cover
Contact Name
Ahmad Faridh Ricky Fahmy
Contact Email
ahmad.faridh.rf@uingusdur.ac.id
Phone
+6285848378756
Journal Mail Official
circle@uingusdur.ac.id
Editorial Address
Kampus II Jl. Pahlawan, Rowolaku, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 27766268     EISSN : 27771008     DOI : https://doi.org/10.28918/circle.v3i01
Core Subject : Education,
Circle: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN 2776-6268, e-ISSN 2777-1008) is a scientific, peer-reviewed and open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of mathematics education. Author can be lecture, teacher, reseacher, and even student. We recommend a qualitative research, an action research, research and development (RnD), experiment and quantitative research. This journal managed and published by Mathematic Education Department (Tadris Matematika), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021" : 8 Documents clear
Newman's Error Analysis untuk Memetakan Tingkat Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dan Penyebabnya Muhammad Sulaiman Salim; Umi Mahmudah
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.646 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.3532

Abstract

Sebagian besar siswa di Indonesia menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini memetakan tingkat kesalahan yang dilakukan siswa dalam mencari pemecahan masalah matematika yang dituliskan dalam satu kalimat atau lebih pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan wawancara. Sebanyak delapan siswa di sekolah menengah pertama dianalisis. Metode Newman's Error Analysis (NEA) digunakan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan. Ada lima tahapan yang dianalisis, yaitu membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan kesimpulan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa paling tinggi adalah pada tahapan keterampilan proses dengan persentase 58,33%, yang mana sangat tinggi. Sedangkan, tingkat kesalahan paling rendah adalah tahapan membaca dengan 6,08%, yang mana sangat kecil. Kemudian, tingkat kesalahan pada tahapan memahami berada dalam kategori cukup, yaitu 25,58%. Baik tahapan transformasi maupun penarikan kesimpulan menghasilkan tingkat kesalahan dalam kategori tinggi, dimana masing-masing memiliki persentase sebesar 50,42% dan 47,92%. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa antara lain kurangnya penguasaan materi, kurang mengerjakan soal latihan, kecerobohan mengerjakan soal, dan rendahnya motivasi sisw
Pengembangan LKPD Geometri Bangun Datar Berbasis Arsitektur Rumah Gadang Minangkabau Putri Indah Sari; Nola Nari
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.424 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.3850

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD Geometri bangun datar berbasis arsitektur Rumah Gadang Minangkabau yang valid dan praktis. Ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and development). Dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Prosedur penerapan model pengembangan yang peneliti lakukan hanya tiga tahap, yaitu tahap define (mendefinisikan), design (desain), dan develop (pengembangan). Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validitas dan lembar kepraktisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas dan analisis kepraktisan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Geometri berbasis arsitektur rumah gadang minangkabau yang dirancang adalah valid dan praktis. Hasil uji validitas sebesar 83,63% dengan kategori sangat valid, dan hasil uji kepraktisan sebesar 95,11% dikategorikan sangat praktis
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Persamaan Linear Satu Variabel Nur Anisa Fatonah; Sumargiyani Sumargiyani
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.616 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.3901

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman konsep materi persamaan linear satu variabel menggunakan video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan video pembelajaran menggunakan ADDIE yaitu (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian dari hasil uji validasi video pembelajaran termasuk dalam kategori valid, dapat dilihat dari persentase rata-rata, diperoleh rata-rata 4,1 dengan kategori baik dan hasil ahli media diperoleh rata-rata 4,25 dengan kategori sangat baik, hasil uji coba respon peserta didik pada video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing termasuk dalam kategori praktis dengan rata-rata 3,25 dengan kategori baik. Keefektifan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 77 dengan kategori baik. Sehingga video pembelajaran berbasis penemuan terbimbing valid, praktis, dan efektif.
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII.4 SMP N 1 2 X 11 Kayutanam Silvia Hani Fatunnisa; Haida Fitri
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.355 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.3930

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, berupa lembar jawaban ulangan harian 1 materi perbandingan yang dianalisis sesuai dengan rubrik penskoran kemampuan koneksi matematis. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur analisis hasil kerja, manyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII.4 SMPN 1 2 x 11 Kayutanam tahun pelajaran 2019/2020 secara keseluruhan memiliki kategori sedang dengan rata-rata nilai 57,22. Pencapaian kemampuan koneksi matematis per indikator kemampuan koneksi matematis dengan rincian rata-rata nilai indikator berdasarkan aspek koneksi antar topik matematika yaitu 45,00 dengan kategori rendah, indikator berdasarkan aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain yaitu 81,67 dengan kategori tinggi, indikator berdasarkan aspek koneksi dengan dunia nyata atau koneksi dengan kehidupan sehari-hari yaitu 45,00 dengan kategori rendah.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Gender Kelas VIII.6 MTs N 1 Padang Pariaman Ayu Sandari Fadilah; Rusdi Rusdi
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.366 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.4144

Abstract

Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan dan siswa laki-laki kelas VIII.6 MTsN 1 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII.6 MTsN Padang Pariaman yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan datanya adalah tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal uraian. Teknik analisis data yaitu dengan prosedur analisis hasil kerja, menyajikan data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan tergolong dalam kategori sedang dengan rata-rata 61,111, dengan distribusi yaitu untuk kategori tinggi sebanyak 3 orang dengan persentase (25%), dan kategori sedang sebanyak 9 orang dengan persentase (75%). Kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki tergolong dalam kategori sedang dengan rata-rata 58,666, dengan distribusi untuk kategori tinggi yaitu sebanyak 3 orang dengan persentase (30%), kategori sedang sebanyak 6 orang siswa dengan persentase (60%) dan kategori rendah sebanyak 1 orang dengan persentase (10%).
Integrasi Budaya Islam pada DINAMITE : Media Sosialisasi Ramah Lingkungan dan Eskalasi Keterampilan Matematika Putri Nur Malasari; Siti Ghoyatul Muna
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.823 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.4215

Abstract

Pesatnya perkembangan pengetahuan serta teknologi berdampak pada.besarnya tantangan berbeda disetiap aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi,dan pendidikan dikarenakan pendidikan menjadi suatu sistem yang fleksibel seiring dengan perkembangan jaman adapun abad ke 21 berorientasi pada IPTEK yang menjadi penentu kecepatan dan keberhasilan ilmu pengetahuan selain itu pedidikan juga harus selaras dengan peningkatan IPTAQ. Maka dari itu perlu dipersiapakan keterampilan yang harus siswa miliki pada abad 21 pada semua aspek pembelajaran termasuk matematika. Matematika sendiri sudah diajarkan sejak dini dan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari serta perkembangan sains dan teknologi, sehingga dibutuhkan solusi guna meningkatkan keterampilan matematika diabad 21 maka dari itu DINAMITE (Dimensi Tiga Matematika Berbasis Augmented Reality) yaitu media pembelajaran matematika yang teintegrasi budaya islam berupa kartu pintar yang berisi materi tiga dimensi berbasis augmented reality dapat menjadi solusi dalam meningkatan keterampilan matematika diabad 21. Media tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk aktivitas bermain asah otak sembari mempelajari materi tiga dimensi melaui realistic mathematics education. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan DINAMITE sebagai media pembelajaran tiga dimensi matematika terkini berbasis augmented reality, menginformasikan tentang potensi implementasi media DINAMITE sebagai media sosialisai proevironment dan eskalasi keterampilan metematika di abad 21. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana data diperoleh melalui wawancara, dan observasi. Media DINAMITE merupakan salah satu media sosialisai ramah lingkungan dan eskalasi keterampilan metematika di abad 21.
Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati Fitria Nur Kholisa
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.669 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.4225

Abstract

Budaya dapat menentukan bagaimana cara pandang siswa dalam memahami sesuatu, termasuk dalam memahami suatu materi matematika. Apabila suatu materi matematika begitu jauh dari kehidupan budaya yang mereka miliki, tentunya materi matematika tersebut sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, diperlukan adanya pendekatan pembelajaran yang mampu menghubungkan antara matematika dengan budaya yang disebut Etnomatematika. Konsep etnomatematika memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan pembelajaran matematika. Siswa dapat mempelajari matematika dengan mengunjungi dunia luar dan berinteraksi dengan kebudayaan setempat yang menjadi objek etnomatematika. Objek etnomatematika merupakan objek budaya yang mengandung konsep matematika pada suatu masyarakat tertentu, salah satunya yaitu Rumah Joglo Pati. Salah satu konsep matematika yang terdapat pada bangunan Rumah Joglo Pati yaitu konsep geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam konsep geometri yang terdapat pada Rumah Joglo Pati. Metode pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan data hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa terdapat konsep geometri pada Rumah Joglo Pati antara lain: garis, sudut, bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga), Teorema Pythagoras, bangun ruang (balok), kekongruenan, dan transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi). Konsep geometri yang terdapat pada Rumah Joglo Pati dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari dan memahami konsep geometri.
Pembelajaran Mengenal Konsep Bilangan Matematika pada Anak Drajat Stiawan; Nur Mustaqimah
CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 02 (2021): September 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.133 KB) | DOI: 10.28918/circle.v1i02.4278

Abstract

Pada tahap pra operasional anak mulai menunjukan proses berfikir yang jelas serta anak mulai mengenali beberapa simbol, tanda, bahasa, dan gambar. Konsep bilangan menjadi sangat penting karena merupakan konsep matematika yang harus dikuasai oleh anak, karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep matematika selanjutnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil kebulen pekalongan barat serta kendalanya. Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan model analisis milles dan huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran mengenal konsep bilangan pada anak usia dini di PAUD Bugenvil Kebulen dengan menggunakan media piring angka, media pom-pom, dan media kartu angka bergambar. Dengan media-media tersebut anak-anak mampu mengenal konsep bilangan, meskipun masih terdapat 3 anak yang belum optimal dalam mengembangkannya, namun ada 5 anak yang kemampuan dalam mengenal konsep bilangan berkembang dengan adanya penerapan dengan media-media tersebut. Walaupun masih terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran mengenal konsep bilangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8