cover
Contact Name
Syamsul
Contact Email
syamsul.hamzah@uin-alauddin.ac.id
Phone
+6282393330029
Journal Mail Official
jurnal.alahyai@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl. H.M. Yasin Limpo, No. 36 Samata, Gowa
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Ahya: Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : -     EISSN : 26563703     DOI : 10.24252/al-ahya
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Al-Ahya is a journal that contains scientific articles of research results in the field of biological education. The focus and scopes of Jurnal Al-Ahya are as follows. 1. Design and learning models in biological education 2. Evaluation of biology education 3. Development and application of learning sources and media in biology education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS KATALOG MATERI PLANTAE Lina Karlina; Jamilah Jamilah; Syahriani Syahriani
Al-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.274 KB) | DOI: 10.24252/al-ahya.v2i3.15762

Abstract

Tujuan penelitian dan  pengembangan (Research and Development) ini adalah  mengembangkan buku ajar berbasis katalog, mengetahui tingkat kevalidan buku ajar berbasis katalog, mengetahui tingkat kepraktisan buku ajar  berbasis katalog, dan  mengetahui tingkat keefektifan buku ajar berbasis katalog. Model penelitian menggunakan  pengembangan Four-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek uji penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 1 MAN 2 Makassar. Kevalidan buku ajar berbasis katalog yang dikembangkan diperoleh data dari validator ahli sangat valid dengan nilai rata-rata 3.74. Respon peserta didik tingkat kepraktisan buku ajar berbasis katalog berada pada kategori sangat positif dengan rata-rata 3.18, dan hasil tes peserta didik buku ajar berbasis katalog dikategorikan efektif karena mencapai nilai rata-rata 94,11 dengan persentase ketuntasan peserta didik 100%.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS GOOGLE FORM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Umni Alwiyah; St. Syamsudduha; Ahmad Ali
Al-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.356 KB) | DOI: 10.24252/al-ahya.v2i3.16100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kognitif berbasis Google Form yang valid, reliabel, daya pembeda yang baik, tingkat kesukaran yang bervariasi (mudah, sedang, dan sukar), dan efektivitas pengecoh yang bekerja pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Takalar. Instrumen penilaian kognitif yang dikembangkan berbentuk pilihan ganda yang terformat dalam Google Form. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan tipe Formative Research yang dikembangkan oleh Tessmer, pengembangan ini terdiri dari 3 tahap yaitu Preliminary, Self Evaluation dan Prototyping. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien validitas isi yaitu 1 yang berada pada kriteria tinggi dan 50% dari 30 butir soal dalam kriteria valid. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 yang diperoleh adalah 0,70 dengan kriteria tinggi. Daya pembeda sebesar 70% dengan 20% termasuk kriteria cukup, 30% termasuk kriteria baik, dan 20% termasuk kriteria sangat baik. Tingkat kesukaran yang bervariasi yakni mudah, sedang, dan sukar, masing-masing menunjukkan perbandingan 23%:54%:23%. Efektivitas pengecoh yang bekerja dengan baik dengan persentase 80%, yakni 33% termasuk kriteria cukup dan 47% termasuk kriteria efektif
EFEKTIVITAS METODE FISHBOWL TEKNIK CIRCLE THE SAGE DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK Ilma Ahdelia; Muh. Rapi; Wahyuni Ismail
Al-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.505 KB) | DOI: 10.24252/al-ahya.v2i3.17606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik yang diajar dengan metode Fishbowl teknik Circle The Sage dan metode diskusi di kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bone serta apakah hasil belajar biologi peserta didik yang menggunakan metode Fishbowl teknik Circle The Sage lebih efektif dibandingkan menggunakan metode diskusi pada kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bone. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan the non-equivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bone tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 216 orang. Sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 5 dengan 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 dengan 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan  menggunakan metode Fishbowl teknik Circle The Sage dan metode diskusi berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata berturut-turut 79 dan 72,33 serta pembelajaran dengan menggunakan metode Fishbowl dengan teknik Circle The Sage lebih efektif digunakan dalam pembelajaran dibandingkan dengan metode diskusi pada materi sistem ekskresi.
PENGEMBANGAN MEDIA GAME LUDO MATERI ANIMALIA PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM DARUSSALAM PANNYANGKALANG GOWA A. Surianti Ningsi; Muhammad Khalifah Mustami; Ainul Uyuni Taufiq
Al-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.076 KB) | DOI: 10.24252/al-ahya.v2i3.17653

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Game Ludo yang valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosedur pengembangan diadaptasi dari model pengembangan  Four-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (defenisi), Design (rancangan), Develop (pengembangan), Disseminat (sebaran). Produk hasil pengembangan diujicobakan di SMA Islam Darussalam Pannyangkalang Gowa dengan subjek uji coba peserta didik kelas X. Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian penunjukkan Game Ludo berada pada kategori sangat valid  dengan nilai rata-rata  penilaian validator 3,87. Kepraktisan media Game Ludo pada kategori sangat positif dengan rata-rata 3,53. media Game Ludo efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Media Game Ludo layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
PENGEMBANGAN E-BOOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA BERBASIS WORDPRESS DI SMANEGERI 4 MAKASSAR Muh. Rizal; Misykat Malik Ibrahim; Hamansah Hamansah
Al-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 2 No 3 (2020): AL-AHYA
Publisher : Department of Biology Education of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.472 KB) | DOI: 10.24252/al-ahya.v2i3.18053

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-book sistem pernafasan pada manusia dan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, efektifitasnya. Subjek penelitian adalah peserta didik XI IPA 1 SMA Negeri 4 Makassar Sebanyak 32 Orang. Instrumen penelitian berupa angket respon guru, tes hasil belajar, lembar validasi, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian penilaian respon siswa dan guru, tingkat kepraktisan E-book berada pada kategori praktis dengan nilai rata-rata 3,48 (2,5 <Xi <3,4). Berdasarkan hasil penilaian validator tingkat validitas E-book termasuk dalam kategori valid dengan rata-rata 3,43 (2,5 <V <3). Berdasarkan uji hasil belajar siswa, keefektifan E-book berada pada kategori efektif dengan nilai 81 karena nilai persentase hasil belajar siswa sebesar 90,6%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5