cover
Contact Name
Humiras Betty Marlina Sihombing
Contact Email
lembagappmuda@gmail.com
Phone
+6282217442010
Journal Mail Official
lembagappmuda@gmail.com
Editorial Address
Jl. DR. TD Pardede No.21, Petisah Hulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
ISSN : 2088835X     EISSN : 27209822     DOI : 10.46930
Core Subject : Social,
Online ISSN 2720-9822 Print ISSN 2088-835X Social Opinion Journal is a collection of research articles in the field of communication science. This journal is intended to develop and disseminate knowledge and information regarding the scientific field of communication. This journal is published periodically by the Faculty of Social and Political Sciences in collaboration with the Institute for Research and Community Service (LPPM) of the Darma Agung University
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER" : 8 Documents clear
STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA HILISATARO NANDISA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN Kasih Murni Harefa; Richard Fahowu Harefa; Bantors Sihombing
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.666 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana Strategi Komunikasi Pemerintah Desa dalam Upaya Pemberdayaan Perempuan di Desa Hilisataro Nandisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai sumber data utama peneliti dalam penelitian ini melakukan wawancara dengan beberapa narasumber yang terdiri dari satu Kepala Desa, satu anggota BPD Desa Hilisataro Nandisa, dan empat ibu-ibu Desa Hilisataro Nandisa, kemudian sumber data pendukung berupa dokumen-dokumen terkait terhadap data desa seperti sejarah desa, kependudukan, dan dokumentasi foto saat melakukan wawancara. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Strategi komunikasi pemerintah desa dalam melakukan upaya pemberdayaan perempuan di Desa Hilisataro Nandisa adalah pemerintah desa melakukan pelatihan, penyuluhan dan pembinaan di berbagai bidang program pemberdayaan perempuan yang dijalankan. Kegiatan yang dilakukan dalam program pemberdayaan perempuan di Desa Hilisataro Nandisa berupa kelompok tani, keterampilan memasak, dan pelatihan menjahit. Yang mendukung pemberdayaan perempuan dari dalam adalah kemauan dan bakat, serta semangat perempuan yang tinggi. Sedangkan faktor yang berasal dari luar adalah lingkungan sosial, dukungan suami dan partisipasi langsung dari pemerintah. Faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan yang terbatas, dan pandemi COVID-19. Diharapkan pemerintah desa lebih berkomitmen dalam melakukan penelitian pemberdayaan, diharapkan para perempuan di Desa Hilisataro Nandisa terus berperan dalam mengikuti program-program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh pemerintah.
PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA SEKTOR PARIWISATA Akhirudin Monang Marpaung; Shabrina Harumi Pinem; Rita Vinolia Aruan
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.629 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana komunikasi interpersonal Kepala Desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Desa Hilisataro Nandisa Kecamatan Nian Selatan Kabupaten Toma. Dan peran serta masyarakat Desa Hilisataro Nandisa mengambil bagian dalam pengembangan wisata air terjun yang maju, dalam hal ini mengingat pembangunan objek wisata belum dapat berjalan karena partisipasi masyarakat telah mengambil tindakan untuk ikut ambil bagian dalam pembangunan objek wisata tersebut, namun kendalanya adalah akses jalan, dimana terdapat beberapa akses jalan yang tidak diperbolehkan oleh pemilik lahan untuk pengusahaan jalan dengan fasilitas yang tersedia dirasa belum sesuai sama sekali. Sebelumnya wisata air terjun Taman Gumbu sudah masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif, untuk mendeskripsikan fenomena sosial secara deskriptif dengan cara digali dan diklarifikasi. Pengambilan sampel dengan memberikan kesempatan kepada anggota populasi untuk dipilih sebagai sampel berdasarkan kriteria tertentu, terdiri dari informan kunci, utama dan pendukung, sebanyak 8 (delapan) orang. Beberapa temuan di lapangan menjawab kendala pembangunan air terjun taman Gumbu, antara lain adanya beberapa warga yang memiliki lahan akses jalan yang tidak memungkinkan untuk pengembangan pariwisata, tidak adanya alokasi anggaran dari pemerintah. Pemerintah Desa Hilisataro nandisa dan komunikasi interpersonal yang efektif. Hanya masalah anggaran dan status kepemilikan lahan yang tidak memungkinkan untuk pengembangan wisata Air Terjun Gumbu Park.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGUNGAN WISATAWAN DI DESA HILISATARO NANDRISA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN Leni Ami Buulolo; Era Wijaya; Emmelia Arihta Ginting
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.488 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran kepala desa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Hilisataro Nandrisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan. Pemerintah desa mengembangkan dan mengelola objek wisata Taman Gumbu di desa Hilisataro Nandrisa. Dan faktor penghambat dan faktor pendukung strategi komunikasi pemasaran kepala desa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan akan terhambat pengembangan objek wisata karena lahan masih dalam kepemilikan. Namun meskipun pengunjung banyak pada akhir pekan, atau pada hari minggu, namun belum ada fasilitas yang dapat dikatakan layak dan dapat dinikmati oleh pengunjung, sedangkan faktor pendukungnya adalah memiliki alam yang sangat asri. Memiliki budaya yang unik dan masyarakat yang ramah dan bersahabat. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang berbagai data lapangan yang dikumpulkan secara objektif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan sejumlah informan dan dokumentasi analisis yang digunakan, model analisis interaktif. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran kepala desa dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Hilisataro Nandrisa. Salah satunya adalah pengembangan dan pembinaan untuk mengelola objek wisata Air Terjun Taman Gumbu, pemerintah desa telah melakukan komunikasi pemasaran dengan mempromosikan pariwisata melalui media sosial Facebook tetapi hubungan media masih lemah, sehingga perlu penguatan dan pembinaan lebih lanjut disertai dengan evaluasi dan pemantauan aspek-aspek tersebut. Salah satu yang perlu dibangun dalam jangka panjang adalah berusaha membentuk branding destinasi wisata untuk lebih meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan.
STRATEGI MANAJEMEN MEDIA MEDANBISNIDAILY.COM DALAM MENINGKATKAN PENGUNJUNG WEBSITE Diani Waruwu; Irene Silviani; Daniel P Bangun
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.436 KB)

Abstract

Dalam skripsi saya berjudul “Strategi Manajemen Media Mediabinsnisdaily.com Dalam Meningkatkan Pengunjung Website”. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pengunjung website. Metodenya adalah: perencanaan, pemantauan, pengorganisasian, pengarahan, konsistensi, berbagi ke media sosial, membuat akun media sosial, grup wa, membangun komunitas, acara yang relevan, dan memfilter konten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan media Medanbisnisdaily.com dalam meningkatkan pengunjung website dan juga untuk mengetahui salah satu faktor penghambat yang dialami media Medanbisnisdaily.com dalam meningkatkan pengunjung website. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang merupakan salah satu strategi dalam melakukan penelitian dimana peneliti menelusuri atau menyelidiki secara seksama suatu kejadian atau kejadian dalam mengumpulkan data. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh dengan meningkatkan pengunjung website yaitu: perencanaan, pengarahan, pengorganisasian dan pemantauan, konsisten, berbagi ke media sosial, membuat akun media sosial, membangun komunitas, acara yang relevan dan memfilter konten di medanbisnidaily. com. Dan adapun faktor penghambat yang dialami media Medanbisnisdaily.com dalam meningkatkan pengunjung website adalah sumber daya manusia (SDM), moda, padat karya, pandemi covid-19, sarana dan prasarana, keterlambatan menggali informasi dan persaingan di media Medanbisnidaily.com.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UD.BOLU SALAK KENANGA DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK OLAHAN DI KOTA PADANG SIDEMPUAN Sylvia Haryanti; Besti Rohana Simbolon; Gabrela Sianturi
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.885 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh UD. Bolu Salak Kenanga dalam mempromosikan produk olahan di Kota Padang Sidempuan dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan juga faktor penghambat strategi komunikasi pemasaran yang dihadapi UD. Bolu Salak Kenanga dalam mempromosikan produk. diolah oleh kota Padang Sidempuan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan beberapa informan, serta melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa UD. Bolu Salak Kenanga telah menerapkan dan memenuhi unsur bauran pemasaran dan unsur bauran promosi. Namun dalam kegiatan promosi produk tidak melibatkan promosi pada media cetak dan media elektronik yang digunakan, melainkan hanya melibatkan promosi melalui media sosial terapan, kegiatan konten promosi yang ditampilkan monoton dan kurangnya kreatifitas dalam promosi yang dilakukan dan belum dipasarkan. produk mereka melalui toko online dan pasar lainnya. UD. Bolu Salak Kenanga berhasil membuat konsumen mencapai lima tahapan teori AIDDA. Faktor penghambat bagi UD. Bolu Salak Kenanga adalah keterbatasan biaya dalam melakukan promosi ke media cetak dan media elektronik, dan pada bagian penyediaan produk yang dipasarkan mengalami kendala ketika stok habis dan kekurangan produksi.
POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI DESA HILISATARO NANDRISA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN Endang Purba; Prietsaweny RT Simamora; Helen Vanhurk Sriwati Ningsih Sitorus
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.152 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi di Kantor Kepala Desa Hilisataro Nandrisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan pelayanan publik Kepala Desa Hilisataro Nandrisa, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang berbagai data lapangan yang dikumpulkan secara objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kepada sejumlah informan dan analisis dokumentasi menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan di Kantor Kepala Desa Hilisataro Nandrisa Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan adalah Pola Lingkaran, Pola Roda. Kantor kepala desa Hilisataro Nandrisa menggunakan pola komunikasi sirkuler pada saat melakukan rapat dan pengarahan, sedangkan pola lingkaran digunakan pada saat menerima informasi dari kepala desa kepada perangkat desa. Faktor yang mendukung pelayanan publik adalah 1) hubungan personal, 2) waktu, 3) fasilitas, sedangkan faktor yang menghambat pelayanan publik adalah 1) fasilitas penunjang yang kurang optimal, 2) kondisi kerja.
ETIKA MEDIABARU DALAM ERA INDUSTRI 4.0 Rahel Sukatendel; Jupianus Sitepu
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.604 KB) | DOI: 10.46930/socialopinion.v7i2.2974

Abstract

Era Digitalisasi Media baru banyak informasi yang atau opini yang kurang relevan dengan fakta yang sebenarnya sehingga menimbulkan konflik dan ketidak pahaman bagi penerima informasi, namun dengan adanya Etika media baru dalam menyebarkan informasi merupakan sarana penyampaian informasi dengan tepat dan akurat sehingga informasi dapat di konsumsi publik dengan real dan Valid sehingga media baru harus nyata dalam menyuarakan informasi yang akurat . Media baru memiliki pengaruh yang kuat dalam menyebarkan berita secara cepat dan mampu merubah sistem atau tatanan yang ada. Etika media baru mempunyai ciri yang sama dengan komunikasi di dunia yag nyata dan real “dunia nyata” Sehingga dengan adnya Revolusi Industri 4.0 maka akan dengan mudah kita mendapatkan semua model yang kita harapkan terkait dengn inovasi media baru tersebut sampai dengan penyampaian informasi.
NETNOGRAFI KOMUNIKASI PADA KOMUNITAS FANDOM ARMY INDONESIA Gabrilla Mangunsong; Syarifuddin Pohan; Elok Perwirawati
JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2022): OKTOBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Darma Agung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.918 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dan bentuk identitas diri komunitas Fandom ARMY Indonesia khususnya di media sosial WhatsApp. Komunitas Fandom ARMY Indonesia merupakan komunitas yang terbentuk dari latar belakang yang sama yaitu memiliki kecintaan dan kegemaran terhadap musik Bangtan Sonyeondan (BTS). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian netnografi komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah enam orang yang tergabung dalam satu grup WhatsApp yang sama. Berdasarkan hasil penelitian, proses komunikasi komunitas ARMY Fandom Indonesia membentuk tiga pola komunikasi, yaitu pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah, dan pola komunikasi tiga arah. Pola komunikasi yang dilakukan oleh ARMY Indonesia terbilang unik yaitu dengan menggunakan stiker BTS dan menggunakan bahasa Indonesia dan Korea. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa identitas ARMY Indonesia dapat dilihat dari item yang digunakan sehubungan dengan BTS dan BTS Marchandise.

Page 1 of 1 | Total Record : 8