cover
Contact Name
Karlina Ayu Efrita
Contact Email
karlinayue@gmail.com
Phone
+62896-6406-0808
Journal Mail Official
journal@mitrajurnal.co.id
Editorial Address
Gedung Wirausaha Ruang 104, Jalan Haji R. Rasuna Said Kavling C5, RT.3/RW.1, Karet, Kecamatan Setiabudi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat
ISSN : 29632102     EISSN : 29646367     DOI : https://doi.org/10.58797/teras
Core Subject : Humanities,
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat is a journal publised on the results of research and community service activities carried out by researchers. The form of activities in the form of Application of Science, Technology and Art in the Form of Transfer of Science , Technology And Arts. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat is published twice a year. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal yang diterbitkan atas hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh peneliti. Bentuk kegiatannya berupa Penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam Bentuk Transfer Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Seni. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat terbit dua kali setahun. The Focus and Scope Fields of interest include, but are not limited to: Community Services, People, Local Food Security; Training, Marketing, Appropriate Technology, Design; Community Empowerment, Social Access; Student Community Services; Border Region, Less Developed Region; Education for Sustainable Development. Bidang minat termasuk, tetapi tidak terbatas pada: Layanan Masyarakat, Masyarakat, Ketahanan Pangan Lokal; Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; Pemberdayaan Masyarakat, Akses Sosial; Layanan Masyarakat Mahasiswa Daerah Perbatasan, Daerah Kurang Maju; Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Pelatihan Media Digital Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Mendukung Program Merdeka Belajar Fauzi Bakri; Handjoko Permana
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 1, Juni 2022
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (844.965 KB) | DOI: 10.58797/teras.0101.02

Abstract

Abstract The scientific approach to learning plays a significant role in students' cognitive abilities. This scientific approach can design through the learning media used. Learning media development is also progressing in this era of globalization and information. Information and Communication Technology is a significant component in the development of learning media and its transformation into digital media. The use of digital media in the scientific learning process can be an alternative solution to hone science students' abilities in facing the challenges of 21st-century learning and the Merdeka Belajar program. “Merdeka Belajar” states that education must create a happy atmosphere. The Merdeka Belajar program needs to support with fun digital learning media. Learning supported by digital media will make it easy for students to understand the concepts studied so that fun learning can realize. The training aims to enable teachers to produce digital learning media that support the implementation of learning in the Merdeka Belajar program. Abstrak Pendekatan saintifik dalam pembelajaran berperan besar pada kemampuan kognitif peserta didik. Pendekatan saintifik ini dapat didesain melalui media pembelajaran yang digunakan. Di era globalisasi dan informasi ini, perkembangan media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi komponen utama dalam pengembangan media pembelajaran dan transformasinya menjadi media digital. Penggunaan media digital dalam proses pembelajaran saintifik dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan peserta didik sains dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21 dan program merdeka belajar. Merdeka Belajar menyatakan bahwa pendidikan harus menciptakan suasana yang membahagiakan. Program merdeka belajar perlu didukung dengan media belajar digital yang menyenangkan. Pembelajaran yang didukung dengan media digital akan membuat peserta didik mudah memahami konsep yang dipelajari sehinga pembelajaran menyenangkan dapat terwujud. Pelatihan yang diadakan ini bertujuan agar guru dapat menghasilkan media pembelajaran digital yang mendukung pelaksanaan pembelajaran pada program merdeka belajar.
Pengembangan Aplikasi Kesehatan Peduli Diri Lindungi Sekitar (PDLS) untuk Pengabdian Masyarakat di Era Pandemi Erfan Handoko; Dhea Tri Anastasya; Diyan Mustikasari; Tia Windiastuti; Yuliyanti Dwi Utami; Mutiara Pratama; Retno Widowati
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 1, Juni 2022
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1454.625 KB) | DOI: 10.58797/teras.0101.01

Abstract

Abstract In 2020, the development of the transmission of Covid-19 was quite significant because it has spread worldwide, and all countries are feeling its effects, including Indonesia. The government has announced an increase in Covid-19 cases, thus designating Covid-19 as a national disaster. One of the efforts to reduce the transmission of Covid-19 is the government’s implements Social Distancing. The public can determine whether they have contracted this disease by undergoing a Rapid Test. If they test positive, they will be retested using the Polymerase Chain Reaction (PCR) test method, which is far more accurate. Therefore, many government and non-government institutions provide online Covid-19 self-checkups. Providing education about Covid-19 is also important; one way is through an integrated application. The integrated application in question can provide routine notifications and information through infographics, online Covid-19 self-checkups, and self-checklists for entering and leaving the house to prevent Covid-19. Abstrak Pada tahun 2020, perkembangan penularan Covid-19 cukup signifikan karena penyebarannya sudah mendunia dan seluruh negara merasakan dampaknya termasuk Indonesia. Pemerintah telah mengumumkan peningkatan jumlah kasus Covid-19, sehingga menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional. Salah satu upaya untuk mengurangi penularan Covid-19 pemerintah menerapkan Social Distancing. Adapun masyarakat dapat mengetahui dirinya tertular penyakit ini atau tidak dengan menjalani Rapid Test, apabila dinyatakan positif akan diuji ulang dengan metode tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang jauh lebih akurat. Oleh sebab itu banyak Lembaga baik pemerintah maupun non pemerintah yang menyediakan self-checkup Covid-19 secara online. Pemberian edukasi mengenai Covid-19 juga penting untuk dilakukan, salah satu caranya dapat melalui aplikasi yang terintegrasi. Aplikasi terintegrasi yang dimaksud dapat memberikan notifikasi secara rutin, memberikan informasi melalui infografik, self-checkup Covid-19 secara online, dan ceklis diri prosedur keluar masuk rumah sebagai upaya pencegahan Covid-19.
Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik Handjoko Permana; Fauzi Bakri
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 1, Juni 2022
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.902 KB) | DOI: 10.58797/teras.0101.03

Abstract

Abstract Creative thinking skills can foster by scientific learning. Teachers play an important role in their competency in using new technologies, which is an essential prerequisite for the practical application of these skills. A worksheet (LKPD) includes learning tools that must be prepared in advance by the teacher before starting the learning process. In LKPD that guides students to do a practicum, there must be sections that direct students to identify parts, make tables, make observations, write or draw the results of their observations, and draw conclusions. This training design is so teachers can make LKPD with a scientific approach. Abstrak Kemampuan berpikir kreatif dapat ditumbuhkan dengan pembelajaran saintifik Guru memainkan peran penting dengan kompetensinya dalam menggunakan teknologi baru yang merupakan prasyarat penting untuk penerapan keterampilan ini secara efektif. Pada dasarnya, LKPD termasuk perangkat pembelajaran yang harus disiapkan terlebih dahulu oleh guru sebelum memulai proses pembelajaran. Dalam LKPD yang menuntun siswa melakukan praktikum harus terdapat bagian-bagian yang mengarahkan peserta didik mengidentifikasi bagian-bagian, membuat tabel, melakukan pengamatan, serta menuliskan atau menggambar hasil pengamatannya, dan menarik kesimpulan. Pelatihan ini dirancang agar guru kompeten dalam membuat LKPD dengan pendekatan saintifik.
Pelatihan Pengembangan Website Pembelajaran Berbasis Weebly Untuk Guru Sagusaku IGI Mutia Delina; Bambang Heru Iswanto
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 1, Juni 2022
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.975 KB) | DOI: 10.58797/teras.0101.04

Abstract

Abstract One of the ways to prevent transmission of the Corona Virus (COVID-19) is to optimize the use of ICT by developing a website on physics learning for SMA in ISAGU IGI. Methods in website development activities will be carried out in two sessions, and the first session is to introduce Weebly and how to create a website using Weebly. The second session is to evaluate the website that has been made. The output of this activity is that each participant can create a website using Weebly for physics learning. The results of the PPM activities are videos on YouTube, and the learning module gets IPR. It can conclude that this learning website training is helpful during Distance Learning (PJJ) activities to help students understand the subject matter.  Abstrak Salah satu cara mencegah penularan Virus Corona (COVID-19), yaitu melakukan optimalisasi pemanfaatan ICT dengan mengembangkan website dalam pembelajaran fisika untuk SMA di ISAGU IGI. Metode dalam kegiatan pengembangan website akan dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama adalah memperkenalkan weebly dan cara membuat website dengan menggunakan weebly, dan sesi kedua adalah mengevaluasi website yang telah dibuat. Luaran dari kegiatan ini adalah setiap peserta mampu membuat website dengan menggunakan weebly untuk pembelajaran fisika. Hasil kegiatan PPM di videokan ke youtube, dan modul pembelajaran mendapatkan HAKI. Dapat disimpulkan bahwa, pelatihan website pembelajaran ini sangat berguna selama kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk membantu siswa memahami materi pelajaran.
Pelatihan Pembuatan Instrumen Tes Diagnostik Fisika untuk Mengetahui Miskonsepsi pada Peserta Didik Handjoko Permana; Fauzi Bakri
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 1, Juni 2022
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.524 KB) | DOI: 10.58797/teras.0101.05

Abstract

Abstract Many physics subjects become a scourge for most students because of the many formulas and concepts that must be understood. Teachers need help to assess the learning outcomes of their students. The use of objective tests in the form of multiple-choice tests, which are widely used today, has many areas for improvement. The "guessing" factor is one of the weaknesses of the multiple choice test, which can make the teacher wrong in analyzing student profiles (Permana, 2017). Identifying misconceptions (misconceptions) is an essential first step to understanding student learning (Kaltakci, 2016) so that teachers can find student profiles of weaknesses and learning difficulties to make improvements. One way to detect misconceptions is by using a diagnostic test. Diagnostic tests can be carried out at the beginning of learning or as formative tests. The diagnostic test at the beginning of learning uses a trivia quiz in the form of True-False questions with reasons. In contrast, the diagnostic test in the formative form of the test is a four-tier multiple-choice test. This four-level multiple-choice test effectively assesses misunderstandings (Kaltakci, 2015). Based on the description above, teachers need the ability to make diagnostic test instruments to determine whether or not there are misconceptions in students so that teachers can adequately analyze student profiles.   Abstrak Mata pelajaran fisika banyak menjadi momok bagi sebagian besar peserta didik karena banyaknya  rumus dan konsep yang harus dipahami. Hal ini yang menjadi kesulitan juga bagi guru dalam melakukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didiknya. Penggunaan obyektif tes berupa pilihan ganda yang banyak dipakai saat ini memiliki banyak kelemahan. Faktor “menebak” merupakan salah satu kelemahan tes soal pilihan ganda yang dapat membuat guru salah dalam menganalisis profil peserta didik (Permana, 2017). Identifikasi kesalahpahaman  (miskonsepsi) adalah langkah pertama yang penting untuk mendapatkan pemahaman tentang pembelajaran peserta didik (Kaltakci, 2016) sehingga guru dapat mengetahui profil peserta didik kelemahan dan kseulitan belajarnya untuk kemudian melakukan perbaikan. Salah satu cara untuk mendeteksi adanya miskonsepsi dengan menggunakan tes diagnostik. Tes diagnostik dapat dilakukan di awal pembelajaran maupun dalam bentuk formatif tes. Tes diagnostik di awal pembelajaran menggunakan quiz trivia dengan bentuk soal Benar-Salah dengan alasan, sedangkan tes diagnostik dalam bentuk formatif tes berupa tes pilihan ganda empat tingkat  (four-tier multiple choice test). Tes pilihan ganda empat tingkat ini telah terbukti efektif dalam menilai kesalahpahaman (Kaltakci, 2015). Berdasarkan uraian di atas, guru sangat perlu kemampuan untuk membuat instrumen tes diagnostik untuk mengetahui ada atau tidak miskonsepsi pada peserta didik, sehingga guru dapat dengan tepat menganalisis profil peserta didik.
Pelatihan Pembuatan Website Berbasis CMS Di SMK Ciracas Dewi Muliyati
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 2, Desember 2
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58797/teras.0102.02

Abstract

-
Pengembangan Buku Panduan Program Merancang Website Berbasis CMS Wordpress Bagi Guru Mutoharoh Mutoharoh; Dewi Muliyati; Early Amada
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 2, Desember 2
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58797/teras.0102.01

Abstract

Abstract CMS is an application that manages, edits, and publishes web content. The CMS interface is more visually enabling without coding, thus enabling teachers to develop websites. Teachers can build websites personally and be used to support careers. These online pages can be used to make portfolios, take online classes, and publish papers. This research aims to develop a guidebook that teachers can use in designing WordPress CMS-based websites. This time, the research and development method or Research and Development (RnD). The research model used is 4D Thiagarajan, it's just that the stage is used until developed. The results of this research are in the form of a book, "Guidelines for Designing WordPress CMS-Based Websites for Teachers", which will be used in community service in high schools. Products are developed using Microsoft PowerPoint. The total number of pages produced is 33 pages. The book contains how to: (1) Choose the desired and available domain, (2) Determine the purpose of creating a website, (3) Edit website pages, (4) Add pages to the website, and (5) Create news or posts on the website. Abstrak CMS adalah aplikasi yang mengelola, mengedit, dan menerbitkan konten web. Antarmuka CMS lebih visual memungkinkan tanpa pengkodean sehingga memungkinkan guru untuk mengembangkan website. Guru dapat membangun website secara pribadi dan dapat digunakan menunjang karier laman online tersebut dapat digunakan sebagai media membuat portofolio, kelas online, dan publikasi karya tulis. Tujuan penelitian ini peneliti ingin mengembangkan buku panduan yang dapat digunakan oleh guru dalam merancang website berbasis CMS WordPress. Metode penelitian kali ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD). Model penelitian yang digunakan adalah 4D Thiagarajan hanya saja taham yang digunakan sampai develop (pengembangan). Hasil penelitian ini berupa buku “Panduan Merancang Website Berbasis CMS WordPress bagi Guru” akan digunakan dalam pengabdian masyarakat di sekolah menengah. Produk dikembangkan dengan menggunakan Microsoft Power Point. Total halaman yang dihasilkan berjumlah 33 halaman. Buku tersebut memuat cara: (1) Memilih domain yang diinginkan dan tersedia, (2) Menentukan tujuan dalam membuat website, (3) Mengedit halaman website, (4) Menambahkan halaman pada website, dan (5) Membuat berita atau post pada website.
Pelatihan Pengembangan Buku Ajar untuk Pembelajaran Abad 21 untuk Guru SMK Ciracas Jakarta Timur Fauzi Bakri
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 2, Desember 2
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58797/teras.0102.03

Abstract

.
In House Training Optimalisasi Bahan Ajar Inovatif Menggunakan Canva di MAN 1 Kota Bekasi Tri Wahyuni; Diah Ambarwulan
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 2, Desember 2
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58797/teras.0102.05

Abstract

.
Pelatihan Pengolahan dan Visualisasi Data dengan Bahasa Pemrograman Python untuk Siswa SMK Ciracas Handjoko Permana
Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2022): Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, Volume 1 Nomor 2, Desember 2
Publisher : PT. Mitra Jurnal Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58797/teras.0102.04

Abstract

.

Page 1 of 2 | Total Record : 16