM dipengaruhi variabel-variabel lain di luar model regresi yang digunakan dalam penelitian ini. Katakunci: Media Sosial, E-Commerce, Website, dan Kinerja UMKM.
Analisis ROA, NPM, EPS, ROE, dan DER terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode 2017–2021 Wisnu Karma Paramayoga; Erviva Fariantin
Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 4 (2023): Januari 2023
Publisher : PT Seval Literindo Kreasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.264 KB) | DOI: 10.57141/kompeten.v1i4.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on asset, net profit margin, earning per share, return on equity dan debt to equity ratio terhadap harga saham. Populasi pada penelitian ini adalah 47 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 22 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu pengambilan data berasal dari dokumen-dokumen perusahaan yang telah dipublikasikan di situs resmi BEI. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23. Hasil analisis menunjukan bahwa return on asset berpengaruh signifikan terhadap harga saham, net profit margin berpengaruh signifikan terhadap harga saham, debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan earning per share dan return on equity secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham. Kata kunci: Harga saham, Return on Asset, Net Profit Margin; Earning Per Share, Return on Equity, Debt to Equity Ratio.
Peningkatan Kemampuan Perilaku Keuangan Berbasis Financial Technology pada UMKM Kreatif di Kota Mataram Putri Julaiha; Ni Nyoman Yuliati; Sofiati Wardah Sofiati
Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 4 (2023): Januari 2023
Publisher : PT Seval Literindo Kreasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.575 KB) | DOI: 10.57141/kompeten.v1i4.27

Abstract

Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, financial technology, dan kepribadian terhadap perilaku keuangan pada UMKM Kreatif di Kota Mataram. Variabel penelitian ini terdiri dari 3 variabel independen yaitu literasi keuangan (X1), financial technology (X2), dan kepribadian (X3), serta variabel dependennya yaitu perilaku keuangan (Y). Populasi penelitian ini adalah 80  pelaku UMKM Kreatif bidang kuliner di Kota Mataram. Sampel diambil dengan menggunakan sampel sensus. Data diperoleh dengan menyebarkan 80 kuesioner pada responden UMKM Kreatif bidang kuliner yang ada di Kota Mataram. Kuesioner yang kembali dan bisa digunakan sebanyak 66 kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reeliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan pada UMKM Kreatif di Kota Mataram. Financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan pada UMKM Kreatif di Kota Mataram. Kepribadian berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan pada UMKM Kreatif di Kota Mataram. Kata Kunci: UMKM Kreatif, Literasi Keuangan, Financial Technology, Kepribadian, Perilaku Keuangan.
Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Efisiensi Penggunaan Modal Kerja dan Modal Intelektual terhadap Nilai Perusahaan IDX80 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019 Desi Mariani; Ida Ayu Nursanty; Rusdi Rusdi
Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 4 (2023): Januari 2023
Publisher : PT Seval Literindo Kreasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.977 KB) | DOI: 10.57141/kompeten.v1i4.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, kebijakan dividen, efisiensi penggunaan modal kerja dan modal intelektual terhadap nilai perusahaan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam indek IDX80 yang menerbitkan saham di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019 yang berjumlah 80 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan. Penelitian menggunakan jenis data kuantitatif dan sumber data sekunder yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Variabel laten eksogen penelitian ini adalah struktur modal dengan proksi debt to equity ratio (DER), kebijakan dividen dengan proksi dividend payout ratio (DPR), efisiensi penggunaan modal kerja dengan proksi Working Capital Turnover (WCT) dan Return On Working Capital (RWC) dan modal intelektual dengan proksi value added intellectual coefficient (VAIC). Variabel laten endogen yang digunakan adalah nilai perusahaan dengan proksi price to book value (PBV), price to earning ratio (PER), dan earning per share (EPS). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis PLS (partial least square) melalui program SmartPLS 2.0 for Windows, dengan uji hipotesis dilakukan melalui uji t. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (1) struktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (2) kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; (3) efisiensi penggunaan modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan; dan (4) modal intelektual berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Modal, Dividen, Efisiensi, Modal Kerja, Modal Intelektual, Nilai Perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5