cover
Contact Name
Muhammad Muzakki
Contact Email
kangzaky92@gmail.com
Phone
+62081259428689
Journal Mail Official
muhammadmuzakki@unimudasorong.ac.id
Editorial Address
Jalan K.H. Ahmad Dahlan No.1, Mariat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya - 98418, Kabupaten Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
ISSN : -     EISSN : 29628172     DOI : 10.36232
Core Subject : Religion, Education,
Pendidikan Islam, pendidikan Madrasah, Managemen pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Pendidikan di Pesantren, dan Inovasi Pendidikan Islam
Articles 22 Documents
IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN (AIK) DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG Abdul Gani; Jumadi Jumadi
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 1 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.539 KB) | DOI: 10.36232/paida.v1i1.2206

Abstract

Isu moderasi beragama merupakan topic yang hangat diperbincangkan di Indonesia baik itu dari kalangan akademisi, birokrasi pemerintah, hingga ormas keagamaan. Topic ini bukanlah suatu perdebatan dalam temporal waktu tertentu, melainkan moderasi dan toleransi adalah kebutuhan atas keberagaman identitas Suku, Ras, maupun Agama di Tanah air yang harus selalu dipupuk dari masa ke masa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi moderasi beragama pada Mata Kuliah al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) dalam merajut Moderasi beragama di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong Provinsi Papua Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti mengumpulkan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam pelaksanaan mata kuliah al-Islam Kemuhammadiyahan mahasiswa baik itu yang Muslim dengan presentase 30% maupun mahasiswa Nasrani dengan presentase 70% mampu menjalin interaksi yang harmonis. Namun tidak dapat dipungkiri dibalik interaksi yang terjalin terdapat potensi konflik Suku Agama dan Ras (SARA) yang begitu kuat, beberapa insiden di tanah Papua menunjukan SARA adalah perkara fundamental yang dapat memicu konflik. Walau SARA merupakan tiga variable berbeda, namun ketika insiden tertentu terjadi maka ketiga hal itu bisa saja berubah menjadi satu. Tetapi, selama masing-masing pihak mampu memainkan peran dengan baik dengan tidak mudah termakan profokasi yang merugikan, potensi ini bisa diredam walau tetap tidak dapat diabaikan dan diremehkan begitu saja.
KEESAAN AL-KHALIK DAN PLURALITAS MAKHLUK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-ZUMAR: 62 Ambo Tang
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 1 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.12 KB)

Abstract

al-Khalik merupakan salah satu nama Allah, meyakini bahwa Dia-lah yang maha pencipta. Mengesakan Allah berarti mentauhidkan-Nya dalam rububiyah, uluhiyah, dan asma wa sifat al-Husna. Tujuan penelitian ini adalah sebagai wasilah memperoleh ilmu pengetahuan tentang keesaan Allah dan memberi kesadaran bahwa makhluk yang beraneka ragam (plural) merupakan ciptaan Allah yang maha pencipta sesuai dengan kehendak dan hikmah-Nya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, Objek Penelitian pada penelitian ini adalah Al-Qur’an surah Al-Zumar ayat 62, data primernya adalah kitab-kitab tafsir dan data sekunder berupa buku, dan artikel jurnal ilmiah.
MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI MTS PONPES DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO Budi Santoso; Marlan Marlan
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 1 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.904 KB)

Abstract

: Kurikulum sebuah pendidikan senantiasa mengalami perkambangan dan pendidikan. Di dalam kurikulum tidak dikenal istilah up to date. Kurikulum selalu mengalami perubahan dan perkembangan, seiring perubahan dan perkembangan yang terjadi di dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui Manajemen Pengembangan Kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Pendekatan yangdigunakan adalah pendekatan studi kasus, Jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui: observasi, Interview (Wawancara), Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Perencanan manajemen pengembangan kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul Fikri dilakukan dengan membentuk panitia workshop manajemen kurikulum, Pelaksanaan manajemen pengembangan kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul meliputi: Akidah Akhlaq, Al-Qur’an Hadist, Fikih, SKI dan Bahasa Arab, Dampak manajemen pengembang Kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo dapat dilihat melalui dua hal: Pertama, dampak bagi lembaga, yaitu lembaga terjadi peningkatan hasil nilai akreditasi dari terakreditasi B ke terakreditasi A dan mendapat kepercayaan dari masyarakat yang terbukti dengan semakin bayaknya santri yang mendaftar di MTs Ponpes Darul Fikri. Kedua, dampak bagi siswa yaitu prestasi siswa dalam bidang AKSIOMA (Ajang Kompetensi Seni dan Olah Raga madrasah) yang berupa masuk sampai tingkat Propinsi Jawa Timur. Nilai Akademik pada 5 tahun terakir selalu masuk tiga besar dari tujuh Madrasah yang ada di KKM Pulosari dan 10 besar di tingkat Kabupaten Ponorogo.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MATERI QAWAID MELALUI METODE MIND MAP BAGI MAHASISWA TAMHIDY MA’HAD BILAL BIN RABAH SORONG TAHUN AJARAN 2018/2019 Arif Pramana Aji; Muhammad Muzakki
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 1 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (872.87 KB)

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses yang bertujuan mengubah tingkah laku seseorang, di mana adanya interaksi antara guru dan peserta didik. Dalam pembelajaran dibutuhkan adanya sebuah metode yang tepat agar tercapainya sebuah tujuan pembelajaran. Mata pelajaran bahasa Arab adalah mata pelajaran yang harus mahir di empat bagian yaitu pendengaran, penglihatan, penulisan dan pengucapan, untuk mahir berbahasa Arab maka harus menguasai materi qawaid. Urgensi bahasa Arab tentunya dilatarbelakangi sebagai bahasa Al-Qur’an al-Karim, bahasa shalat, bahasa al-hadits, dan bahasa internasional. Ma’had Bilal Bin Rabah ditempuh selama lima semester yaitu dimulai pada tingkatan kelas tamhidy atau persiapan. Metode mind map dapat dijadikan salah satu solusi dalam membantu dosen untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata pelajaran qawaid. Penelitian ini hendak mengungkap bagaimana metode meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui metode mind map pada pembelajaran bahasa Arab materi qawaid kelas tamhidy di Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong tahun ajaran 2018/2019, penghambat serta pendukungnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta menggunakan bidang keilmuan manajemen kerangka berfikir. Dalam menentukan subyek penelitian mengunakan model puposive sampling, tepatnya yang dijadikan subyek penelitian adalah kelas tamhidy yang berjumlah 26 mahasiswa. Selanjutnya teknik dalam mengumpulkan data meliputi; metode observasi, metode interview atau wawancara secara mendalam, metode dokumentasi dan menggunakan angket tes tulisan. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini meliputi; (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode mind map dibagi menjadi 3 tahap, yaitu tahap teaching, team study, dan tahap penghargaan kelompok. (2) peningkatan hasil belajar mahasiswa tamhidy melalui metode mind map mengalami peningkatan pada tiap tindakan siklus. (3) hasil dari peningkatan per siklus dapat ditarik kesimpulan dikatakan berhasil.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD BILAL BIN RABAH Zulkifli Zulkifli
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 1 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.403 KB) | DOI: 10.36232/paida.v1i1.2210

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Bilal Bin Rabah mengikuti standar pembelajaran yang ada di Ma’had al-‘ulum al-Islamiyyah wal ‘Arabiyah fi Indunisia atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA), yang bertujuan untuk “Menjadi Ma’had Bahasa Arab yang terkemuka dan model dalam memajukan dan memadukan pendidikan bahasa Arab, dakwah, dan pengabdian masyarakat”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Bilal Bin Rabah ditempuh dalam dua tahun setengah dengan menggunakan buku paket yang telah disediakan mulai dari semester tamhidi (pra), kemudian semester satu, dua, tiga, dan empat. Juga ditekankan di setiap level ini diajarkan empat kemahiran yaitu kemahiran istima' (mendengar), kemahiran Al Kalam (berbicara), kemahiran qira’ah (membaca), dan kemahiran kitabah (menulis). Dengan demikian apabila mahasiswa telah selesai menempuh jenjang perkuliahan, diharapkan dapat memahami bahasa Arab, berbicara bahasa Arab, membaca tulisan-tulisan yang berbahasa Arab, dan dapat menulis bahasa Arab.
Hakikat Manusia Dan Potensi Pedagogik (Tafsir QS. Al-Nahl: 78) Ambo Tang
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 2 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.781 KB)

Abstract

Manusia merupakan salah satu ciptaan Allah yang istimewa dibanding dengan makhluk-makhluk selainnya, ketika terlahir kedunia ini ia tidak memiliki ilmu pengetahuan sedikit pun. Dalam perspektif al-Qur’an terma tentang manusia disebut al-basyar sebagai makhluk biologis, al-Insan sebagai makhluk psikis, an-nas sebagai makhluk sosial, al-ins sebagai makhluk nyata dan berwujud, dan Bani Adam sebagai makhluk anak cucu dan keturunan Adam AS. Komponen dasar manusia terdiri dari dua unsur yaitu unsur jasad dan unsur ruh. Kemudian manusia dibekali dengan potensi pedagogik berupa pendengaran, penglihatan, hati, dan akal sehat untuk dikembangkan di kemudian hari agar dapat mewujudkan jati diri dan hakikatnya sebagai khalifah fil ardh dan menghambakan diri kepada sang pencipta Allah SWT. Metode penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Data yang dianalisa berupa dokumen dalam bentuk narasi atau kata-kata bukan dalam bentuk angka dan statistik. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) kandungan surah. al-Nahl: 78.
Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah Sorong zulkifli zulkifli; Jumadi Jumadi
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 2 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.282 KB)

Abstract

Dalam berbicara bahasa Arab tentunya terdapat kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam proses berbicara bahasa Arab. Diantar kendala tersebut lawan bicara tidak memahami maksud pertanyaan yang diberikan kepadanya, belum tumbuh kemauan dan semangat berbicara bahasa Arab, kurang menyimak dan membaca, kurang kosa kata, tidak mempraktekkan kosakata yang dihafal sehingga lupa, timbulnya rasa malas belajar, ungkapan yang dituturkan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Kendala-kendala tersebut sebagai penghambat mahasiswa untuk tidak berbicara bahasa Arab, maka dibutuhkan strategi belajar bahasa Arab khususnya berbicara bahasa Arab, baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun yang dilakukan oleh pengajar bahasa Arab. Tujuan daripada penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui dan mengungkapkan keterampilan berbicara bahasa Arab yang dimiliki oleh mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah, apakah dapat berbicara bahasa Arab dan bagaimana langkah-langkah yang dilakukan agar dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab bagi mahasiswa. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripftif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket wawancara menggunakan google form. Setelah mendapatkan data dari hasil wawancara melalui angket, selanjutnya dengan data tersebut diorganisasikan, dipilah kemudian diolah, disajikan dengan proses editing, juga mengambil intisari dari data yang didapatkan. Mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah sangat ditekankan untuk latihan berbicara bahasa Arab. Upaya untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa Ma’had Bilal Bin Rabah dengan pemberian kosakata (mufrodat) dan mengembangkannya, ceramah atau pidato bahasa Arab, percakapan (muhadatsah) harian, memaksa mahasiswa untuk berbicara. memperaktikkan percakapan kepada sesama mahasiswa, menghafal percakapan. Membiasakan mahasiswa tampil di depan berbicara bahasa Arab sesuai dengan tema tertentu
Implementasi Metode Eklektik Pada Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Menguasai Ketrampilan Menyimak Dan Membaca Di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo Jumadi Jumadi; Zulkifli zulkifli
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 2 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (846.851 KB)

Abstract

Seorang pengajar dituntut untuk memaksimalkan kreativitas agar proses belajar mengajar berjalan secara aktif, efektif dan menyenangkan. Untuk memaksimalkan kretifitas tersebut hendaknya seorang pengajar harus memiliki model pembelajaran yang kiranya relevan untuk diimplementasikan di dalam pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab untuk menguasai ketrampilan menyimak dan membaca di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: bagaimana implementasi metode eklektik, apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi serta solusinya pada implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab untuk menguasai ketrampilan menyimak dan membaca di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Hasil belajar bahasa Arab digunakan untuk mengetahui keterampilan atau kemampuan pembelajaran bahasa Arab dalam menyimak dan membaca di Ma’had Ilmi Al-Ukhuwah Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eklektik berpengaruh pada hasil evaluasi siswa. terbukti hasil nilai rata-rata ujian semester dari kelas satu dan dua adalah 7,15%. Angka ini dalam kategori efektif.
Kebijakan Politik Khalifah Utsman Bin Affan Menurut Buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kurikulum 2013 Kelas X Madrasah Tsanawiyah Nashria Rahayuning Tyas; Muhammad Muzakki
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 2 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.321 KB)

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan yang paling urgen untuk membentuk karakter Muslim yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan politik khalifah utsman bin affan menurut buku Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kurikulum 2013 kelas X Madrasah Tsanawiyah. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Latar belakang perluasan wilayah yaitu faktor lingkungan umum di luar pemerintahan, ideologi dan konstirusi negara. 2) Latar belakang standarisasi al-Qur’an yaitu informasi yang tersedia dan merupakan kebijakan regulatif. 3) Latar belakang pengangkatan pejabat negara yaitu faktor latar belakang pembuat kebijakan, adanya golongan pendukung, adanya keputusan dahulu dan masih berlaku serta persyaratan sebagai gubernur terpenuhi. 4) Latar belakang pembangunan fisik yaitu untuk mewujudkan kebijakan redistributif.
Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Pemahaman Moderasi Beragama (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Malagusa Kabupaten Sorong) Arif Aji Arif; Surahman Amin; Muhammad Rusdi Rasyid
PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA Vol 1 No 2 (2022): PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA
Publisher : Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.798 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dan implikasinya dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama. 2) Bagaimana peluang dan hambatan terhadap nilai-nilai pendidikan Islam dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus, menggunakan pendekatan kualitatif, deskriptif analitik, dimana peneliti berusaha menggambarkan dan mengeintepretasikan objek atau fenomena apa adanya. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan trianggulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitiannya adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang teraplikasi di Kelurahan Malagusa Kabupaten Sorong terjadi sejak era trasmigrasi pertama kali ditahun 1980, masyarakat telah terdidik dalam pendidikan Islam sehingga nilai-niai dari Islam telah tertanam pada masyarakat muslim, yang berdampak pada moderasi beragama yang harmonis sampai saat ini. Nilai-nilai pendidikan Islam lahir dari Pendidikan keimanan, pendidikan ibadah, pendidikan akhlak, dan pendidikan sosial kemasyarakatan, dari pendidikan ini masyarakat muslim dapat meningkatkan pemahaman moderasi beragama. 2) Peluang dan hambatan dalam nilai-nilai pendidikan Islam pada masyarakat Kelurahan Malagusa memiliki hasil yaitu: segi peluang yaitu masyarakat memiliki peluang dari segi ekonomi seperti, masyarakat asli banyak membuka kios-kios dan rumah sewa untuk warga pendatang yang merasa nyaman tinggal di Kelurahan Malagusa. Segi hambatan yaitu hampir tidak ada hambatan dalam menjalankan nilai-nilai pendidikan Islam, karena diketahui bahwa suasana kenyamanan dan keharmonisan lebih mendominan sehingga hambatan-hambatan terminimalisir dengan sendirinya.

Page 1 of 3 | Total Record : 22