cover
Contact Name
Gunawan
Contact Email
gunawan@unram.ac.id
Phone
+6281246673311
Journal Mail Official
jppm.fkip@unram.ac.id
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit No. 62 Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Mataram
ISSN : 26147947     EISSN : 26147939     DOI : https://doi.org/10.29303/jppm
Core Subject : Education,
PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, pertanian, perikanan, dan lain-lain baik yang berbentuk penyuluhan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan. Jurnal ini merupakan Open Access Journal dengan e-ISSN 2614-7939 dan p-ISSN 2614-7947, terbit perdana mulai Februari 2018. Dalam 1 (satu) tahun terbit 2 kali yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Mulai 2019 artikel terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2022): Mei" : 14 Documents clear
PENDAMPINGAN PENINGKATAN PENDAPATAN KILANG PADI TANI JAYA MELALUI PENGENDALIAN PERSEDIAAN DENGAN METODE EOQ DAN JIT Riche Riche; Sophya Hadini Marpaung
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.273 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.2971

Abstract

Selain transaksi penjualan dan pembelian, aktivitas produksi adalah salah satu aktivitas penting dalam bisnis. Dan kegiatan operasional bisnis haruslah dipantau dengan seksama agar memperoleh laba yang diinginkan, termasuk didalamnya kontrol atas biaya terkait. Pada pengabdian kali ini, tim pengabdian bermitra dengan sebuah kilang padi yang bernama Kilang Padi Tani Jaya. Salah satu aktivitas penting di dalam kilang adalah kendali atau kelola persediaan. Pada pengabdian kali ini dilakukan pendampingan dalam rangka peningkatan pendapatan Kilang Padi Tani Jaya melalui edukasi konsep pengendalian persediaan dengan metode EOQ dan JIT yang merupakan konsep atau metode umum dalam kelola persediaan. Pendampingan ini menyuguhkan komparasi antara konsep EOQ dan JIT sebagai simulasi yang jelas bagi pihak pemilik kilang padi Tani Jaya.
PSIKOEDUKASI PARENTING SELF-EFFICACY BAGI ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Ayu Hapsari; Yudi Tri Harsono; Farah Farida Tantiani; Arum Sekar; Elwin Dewi Nurhazizah
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.877 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3091

Abstract

Memiliki anak berkebutuhan khusus membawa dampak bagi orang tua. Hal ini disebabkan karena perkembangan anak berkebutuhan khusus tentu berbeda dengan tahap perkembangan di mana anak tersebut memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda sehingga memengaruhi praktik parenting atau pola pengasuhan yang dilakukan orangtua. Parenting self-efficacy menjadi pembeda atas keberhasilan orang tua dalam mengasuh anak. Parenting self-efficacy sendiri diterjemahkan sebagai sebuah komponen kognitif dalam kompetensi pengasuhan (parenting) yang menunjukkan persepsi orang tua mengenai kompetensi yang dimilikinya dalam menjalankan perannya sebagai orang tua dan kemampuan untuk mempengaruhi perilaku dan perkembangan anak secara positif. Tujuan diadakannya pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman atau psikoedukasi kepada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus mengenai pentingnya parenting self efficacy dalam upaya meningkatkan keterlibatan orang tua dan mempebesar kemungkinan keberhasilan treatment yang dijalani oleh anak. Dari psikoedukasi yang telah diberikan, diharapkan orang tua dari anak-anak berkebutuhan khusus dapat mengetahui bagaimana dampak positif parenting self-efficacy orang tua terhadap kemajuan dan keberhasilan treatment anak.
PEMBUATAN WEBSITE UNTUK SMA TAMAN SISWA BAH JAMBI SIMALUNGUN Roni Yunis; Djoni Djoni; Suminar Ariwibowo
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (627.592 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3138

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah membuat website untuk SMA Taman Siswa Bah Jambi Simalungun. Pengembangan website dilakukan dengan beberapa aktivitas yang terstruktur mulai analisis permasalahan mitra, analisis kebutuhan/pernyaratan aplikasi, mengembangkan aplikasi website, implementasi dan instalasi website, sosialisasi dan pembimbingan penggunaan website, serta evaluasi dan pemeliharaan. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat menghasilkan sebuah website yang dapat digunakan oleh mitra untuk mengelola informasi dan berita sekolah, mengelola prestasi, sarana dan prasarana dan pengelolaan pendaftaran siswa baru. Sehingga dengan demikian website yang sudah diimplementasi dapat dijadikan sebagai media promosi kegiatan sekolah kepada stakeholder. Proses pembimbingan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan potensi sumber daya manusia yang ada pada mitra.
PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP GIZI BALITA DI DESA NGRAJEK Febru Puji Astuti; Dian Astiyani; Arifah Nurrahmah; Firda Fardhita Yogi F; Bekti Noviandari; Adria Nitaningrum
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.878 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3400

Abstract

Stunting merupakan salah satu permasalahan nasional yang masih menjadi PR besar bagi semua pihak. Penanganan stunting di masyarakat umumnya dilakukan oleh kader PKK dan dilakukan saat posyandu yang dikelola oleh kader PKK dan masyarakat untuk mendukung perbaikan gizi dan pencegahan stunting. Meski begitu pelayanan hanya berupa pendataan dan belum memberikan tidak lanjut untuk anak yang terdeteksi stunting serta belum adanya program pasti di kelompok PKK yang ditujukan sebagai upaya pencegahan stunting. Berdasarkan permasalahan tersebut, program kegiatan pengabdian yang kami angkat dengan tema peningkatan kesadaran masyarakat terhadap gizi balita di desa Ngrajek. Metode yang kami lakukan diantaranya berupa Pelatihan tentang gizi seimbang dan stunting untuk kader PKK stunting dan guru lembaga PAUD, Sosialisasi parenting (pola asuh gizi) kepada orang tua yang memiliki batita dan balita, Pendampingan PMBA dan pemberian daftar menu gizi imbang bekerjasama dengan kader posyandu setempat. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan harapan peserta pelatihan dan sosialisasi.
PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CAMTASIA DAN OLIVE DALAM OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING Andi Ichsan Mahardika; Nuruddin Wiranda; Muhammad Arifuddin; M. Kamal; Mila Erlina; Putri Yani
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.54 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3465

Abstract

E-learning telah menjadi tulang punggung bagi pendidikan jarak jauh di dunia khususnya dimasa pandemi Covid-19 dan masa New Normal. Hampir seluruh dunia pendidikan saat ini telah menerapkan e-learning dalam kegiatan pembelajaran. Tanpa memiliki keterampilan dasar dan pengetahuan tentang literasi digital seperti video pembelajaran maka proses pembelajaran akan menjadi tertinggal. Techonological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) saat ini telah menjadi kompetensi yang harus dimiliki oleh guru di era globalisasi. Hasil observasi terhadap guru tingkat SMA/MA di Kabupaten Balangan menunjukkan bahwa guru belum mampu membuat video pembelajaran untuk mereka gunakan dalam pembelajaran daring, para guru umumnya menggunakan video pembelajaran yang telah ada dari beberapa sumber online untuk digunakan sebagai media untuk menjelaskan materi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru mengatasi kendala dalam membuat video pembelajaran adalah dengan mengadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pengembangan video pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan penerapan PKM ini dibagi dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan program, implementasi progam dan evaluasi program. Setelah kegiatan ini terlihat bahwa guru sudah mampu mengoperasikan aplikasi Camtasia dan Olive dengan baik dan terstruktur meliputi cara penginstallan, memasukkan bahan ajar, editing, dan export/menyimpan video. Kegiatan pelatihan video pembelajaran menggunakan camtasia dan olive untuk optimasi pembelajaran daring ini diharapkan dapat meningkatkan skill/keterampilan guru dalam pembuatan video pembelajaran.
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN SOFTWARE CAMTASIA STUDIO Arif Rahman Hakim; M. Tohimin Apriyanto; Muhamad Farhan; Napis
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.31 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3490

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pemahaman dan pelatihan pembuatan video pembelajaran berbantuan software camtasia studio kepada guru di yayasan Sahabat Sunnah Sekolah Tahfizh Ibnu Katsir. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian terdiri atas 3 tahapan yaitu; (1) Observasi, (2) diskusi, dan (3) Simulasi dengan rangkaian kegiatan berupa: 1) Demonstasi penggunaan software Camtasia studio, 2) Latihan pembuatan Video pembelajaran, 3) Evaluasi. Objek pelatihan adalah guru yayasan Sahabat Sunnah Sekolah Tahfizh Ibnu Katsir sebanyak 15 orang guru bidang study. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya respons positif guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan kemampuan guru dalam memahami komponen-komponen software camtasia studio serta mampu mengoperasikannya pada saat pembuatan video, pengeditan dan menconvert video dalam bentuk media player portable.
PKM SMP NEGERI 12 PADANG DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN TEKNIK MEMBACA INTENSIF PADA KETERAMPILAN TEKS LAPORAN PERCOBAAN Rina Sartika; Titiek Fujita Yusandra; Ria Satini
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.028 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3521

Abstract

Membaca intensif merupakan program kegiatan membaca yang dilakukan secara seksama. Siswa hanya membaca satu atau beberapa pilihan dari bahan bacaan yang ada. Adanya teknik membaca intensif pada keterampilan menulis teks laporan percobaan, dapat membantu siswa dalam memahami materi dan menumbuhkan minatnya dalam menulis. Penggunaan media pembelajaran juga dapat membantu siswa untuk lebih semangat dalam proses pembelajaran pada materi teks laporan percobaan. Sebagai media pembelajaran baru, yang inovatif, penggunaan media pembelajaran ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa. Untuk mendukung terciptanya profesionalisme guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif diadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). PKM tersebut dilakukan dengan cara membimbing dan memberikan pelatihan pada guru di SMP Negeri 12 Padang agar dapat menggunakan media-media pembelajaran bervariasi. Siswa tidak lagi memperoleh materi tentang teks laporan percobaan dengan pemaparan teori yang panjang lebar, tetapi guru langsung memberikan pembelajaran dengam media pembelajaran yang menarik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan pengetahuan dan motivasi kepada guru bahwa pentingnya sebagai seorang guru atau pendidik untuk membuat media dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatan pengabdian ini juga membantu guru menyampaikan materi secara praktis dan mudah dipahami siswa terutama dalam pembelajaran menulis teks laporan percobaan.
SOSIALISASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI KELURAHAN TEGALSARI Jeannita Gunawan; Aina Thusamma Salsabila; Khoirotun Nisa; Nurul Azizah
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.715 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3543

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya penggunaan internet yang terjadi secara pesat tidak terlepas dari adanya pandemi Covid-19. Perkembangan teknologi dan informasi ini berdampak terhadap para pelaku UMKM seperti dalam hal pemasaran produk. Saat ini, sebagian besar pelaku usaha dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi salah satunya dengan memasarkan produk secara digital. Hal semacam ini juga terjadi pada pelaku UMKM di Kelurahan Tegalsari, Surabaya. Perkembangan teknologi yang terjadi mengharuskan para pelaku UMKM untuk memahami digital marketing. Namun, sebagian besar pelaku UMKM di Kelurahan Tegalsari belum memiliki pengetahuan mengenai digital marketing. Oleh karena itu, diselenggarakan kegiatan sosialisasi dengan tema digital marketing di Kelurahan Tegalsari. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada 29 Maret 2022 di Balai RW 06, Kelurahan Tegalsari, Surabaya. Kegiatan ini dilakukan secara offline dengan metode penyampaian secara verbal melalui narasumber sehingga antara peserta dan narasumber dapat berinteraksi secara langsung. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan baru tentang digital marketing kepada pelaku UMKM di Kelurahan Tegalsari dan agar para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara luas melalui media digital. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini menunjukkan bahwa materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan harapan peserta sosialisasi.
WIRAUSAHA KELOMPOK WANITA TANI “DAHLIA” DENGAN BUDI DAYA LELE - SISTEM BIOFLOK Sugeng Priyanto Sugeng Priyanto; Dicky Arisudhana; Syaiful Anwar; M N Farid Thoha; Slamet Riyadi
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.235 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3667

Abstract

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) di wilayah RW 1 Kelurahan Petukangan Selatan merupakan sarana untuk kegiatan Posyandu dan Bank Sampah. Untuk mendukung kegiatan tersebut diperlukan tambahan dana agar kegiatan dapat berkelanjutan, karena hal tersebut sangat bermanfaat bagi warga dan mendukung program pemerintah. Upaya mencari tambahan dana untuk keberlangsungan kegiatan Pos Bindu, diusulkan solusi berupa budi daya lele sangkuriang dengan sistem bioflok. Hal ini, mengingat, masih terdapat lahan yang tidak produktif di lokasi Posbindu dan memanfaatkan spanduk bekas dari sampah yang dikirim warga. Selain itu juga mendidik masyarakat untuk berwirausaha dengan budi daya lele dengan sistem bioflok karena berbagai keuntungan yang diperoleh, antara lain mudah dilakukan, biaya murah dan cepat memberikan hasil dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Dengan program wirausaha ini, dapat mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumberdaya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai kebutuhan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan berwirausaha merupakan suatu pembelajaran dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pendapatan masyarakat. Pelatihan kewirausahaan merupakan suatu langkah penting dan perlu dilakukan dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Setelah dua setengah bulan, panen perdana lele sangkuriang. Hasil yang diperoleh masih jauh dari harapan. Hal ini karena belum adanya personal yang sepenuhnya mengelola budidaya, mengingat adanya proses pembersihan kolam, proses sortir lele agar tidak terjadi kanibalisme.
PELATIHAN PENGGUNAAN ACCURATE DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA SMA METHODIST-6 MEDAN Sherly Joe; Cu Lita; Devina Loman
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2022): Mei
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.741 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v5i2.3668

Abstract

Pendidikan merupakan unsur penting dalam perkembangan bangsa dan dunia. Begitu juga dengan perkembangan teknologi yang memberikan banyak dukungan dan manfaat dalam berbagai aktivitas. Hal ini juga berlaku pada bidang akuntansi, dengan penggunaan aplikasi akuntansi, bisnis dapat mengoptimalkan pengolahan data menjadi lebih cepat dan akurat. Sehingga para siswa khususnya peminatan akuntansi harus mengenal dan mampu menggunakan aplikasi akuntasi dalam memahami pembelajaran akuntansi serta mempersiapkan para siswa untuk memasuki dunia kerja. Siswa menengah atas pada Methodist-6 saat ini masih belum mengenal penggunaan aplikasi dan hanya mengetahui pengolahan jurnal dan laporan keuangan secara manual. Untuk itu maka diadakan pelatihan penggunaan accurate dalam penyusunan laporan keuangan pada SMA Methodist-6 medan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan dukungan pembekalan ilmu bagi siswa SMA Methodist-6 Medan, agar dapat memahami penggunaan aplikasi akuntansi dalam pengolahan data transaksi dan penyusunan laporan keuangan. Aplikasi akuntansi yang digunakan dalam pelatihan adalah Accurate Versi 5 yang berbasis desktop. Pelatihan ini dilakukan selama 2 hari di laboratorium komputer SMA Methodist-6 dan dievaluasi menggunakan metode Pre-test dan Post-test. Hasil evaluasi menunjukkan perbedaan nilai rata-rata antara sebelum mendapatkan pelatihan yakni 64,89 dan setelah mendapatkan pelatihan nilai rata-rata keseluruhan peserta meningkat menjadi 80,45. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman para peserta meningkat setelah mendapatkan pelatihan.

Page 1 of 2 | Total Record : 14