cover
Contact Name
Diana Magfiroh
Contact Email
jurnalmatriks@gmail.com
Phone
+62882001874032
Journal Mail Official
jurnalmatriks@gmail.com
Editorial Address
https://matriks.staiku.ac.id/index.php/jmt/editorialteam
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
ISSN : 27753832     EISSN : 27757285     DOI : 10.36418
Core Subject : Social, Engineering,
Matriks: Jurnal Sosial dan Sains is a scientific periodical that is published twice a year or 6 months. Matriks: Jurnal Sosial dan Sains is managed by the publisher Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan which publishes scientific papers in the Social and Science scientific family and has published its first edition in 2019 with p-ISSN 2775-3832 | e-ISSN 2775-7285. The scope and focus is related to research in the field of study with an emphasis on a social and sains approach, which includes: Education, Humanities, Law, Contemporary Political Science, Physic, Chemistry, Religious Sciences and Philosophy, Design Arts Sciences and Media, Sociology, Biology, Economic, Management. Matriks: Jurnal Sosial dan Sains facilitates researchers and academics to publish their scientific manuscripts while at the same time supporting the development of a research culture in Indonesia.
Articles 43 Documents
Minat Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI Korelasinya dengan Akhlakul Karimah pada Orang Tua Abdullah Abdullah
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 1 (2019): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (990.239 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i1.46

Abstract

Pendidikan merupakan proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam segala aspek kehidupan manusia, termasuk di dalamnya adalah lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat karena itu pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama di masyarakat, karena anak lahir dalam keluarga. Keluarga adalah yang pertama menjadi pendidik utama, dan dia mengajarkan cinta dan tanggung jawab penuh untuk pertumbuhan anak. Pendidikan keluarga adalah fondasi dari kekuatan atau kegagalan pendidikan lanjutan. Di sini, orang tua adalah guru pertama anak-anak. Padahal, pendidikan keluarga bersifat privat. Karena keterbatasannya, ketika orang tua harus mengalihkan tanggung jawabnya kepada orang lain, terutama di lembaga pendidikan formal, untuk diserahkan kepada guru. Pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah saling memengaruhi, karena keberhasilan pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kematangan, alat belajar, keterampilan belajar dan materi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan korelasinya dengan akhlak siswa SD X terhadap orang tua di rumah. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh angka derajat pengaruh sebesar 24% dan derajat tidak adanya pengaruh sebesar 76%. Angka tersebut mengandung arti bahwa akhlak siswa terhadap orang tua dirumah dipengaruhi oleh minat belajar mereka pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebesar 24%.
Tanggapan Siswi Memakai Busana Jilbab di Sekolah Hubungannya dengan Motivasi Mereka Memakai Jilbab Sehari-Hari Ita Lailasari
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 1 (2019): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1051.22 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i1.47

Abstract

Islam merupakan agama mayoritas dianut oleh penduduk negara Indonesia. Umat islam bebas melakukan dan melaksanakan setiap tuntutan ajaran agama islam. Salah satu ajaran islam adalah memerintahkan agar umatnya menutup aurat. Dari hasil studi pendahuluan nampak gejala disatu pihak ketentuan memakai busana jilbab setiap hari ke sekolah dan memberi tauladan pada siswa dalam hal memakai jilbab dalam aktivitas sehari-hari tersebut akan ditanggapi oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tanggapan siswi tentang memakai busana jilbab ke sekolah, motivasi siswi untuk memakai jilbab sehari-hari, dan tanggapan siswa memakai busana jilbab ke sekolah hubungannya dengan motivasi mereka untuk memakai jilbab dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memakai metode deskriptif, karena metode ini dianggap sesuai untuk menggali atau mengungkap serta menganalisis fenomena yang terjadi pada saat sekarang. Sampel yang diambil sebanyak 42 orang siswi, sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, penyebaran angket dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis parsial dan korelasioner. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa realitas yang terjadi adalah tanggapan siswi tentang memakai busana jilbab ke sekolah hubungannya dengan motivasi mereka memakai jilbab sehari-hari, termasuk dalam kategori baik karena beda dalam 3,6 – 4,5, serta realitas perilaku siswi dilihat dari motivasi mereka memakai busana jilbab sehari-hari termasuk kategori baik karena berada dalam interval 3,6 – 4,5 dan korelasinya variabel X dengan variabel Y dan nilai koefesien/korelasi yang didapat sebesar 0,34. ini menunjukkan hubungan sedang/cukup, dan derajat pengaruh variabel Y sebesar 9%, artinya masih ada 91% lagi motivasi siswi untuk memakai jilbab sehari-hari.
Tanggapan Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Hubungannya dengan Motivasi Menyekolahkan Anaknya di PAUD Labisal Fitri Al Qolbi
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 1 (2019): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3583.257 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i1.48

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang ada di desa Pamulihan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Semedang, yaitu disalah satu sisi orang tua merupakan pendidik yang pertama. Oleh sebab itu, orang tua hendaknya dapat menerapkan pendidikan/pengasuhan yang tepat bagi anaknya. Kenyataan pada saat ini banyak yang menganggap pendidikan baru bisa dimulai setelah usia sekolah dasar ternyata tidak benar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan orang tua terhadap pendidikan anak usia dini hubungannya dengan motivasi menyekolahkan anaknya pada PAUD, di desa Pamulihan Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Penelitian ini bertolak pada pemikiran, bahwa tanggapan orang tua terhadap pendidikan anak usia dini yang merupakan sarana untuk menunjang proses pembelajaran anak pada usia dini. Hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan orang tua terhadap pendidikan anak usia dini maka semakin baik pula motivasi menyekolahkan anaknya pada PAUD. Sebaliknya, semakin negatif tanggapan orang tua terhadap pendidikan anak usia dini maka semakin rendah pula motivasi menyekolahkan anaknya pada PAUD. Penulis melakukan penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif, Populasinya sebanyak 893 orang dan samplenya sebanyak 90 orang. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket kemudian di analisis menggunakan analisis korelasional dengan taraf signifikasi 5%. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa realitas tanggapan orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di desa Pamulihan memiliki angka rata-rata 3,90 yang menunjukkan kualifikasi baik/tinggi. Sedangkan motivasi menyekolahkan anaknya pada PAUD memiliki angka rata-rata 4,11 yang juga menunjukkan angka kualifikasi tinggi. Koefisien korelasinya sebesar 0,24 yang berarti termasuk kategori rendah/kurang, sedangkan derajat pengaruhnya sebesar 4%. Jadi masih ada 96% lagi faktor lain yang memengaruhi motivasi menyekolahkan anaknya pada PAUD.
Eksplorasi dan Uji Virulensi Jamur Patogen Gulma Daun Sempit di Pertanaman Tebu (Saccharum Officinarum L.) Dede Yusup Ziaulhak; Loekas Soesanto; Abdul Manan
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 1 (2019): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2936.378 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i1.49

Abstract

Pemerintah telah melakukan berbagai hal untuk meningkatkan produksi gula nasional, termasuk penambahan luas tanam tebu dari 381.800, pada tahun 2010 menjadi 429.200 hektar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis jamur patogen penyebab penyakit pada gulma daun sempit di perkebunan tebu, informasi virulensi jamur patogen terhadap gulma daun sempit pada perkebunan tebu, dan informasi virulensi jamur patogen gulma daun sempit terhadap tanaman budidaya. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Perlindungan Tanaman dan rumah kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto yang dilaksanakan dari Oktober 2019 sampai Agustus 2020. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu eksplorasi, identifikasi, dan uji virulensi jamur patogen gulma. Eksplorasi dilakukan dengan pengambilan sampel gulma bergejala menggunakan metode purposive random sampling. Uji virulensi dilakukan pada gulma dan tanaman budidaya, yaitu Imperata cylindrica, Cyperus kyllingia, Cyeperus rotundus, Eleusine indica, Digitaria ciliaris, Oryza sativa, Zea mays, dan Sacharum officinarum. Variabel yang diamati adalah intensitas penyakit, masa inkubasi, area under diseases progress curve (AUDPC), bobot tanaman basah, dan bobot tanaman kering. Hasil dari eksplorasi diperoleh jamur patogen Curvularia lunata dan Fusarium oxysporum. Perlakuan jamur C. lunata pada gulma C. rotundus menunjukkan intensitas paling besar di antara gulma yang lain, dan perlakuan F. oxysporum dengan intensitas 22,5714% bahkan mampu menimbulkan kematian pada gulma C. rotundus. Sementara perlakuan jamur F. oxysporum menunjukkan intensitas yang lebih besar pada gulma D. ciliaris dengan kisaran 6,116%. Jamur patogen gulma daun sempit virulen terhadap gulma daun sempit dan tidak virulen terhadap tanaman budidaya yang diujikan.
Pelestarian Lingkungan dalam Islam Implikasinya Terhadap Pendidikan Lingkungan Oriza Aditiya
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 1 (2019): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3771.378 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i1.50

Abstract

Islam sebagai agama telah memberikan bimbingan kepada manusia menuju jalan yang lurus. Sedangkan al-Qur’an sebagai sumber ajarannya yang berfungsi sebagai petunjuk juga sebgai furqon, sehingga menjadi tolak ukur dan pembeda antara yang hak dan yang batil. Islam disamping mengajarkan tentang ibadah, aqidah, dan akhlak juga mengajarkan tentang ilmu pengetahuan, teknologi dan lingkungan. Dengan latar belakang tersebut, maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui maksud dari pelestarian lingkungan dalam Islam, mengetahui cara untuk melestarikan lingkungan, serta mengetahui implikasi pelestarian lingkungan dalam Islam terhadap pendidikan lingkungan. Dalam penelitian ini digunakan metode riset kepustakaan dan metode deduktif untuk menggambarkan fenomena yang terjadi di alam ini dan dikaitkan dengan penggambaran yang ada pada ayat al-Qur’an dan hadits yang bersangkutan, sehingga mempermudah dalam kajian ini. Setelah melakukan penelitian, maka diketahui bahwa peranan manusia dalam pelestarian lingkungan ini sesuai dengan pelestarian dalam lingkungan dalam Islam yang lebih menekankan peran manusia sebagai pengelola lingkungan dan pelestari. Salah satu upaya pelestarian lingkungan yaitu upaya pelestarian tanah, yang dapat dilakukan dengan cara menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali (reboisasi) terhadap tanah yang semula gundul. Untuk daerah perbukitan atau pegunungan yang posisi tanahnya miring perlu dibangun terasering atau sengkedan, sehingga mampu menghambat laju aliran air hujan. Sedangkan pelestarian lingkungan dalam Islam mempunyai implikasi terhadap pendidikan lingkungan adalah dari segi penanaman kesadaran kejiwaan atau psikologis agama.
Tanggapan Siswa Terhadap Pembinaan Disiplin Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI Abdullah Abdullah
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 2 (2020): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1312.601 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i2.51

Abstract

Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik yang menyatakan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI ditentukan oleh tanggapan siswa terhadap pembinaan disiplin belajar anak di rumah. Dari asumsi teori ini diajukan hipotesis, semakin tinggi tanggapan siswa terhadap pembinaan disiplin belajar anak di rumah, semakin tinggi pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI, sebaliknya semakin rendah tanggapan siswa terhadap pembinaan disiplin belajar anak di rumah, semakin rendah pula prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini 60 siswa SMP 2 Solokanjeruk Kab. Bandung. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan observasi, wawancara, angket, tes dan studi kepustakaan. Kemudian untuk menganalisis datanya digunakan dua pendekatan yaitu analisis varsial dan analisis korelasi dan menghasilkan dua variabel X dan variabel Y berdistribusi tidak normal, karena berdistribusi tidak normal maka tidak perlu dianalisis linieritas regresinya dan digunakan korelasi spearman. Berdasarkan hasil perhitungan variabel X (tanggapan siswa terhadap pembinaan disiplin belajar anak di rumah) termasuk kategori cukup. Hasil perhitungan variabel Y (prestasi belajar mereka di sekolah) termasuk kategori cukup.
Analisis Rasio Keuangan terhadap Kinerja Perusahaan PT. RN Periode 2013-2017 Ikhsan Nendi
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 2 (2020): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2126.062 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i2.52

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis rasio keuangan terhadap kinerja perusahaan PT. RN periode 2013-2017. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis kinerja keuangan PT. RN menggunakan rasio likuiditas berdasarkan rasio lancar (current ratio), rasio solvabilitas, rasio aktivitas berdasarkan rasio total asset turnover dan rasio profitabilitas dari tahun 2013-2017 untuk melihat adanya kenaikan atau penurunan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu dengan menganalisa laporan keuangan pada PT. RN yang didapat dari laporan tahunan perusahaan. Hasil penelitian dan perhitungan menunjukkan Rasio Likuiditas berdasarkan Rasio Lancar perusahaan dikatakan baik dengan rasio setiap tahun semakin meningkat. Rasio solvabilitas berdasarkan rasio total debt to equity dan total debt to total asset menunjukan hasil yang cukup baik. Rasio aktivitas berdasarkan total asset turn over kurang baik. Rasio profitabilitas berdasarkan rasio net profit margin, return on asset, dan return on equity mendapat hasil cukup baik. Penulis berharap perusahaan mampu mengendalikan beban operasi, perputaran piutang, perputaran aktiva dan terus mempertahankan kondisi penjualan dengan piutang yang rendah agar kinerja keuangan perusahaan dapat meningkat di masa mendatang.
Perbandingan Akhlak Siswa Lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan Lulusan Sekolah Dasar di MTs Negeri Pamulihan Sumedang Ita Lailasari
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 2 (2020): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1765.621 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i2.53

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di MTs Negeri Pamulihan Kabupaten Sumedang, yaitu timbul kesenjangan pada akhlak siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan lulusan Sekolah Dasar pada akhlak keseharian mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas akhlak siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah, realitas akhlak siswa lulusan Sekolah Dasar, dan realitas perbedaan akhlak siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan lulusan Sekolah Dasar. Penelitian ini bertolak dari kejadian teoritis yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan akhlak antara siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan akhlak siswa lulusan Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskristif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sebagai berikut: untuk data kualitatif dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sedangkan data kuantitatif digunakan teknik angket yang disebarkan pada 3 orang anak lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan 27 orang siswa lulusan Sekolah Dasar yang bertolak pada taraf signifikasi 5%. Dari hasil analis diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara akhlak siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dengan siswa lulusan Sekolah Dasar. Hal ini terbukti dari hasil uji korelasi product moment di dapat nilai sebesar 0,2, dengan hasil uji t pada signifikasi 5% menyatakan bahwa thitung < t daftar, yaitu sebesar 1.1<1,89.
Penerapan Metode Pembiasaan pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Ketentuan Salat Berjemaah di MTs Asyrofuddin Conggeang Sumedang Labisal Fitri Al Qolbi
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 2 (2020): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1601.817 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i2.54

Abstract

Penelitian ini bertolak pada kegiatan yang menjadi sebuah kewajiban selaku hamba Allah yang senantiasa diperintahkan untuk mengerjakannya. Penelitian ini didasarkan pada konsep pendidikan Islam yang secara normatif mengarahkan manusia memperoleh kebahagiaan baik dunia maupun akhirat secara seimbang. Penelitian ini berasumsi terhadap penerapan metode pembiasaan dalam melaksanakan salat berjemaah dengan harapan dapat memberikan sebuah kemudahan kepada para peserta didik guna memahami ketentuan-ketentuan tentang salat berjemaah tersebut. Dengan terbiasanya siswa melaksanakan salat berjemaah diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang islami, sopan, displin membagi waktu juga mahir dalam kegiatan sosial. Karakteristik seseorang bisa dirubah dengan terbiasanya melakukan kegiatan yang menjadi tujuan, seperti halnya salat berjemaah. Lebih terbiasanya siswa dalam melaksanakan salat berjemaah maka karakteristik cenderung lebih disiplin membagi waktu dalam kegiatan sehari-hari. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembiasaan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang ketentuan salat berjemaah. Dengan pemahaman yang semakin baik terhadap ketentuan salat berjemaah maka siswa akan semakin baik dan teliti dalam melaksanakan ibadahnya yaitu salat berjemaah dan amaliah lainnya. Selain itu, pemahaman siswa tentang ketentuan salat berjemaah menjadi semakin optimal dengan menggunakan metode pembiasaan ini, terbukti dengan berkurangnya siswa yang sering memilih saf di belakang daripada saf di depan
Prosedur Audit Vouching dan Pemeriksaan Fisik Aset Tetap di KAP CI untuk PT. RP Abdurokhim Abdurokhim
Matriks Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 2 (2020): Matriks: Jurnal Sosial dan Sains
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2538.902 KB) | DOI: 10.36418/matriks.v1i2.55

Abstract

Perusahaan yang membutuhkan jasa akuntan publik terutama jasa auditing laporan keuangan yang umumnya adalah perusahaan yang memiliki kepentingan dengan publik atau masyarakat, baik investor, perbankan (kreditur), maupun pemerintah. Secara umum, pemakai jasa audit dapat dikelompokkan menjadi pihak internal dan pihak eksternal. Aset tetap merupakan salah satu unsur yang cukup penting dalam sebuah perusahaan untuk melakukan kegiatan perusahaan, termasuk dalam PT. RP. Perusahaan ini bergerak di bidang industri dan pada saat ini PT RP telah melakukan audit laporan keuangan yang dilakukan oleh KAP CI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses vouching aset tetap PT RP yang dilakukan oleh KAP CI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengambilan data menggunakan teknik observasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur vouching dan pemeriksaan fisik oleh KAP CI telah sesuai dengan yang di usulkan oleh para ahli.