cover
Contact Name
Qory Jumrotul 'Aqobah
Contact Email
qoryaqobah@untirta.ac.id
Phone
+628170704541
Journal Mail Official
josita@untirta.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Jakarta KM4, Pakupatan, Kota serang, Banten
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
ISSN : -     EISSN : 2830375X     DOI : 10.52742/josita.v2i1
Core Subject : Health,
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) is an open access and peer-reviewed journal that aims to offer a national and international academic platform for Sport Science and Tourism Activity. This journal publishes articles and reviews scientific in field focus on: Sport Science Sports Health Sports Tourism Sports Fitness Physical Education Sport Nutrition Sports Technology Sports biomechanics Sports Physiology
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 22 Documents
MODEL PEMBELAJARAN PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA UNTUK SD KELAS ATAS Fatmawati Fatmawati; Nofi Marlina Siregar; Hernawan Hernawan
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 2, No 1 (2023): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v2i1.19781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan olahraga tenis meja dengan cara memodifikasi pembelajaran untuk SD kelas atas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall, dimana penelitian menggunakan 10 tahapan yaitu (1) Studi Pendahuluan (Research and Information Collecting) (2) Merencanakan Penelitian (Plannin) (3) Pengembangan Desain (Develop Preliminary of Product (4) Preliminary Field Testing (Uji Lapangan Awal) (5) Revisi Hasil Uji Lapangan Terbatas (Main Product Revision) (6) Main Field Test (7) Revisi Hasi Uji Lapangan (Operational Product Revision) (8) Uji Kelayakan (Operational Field Testing) (9) Revisi Final Hasil Uji Kelayakan (Final Product Revision) (10) Desiminasi dan Implementasi Produk Akhir (Dissemination and Implementation). Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran pukulan forehand drive melalui pembelajaran untuk SD kelas atas sebanyak 10 model yang telah diuji cobakan dalam kelompok kecil 15 siswa-siswi kelas atas SDN 04 Pagi Cakung Barat dan uji coba kelompok besar melibatkan 30 siswa-siswi kelas atas Sekolah Dasar Negeri 08 Pagi Cakung Barat.
MODEL OF SWIMMING GAMES TO REDUCE STRESS EXERCISE FOR 12 – 14 YEAR OLDS Eryan Mardinasyan; Kurnia Tahki
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 1, No 2 (2022): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v1i2.17469

Abstract

This study aims to create a swimming game model to reduce exercise stress in children aged 12-14 years, where the researchers are in the area of the Pyramid Swiming Club Bogor, Secretariat: Jl. Raya Cikaret housing Nirwana Estate Cibinong, Bogor Regency. The research time is July 2022. This research method uses the ADDIE research method, where the research uses 5 stages, namely, analysis, design, model development, implementation, evaluation. The results of the study resulted in a product in the form of a swimming game model that had been revised by game experts and swiming experts as many as 7 models which were implemented by 10 people. Based on the results of the study showed that the swimming game model to reduce stress in children aged 12-14 years can be a medium to be used in the swimming training process, especially to reduce exercise stress, so that it can make a good contribution to the coach and children, based on the results of the study. a swimming game model to reduce exercise stress in children 12-14 years old can be developed and can be applied to children.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 1 TANJUNG JABUNG TIMUR Ely Yuliawan; Alfi Samsudduha; Adhe Saputra
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 2, No 1 (2023): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v2i1.19457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Impelemntasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. dengan jumlah populasi 269 dari seluruh warga SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur yang terdiri dari 3 orang Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Wakil kepala Bidang Kesiswaan, 16 Orang Guru yang mengajar di kelas X dan 250 seluruh siswa kelas X. Dari hasil angket kuisioner yang di berikan kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 97,7%. Kepada Guru yang mengajar di kelas X diperoleh hasil pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 37,50% Kelas X1 kategori sangat baik dengan persentase sebesar 48,57% Kelas X2 pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 97,06% Kelas X3 pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 80,56% Kelas X4 pada kategori sangat baik dengan persentase 66,67% Kelas X5 pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 62,86% Kelas X6 hasil pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 52,78% Kelas X7 pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 45,95% Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa implementasi penerapan kurikulum merdeka belajar pada SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur sudah baik.
OLAHRAGA KESEHATAN : MEMASYARAKATKAN OLAHRAGA UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN Ida Zubaida; Reza Abi Fernanda; Walid Waliyudin Nur Firdaus
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 1, No 1 (2022): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v1i1.15422

Abstract

Olahraga merupakan salah satu hal terpenting dalam menunjang kesehatan masyarakat. Menurunnya kesadaran masyarakat dalam berolahraga menjadi salah satu hal yang difokuskan pada artikel ini. Perubahan sosial pada masyarakat menjadi lebih maju ketika semua lini masyarakat membudayakan berolahraga. Pada UU RI No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional memberi kepastian hukum bagi masyarakat dalam berolahraga untuk mewujudkan bangsa yang aktif, sehat, bugar dan berprestasi. Beberapa perubahan sosial tersebut di antaranya, hidup yang lebih sehat dengan berkurangnya angkat penyakit, bugar, menambah keharmonisan dalam hubungan masyarakat, meningkatkan jiwa kompetitif dan sportivitas pada masyarakat itu sendiri. Menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, artikel ini akan menjelaskan secara detail cara meningkatkan kembali minat masyarakat untuk berolahraga. Strategi paksaan (Coercive), terdiri dari: Strategi menekan (pressure). Strategi normatif (normative), terdiri dari Strategi partisipasi (participation) Strategi pendidikan dan latihan (education/training). Strategi kemanfaatan Strategi penempatan (placement). Jika olahraga sudah menjadi budaya pada k masyarakat maka, masyarakat tidak harus dipaksa untuk melakukan olahraga, masyarakat juga akan lebih mempelajari lebih detail tujuan dari olahraga dan tata cara berolahraga yang baik dan benar untuk meningkatkan derajat kesehatan.
ANALISIS PENGARUH OLAHRAGA TERHADAP PENURUNAN TINGKAT STRES Qory Jumrotul Aqobah; Dwi Rahmawati; Farhans Youdistira; Awaludin Rizki Kurnia
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 2, No 1 (2023): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v2i1.19789

Abstract

Setiap individu dalam segala rentang usia, pekerjaan, jenis kelamin memiliki kerentanan untuk mengalami stress dalam hidupnya, dan dengan berolahraga merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan seseorang untuk mengelola perasaan jenuh, tertekan, dan juga stress.Selain dapat meningkatan kebugaran jasmani serta kualitas fisik olahraga juga sebagai alternatif untuk mengelola psikologi setiap individu. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah dengan  Systematic  Literature  Review metode matematika dan statistika yang digunakan untuk mempelajari serta mengidentifikasi pola penggunaan bahan dan menganalisis perkembangan sebuah literatur khusus dari bebrap jurnal. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini yaitu olahraga memiliki hubungan yang sginfikan dan dapat dijadikan cara yang efektif untuk mengelola stress yang dialami individu
AKTIVITAS FISIK DAN OLAHRAGA BAGI PENDERITA HIPERTENSI Muhamad Roofid Briliansyah; Erlina Dwi Safitri
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 1, No 2 (2022): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v1i2.17467

Abstract

Hypertension or high blood pressure here can also be called "the silent disease" because there are no visible symptoms from the outside. Hypertension here can be categorized into 2 groups in macro type, namely secondary hypertension and primary hypertension. Secondary hypertension is a category of hypertension whose symptoms have been diagnosed initially, then primary hypertension is a category of hypertension whose initial symptoms have not been diagnosed. Treatment methods for people with hypertension aim to lower blood pressure that is continuously increasing without causing significant side effects. One of the therapies is therapy whose method is to make changes in a new lifestyle. To make changes to this new lifestyle, it can be done by maintaining a BMI, regulating sodium consumption, stopping alcohol consumption, quitting smoking, increasing potassium consumption and exercising regularly. One type of physical activity is sports that have a clear plan and structure and involve regular body movements. The goal is to improve physical fitness in the body and avoid the emergence of disease.
Perkembangan Tongkat Dan Alat Keselamatan Pemain Dalam Olahraga Hoki Lapangan Sendy Mohamad Anugrah; Rian Triprayogo; Ida Zubaida
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 2, No 1 (2023): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v2i1.17518

Abstract

Hoki merupakan jenis olahraga di luar ruangan yang semakin berkembang dalam beberapa dekade terakhir. Berkembangnya olahraga hoki mengakibatkan inovasi-inovasi pada peralatan penunjang olahraga hoki sehingga peran berbagai disiplin ilmu dibutuhkan dalam perkembangan olahraga hoki. Oleh karena itu artikel ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan olahraga hoki berdasarkan inovasi-inovasi yang telah telah dilakukan melalui berbagai disiplin ilmu lainnya. Hasil dari studi literature menjelaskan bahwa perubahan desain dan bahan tongkat hoki menjadikan tongkat hoki lebih ringan sehingga lebih efisien untuk digunakan, selain itu berkembangnya alat keselamatan seperti pelindung mulut dan pelindung tulang kering memberikan perlindungan kepada pemain agar terhindar dari cedera. Inovasi yang dihasilkan dari perpaduan antara ilmu olahraga dan ilmu teknik (engineering) pada beberapa tahun ini dikombinasikan dengan peran ilmu kesehatan menghasilkan olahraga hoki semakin aman untuk dipertandingkan baik pada level junior hingga elit.
KESEHATAN OLAHRAGA CEDERA AKIBAT LINGKUNGAN Bimo Alexander; Riziq Khusnul Khulud; Jose Richideleon Hesa Putra; Minggu Orlando
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 1, No 1 (2022): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v1i1.15427

Abstract

Olahraga adalah aktifitas yang dilakukan manusia untuk mencapai kesehatan jasmani dan juga rohani pada manusia itu sendiri, dan di zaman sekarang ini olahraga sudah banyak di minati oleh kalangan sebagian orang dan malah sudah menjadi kebiasan manusia untuk hidup sehat. Olahraga juga sekarang sudah menjadi tren yang positif jika di lakukan pembinaan pembinaan yang serius juga dapat membangun karakter jika di bentuk ke dalam sebuah pertandingan yang sesuai dengan aturan yang ada, adapun beberapa tingkatan dalam olahraga yang dimulai dari kelompok umur hingga senior atau dewasa. Cedera bagi seorang olahragawan atau atlet adalah hal yang biasa dalam berolahraga atau bertanding, dan biasanya jika seorang atlet atau olahragawan sudah mengalami cedera akan berdampak pada performanya di dalam maupun di luar lapangan, prestasi yang ia raihpun akan mempengaruhi bahkan lebih buruknya lagi seorang atlet tersebut tidak bisa mengikuti sebuah pertandingan atau kompetisi, cedera bisa saja terjadi pada bagian apa saja pada tubuh maka dari itu pemanasan sangat penting sebelum melakukan kegiatan olahraga agar meminimalisi cedera pada saat kita berolahraga,faktor fisik juga perlu di perhatikan dalam berolahraga karena jika fisik semakin kuat maka segala hal hal yang mempengaruhi selama berolahraga tidak akan terjadi terutama cedera pada otot,kram dan yang lainnya.
PERBAKIN SHOOTING SCHOOL CONSUMER SATISFACTION LEVEL Eka Gandara Saputra; Abdul Kholik; Muhamad Arif
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 1, No 2 (2022): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v1i2.17473

Abstract

This study aims to determine how the level of consumer satisfaction at the Shooting School Perbakin, Jakarta. The formulation of the main problem in this study is how the level of consumer satisfaction in the Perbakin Shooting School is.This research uses descriptive quantitative research method with survey method. The data collection technique used in this research is using a questionnaire. The population in this study were the consumers of the Perbakin Shooting School with an average number of 260 visitors. The sample in this study is the Perbakin Shooting School consumers totaling 150 people and sampling using non-probability sampling technique with incidental sampling technique. The instrument validation uses Product Moment Correlation while the reliability uses Cronbach's Alpha formula. Analysis of the data using percentage statistics, and the conclusions of the research on the level of consumer satisfaction at the Perbakin Shooting School on the Physical Evidence aspect of 15%, the Reliability aspect 24%, the Responsiveness aspect 19%, the Assurance aspect 17%, and the Empathy aspect 24%. Analysis of the data using percentage statistics, and the conclusions of the research on the level of consumer satisfaction at the Perbakin Shooting School on the Physical Evidence aspect of 15%, the Reliability aspect 24%, the Responsiveness aspect 19%, the Assurance aspect 17%, and the Empathy aspect 24%.
Penanaman Nilai Kearifan Lokal Dalam Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang di Sekolah Dasar Asfiyatu Dzambiyah; Hanifah Aulia Balqis; Syifa Nurfebriyani; Patra Aghtiar Rakhman
Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA) Vol 2, No 1 (2023): Journal of Sport Science and Tourism Activity (JOSITA)
Publisher : Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52742/josita.v2i1.19729

Abstract

Permainan tradisional “Ampar-Ampar Pisang” sudah berkembang cukup lama dan perlu dilestarikan karena permainan tradisional ini juga memiliki potensi untuk meningkatkan kebugaran jasmani bagi pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penanaman Nilai Kearifan Lokal Dalam Permainan Tradisional Ampar-Ampar Pisang di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang dipilih adalah studi literatur di mana peneliti mengkaji dan menganalisis berbagai teori. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan artikel pada jurnal nasional dari tahun 2019 hingga tahun 2023. Tahapan pengumpulan data adalah tahap reduksi data, tahap display data, dan tahap simpulan analisis data. Hasil menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalam permainan ampar-ampar pisang dapat membentuk karakter anak. Maka dari itu, nilai kearifan lokal tidak sama di beberapa daerah karena dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat setempat. Namun secara nasional, kearifan lokal (local wisdom) di Indonesia mengajarkan warganya untuk bersikap ramah, kooperatif, santun, mau berkorban, memiliki etos kerja yang baik, saling menghormati, dan toleransi.

Page 1 of 3 | Total Record : 22