cover
Contact Name
Ahmad Nubli Gadeng
Contact Email
nubliyuslian@gmail.com
Phone
+6285270000352
Journal Mail Official
nubliyuslian@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Gedung Lama FKIP, Lantai 2. Jl. Teuku Hasan Kreung Kalee, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh 24415. email: jpgeosfer@gmail.com dan jurnalpendidikangeosfer@gmail.com
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Geosfer
ISSN : 25416936     EISSN : 28082834     DOI : https://doi.org/10.23701/jpg
Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, Sosial Budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer" : 8 Documents clear
HUBUNGAN RASA PERCAYA DIRI DAN HARGA DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI (PENELITIAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH) Abdul Wahab Abdi; Helmi Fitriani
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.955 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi korelasional dengan subjek 32 siswa yang ditentukan secara acak. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Variabel percaya diri dan harga diri diukur dengan menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reabilitasnya. Analisis data dengan menggunakan regresi ganda, koefisien determinasi berganda, koefisien korelasi ganda, dan uji signifikansi. Hasil analisis data me-nunjukkan perolehan koefisien korelasi (r) antara percaya diri dan harga diri dengan hasil belajar yang diperoleh adalah 0,608, yang berarti terdapat korelasi dalam kategori sedang, dengan koefisien determinansi 0,3697 ganda atau 36,97%. Hasil pen­gujian hipotesis diperoleh bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel, atau 8,51 lebih besar dari 3,33, sehingga Ha diterima. Artinya terdapat  hubungan yang positif dan signifikan antara percaya diri dan harga diri dengan hasil belajar dalam mata pelajaran geografi siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH Yusriadi Yusriadi; Amsal Amri; Tarmizi Tarmizi
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.267 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor pada pembelajaran geografi melalui implementasi pendekatan SAVI. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 245 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IS 1 yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre experimental design, dan dengan desain one-shot case study. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket, dan lembar observasi. Pengolahan data menggunakan statistik deskriptif persentase dan uji normal gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan SAVI dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor pada pembelajaran geografi. Rerata dari dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor mengalami peningkatan dari tahap I ke tahap II dan dari tahap II ke tahap III. Dimensi kognitif pada tahap I memperoleh nilai rata-rata sebesar 52%, tahap II 65%, dan tahap III 82%. Dimensi afektif pada tahap I memperoleh nilai rata-rata sebesar 70%, tahap II 73%, dan tahap III 76%. Uji normal gain dimensi afektif tahap I ke tahap II sebesar 0,100 dengan klasifikasi gain rendah, sedangkan tahap II ke tahap III sebesar 0,111 dengan klasifikasi gain rendah. Dimensi psikomotor pada tahap I memperoleh nilai rata-rata sebesar 53%, tahap II 57%, dan tahap III 83%. Uji normal gain dimensi psikomotor tahap I ke tahap II sebesar 0,085 dengan klasifikasi gain rendah, sedangkan tahap II ke tahap III sebesar 0,605 dengan klasifikasi gain sedang.
PENGARUH MASSA JENIS BENDA TERHADAP TEKANAN HIDROSTATIS Elisa Kasli; Aminullah Aminullah
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.937 KB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, sering dijumpai masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai, sudah terbiasa mandi dan menyelam dikedalaman 3m-5m. Ketika masyarakat tersebut mandi di air laut, sesuai kebiasaan mereka kemudian menyelam sampai kekedalaman 5 meter, maka penyelam itu akan mengalami kerusakan pada telinga, mata, paru-paru bahkan tenggelam. Tekanan hidrostatis adalah tekanan pada zat cair yang diam. Besarnya tergantung pada jenis dan kedalaman sutu zat. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh massa jenis benda terhadap tekanan hidrostatis. Pada penelitian ini ditetapkan kedalaman air 1 meter dan percepatan gravitasi bumi . Diperoleh besar massa jenis air  dan massa jenis air laut . Sehingga diperoleh masing-masing tekanan hidrostatis pada air sungai dan air laut adalah  dan  . Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin besar massa jenis benda maka semakin besar tekanan hidrostatisnya.
IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KE-MAMPUAN METAKOGNITIF MAHASISWA DALAM MATAKULIAH GE-OMORFOLOGI UMUM Muhammad Okta R.M
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.523 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan bagi dosen untuk menggunakan Think Pair Share sebagai salah satu model alternatif untuk mengembangkan kemampuan metakognitif. Mahasiswa subjek penelitian secara tidak langsung untuk menambah wawasan tentang model pembelajaran TPS dan memperoleh peningkatan kemampuan metakognitif melalui pembelajaran. Rancangan penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain penelitian pre test and post test control group design. Setelah pembelajaran kemampuan metakognitif mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata gain score kemampuan mahasiswa kelas eksperimen berada pada nilai 16,26 sedangkan pada kelas kontrol hanya 11,50. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dibuktikan bahwa TPS berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif mahasiswa dalam matakuliah Geomorfologi Umum pada Prodi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah.
ANALISIS KADAR TIMBAL (Pb) PADA AIR KRUENG ACEH Hasmunir Hasmunir; Anggun Maulida N
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.062 KB)

Abstract

Pencemaran air merupakan masuknya dan dimasukannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lainnya ke dalam air oleh kegiatan manusia, sehingga kualitas air menurun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Pencemaran air disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah masuknya logam berat pada air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah air yang berada di Krueng Aceh mengandung kadar Logam Pb melebihi ambang batas yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Subyek dari penelitian ini adalah air dari Krueng Aceh, sedangkan objeknya ialah kualitas air pada Krueng Aceh dalam hal ini ialah logam Pb yang terkandung di dalam air. Ada 5 titik aliran sungai yang di­jadikan sampel dalam penelitian ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu sampel dipilih berdasarkan beberapa per­timbangan tertentu. Pengolahan data menggunakan metode eksperimen yaitu pengujian sampel menggunakan alat Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) yang pengujiannya dilakukan di Laboratorium MIPA Kimia Unsyiah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 5 aliran air sungai Krueng Aceh (aliran sungai di Desa Lambaro, aliran sungai di Desa Lampulo, aliran sungai di Desa Krueng Cut, aliran sungai di Desa Kuta Alam, dan aliran sungai di Desa Beurawe) terdapat 2 aliran sungai yang mengandung logam Pb yaitu aliran sungai di Desa Lampulo dan aliran sungai di Desa Krueng Cut. Namun hanya aliran sungai di Desa Krueng Cut yang kandungan logam Pbnya melebihi ambang batas. Jadi, dapat dikatakan secara keseluruhan air pada Krueng Aceh tidak mengandung logam Pb
ANALISIS ARAH KIBLAT PADA SEJUMLAH MASJID BERDASARKAN GARIS LINTANG DAN BUJUR DI KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH Husna Diah; Thamrin K
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.565 KB)

Abstract

Kiblat yang dimaksud dalam syarat sah salat adalah menghadap Kakbah yang terletak di Mekah, Arab Saudi. Setiap umat Islam yang tersebar di seluruh penjuru dunia ketika mengerjakan ibadah rutin ini wajib menghadap kiblat. Masalahnya dalam penelitian ini adalah apakah arah kiblat pada sejumlah masjid di Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh sudah sesuai dengan penentuan arah kiblat berdasarkan garis lintang dan bujur. Penelitian ini dilaksanakan pada sejumlah masjid di Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Penelitian ini perlu dilaksanakan untuk mengetahui arah kiblat yang sesuai dengan metode yang biasa digunakan oleh ahli ilmu falak yaitu dengan menggunakan ilmu ukur segitiga bola berdasarkan garis lintang dan bujur pada sejumlah masjid yang ada di Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah masjid, musala dan meunasah yang ada di Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh yang berjumlah 19 buah. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa dari 19 tempat yang diamati yang sesuai dengan arah kiblat 21,05 %, agak sesuai dengan arah kiblat 36,84 %, kurang sesuai dengan arah kiblat 10,53%, tidak sesuai dengan arah kiblat 15,79%, sangat tidak sesuai dengan arah kiblat 15,79%. Tanpa disadari oleh kebanyakan umat Islam didapati banyak arah kiblat yang perlu dibetulkan. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka peneliti mengemukakan saran ialah sangat perlu melakukan perhitungan dan penguku­ran kiblat yang jelas sebelum dibangun bangunan suatu masjid.
PENGARUH MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA Fitriani Yulianti
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.049 KB)

Abstract

STAD (Student Team Achievement Division) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Pembelajaran STAD menekankan pada kerja sama dalam kelompok belajar. Siswa yang berkemampuan tinggi berperan sebagai tutor sebaya dalam kelompok yang heterogen untuk mencapai hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 12 Banda Aceh. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan rata-rata nilai ujian semester yang mendekati sama. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak  25 soal.  Teknik analisis yang digunakan adalah uji t-test dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERANGKAT LUNAK GEO FOR E-GEOTECH DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI SMP NEGERI 6 KOTA BANDA ACEH Rizcha Tasliya; Syamsul Bardi
Jurnal Pendidikan Geosfer Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Geosfer
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.637 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media perangkat lunak Geo for e-geotech lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 6 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan berupa analisis komperatif dua kelompok karena hasil belajar dari proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak Geo for e-geotech di kelas eksperimen dibandingkan dengan hasil belajar pada pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh dengan sampel penelitian adalah kelas VII-2 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen mengunakan media perangkat lunak Geo for e-geotech sedangkan kelas VII-1 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil dari penelitian diperoleh Zhitung = 2,29 yang lebih besar dari Ztabel = 1,96 untuk taraf signifikan 5%. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media perangkat lunak Geo for e-geotech lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 6 Kota Banda Aceh.

Page 1 of 1 | Total Record : 8