cover
Contact Name
Lukman Nurhakim
Contact Email
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Phone
+6285161018819
Journal Mail Official
lukmannurhakim@iaisambas.ac.id
Editorial Address
Tanjung Mentawa, Kel. Tanjung Mekar, Kec. Sambas, Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Published by CV. Adiba Aisha Amira
ISSN : -     EISSN : 29853885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of mathematics, mathematics education and Natural Sciences in school and education institutions. The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Mathematics in school and educational institutions Mathematics learning material and ethnomathematics in mathematics learning material. Mathematics education in school and educational institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Mathemarics Learning, Mathematics Skill, Ethnomathemarics and Other Mathematics Learning Analysis. Natural Sciences in school and education institutions Curriculum Development, Learning Methods, Learning Materials, Learning Media, Assessment, Information and Communications Technology in Natural Sciences Learning, Natural Sciences Skill and Other Natural Sciences Learning Analysis.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni" : 10 Documents clear
Analisis Tingkat Kemampuan Metakognitif Siswa Dari Aspek Review Dikelas VII SMP Islam Terpadu Sulthoniyah Sambas Mutazam, M.Pd.
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1193.239 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan metakognitif siswa SMP IT Sulthoniyah Sambas. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan Strategi metakognitif dalam pemecahan masalah matematika akan menuntun siswa untuk memahami dan mengontrol proses berpikirnya, menganalisis, objektif, cermat dan logis dalam memecahkan masalah matematika yang sedang dihadapinya. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP IT Sulthoniyah Sambas, yang terdiri dari 34 siswa dengan menggunakan metode angket, soal tes dan dilengkapi dengan adanya wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif siswa dari review (aspek pengecekkan kembali) mendapatkan respon siswa pada rata-rata persentasi 63% dengan demikian keterampilan metakognitif siswa SMP IT Sulthoniyah sambas masih tergolong cukup.
Analisis Implementasi Kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Sikap Dalam Ditinjau Dari Standar Proses Pembelajaran Biologi Kelas XI Pada Masa Pandemi Covid-19 Mita Asmara; Meri Sri Hartati
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Sikap Dalam ditinjau dari standar proses pembelajaran biologi kelas XI pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menganalisis RPP yang dibuat oleh guru biologi kelas XI dan mengamati kegiatan proses pembelajaran. Data dan sumber data pada penelitian ini terdiri dari data primer (guru biologi, waka kurikulum dan siswa) dan data sekunder (silabus dan RPP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi kurikulum 2013 SMA Negeri 1 Sikap Dalam ditinjau dari standar proses pembelajaran biologi kelas XI pada masa pandemi covid-19 sudah berjalan baik. Implementasinya sesuai dengan permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang standar proses. Pada masa pandemi covid-19 kurangnya jam mengajar, banyaknya materi pelajaran dan kurangnya minat belajar siswa menjadi menjadi tantangan bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.
Analisis Analisis kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Di MA Al-Qodiri Jember Asrori Septa Sugianto; Ulfin Nadiroh Yustika; Muhammad Agus Masud Maulana; Indah Wahyuni
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menyadari pentingnya fokus pada ciri-ciri kepribadian dan kemampuan berpikir kritis untuk mendukung keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini tipe kepribadian ekstrovert dan introvert menggambarkan proses berpikir kritis matematis siswa. Dengan menggunakan pendekatan eksploratif ini, empat siswa XII IPA 1 MA Al-Qodiri Gebang Jember dijadikan sebagai subjek penelitian kualitatif. Rapat, survei tipe karakter, dan tes kemampuan penalaran adalah instrumen yang digunakan untuk menentukan angka. Menurut temuan, orang yang ramah lebih baik dalam memecahkan masalah daripada orang bijak dalam melakukannya, tetapi mereka kurang mendalam saat menelitinya. Subjek yang lebih reseptif juga membuat penilaian yang salah dan kurang tepat saat menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada. Sementara itu, orang introvert sering mengevaluasi kembali pilihan mereka sebelum mengambil keputusan karena mereka biasanya tenang, hati-hati, dan teliti. Siswa introvert dapat membangun argumen mereka, bahkan jika mereka tidak dapat menulisnya dengan tepat, dengan memperluas informasi sebelumnya dan menyatakan langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor dan Geogebra pada Materi Kalkulus Devi Aprianti Rimadhani Agustini; Muhamad Rizki Wahyuddin; Rifty Pradana Gunawan
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat memberi dampak yang besar termasuk dalam dunia pendidikan. Berbagai media pembelajaran kini dikembangkan dengan sentuhan teknologi yang akrab disebut sebagai pembelajaran digital, tidak terkecuali dalam pembelajaran matematika. Salah satu media pembelajaran digital yang banyak dikembangkan adalah media pembelajaran berbasis Android. Pada penelitian ini, aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android dibangun menggunakan MIT App Inventor dan Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi android untuk pembelajaran matematika pada materi mengenai kalkulus khususnya kurva ketinggian suatu fungsi dua peubah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan model pengembangan Multimedia Development  Life Cycle (MDLC) atau metode Luther yang terdiri dari enam tahapan, yaitu tahap konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan aplikasi, pengujian dan distribusi. Adapun pengujian perangkat lunak dilakukan melalui metode black-box. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model MDLC dapat digunakan dalam membangun media pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan fungsional aplikasi.
Penggunaan Pengasapan dalam Pembelajaran Sistem Respirasi Bermuatan Sustainability Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Eny Hartadiyati W.H; ipah Budi Minarti; Sinta Nurdianawati
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pengasapan ikan di desa Banggi kabupaten Rembang dalam pembelajaran bermuatan sustainability sebagai sumber belajar materi sistem respirasi kelas XI. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun 2017/ 2018 dengan populasi penelitian yang digunakan yaitu kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Lasem. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Tehnik pengambilan data yaitu menggunakan purposive sampling dan metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental design dengan desain penelitian noequivalent control group design. Hasil analisis uji t dari posttest hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kontrol adalah signifikan. Hal ini menunjukkan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data menunjukkan ada peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 0,62 termasuk kategori sedang. Sedangkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 0,63 termasuk kategori sedang. Kesimpulannya bahwa penggunaan pengasapan ikan di desa Banggi kabupaten Rembang dalam pembelajaran sistem respirasi bermuatan sustainability berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA.
Validasi Metode Analisis Fenilbutazon dalam Pembawa Vesikular Etosom secara Spektrofotometri UV-Vis Rezky Dwi Fitriani; Nur Illiyyin Akib; Muhammad Handoyo Sahumena
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fenilbutazon telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati Rheumatoid arthritis karena sifat analgetiknya serta memiliki daya anti inflamasi yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh validasi metode analisis fenilbutazon dalam vesikel etosom secara spektrofotometri UV-Vis yang valid. Analisis kadar fenilbutazon dilakukan dengan menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 266nm. Parameter validasi metode dalam penelitian ini meliputi linieritas, batas deteksi, batas kuantifikasi, presisi, akurasi dan spesifisitas. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan diketahui parameter linearitas yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,999 dengan persamaan y = 0,036x + 0,305, batas deteksi 0,556 µg/mL dan batas kuantifikasi sebesar 1,855 µg/mL, parameter presisi yang dinyatakan dengan %RSD sebesar 0,088% untuk presisi intraday dan presisi interday rata rata %RSD adalah 0,152%, parameter akurasi berdasarkan %recovery dengan standar adisi 2 µg/mL, 6 µg/mL dan 10 µg/mL berturut-turut adalah 103,03%, 100,60% dan 101,84% serta parameter spesifisitas, terbentuk puncak dengan λ maks yang sama dengan standar.
Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi siswa di indonesia Ipah Budi Minarti; Atip Nurwahyunani; Silvi Aifiyyatul Fajriyah; Siti Dzakiyatus Sholekhah; Via Valenta Kafita Ardian; Safira Asanu Lestari; Danu Handrian Firdaus
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat integrasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di Indonesia. Metode yang digunakan adalah Literature review, dimana dilakukan pencarian literatur melalui database jurnal dan artikel online. Data dikumpulkan dari Google Scholar dengan kata kunci "Problem Based Learning, Hasil belajar, dan Motivasi" dalam periode 2013-2023. Setelah itu, dilakukan seleksi naskah untuk mengidentifikasi artikel dan jurnal yang relevan, serta dilakukan analisis konten kualitatif terhadap materi yang ditemukan. Dari 10 artikel yang berhasil ditemukan, terdapat beberapa informasi penting. Pertama, penggunaan model PBL terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari adanya peningkatan nilai atau persentase setelah penerapan PBL. Kedua, penggunaan model PBL juga memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, karena melibatkan siswa dalam kolaborasi dan kerja tim, sehingga tercipta interaksi sosial dan dukungan di antara anggota kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL memiliki potensi dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa di Indonesia. Oleh karena itu, integrasi model PBL dalam konteks pendidikan di Indonesia perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut agar dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa di Indonesia
Analisis Kebutuhan Media Hybrid Learning Untuk Memperbaiki Kemampuan Komunikasi Matematis Calon Guru Matematika Di Kota Ternate Ageng Triyono; Rusmin R.M. Saleh
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang menjadi subjek penelitan ini tergolong rendah. Sebagai alternatif solusi akan dikembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis model pembelajaran tertentu yang nantinya dapat memfasilitasi proses perbaikan kemampuan komunikasi matematis secara hybrid learning. Tujuan penelitian ini akan dicapai melalui jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, kajian literatur dan pemberian angket. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen dan 11 mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data terdiri dari lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar angket. Data yang didapatkan dicek keabsahannya melalui wawancara ulang (follow up inteview) dengan subjek penelitan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode Milles & Hubberman. Hasil analisis data menunjukkan jenis media yang dapat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan dan sesuai karakteritik mahasiswa adalah e-modul berbasis model pembelajaran project based learning (PjBL). Platform atau aplikasi pengembangan media yang dapat mengakomodir kondisi dan ketersediaan perangkat hybrid learning yang dimiliki mahasiswa adalah Android Kitkat Versi 4.4. Adapun materi yang akan dimuat di dalam e-modul adalah mata kuliah Pengantar Dasar Matematika.
Pengembangan Katalog Dalam Bidang Pendidikan Implentasi dari Hasil Penelitian Keanekaragaman Tumbuhan Liana di Kawasan Curug Sewu Kendal Atip Nurwahyunani; Ikhzar Khoirul Annurul Fitriani
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Katalog menjadi salah satu sumber belajar yang dapat digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan katalog pada materi keanekaragaman tumbuhan sebagai implementasi dari hasil penelitian murni mengenai keanekaragaman tumbuhan liana di kawasan Curug Sewu Kendal. keanekaragaman tumbuhan termasuk dalam materi pembelajran biologi SMA kelas XII. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE tanpa Implementasi dan Evaluasi. Skor yang diperoleh 97,7 %. Katalog yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BIOLOGI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESIONAL Atip Nurwahyunani; Tri Fazhilah; Lussana Rossita Dewi
NUMBERS : Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Vol. 1 No. 2 (2023): April - Juni
Publisher : CV. ADIBA AISHA AMIRA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan menggunakan Flip PDF Professional. Penelitian menggunakan metode 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D meliputi define, design, dan development. Tahap define (pendefinisian) dilakukan dengan analisis kompetensi dasar. Tahap design (perancangan) yang dilakukan dengan merancang susunan dan isi modul dan mengubah modul menjadi e-modul menggunakan Flip PDF Professional. Tahap development (pengembangan) melakukan validasi pada e-modul dengan melibatkan 2 validator yang menilai aspek media dan aspek materi pada e-modul. Hasil validasi aspek materi mendapat skor dengan presentase 99,4% dan aspek materi mendapat skor dengan presentase 96,9%. Hasil validasi aspek materi dan aspek media terdapat pada interval 81% - 100% dengan kriteria “Sangat Layak” untuk diimplementasikan pada materi KD 3.1 Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas XII SMA semester I

Page 1 of 1 | Total Record : 10