cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Juli" : 11 Documents clear
Analisis Persepsi Guru dan Siswa SDN Pagu 1 Terhadap Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Daring Aprelita Hana Sajida; M. Anas Thohir
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.58 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.6935

Abstract

Abstrak. Pembelajaran daring adalah suatu proses interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa secara jarak jauh melalui handphone atau laptop atau media digital lainnya yang sesuai dan menggunakan akses internet secara penuh. Dalam penerapannya, setiap sekolah pastinya memiliki kebijakannya masing-masing. Di SDN Pagu 1, pembelajaran daring dilaksanakan melalui berbagai macam media digital agar siswa tidak mudah bosan. Namun, berdasarkan metode wawancara yang ditujukan kepada guru dan angket terbuka yang ditujukan pada siswa, menunjukkan hasil bahwa pembelajaran daring masih kurang efektif jika diterapkan untuk siswa SD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan pembelajaran daring berdasarkan pandangan dari guru dan siswa SDN Pagu 1.Kata Kunci. Pembelajaran Daring, Siswa, Guru
Pengembangan Media “PAKOTA” (Papan Kosa Kata) Tema 2 Subtema 1 Materi Keragaman Benda Kelas 2 SD N Tanjungrejo 1 Aqidatul Izza TPP; Innany Mukhlishina
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (945.271 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.7259

Abstract

Abstrak. Dalam proses pembelajaran tidak semua materi dapat diajarkan melalui verbal saja. Seorang guru memerlukan alat berupa media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian materi serta memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang diajarkan. Media pembelajaran yang digunakan dapat berupa cetak, audio, internet, ataupun berupa media yang berwujud (konkreat). Dengan adanya media pembelajaran, dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa, dan tentunya kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan, menguji kevalidan, keterterapan, dan kemenarikan media pembelajaran “PAKOTA” (Papan Kosa Kata ) pada Tema 2 Subtema 1 kelas 2 SD N Tanjungrejo 1. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Sebanyak 15 siswa kelas 2 SD N Tanjungrejo 1 menjadi sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi dan angket respon siswa. Hasil validitas media pembelajaran PAKOTA dinyatakan valid setelah dilakukan review oleh ahli media dan materi dengan presentase tingkat pencapaian sebesar 80% dengan kategori layak. Dilakukan uji coba lapangan  untuk mengetahui tingkat keterterapan dan kemenarikan media pembelajaran, dengan hasil presentase tingkat pencapaian sebesar 92% dengan kategori  sangat baik.Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, PAKOTA.
Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Materi Membandingkan Berat Benda pada Siswa Kelas II di SDN Turi 2 Yunita Dwi Tamara; Nurul Hidayah; Maulida Dedek Budi'ani; Yuniawatika Yuniawatika; Siti Mas'ula
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.013 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.6936

Abstract

Abstrak. Peserta didik harus menguasai materi matematika sebagai bentuk penataan nalar dan pengambilan keputusan dalam era persaingan yang semakin kompetitif pada saat ini. Oleh karena itu perlu adanya penerapan pembelajaran matematika yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran tematik muatan matematika materi membandingkan berat benda pada siswa kelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi secara langsung kegiatan pembelajaran matematika serta dokumentasi, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 12 siswa kelas II dan seorang guru kelas II di SD Negeri Turi 2. Data yang telah diperoleh dari wawancara dan observasi kemudian dianalisis sehingga diperoleh hasil dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan adalah saintifik yang terdapat diskusi, guru menggunakan perangkat pembelajaran berupa alat peraga sederhana yang sesuai dengan materi, dan kendala yang terjadi adalah keterbatasan media pembelajaran yang disediakan sekolah serta kemampuan beberapa siswa yang masih tertinggal jauh dibandingkan siswa yang lain.Kata Kunci. pembelajaran matematika, kelas II sekolah dasar, materi berat benda.
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin Kota Semarang Ade Salim Prasetyo
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.158 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.7271

Abstract

Abstrak. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan  faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) Islam Plus Muhajirin kota Semarang. Untuk mencapai fokus penelitian, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 1 guru kelas 4 SD dan 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 4 SD berjumlah 25 siswa mengalami kesulitan belajar yaitu kesulitan belajar memecahkan masalah. Kemudian faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran yaitu guru tidak menggunakan media pembelajaran, siswa merasa bosan dan siswa tidak membawa alas tulis lengkap.Kata kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Faktor Penyebab, Matematika
Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Guna Meningkatkan Interaksi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Tematik SD Bestiana Nizhomi; Ana Fitrotun Nisa; Widowati Pusporini
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.808 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.7015

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan, diantaranya yaitu  kebijakan  pemerintah  untuk  menerapkan  pembelajaran  daring  di  masa  pandemi  covid  19  yang menimbulkan  beberapa permasalahan seperti, interaksi dosen dan mahasiswa yang kurang baik sehingga membuat kegiatan belajar mengajar cenderung menjadi pasif dan kurang efektif. Pada situasi yang seperti ini, pendidik harus berinovasi dan mengambil tindakan cepat agar pembelajaran  bisa  berjalan efektif kembali. Sebelum pandemi kegiatan belajar biasanya dilakukan di kampus diubah menjadi kegiatan Belajar Di Rumah  (BDR). Salah satu alternatif yang tepat di masa pandemi  ini yaitu penerapan model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran ini dapat mengkombinasikan antara pembelajaran internal dikelas dengan pembelajaran diluar kelas atau kelas terbalik dengan maksud untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Tematik SD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Penelitian ini dilakukan bersiklus dengan tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif dalam semua komponen interaksi pembelajaran mata kuliah pembelajaran tematik SD menggunakan model pembelajaran flipped classroom.Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Interaksi Belajar,  Pembelajaran Tematik SD
Kreativitas Guru Min 02 Kota Madiun Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Tematik IPS Dian Nur Antika Eky Hastuti
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.84 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.7280

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran daring di MIN 02 Kota Madiun Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas 3 yang berjumlah 2 dan kepala sekolah MIN 02 Kota Madiun. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan cek dokumen. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan  adanya kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan dokumentasi yang menunjukkan bahwa guru di MIN 02 Kota Madiun sudah kreatif  dalam penggunaan media pembelajaran daring dimana Guru di MIN 02 Kota Madiun melaksanakan kreativitas dalam penggunaan media pembelajaran daring dengan menggunakan media berupa E-Learning, google meet, zoom meeting, media cetak, dan rekaman suara.Kata Kunci: Kreativitas, Media, Pembelajaran Daring
Pengembangan Media Puzzle dalam Pembelajaran Materi Pecahan bagi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Jatinom 03 Sang Aji Prawismo; Aprelita Hana Sajida; Putri Junaina Miratul Habibah; M. Zainuddin; Siti Mas'ula
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.232 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.6846

Abstract

Abstrak. Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki standar serta wajib dipelajari disetiap jenjang pendidikan di sekolah. (Ai Tusi Fatimah, 2018). Pelajaran matematika sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun kenyataannya banyak siswa yang gagal dalam mata pelajaran ini dikarenakan kurangnya pemahaman konsep matematika. Penggunaan media diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mata pelajaran matematika berjalan di SD dan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pecahan dengan menggunakan media puzzle pecahan. Puzzle Pecahan adalah sebuah media yang membantu siswa dalam memahami konsep pecahan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jatinom 03 di kelas 1 dengan menggunakan metode wawancara yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puzzle pecahan merupakan media yang menarik serta dapat digunakan setiap saat, baik di rumah maupun di sekolah serta efisien dalam waktu dan tempat.Kata Kunci. Matematika, Media Pembelajaran, Pecahan, Puzzle Pecahan
Efektifitas Penggunaan Google Meeting Pada Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman IPA Siswa Kelas 4 SD Diyan Marlina
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1096.398 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.7147

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas google meeting pada pembelajaran daring terhadap pemahaman IPA siswa kelas 4 di SDN Krowe 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode True Experimental Design tipe Posttest-only control design. Sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini mengguunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis  data pada penelitian ini menggunakan statistik dengan tahap uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung  ≥  t tabel  (2.597 ≥2.048)maka Ho di tolak, artinya penggunaan google meeting efektif terhadap pemahaman IPA siswa kelas 4 di SDN Krowe 1.Kata Kunci. Google Meeting, daring, Pemahaman IPA
Analisis Learning Obstacle Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang Di Kelas IV Farhan Faisal Dani; Badarudin Badarudin
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.089 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.7317

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis hambatan belajar, faktor penyebab, serta solusi yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi terjadinya learning obstacle pada siswa terkait dengan materi luas bangun datar persegi dan persegi panjang di kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi hermeneutika. Fokus dari objek penelitian ini adalah hambatan belajar yang terjadi pada siswa kelas IV SD N Kembaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, soal tes tulis, analisis hasil jawaban siswa dalam mengerjakan soal luas bangun datar persegi dan persegi panjang, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan ada tiga jenis hambatan yang dialami siswa yaitu ontogeny obstacle, didactical obstacle, dan epistemology obstacle. Faktor yang menyebabkan terjadinya learning obstacle yaitu peralihan masa pembelajaran dari daring ke luring, kurangnya pendampingan orang tua ketika siswa belajar di rumah, penyusunan RPP yang dilakukan guru kurang relevan, dan lemahnya siswa dalam menghitung perkalian. Solusi yang dapat guru lakukan yaitu memberikan motivasi belajar, penguatan materi perkalian dasar, menggunakan metode belajar kooperatif, memberikan contoh soal-soal yang bervariasi, dan menyusun RPP secara relevan dan dinamis. Kata kunci: Learning obstacle, Faktor, Solusi, Materi luas persegi dan persegi panjang
Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Game Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Untuk Siswa Kelas 3 SD Novita Nur Aini; Priya Kusuma Bahari; M. Zainuddin; Siti Mas'ula
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (669.684 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.6847

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji pengimplementasian metode pembelajaran berbasis game pada materi operasi hitung perkalian. Penelitian dilakukan di SDN Pulorejo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian yaitu siswa SD kelas 3 dan guru kelas. Sedangkan objek penelitiannya ialah metode pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada guru kelas 3, observasi terkait kegiatan pembelajaran materi operasi hitung perkalian pada pembelajaran tematik, dan dokumentasi yang berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tahapan dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan positif dalam penggunaan metode pembelajaran berbasis game pada materi operasi hitung perkalian. Perubahan tersebut ditunjukkan oleh antusiasme siswa saat permaianan berlangsung, meningkatnya minat belajar siswa, dan meningkatnya hasil belajar siswa. Jadi, dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat guna, diharapkan mampu menjadi solusi bagi siswa maupun guru untuk memudahkan dalam mencapai tujuan pembelajarannya.Kata Kunci: Metode pembelajaran, matematika, operasi hitung perkalian

Page 1 of 2 | Total Record : 11