cover
Contact Name
Sherena Wahyutari
Contact Email
p3m.stiesurakarta@gmail.com
Phone
+628997083281
Journal Mail Official
p3m.stiesurakarta@gmail.com
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (STIE Surakarta), Jl.Slamet Riyadi no.435-437, Surakarta Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta (DIMASETA)
ISSN : -     EISSN : 28306112     DOI : 10.56456
Jurnal Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (DIMASETA) merupakan jurnal pengabdian yang diterbitkan oleh STIE Surakarta. DIMASETA bertujuan mengakomodir pengabdian para dosen dan pengabdi untuk diterbitkan, Terbitan pertama pada bulan Juni 2022 di volume 1 nomer 1 engan Nomor e-ISSN 2830-6112. DIMASETA diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember, sehingga terbitan selanjutnya bulan Desember pada volume 1 nomer 2 tahun 2022 dan selanjutnya. DIMASETA melakukan kerjasama dengan stakeholder untuk terus meningkatkan kualitas jurnal pengabdian dengan pada reviewer, editor dan lain-lain yang memiliki kompetensi dan pengalaman yang sudah mendapatkan hibah untuk pengabdian di sektor manajemen, akuntansi, ekonomi, bisnis, entrepreneur dan lain-lain.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023" : 14 Documents clear
Optimalisasi Facebook Ads Guna Peningkatan Penjualan Batik Pada Pelaku Usaha Batik Christo Surakarta Indah Handaruwati; Hizkia Yoland
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.43

Abstract

The pandemic that has occurred in various parts of the world has changed the way transactions and marketing are carried out in various business fields. Batik Christo is a batik manufacturer specifically for men's shirts which have also been affected by the pandemic. The rise of social media as a means of promotion and a new model of transaction during the pandemic has really helped small businesses. Christo's batik was chosen as an object of community service due to complaints of decreased sales during the pandemic. Toko Batik experienced the sluggishness of visitors directly, so it needed a new strategy. The purpose of community service in Christo's batik business is to help find solutions and provide assistance in developing new strategies using social media. The service team provides training and assistance in making Facebook ads and making product photos to advertise on social media. The planned target has been achieved with the existence of a Facebook Page and product catalog displayed on Facebook Adsense.
Tanggap Darurat Bencana Kekeringan di Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Elida Zia'ul Huda; Agus Triatmono
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.44

Abstract

Kejadian kekeringan merupakan masalah rutin di Kecamatan Paranggupito yang perlu di tanggulangi melalui persiapan dan perencanaan. Penanggulangan kekeringan dapat dimulai dengan kajian risiko bencana, sehingga dapat mengurangi tingginya dampak kerugian. Besarnya kerugian yang diakibatkan oleh bencana kekeringan menjadi perhatian lebih bagi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk berlomba-lomba mengurangi dampak tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meminimalisir kerugaian akibat bencana alam adalah adanya upaya mitigasi bencana yang tepat. Salah satu di Kabupaten Wonogiri yang menjadi langganan kekurangan air adalah di Kecamatan Paranggupito tepatnya di Dusun Sumberejo RT 02 RW 05 Desa Songbledeg. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat di Dusun Sumberejo RT 02 RW 05 Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan yaitu upaya tanggap darurat kekeringan. Kegiatan tanggap darurat ini sebagai upaya dalam penanggulangan bencana kekeringan di Kecamatan Paranggupito dengan melakukan suplay air bersih yang melibatkan warga masyarakat itu sendiri dan tim dari STIE Wijaya Mulya Surakarta. Keywords : bencana, kekeringan
Pelatihan Pembuatan Es Krim Sehat Sebagai Peluang Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sumber Banjarsari Sri Isfantin Puji Lestari; Santosa Tri Prabawa; Agus Triatmono; Retnoning Ambarwati; Elida Zia'ul Huda
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.45

Abstract

Kelurahan Sumber merupakan salah satu kelurahandi Kecamatan Banjarsari di wilayah Kota Solo, Propinsi Jawa Tengah. di Kelurahan Sumber masih sedikit jumlah UMKM danmasih banyak ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu yang tidak produktif. Sehingga hal ini yang menjadikan salah satu potensi yang baik untuk dikembangkan wirausaha UMKM. Pemberdayaan Ibu-ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari Kota Solo. Pada dasarnya tujuan dari dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah dapat meberikan memberikan ide-ide baru tentang kewirausahaan bagi ibuibu rumah tangga dan memotivasi ibu-ibu rumah tangga agar mau berwirausaha. Target yang ingin dicapai adalah masyarakat menjadi kreatif dan bisa membuat produk aneka ice cream dengan olahan berbahan dasar bubuk es krim sehat aneka rasa untuk dijadikan salah satu ide untuk dijadikan peluang untuk berwirausaha seehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan mampu menganalisis kelayakan berwirausaha dalam makanan ringan yaitu membuat ice cream sehat. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pemberian pelatihan dan diskusi mengenai proses pembuatan ice cream. Sedangkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada semester gasal 2022/2023. Hasil dan Luaran yang ditargetkan oleh pengabdian adalah dengan adanya pelatihan membuat produk yag bernilai ekonomis berupa ice cream sehat maka masyarakat yang mengikuti pelatihan akan termotivasi untuk berwirausaha terutama membuat makanan ringan sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai wirausaha membuat makanan ringan yaitu ice cream dan dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Keywords : kewirausahaan, UMKM
Pemanfaatan Media Social di UMKM CV. Mebel Murah Banget (MMB) di Sukoharjo Atik Lusia; Tri Ratna Pamikatsih; Muhammad Luqman Hakim
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.46

Abstract

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat perlu dimanfaatkan oleh UMKM lokal agar mampu bersaing. Pengabdian ini dilakukan pada UMKM CV. Mebel Murah Banget di Sukoharjo yang difokuskan dengan pemberian pelatihan dan pendampingan bagi pemilik usaha untuk memaksimalkan media social seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp Business serta pembuatan konten produk agar lebih menarik. Pelatihan dan pendampingan dilakukan oleh tim pengabdian dosen dan mahasiswa STIE Surakarta. Metode yang dilakukan berupa observasi, diskusi, implementasi, dan tahap evaluasi. Ditemukan bahwa CV. MMB belum memaksimalkan media sosial secara tepat
Optimalisasi Jiwa Kewirausahaan dan Pengelolaan Keuangan UMKM bagi Anggota Dharma Wanita Persatuan Sektor III Mampang Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan Retno Widowati; Nurul Giswi Karomah; Syamsurizal Syamsurizal; Dingot Hamonangan Ismail; D. Purnomo
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.47

Abstract

Dalam rangka mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jakarta Selatan, Dharma Wanita Persatuan Sektor III Mampang Sudin Gulkarmat memiliki kesempatan untuk memfasilitasi anggotanya dalam pengembangan diri optimalisasi jiwa kewirausahaan dan pengelolaan manajemen keuangan. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah tersebut. Tujuan dari program pelatihan dan pendampingan bagi anggota Dharma Wanita Persatuan Sektor III Mampang Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan aitu menumbuhkan jiwa kewirasuahaan sehingga dapat memulai usaha dalam bentuk UMKM serta pengelolaan keuangannya.. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk pelatihan, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan, sebanyak 80% peserta merasa puas dan bersedia untuk mengikuti kegiatan serupa dan pendampingan ke depannya.
Sosialisasai Pengenalan Lingkungan Pendidikan Sebagai Upaya Pencegahan 3 Dosa Besar Dalam dunia Pendidikan dan Digital Eko Sugiyanto; Nurul Giswi Karomah; Umi Hanik Makmuroh; Dudi Haryadi
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.48

Abstract

Abstract:Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang seluruh warga sekolahnya terbebas dari rasa takut, intimidasi, kekerasan seksual dan perundungan sehingga tercipta suasana kondusif untuk belajar dan hubungan antar warga sekolahnya terjalin positif. pihak Kemendikbudristek mengatakan bahwa sudah tidak ada kata menunggu untuk menangani 3 dosa besar dalam pendidikan. Dosa besar tersebut adalah kekerasan, perundungan dan intoleransi. Kasus kekerasan seksal, perundungan dan penelantaran peserta didik harus segera ditangani demi keselamatan masa depan generasi penerus bangsa Indonesia.Melihat banyaknya kasus tersebut membuat hati miris, begitu banyak ancaman terhadap peserta didik. PKBM Ristek Nusantara Jakarta bersamaPoliteknik LP3I Jakarta melakukan kegiatan Sosialiasi dalam bentuk pengabdian masyarakat untuk menciptakan lingkungan budaya sekolah yang sehat, ramah anak sehingga terhindar dari praktek - praktek yang termasuk dalam tiga dosa besar dunia pendidikan sehingga tercipta generasi alpha di era digitalisasi ini yang memiliki profil pelajar Pancasila dan siap dalan duinia global dan digital.
Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Di Dukuh Plalan Desa Kadokan yulian dwi nurwanti; Muhammad Aziz Zaelani; Nourma Dewi; Firstnandiar Glica Aini
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.49

Abstract

Pelestarian lingkungan hidup mempunyai konotasi bahwa lingkungan hidup harus dipertahankan sebagaimana mestinya. Sedangkan lingkungan hidup justru di manfaatkan dalam kerangka pembangunan, hal ini berarti bahwa lingkungan hidup mengalami proses perubahan. dalam proses perubahan ini perlu di jaga agar ligkungan hidup itu tetap mampu menunjang kehidupan yang normal. Salah satu cara yang dilakukan untuk memberikan pengetahuan dengan cara mengadakan kegiatan sosialisasi pelestarian lingkungan di Desa Kadokan. Pelestarian lingkungan memberikan banyak dampak positif terhadap lingkungan antara lain bebas polusi udara, mendapat air bersih dan menjadi lebih sehat dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari hari bagi masyarakat Desa Kadokan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian lingkungan untuk menjamin keselamatan, kesehatan, dan kelangsungan hidup manusia khususnya di Desa Kadokan
Sosialisasi dan Pelatihan Akuntansi Koperasi pada Pengurus Koperasi Keluarga Sumber Bahagia 210 Sumber, Banjarsari, Surakarta Mujiyono Mujiyono; Hernawati Pramesti
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.57

Abstract

Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini program kegiatannya yaitu sosialisasi dan pelatihan akuntansi koperasi yang ditujukan kepada pada pengurus koperasi Keluarga Sumber Bahagia 210 Sumber, Banjarsari, Surakarta, khususnya bendahara koperasi. Program akuntansi koperasi yang kami berikan sebagai bahan pelatihan merupakan program akuntansi yang bersifat real time sehingga akan memberikan informasi yang efektif efisien (cepat dan akurat). Dengan pencatatan akuntansi yang tepat akan mencerminkan suatu tata kelola yang baik bagi suatu lembaga koperasi. Metode dalam pengabdian ini adalah dengan metode presentasi/ceramah, tanya jawab, pelatihan, dan pendampingan implementasi program akuntansi. Dalam pelatiahan dan pendampingan implementasi program ini bersifat berkelanjutan sampai dengan pengurus (bendahara) mampu mengoperasionalkan sendiri. Hasil dari kegiatan pengabdian dengan pelatihan akuntansi koperasi ini memberikan komitmen yang tinggi dalam pengelolaan koperasi bagi pengurus dan anggota. Pengurus koperasi telah dapat menerapkan program akuntansi dengan baik dan telah banyak membantu pengurus dalam menyiapkan laporan pertanggungjawaban. Laporan ini berupa laporan keuangan dan laporan terkait lainnya yang akan disampaikan pada rapat RAT koperasi setiap tahun pada awal tahun berikutnya.
Pengembangan Pemasaran dengan Perencanaan Keuangan dan Optimalisasi Digital Marketing untuk Produk Herbal Agaric Jovens Muhammad Hasyim Ashari; Tasnim Nikmatullah Realita; Made Iska Aprilita Wardani; Muhammad Shabri
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.58

Abstract

Saat ini, pengembangan pemasaran dapat dilakukan dengan digital marketing untuk meningkatkan penjualan, dan tentunya hal tersebut harus direncanakan dalam penyusunan anggaran penjualan sebagai perencanaan keuangan. Dalam pengabdian ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan dengan optimalisasi digital marketing dan penyusunan anggaran. Untuk mencapai hal tersebut pendekatan yang dilakukan adalah melakukan pendampingan dalam penyusunan anggaran penjualan berdasarkan pada data tahun-tahun sebelumnya, serta penyusunan program penjualan dengan memanfaatkan media sosial. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa tim marketing Agaric Jovens dapat membuat perencanaan keuangan dengan penyusunan anggaran penjualan untuk tahun 2024 dan melakukan proses penjualan dengan memanfaatkan media sosial yang dimilikinya sehingga dapat menerapkan digital marketing melalui youtube, facebook, instagram dan tiktok untuk melakukan promosi dan penjualan di marketplace
Strategi Pengembangan Industri Kreatif Secara Digital dengan Optimasi Penggunaan Canva dan Tiktok di Kabupaten Kuningan-Jawa Barat Nurul Giswi Karomah; Elis Chalisyah; Bakri Bakri; Nika Sintesa; Yunita Indriany
Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta Vol 2 No 2 (2023): Desember 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56456/dimaseta.v2i2.59

Abstract

Industri kreatif memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional, yaitu dapat dilihat dari banyaknya daerah yang memiliki sektor industri kreatif, salah satu daerah yang terdapat banyak penggiat industri kreatif adalah Kabupaten Kuningan - Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan wawasan kepada Industri Kreatif khususnya yang ada di Kabupaten Kuningan dalam menggunakan Digital Marketing sebagai sarana promosi, terutama dalam membuat konten dengan memaksimalkan dan mengoptimalisasikan penggunaan aplikasi Canva dan yang bisa menarik pelanggan melalui Tiktok yang dapat dengan mudah diakses oleh berbagai kalangan dan sangat mudah. Analisa yang dilakukan adalah dengan memetakan sejauh mana persoalan dalam membuat konten Tiktok dan penggunaan Canva serta dengan memberikan pelatihan dan pendampingan. Pendampingan kegiatan diikuti sekitar 50 peserta dari perwakilan pelaku Industri Kreatif di Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan adalah melalui Analisa pendekatan kualitatif dan wawancara, sebagai teknik pengumpulan data dan dideskriptifkan dengan berfokus pada penjelasan narasumber dan fakta yang diperoleh saat penelitian. data yang didapat menjelaskan bahwa teknologi digital mampu menjadi sarana penunjang dalam keberlangsungan perkembangan industri kreatif, hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi untuk menunjang segala aktivitas sehari-harinya. Hasil akhir dari kegiatan ini peserta mempunyai gambaran penggunaan Canva dan Tiktok. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keberdayaan mitra yaitu terciptanya Industri Kreatif yang memiliki Pengetahuan, keterampilam yang baik dalam mengoptimalkan Digital Marketing Khususnya Canva dan Tiktok dalam meningkatkan Penjualan. Kata Kunci : Canva, Digital Marketing , Tiktok

Page 1 of 2 | Total Record : 14