cover
Contact Name
Anna Musyarofah
Contact Email
musyarofah@iainsasbabel.ac.id
Phone
+6285267582433
Journal Mail Official
almuarribpbababel@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Petaling KM 13 Kec. Mendo Barat Kab. Bangka Prov. Kep. Bangka Belitung 33173
Location
Kab. bangka,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : -     EISSN : 28093186     DOI : https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712
Core Subject : Education,
Al-Mu’arrib: Journal of Arabic Education is a multilingual (bahasa, arabic, english), peer-reviewed and specialized in arabic education and arabic studies. It’s published twice in a year since 2020 by Arabic Education Department, Faculty of Education, Syaikh Abdurrahman Siddik Islamic State Institute Bangka Belitung. This jounal’s aim is to publish articles to all aspect of Arabic education and literature. The journal encompasses original research articles and review articles, including arabic teaching as a foreign language, arabic linguistic and literature, arabic history, history of arabic education, arabic islamic culture, strategy of arabic language teaching and learning, media of arabic language teaching and learning and technology of arabic teaching and learning, arabic second language acquisition, evaluation of arabic teaching.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab" : 5 Documents clear
Analisis Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2017 IAIN SAS Babel Semasa Pandemi Covid-19 Firda yanti
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1192.927 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2049

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan memberikan gambaran pembelajaran daring mahasiswa pendidikan bahasa arab IAIN SAS Bangka Belitung semasa pandemi covid-19. Subjek penelitiannya yaitu mahasiswa pendidikan bahasa arab sendiri di IAIN SAS Bangka Belitung, terkhusus mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan cara pengambilan sampel dengan non-probability sampling (al-mu’ayyanah al-laihtimaliyyah). Data dikumpulkan dengan wawancara melalui telepon via whatsApp dengan mahasiswa tersebut mengenai deskripsi pembelajaran secara daring. Kemudian mahasiswa pun memaparkan kepada peneliti mengenai pembelajaran daring yang mereka laksanakan semasa pandemi covid-19 ini. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring mahasiswa pendidikan bahasa arab cukup efektif ditengah pandemi ini, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan demi memaksimalkan pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Abstract This research is a qualitative descriptive study which aims to provide an overview of online learning of Arabic language education students at IAIN SAS Bangka Belitung during the Covid-19 pandemic. The research subjects were students of Arabic language education themselves at IAIN SAS Bangka Belitung especially for 2017 Arabic Language Education students. This study uses a sampling method with non-probability sampling (al-mu’ayyanah al-laihtimaliyyah). Data were collected by telephone interviews via WhatsApp with these students regarding online learning descriptions. Then the students explained to the researchers about the online learning they carried out during the Covid-19 pandemic. The results of the study show that online learning of Arabic language education students is quite effective in the midst of this pandemic, but there are several things that need to be considered in order to maximize learning to be more effective and efficient.
Pendekatan Aural-Oral Approach Dalam Keterampilan Berbahasa Arab Fitri Fitri Nurkholis Nurkholis; Ela Isnani Munawwaroh
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1246.295 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2059

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sosial dan kebudayaan masyarakat. Seiring dengan perkembangan itu, ditemukan berbagai kesulitan dalam memepelajarinya khususnya dalam hal penuturan atau berbicara menggunakan bahasa Arab. Salah satu metode atau pendekatan yang bisa diterapkan dalam meningkat keterampilan berbicara yakni pendekatan Aural Oral Approach. Pentingnya mengkaji mengenai ini adalah agar kita bisa memahami pendekatan yang seperti apa yang efektif kita terapkan dalam pembelajaran bahasa arab khususnya keterampilan berbicara. Pendekatan Aural Oral Approach atau lazim disebut pendekatan Mendengar-Mengucapkan merupakan pendekatan pembelajaran bahasa arab yang tidak hanya menerapkan cara mengajar yang sesuai dengan proses mempelajari bahasa, tetapi juga memberikan pertimbangan antara kemahiran menyimak, bercakap cakap, membaca dan menulis. Prinsip pendekatan ini melibatkan Pelajar dan pengejar, dengan cara guru membacanya berulang kali, dan pelajar menyimak tanpa melihat teks. Beberapa kelebihan pada pendekatan ini yakni pelajar memiliki pelafalan yang bagus,terampil membuat pola kalimat baku yang sudah dilatihkan Pelajar dapat melakukan komunikasi lisan dengan baik dan lain sabagainya. Akan tetapi pastinya terdapat kekurangan dalam pendekatan ini kekurangannya salah satunya yakni Respon pelajar cenderung mekanistis, sering tidak mengetahui atau tidak memikirkan makna ujaran yang diucapkan.
Problematika Penerjemahan Teks Bahasa Arab di Kelas VIII MTs Negeri 3 Bangka Siti Amalia; Dody Irawan
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1175.329 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2079

Abstract

Penerjemahan adalah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pembelajaran bahasa arab. Namun sebagian dari mereka menghadapi kesulitan ketika menerjemahkan teks bahasa arab ke dalam bahasa indonesia. Kesulitan siswa dalam pemerjemahan menjadi penghambat tercapainya tujuan yang ingin dicapai dari pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika problematika siswa dalam menerjemahkan teks bahasa arab ke bahasa indonesia di MTs Negeri 3 Bangka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan wawancara dan observasi ke lapanga n. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa masih kesulitan dalam memilih kosa kata, tata kalimat (qowaid), susunan kalimat, latar belakang siswa yan berasal dari lulusan sekolah umum, kamus yang kurang memadai dan kurangnya motivasi belajar siswa untuk belajar bahasa arab.
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NURUL MUTTAQIN SIMPANG TIGA Hari Ariyanti; Syarifah Syarifah
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.272 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2080

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang sering terjadi di dunia pendidikan bahwa tidak semua pembelajaran akan mencapai tujuan yang diinginkan. Permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pemanfaatan dan penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa arab. Strategi yang terkesan monoton menyebabkan kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan untuk pembelajaran bahasa arab. Minat merupakan salah satu faktor internal siswa yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar. Minat belajar yang tinggi akan membuat siswa bersemangat dalam belajar dan dapat dengan mudah mencapai kompetensi yang ingin dicapai. Untuk memotivasi siswa diperlukan strategi tertentu dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Kooperatif dan PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan).
Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal Farida Far Ida; Anna Musyarofah
AL-MU'ARRIB: JOURNAL OF ARABIC EDUCATION Vol 1 No 1 (2021): Al-Mu'arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Publisher : PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1551.862 KB) | DOI: 10.32923/al-muarrib.v1i1.2100

Abstract

Kegiatan menganalisis butir soal adalah kegiatan yang harus dilakukan guru dalam rangka meningkatkan mutu soal yang telah disusun dan bertujuan untuk mengadakan identifikasi soal-soal yang baik, kurang baik, dan soal yang jelek. Dengana analisis soal dapat diperoleh informasi tentang kejelekan sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan. Soal ulangan akhir semester (UAS) bahasa arab buatan guru di MA Al-Islam Kemuja belum pernah dianalisis baik secara kualitas dan kuantitats. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal dari tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda soal pada UAS semester genap mata pelajaran bahasa arab kelas X di MA Al-Islam Kemuja tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil analisis validitas menunjukkan 11 soal kategori soal yang valid dan 24 soal dalam kategori tidak valid. pada hasil analisis reliabilitas menunjukkan besarnya korelasi koefesien r11=0,669 ini menunjukkan reliabilitas butir soal memiliki kategori soal yang rendah reliabilitasnya. Pada tingkat kesukaran menunjukkan soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 10 butir soal (28%), sedang berjumlah 23 butir soal (66%) dan mudah berjumlah 2 butir soal (6%). Sedangkan hasil analisis daya beda butir soal menunjukkan daya pembedanya tidak baik berjumlah 19 butir (54%), butir soal yang daya pembedanya cukup baik berjumlah 3 butir (9%) dan butir soal yang daya pembedanya baik berjumlah 13 butir (37%).

Page 1 of 1 | Total Record : 5