cover
Contact Name
Ary Purmadi
Contact Email
arypurmadi@undikma.ac.id
Phone
+6281917931525
Journal Mail Official
jdm@undikma.ac.id
Editorial Address
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jdm/about/editorialTeam
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Dedikasi Madani : Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 29641519     DOI : Prefix 10.33394
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Dedikasi Madani (JDM) contains scientific articles from community service, empowerment, and training in multidiciplinary science.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2023): July" : 13 Documents clear
Pelatihan Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Ani Endriani; Nuraeni Nuraeni
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8517

Abstract

AbstractThe purpose of this community service is to equip PAUD teachers in dealing with children with special needs. The target of this training is to provide 40 PAUD teachers from various PAUD institutions in DKI Jakarta province, students with special needs who really need special attention and treatment. Learning and treatment for classes with children with special needs are different from ordinary classes, so it requires teachers who are able to master classes, students, learning and special handlers. The hope of this activity is that with the knowledge they have about children with special needs, it is hoped that PAUD teachers will be able to provide maximum services according to the specificities of children to achieve optimal development.AbstrakTujuan pengabdian ini untuk membekali guru PAUD dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Sasaran pelatihan ini diberikan pada guru-guru PAUD dari berbagai lembaga PAUD di propinsi DKI Jakarta sebanyak 40 guru, dengan siswa berkebutuhan khusus yang sangat memerlukan perhatian dan perlakukan yang khusus. Pembelajaran dan perlakuan bagi kelas yang memiliki anak berkebutuhan khusus berbeda dengan kelas biasa sehingga memerlukan guru yang mampu untuk menguasai kelas, siswa, pembelajaran serta penangan yang bersifat khusus. Harapan dari kegiatan ini  yaitu dengan pengetahuan yang dimiliki tentang anak berkebutuhn khusus  diharapkan guru PAUD mampu melakukan pelayanan yang maksimal disesuaikan dengan kekhususan anak untuk mencapai perkembangan yang optimal.
PENDAMPINGAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI DESA MUMBUL SARI KABUPATEN LOMBOK UTARA Ni Made Sulastri; Dewi Rayani; Herlina Herlina
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8340

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, oleh karena keberadaan Pendidikan akan berpengaruh terhadap kehidupan dalam keluarga. Pendidikan keluarga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap perkembangan kepribadian anak karena sebagian besar kehidupan anak berada ditengah tengah keluarganya. Begitu penting pengaruh pendidikan dalam keluarga, sehingga orangtua harus menyadari tanggung jawab terhadap anaknya. Namun pada kenyataannya, kondisi ekonomi keluarga tentu saja berbeda, tidak semua keluarga memiliki kemampuan ekonomi yang memadai dan mampu memenuhi segala kebutuhan anggota keluarga. Salah satu pengaruh yang ditimbulkan oleh kondisi ekonomi yang seperti ini adalah orang tua tidak sanggup menyekolahkan anaknya sehingga menyebabkan angka putus sekolah semakin meningkat. Banyak sekali faktor yang menyebabkan anak putus sekolah, seperti faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri anak, baik berupa kemalasan, hobi bermain, dan rendahnya minat yang menyebabkan anak putus sekolah. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri anak baik berasal dari orang tua yakni keadaan ekonomi keluarga, perhatian orang tua, hubungan orang tua yang kurang harmonis, latar belakang pendidikan orang tua dan lingkungan pergaulan sehingga menyebabkan dorongan anak untuk bersekolah juga rendah.Kata kunci : remaja, putus sekolahEducation is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process so that students actively develop their potential, because the existence of education will affect life in the family. Family education has a very strong influence on the development of a child's personality because most of a child's life is in the midst of his family. So important is the influence of education in the family, so parents must be aware of their responsibility towards their children. But in reality, the economic conditions of families are of course different, not all families have adequate economic capacity and are able to meet all the needs of family members. One of the effects caused by this economic condition is that parents cannot afford to send their children to school, causing the dropout rate to increase. There are many factors that cause children to drop out of school, such as internal factors and external factors. Internal factors are factors that come from within the child, whether in the form of laziness, hobby to play, and low interest that causes children to drop out of school. Meanwhile, external factors are factors that come from outside the child, both from the parents, namely the economic situation of the family, parental attention, less harmonious parental relationships, parents' educational background and social environment, which causes low motivation for children to go to school. Keywords: teenagers, drop out of school
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENGAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LABUAPI Mujiburrahman .; Lu'luin Najwa; Menik Aryani
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8488

Abstract

Abstract The purpose of this community service activity is (1) to socialize character education to teachers, parents and principals of SDN 1 Labuapi, and (2) to compare their understanding between before and after being given socialization about character education. The approach used is in the form of socialization with lectures, questions and answers, giving examples, and discussions. The data analysis technique used is qualitative method. This activity succeeded in increasing the knowledge, understanding, and skills of parents and teachers in carrying out character education for their children.Abstrak Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah (1) menyosialisasikan pendidikan karakter kepada guru, orang tua dan kepala sekolah SDN 1 Labuapi, dan (2) membandingkan pemahaman mereka antara sebelum dan sesudah diberikan sosialisasi tentang pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan berupa sosialisasi dengan ceramah, tanya jawab, pemberian contoh, dan diskusi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan orang tua dan guru dalam melaksanakan pendidikan karakter bagi anak-anak mereka.. 
LAYANAN INFORMASI TENTANG FASE PERKEMBANGAN ANAK UNTUK POLA ASUH ORANG TUA LEBIH BAIK Reza Zulaifi; M Zainuddin
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8421

Abstract

AbstrakPerkembangan berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Setiap anak akan mengalami fase-fase perkembangan dalam hidupnya, yaitu: bayi, kanak-kanak, anak, remaja, dewasa, dan masa tua. Setiap fase perkembangan mempunyai serangkaian tugas perkembangan yang harus diselesaikan dengan baik oleh setiap individu. Sebab kegagalan menyelesaikan tugas-tugas perkembangan pada fase tertentu berakibat tidak baik pada kehidupan fase berikutnya. Sebaliknya keberhasilan dalam     menyelesaikan tugas-tugas perkembangan pada fase tertentu akan memperlancar pelaksanaan tugas-tugas perkembangan pada fase berikutnya. Untk memaksimalkan anak memenuhi tugas perkembangannya maka diperlukan dampingan dari orang tua yang selalu mengarahkan dan memberikan suport melalui polah asuh yang baik untuk itu setiap orang tua perlu memahami setiap fase perkembangan anak dan memahami tugas perkembangan di setiap fase perkembangannya sehingga para orang tua dapat penentukan pola asuh yang akan diterapkan kepada anaknya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2023 di kantor desa Tibusisok, Desa Tibu Sisok, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok tengah, NTB. Peserta dalam penyuluhan ini adalah para orang tua yang tergabung dalam kelompok PKK. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para orang tua pada khususnya dan masyarakat pada umumnya karena memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang fase-fase perkembangan dan tugas perkembangan anak. kegiatan ini menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat untuk memperhatikan hal-hal yang dapat dilakukan untuk memberikan pola asuh yang baik.
PENYULUHAN TENTANG PENGOLAHAN DAN PEMASARAN GULA AREN DI DUSUN KEBON BARU DESA GIRI MADIA KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT Menik Aryani; Mujiburrahman .; Taufik Suadiyatno
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8489

Abstract

Abstract Madia Village is a village where most of the people cultivate plantation land, one of which is to process sap water into sugar arena or brown sugar. The purpose of this community service activity is so that partner community groups can improve knowledge, skills, and mastery of appropriate technology and master product marketing technology. This method of service is carried out with a Participatory Rural Appraisal (PRA) approach. Improving packaging and marketing patterns will have a positive impact and can increase consumer interest and purchasing power and have their own characteristics to attract consumers both from inside and outside the West Nusa Tenggara region. The results of service activities succeeded in providing knowledge and understanding of palm tree cultivation, diversification of processed products and the use of mobile phones as a means of promoting palm sugar products.Abstrak Desa Madia adalah desa yang sebagian besar masyarakatnya mengolah lahan perkebunan, salah satunya adalah mengolah air nira menjadi gula arena tau gula merah. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini agar kelompok masyarakat mitra dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan teknologi tepat guna  serta menguasai teknologi pemasaran produk. Metode pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Peningkatan pola kemasan dan pemasaran akan berdampak positif dan dapat meningkatkan minat dan daya beli konsumen serta memiliki ciri khas tersendiri untuk menarik konsumen baik dari dalam maupun luar wilayah Nusa Tenggara Barat. Hasil kegiatan pengabdian berhasil memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang budidaya pohon aren, diversifikasi produk olahan dan penggunaan handphone sebagai sarana dalam mempromosikan produk gula aren.
Pengolahan Fases Sapi untuk Pembuatan Pupuk Kandang Guna Meningkatkan Kesuburan Tanah Sebagai Media Tanam Apotek Hidup di Desa Sesaot Farida Fitriani; Rilam Ibram Sapitri; Baiq Salita Kartiani; Baiq Desy Arfini
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.7970

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk memanfaatkan atau mengoptimalkan pembudidayakan fases sapi menjadi pupuk kendang guna meningkatkan kesuburan tanah, dan sebagai media tanam apotek hidup di Desa Sesaot. Metode pengabdian ini dilakukan dengan pelatihan dan praktek pengolahan fases sapi dengan tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun hasil pengabdian ini yaitu pada tahap persiapan berjalan dengan lancar dengan menyiapkan beberapa keperluan administrasi. Tahap perlaksanaan dilakukan di hari selasa yang diikuti 23 warga berjalan dengan baik. hal tersebut dapat dilihat dari antusias warga Desa Sesaot dengan mengajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan terkait pengolahan, saat narasumber memberikan pengetahuan tentang pengertian kotoran ternak atau fases sapi, macam-macam pupuk dan spesifikasinya, faktor-faktor yang mempengaruhi pengomposan, prosedur pengimposan, kegiatan yang dilakukan selama pengomposan, pemanenan pupuk organik, analisis kualitas pupuk organik, cara penggunaan pupuk organik, dan cara penjualan pupuk organik. Kemudian, valuasi dilakukan selama sebulan melalui tatap muka. Dalam kegiatan evaluasi juga, tim dan warga saling berdiskusi terkait hal-hal yang perlu diperbaiki atau perbaharui kedepannya.
Penyuluhan Bahaya Perilaku Bullying Pada Siswa SMP Negeri 3 Montong Gading Lombok Timur NTB M Zainuddin; Reza Zulaifi
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8386

Abstract

Bullying merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Inggris. Bullying berasal dari kata bully yang artinya penggertak, orang yang mengganggu orang yang lemah. Beberapa istilah dalam bahasa Indonesia yang seringkali dipakai masyarakat untuk menggambarkan fenomena bullying di antaranya adalah penindasan, penggencetan, perpeloncoan, pemalakan, pengucilan, atau intimidasi. Dari menjamurnya kasus-kasus bullying yang ada di lembaga pendidikan di Indonesia khususnya lingkungan sekolah, penulis menetapkan lokasi penyuluhan yang berkaitan dengan perilaku bullying di jenjang pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dengan tema “penyuluhan bahaya perilaku bullying pada siswa SMP Negeri 3 Montong gading Lombok Timur NTB”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu, tanggal 17 Juni 2023 yang diikuti oleh siswa/I SMP Negeri 3 Montong gading sebanyak 68 orang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan dampak preventif bagi siswa sehingga perilaku bullying tidak terjadi baik dilingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat. Kegitan penyuluhan ini mendapat respon yang baik dari peserta. Hal ini dapat dilihat dari respon peserta saat kegiatan penyuluhan berlangsung. Dimana tingkat diskusi yang terjadi cukup antusias dan merata serta menunjukkan tingkat pemahaman yang baik dari para siswa/I SMP Negeri 3 Montong gading Lombok Timur NTB. Kata kunci: Pengetahuan, Remaja, bullying Bullying is an absorption word from English. Bullying comes from the word bully which means bully, people who bully weak people. Several terms in Indonesian that are often used by the public to describe the phenomenon of bullying include bullying, bullying, hazing, bullying, exclusion, or intimidation. From the proliferation of bullying cases in educational institutions in Indonesia, especially the school environment, the authors determine the location of counseling related to bullying behavior at the educational level. This community service activity was carried out in the form of counseling with the theme "counseling on the dangers of bullying behavior in students of SMP Negeri 3 Montong Gading, East Lombok, NTB". This activity was held on Saturday, 17 June 2023 which was attended by 68 students of SMP Negeri 3 Montong Gading. The purpose of this activity is to provide a preventive impact on students so that bullying behavior does not occur either in the school, family or community environment. This outreach activity received a good response from the participants. This can be seen from the response of the participants during the extension activities. Where the level of discussion that occurred was quite enthusiastic and evenly distributed and showed a good level of understanding from the students of SMP Negeri 3 Montong Gading, East Lombok, NTB.Keywords: Knowledge, Adolescents, bullying
Pengabdian Kepada Masyarakat; Pelayanan Bimbingan Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Sekaroh Lombok Timur Zinnurain Zinnurain; Jessica Festy Maharani; M Najamuddin
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8490

Abstract

AbstractThe purpose of the program is as an effort to provide services to parents and early childhood in Sekaroh village in order to get the opportunity to learn briefly about family education and early childhood education through community service activities; Family Education and Early Childhood Education Guidance Services in Sekaroh Village, East Lombok. The method used in community service activities (PKM) is the lecturing and drill method. The activity was carried out in Sekaroh Village, Jerowaru District, East Lombok Regency. This activity is carried out during the second semester period of the 2022/2023 academic year. This activity lasted for 1 month from 8 May to 5 June 2023. The collecting data instrument used was an interview questionnaire with interview subjects namely parents and children. The results of the activity show that in stage 1 the evaluation results showed an increase in understanding based on the results of a questionnaire filled in as much as 45% of parents and children understood the material presented and succeeded in completing the activities given by the team but with the "Low" category. In stage 2 the evaluation results showed an increase in understanding based on the results of a questionnaire filled in by showing presentations of 67% of parents and children understanding the material presented and successfully completing the activities given by the team in the "Medium" category. In stage-3 the evaluation results show an increase in understanding. Based on the results of the completed questionnaire, with a percentage of 88%, parents and children understood the material presented and successfully completed the activities given by the team in the "High" category. It can be concluded that Family Education and Early Childhood Education Guidance Services in Sekaroh Village, East Lombok" can be categorized as "successful". AbstrakTujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan pelayanan kepada orang tuan dan anak-anak usia dini desa Sekaroh agar memperoleh kesempatan belajar tentang pendidikan keluarga dan pendidikan anak usia dini secara singkat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat; Pelayanan Bimbingan Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Sekaroh Lombok Timur. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah metode ceremah dan drill. Kegiatan dilaksanakan di desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada periode pelaksanaan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan mulai dari 8 Mei sampai dengan 5 Juni 2023. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni angket wawancara dengan subjek wawancara yakni orang tua dan anak. Hasil kegiatan menunjukkan pada tahap-1 hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman berdasarkan hasil angket yang diisi sebanyak 45 % orang tua dan anak paham terhadap materi yang disampaikan dan berhasil menyelesaikan kegiatan yang diberikan oleh tim namun dengan kategori “Rendah”. Pada tahap-2 hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman berdasarkan hasil angket yang diisi dengan menunjukkan presentasi sebanyak 67 % orang tua dan anak paham terhadap materi yang disampaikan dan berhasil menyelesaikan kegiatan yang diberikan oleh tim dengan kategori “Sedang”. Pada tahap-3 hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman. Berdasarkan hasil angket yang diisi, dengan presentase sebanyak 88%, orang tua dan anak paham terhadap materi yang disampaikan dan berhasil menyelesaikan kegiatan yang diberikan oleh tim dengan kategori “Tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa Pelayanan Bimbingan Pendidikan Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Sekaroh Lombok Timur” dapat dikategorikan “Berhasil”.
WORKSHOP OPTIMALISASI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA Lu'luin Najwa; Menik Ariani; I Made Sonny Gunawan; Dewi Rayani
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.7912

Abstract

This Community Service aims to optimize the school environment as a source of learning. PKM activities were carried out offline and attended by 52 teachers of SMAN 1 Gerung and 10 PLP students. Workshop participants identify and map the potential of the school environment as a learning resource according to Basic Competencies (KD), arrange the potential of the school environment according to KD and relevant subjects. Teachers are expected to take the initiative to pay more attention to the school environment as a learning resource and learn more about the resources available.Abstrak Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Kegiatan PKM dilakukan secara luring/offline dan diikuti oleh guru SMAN 1 Gerung yang berjumlah 52 orang dan 10 orang mahasiswa PLP. Peserta workshop melakukan identifikasi dan pemetaan potensi lingkungan sekolah sebagai sumber belajar sesuai Kompetensi Dasar (KD), melakukan penataan potensi lingkungan sekolah sesuai KD dan mata pelajaran yang relevan. guru diharapkan dapat mengambil inisiatif untuk lebih memperhatikan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dan mempelajari lebih lanjut tentang sumber daya yang tersedia. 
PELATIHAN MELAKUKAN EVALUASI DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE FORM Rindawan Rindawan; Fadli Zainuddin; P. Muhammad Yusuf; Arif Yanuar Musrifin; Andi Anshari Bausad
Jurnal Dedikasi Madani Vol 2, No 1 (2023): July
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/jdm.v2i1.8399

Abstract

ABSTRAKPemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan belajar dan bekerja dari rumah sejak pertengahan Mei 2020. Dengan adanya kebijakan ini membuat seluruh guru melakukan pembelajaran jarak jauh. Karena kebijakan ini muncullah permasalahan yang diakibatkan tidak semua guru mahir menggunakan teknologi internet untuk penunjang kegiatan pembelajaran online dan perlu pendampingan dan pelatihan terlebih dahulu. Kegiatan Abdimas ini bertujuan untuk memperkenalkan google form dikalangan guru-guru sekolah dasar di pedesaan seperti di SDN 3 Ungga ini. Tujuan khusus kegiatan ini yaitu pelaksanaan evaluasi siswa dimasa pandemi ini lebih praktis. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan menggunakan media online. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi, dan pelatihan. Sosialisasi lakukan dengan tujuan memperkenalkan apa itu google form, bagaimana kelebihan google form dan bagaimana pemanfaatannya. Hasil kegiatan dirasakan bermanfaat bagi guru-guru serta keberhasilan kegiatan abdimas ini dalam kategori berhasil.Kata Kunci: Abdimas, Google Form, SDN 3 Ungga ABSTRACT The Indonesian government through the Ministry of Education and Culture has implemented a policy of learning and working from home since mid-May 2020. With this policy, all teachers undertake distance learning. Because of the policy, problems arose caused not all teachers were proficient in using internet technology to support online learning activities and needed assistance and training first. This Abdimas activity aims to introduce google form among elementary school teachers in rural areas such as SDN 3 Ungga. The specific purpose of this activity is that the implementation of student evaluations during this pandemic is more practical. The method of implementing this activity is carried out using online media. This activity begins with socialization and training. Socialization is done with the aim of introducing what is google form, how the advantages of google form and how to use it. The results of the activity are considered to be of benefits for teachers as well as the success of this community service activity in the category of success.Keyword: Community Service, Google Form, SDN 3 Ungga

Page 1 of 2 | Total Record : 13