cover
Contact Name
Guspatni
Contact Email
entalpipendidikan@ppj.unp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
entalpipendidikan@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat, Tel / fax : +627517053902 / +627517055628
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Entalpi Pendidikan Kimia
ISSN : -     EISSN : 27745171     DOI : https://doi.org/10.24036/epk.v3i4
Entalpi Pendidikan Kimia is a journal that aims to share findings, result and review of research done by scholars in the filed of chemistry education. Entalpi Pendidikan Kimia Journal publishes either research articles or reviews that relate to the field of chemistry education. The coverage of articles or reviews accepted by this journal includes the study of curriculum, models, strategies, approaches, methods, and techiques of learning; tests, assessment, evaluation; instructional materials and media both printed and electronic bases ones; classroom, online, and blended learnings; conceptions, understandings and mental models. This journal is published four times a year.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2023)" : 7 Documents clear
Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Buku Ajar Kimia Pangan Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Sandy Yudha
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 4 No 3 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/epk.v4i3.326

Abstract

Dalam melaksanakan pembelajaran kimia, dosen membutuhkan perangkat pembelajaran untuk memudahkan dalam proses pembelajaran. Dua perangkat pembelajaran yang sering dikembangkan oleh dosen adalah Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan buku ajar. Namun sering kali RPS dan bahan ajar yang dikembangkan belum sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan RPS dan buku ajar kimia bahan pangan yang sesuai dengan tuntutan KKNI. Model pengembangan buku ajar yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis > Design > Development > Implementation > Evaluation) namun pada penelitian ini hanya sampai tahap development. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan instrumen analisis RPS dan BSNP. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli pengembangan. Komentar, tanggapan dan saran yang diberikan digunakan untuk merevisi dan memperbaiki RPS dan buku ajar yang dikembangkan. Hasil penilaian kelayakan oleh para ahli menunjukkan RPS dan buku ajar sudah sangat layak digunakan untuk proses perkuliahan kimia pangan
Ekplorasi Motivasi Belajar Mahasiswa UIN Walisongo Semarang pada Pembelajaran Kimia Zakia Hafizhah
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 4 No 3 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/epk.v4i3.338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar mahasiswa UIN Walisongo saat pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilakukan di UIN Walisongo Semarang dengan melibatkan 60 mahasiswa pendidikan kimia dari semester 2 sampai 6. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survey dengan skala likert. Adapun survey dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menghitung presentase data dari setiap indikatornya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa saat pembelajaran di kelas motivasi belajar mahasiswa pendidikan kimia UIN Walisongo Semarang dalam kategori cukup, hal tersebut didapatkan dari skor rata-rata presentase motivasi belajar yang berjumlah 46,31%.
Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA Luthfira Yase; Syamsi Aini
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 4 No 3 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/epk.v4i3.342

Abstract

Materi sistem koloid merupakan materi yang dipelajari di kelas XI SMA/MA pada semester genap. Hasil wawancara beberapa guru kimia di MAN 1 Kota Padang menyatakan bahwa bahan ajar pada materi sistem koloid cenderung berpusat pada pendidik dan hanya menampilkan 2 dari 3 level representasi kimia, sehingga peserta didik cenderung pasif. Materi sistem koloid bersifat faktual dan teoritis, oleh karena itu diperlukannya media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menguji tingkat keefektifan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai n-gain yang tinggi, sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor sedang. Keputusan pada uji hipotesis yaitu H0 ditolak. Berdasarkan analisis data tersebut artinya penggunaan media pembelajaran PowerPoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem koloid efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik Pada Materi Asam Basa Novi Arnita Devi; Fajriah Azra
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 4 No 3 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/epk.v4i3.345

Abstract

Model mental merupakan representasi mental pribadi peserta didik terhadap suatu ide atau konsep. Model mental mewakili ide-ide dalam pikiran individu yang digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan suatu fenomena. Model mental peserta didik sangat penting untuk diketahui oleh guru karena dapat mengetahui tingkat pemahaman, kesulitan, dan miskonsepsi yang dialami peserta didik. Model mental peserta didik dapat diketahui dengan memberikan suatu tes diagnostik. Oleh karena, itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Untuk Melihat Gambaran Model Mental Peserta Didik Pada Materi Asam Basa yang memenuhi kriteria instrumen tes yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Treagust (1988). Berdasarkan hasil validasi terhadap lima orang validator, instrumen tes diagnostik dinyatakan valid dari segi konten dan konstruk dengan nilai rata-rata 0,84. Berdasarkan hasil uji coba terhadap peserta didik, didapatkan nilai relibilitas instrumen tes diagnostik pada tingkat pertama (first-tier) dan tingkat ketiga (third-tier) adalah sebesar 0,84 dan 0,83 dengan kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indtrumen tes diagnostik yang dikembangkan sudah valid dan sudah memiliki kriteria instrumen tes yang baik.
Validity of Buffer Solution e-Module based on Problem Based Learning Novicha Effendi; Iryani Iryani
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 4 No 3 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/epk.v4i3.350

Abstract

The Validity of buffer solution e-modules based on problem-based learning has been conducted. This study aimed to determine the category of Validity of buffer solution e-Modules based on Problem-Based Learning (PBL) has been developed. The type of research conducted is educational design research (EDR) with a plomp development model. The Plomp development model consists of 3 stages: preliminary research, prototyping stage, and assessment phase. However, this research is limited to the prototype III. Validation of e-modules using a questionnaire instrument consisting of content, constructs, graphics and language aspects. Seven validators validate the module. The results of the validity data analysis show that the module generated meets the valid criteria in terms of content, constructs, graphics and language aspects.
Efektivitas Penggunaan Modul Reaksi Reduksi Oksidasi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Mipa SMA/MA Mutiara Yolanda; Iryani Iryani
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 4 No 3 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/epk.v4i3.354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul reaksi reduksi oksidasi berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan ialah 20 soal pilihan ganda untuk pretest serta posttest. Nilai N-Gain diperoleh pada kelas eksperimen 67% pada kategori cukup efektif sedangkan kelas kontrol 32% pada kategori tidak efektif. Hasil uji U pada taraf nyata 0,05 Uhitung (9) < Utabel (391) menunjukkan hipotesis diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul reaksi reduksi oksidasi berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Analisis Chapter Book IPA Kelas X SMA/MA pada Materi Hukum Dasar Kimia Berdasarkan Muatan Literasi Sains Rindina Yunizar Puteri; Eka Yusmaita
Entalpi Pendidikan Kimia Vol 4 No 3 (2023)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/epk.v4i3.355

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia faktanya masih tergolong rendah. Kemampuan literasi sains yang rendah dapat ditingkatkan melalui berbagai upaya, salah satunya melalui penyediaan buku yang disusun berdasarkan aspek literasi sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keseimbangan muatan literasi sains yang tersaji di dalam buku teks IPA kurikulum merdeka kelas X SMA/MA yang ditetapkan sebagai buku teks utama oleh Kemendkibud pada materi hukum dasar kimia berdasarkan muatan literasi sains sehingga akan diketahui apakah buku teks tersebut telah merepresentasikan tujuan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif berupa analisis dokumen dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase 4 kategori literasi sains yang tersaji belum ideal, yaitu 64,76% untuk aspek pengetahuan sains, 22,86% untuk aspek penyelidikan hakikat sains, 9,52% untuk aspek sains sebagai cara berpikir, dan 2,86% untuk aspek interaksi sains, teknologi, dan masyarakat atau memiliki perbandingan 23:8:3:1. Berdasarkan hasil tersebut buku teks yang dianalisis belum merepresentasikan tujuan kurikulum merdeka secara baik. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menganalisis buku teks utama lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Page 1 of 1 | Total Record : 7