cover
Contact Name
-
Contact Email
jpsi@usk.ac.id
Phone
+628121815214
Journal Mail Official
jpsi@usk.ac.id
Editorial Address
Jalan Tgk. Chik Pante Kulu Nomor 5 Gedung C Lantai 1 Kantor Pengelola Jurnal Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Darussalam – Banda Aceh 23111, Indonesia Email: jpsi@usk.ac.id.
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
ISSN : 23384379     EISSN : 2615840X     DOI : https://doi.org/10.24815/
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for improving and enhancing science education practices and theories. The topics involves biology, chemistry, physics, as well as some applications pedagogy and teacher development. The journal provides an invigorating and informative variety of research papers that expand and deepen our theoretical understanding. It also provides practice and policy based implications in the relevant contexts of science education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2017): April 2017" : 21 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES Sitti Asmi; Muhammad Hasan; Rini Safitri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.725 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan penilaian portofolio pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan adanya kelas perbandingan pada kelompok kontrol terhadap tes awal dan tes akhir. Tehnik pengambilan sampel dilakukan secara random dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas XA sebagai kelompok eksperimen dan XB sebagai kontrol di MAS Al-Furqan Bambi tahun ajaran 2014-2015. Pengumpulan data dilakukan dengan soal pilihan ganda dan uraian yang dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian yang diperoleh terhadap nilai tes awal sebesar 46% dan tes akhir 76,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses pada materi suhu dan kalor.
RELEVANSI KURIKULUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERINTEGRASI MAHASISWA KIMIA, FISIKA, BIOLOGI DAN MATEMATIKA Nuzulia Nuzulia; Adlim Adlim; Cut Nurmaliah
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.491 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan KPS terintegrasi antara mahasiswa prodi pendidikan biologi, kimia, fisika pada tahun 2015, 2014, dan 2013; perbedaan KPS terintegrasi antar mahasiswa prodi pendidikan biologi, kimia, fisika dengan prodi pendidikan matematika. Populasi penelitian ini berjumlah 813 mahasiswa dari tahun 2015, 2014, dan 2013. Sampel  penelitian ini berjumlah 360 mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah soal tes KPS terintegrasi dan wawancara tertutup. Teknik analisis data menggunakan avova one way dan t-test.  Berdasarkan hasil uji hipotesis Ha (1) dengan anova one way, Fh Ftab yaitu  0,97 3,04 pada taraf 5% menunjukkan tidak adanya perbedaan KPS terintegrasi antara jurusan kimia, fisika, dan biologi. Matakuliah  praktikum saja tidak cukup meningkatkan KPS mahasiswa tanpa adanya indikator yang dirancang dalam setiap praktikum mahasiswa. Uji Ha (2) dengan uji t-test diperoleh  t hit - ttab (-8,44 -5,194), Ha diterima maka ada perbedaan antara jurusan fisika, kimia, dan biologi yang memiliki mata kuliah praktikum dan matematika yang tidak memiliki mata kuliah praktikum.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI KALOR Ummi Salamah; Mursal Mursal
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.198 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) dan tanggapan peserta didik setelah diterapkan metode eksperimen berbasis inkuiri pada materi kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Kembang Tanjong dengan sampel diambil secara acak dan didapatkan kelas X1. Tahapan penelitian meliputi 3 tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda untuk melihat peningkatan KPS dan angket untuk mengetahui tanggapan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data penerapan metode eksperimen berbasis inkuiri dapat meningkatkan KPS peserta didik pada materi  kalor di MAN 1 Kembang Tanjong. Data KPS menunjukkan nilai minimal pretest adalah 2,0, nilai minimal posttest adalah 12,0, dan N-gain sebesar 0,5 dengan skala 0-18. Peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan metode eksperimen berbasis inkuiri dalam proses belajar mengajar.
ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA TERHADAP PENERAPAN KTSP DAN KURIKULUM 2013 DI BEBERAPA SEKOLAH FAVORIT BANDA ACEH Rosmani Rosmani; Abdul Halim
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.311 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa terhadap penerapan KTSP dan kurikulum 2013. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei. Populasi  yaitu 3 sekolah favorit di Banda Aceh yaitu SMA 10 Fajar Harapan, SMA Negeri 3 dan SMA LAB School. Pemilihan sampel secara purposive sampling didapat 2 kelas XI IPA-1 dan XI IPA-2 masing-masing SMA. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket tanggapan siswa terhadap kurikulum 2013. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara hasil belajar kimia KTSP dengan kurikulum 2013 yaitu lebih besar nilai hasil belajar kimia dengan penerapan kurikulum 2013 dari pada hasil belajar dengan penerapan KTSP yaitu SMA 10 Fajar Harapan sebesar thit=7,33ttabel=1,72 untuk XI-IPA 1 dan XI-2 yaitu thit=6,46ttabel=1,72, SMA LAB School XI-IPA 1 sebesar thit=6,84ttabel=1,70, IPA 2 thit=6,61ttabel=1,70 dan SMA 3 XI-IPA 1 sebesar thit=6,80ttabel=1,69 dan XI-IPA 2 yaitu thit=8,84ttabel=0,62, sedangkan angket siswa yang menjawab positif 50%.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Maaruf Fauzan; Abdul Gani; Muhammad Syukri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.772 KB)

Abstract

Hasil telaah nilai ujian nasional (UN) menunjukkan bahwa daya serap materi sistem tata surya di SMP Negeri 14 Banda Aceh masih rendah. Hasil  observasi dan diskusi dengan guru-guru IPA didapat bahwa motivasi belajar peserta didik umumnya masih rendah dan pembelajaran lebih dominan dengan cara konvensional. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain control group pretest-posttest serta teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif, untuk sikap sosial dan ketrampilan peserta didik melalui  observasi. Hasil analisis pada kelas eksperimen menunjukkan N-gain hasil belajar kognitif sebesar 53,18%  sedangkan kelas kontrol sebesar 38,86%. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil uji t nilai N-gain menunjukkan  t hitung t tabel  atau ( 2,887 2,042), dapat disimpulkan signifikan. Hasil analisis data observasi sikap sosial peserta didik, pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 76 dan kelas kontrol sebesar 70. Hasil analisis ketrampilan, rata-rata kelas eksperimen sebesar 73  dan kelas kontrol sebesar 68. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH Rizawayani Rizawayani; Sri Adelila Sari; Rini Safitri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.121 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kelayakan media poster yang dikembangkan, dan persepsi peserta didik terhadap media poster pada materi struktur atom. Metode penelitian menggunakan research development yang dikembangkan menggunakan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilakukan di SMAN 12 Banda Aceh dengan sampel penelitian dipilih secara acak (simple random sampling) yang dianggap homogen, dan kelas terpilih untuk sampel adalah kelas X IPA2. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian validitas media oleh para ahli, dan angket persepsi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media poster telah memenuhi kriteria baik. Penilaian kualitas media poster oleh para ahli diperoleh persentase kelayakan sebesar 82,53% dengan kategori sangat layak, dan persepsi peserta didik secara keseluruhan memberikan respon positif terhadap media poster yang dikembangkan dengan nilai rata-rata persentase jawaban yang diperoleh 46,09% atas jawaban setuju. Hal ini menunjukkan bahwa media poster yang  dikembangkan sudah layak diterapkan pada peserta didik di SMA/MA.
Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh Nurul Husna; Sri Adelila Sari; Abdul Halim
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.707 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle pada materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian kelayakan media. Media  puzzle telah dikembangkan melalui beberapa tahapan, yang dinamakan dengan model ADDIE yaitu, terdiri dari  analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata yang diperoleh dari kelayakan media puzzle yaitu 83,35% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan rincian aspeknya, maka kelayakan media berdasarkan aspek format media ditemukan sebesar 79,20 persen dengan kategori layak, dan berdasarkan kejelasan dalam penyajian konsep atau isi materi adalah sebesar 81,25 persen dengan kategori sangat layak. Selanjutnya, kelayakan berdasarkan aspek penyajian bahasa yang digunakan dan fungsi media berturut-turut adalah 81,25 dan 91,70 persen, dengan kategori sangat layak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media puzzle layak digunakan sebagai media pembelajaran.
PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN METODE PICTORIAL RIDDLE PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Alfi Zarisa; Saminan Saminan
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.412 KB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desainonegroup pretest-posttest design. Sampel penelitian diambil secara acak dari seluruh siswa kelas VIII, sehingga yang menjadi sampel adalah sebanyak 20 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi kreativitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data lembar observasi kreativitas siswa menggunakan tafsiran persentase. Peningkatan tes hasil  belajar siswa dianalisis menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddledapat meningkatkan kreativitas siswa sebesar 42% dengan rata-rata skor kreativitas yang diperoleh siswa pada pertemuan pertama sebesar 2,45 dengan kategori cukup dan pada pertemuan kedua sebesar 2,87 dengan kategori baik. Pembelajaran inkuiri menggunakan metode pictorial riddle mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama sebesar 19% dengan N-gain sebesar 0,41 dan tergolong dalam kategori sedang, dan sebesar 13% pada pertemuan kedua dengan N-gain sebesar 0,36 dan tergolong dalam kategori sedang.
MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA Sharfina Sharfina; Abdul Halim; Rini Safitri
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.627 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan KPS siswa kelas X SMA Negeri I Kuala. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kuala yang sampelnya dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan KPS siswa adalah tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 15 soal. Berdasarkan hasil persentase rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen dan kontrol yaitu 36 dan 57. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif dapat meningkatan KPS siswa dibandingkan dengan menggunakan motede konvensional pada materi pemuaiaan di kelas X SMA Negeri I Kuala.
PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA Ayel Sarwono Lahra; Muhammad Hasan; Mursal Mursal
Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol 5, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (111.749 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul praktikum berbasis open ended, serta menganalisis pengaruhnya terhadap tingkat kreativitas siswa setelah diterapkan modul. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode research and development (RD) dengan model pengembangan analysis, design, develop, implement, and evaluate (ADDIE).Subjek penelitian siswa kelas XI IPA 1 SMAN I Simeulue Tengah yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa modul, soal tes, angket tanggapan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas modul dalam katagori baik, selain itu juga respon siswa terhadap modul yang dikembangkan sangat posisif. Peningkatan kreativitas siswa tertinggi terdapat pada indikator luwes (fleksibelity) dengan N-Gain yaitu 0,84% dan termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan yang terendah N-Gain yaitu 0,74% namun masih dalam kategori tinggi.  Uji statistik dengan taraf signifikansi 0,05% menunjukkan nilai  thitung 1,88 ttabel 1,71, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan modul praktikum berbasis open ended pada materi fluida dinamis dapat meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan

Page 1 of 3 | Total Record : 21