cover
Contact Name
Hendrik Donal
Contact Email
jurbisman@gmail.com
Phone
+6281315545733
Journal Mail Official
jurnal.jurbisman@lapad.id
Editorial Address
Jl. Tj. Barangan, Jl. Tj.Majid, Bukit Baru, Kec. Ilir Barat. I, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
ISSN : 29866766     EISSN : 29866235     DOI : https://doi.org/10.00000/jurbisman
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) adalah kumpulan jurnal, artikel, ide, konsep, teori dan hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan lingkup Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis, Manajemen Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) diterbitkan oleh Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv dengan periode penerbitan 4 (empat) kali dalam setahun yaitu Bulan Maret, Juni, September dan Desember. Jurbisman (Jurnal Bisnis Manajemen) berfokus pada berbagai tema, topik, dan aspek bisnis dan manajemen, termasuk (namun tidak terbatas) pada topik berikut: •Manajemen Pemasaran •Manajemen keuangan •Manajemen Sumber Daya Manusia •Manajemen operasi •Manajemen Strategis •Manajemen Agribisnis •Manajemen Pengetahuan dan Inovasi •Pariwisata dan Ekonomi Kreatif •Kewiraswastaan •Ekonomi
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)" : 20 Documents clear
Analisis Kualitas Pelayanan Asuransi Terhadap Kepuasan Pada Peserta PT. Asabri (Persero) Palembang Nila Rosmala Dewi; Havis Aravik; Choirunnisak
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.71

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis kualitas pelayanan administrasi asuransi terhadap peserta PT. Asabri (Persero) Palembang, adapun rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kualitas pelayanan administrasi yang di berikan oleh karyawan PT. Asabri (Persero)Palembang, (2) Apa faktor pendukung kualitas pelayanan terhadap PT. Asabri (Persero) Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif serta data bersumber dari data primer dan data sekunder, pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta dilakukan uji keabsahan data dan analisis data. Pada objek penelitian yaitu PT. Asabri (Persero)Pelembang. Hasil penelitian ini memperlihatkan kualitas pelayanan administrasi dan faktor pendukung kualitas pelayanan pada PT. Asabri (Persero) Palembang. Kualitas pelayanan administrasi ini dibuktikan dengan berbagai dimensi meliputi dimensi bukti langsung, Jaminan, daya tanggap, dan empati. dan faktor pendukung pelayanan administrasi PT. Asabri (Persero) ialah sarana dan fasilitas serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).
Peran Koperasi Unit Desa Simpan Pinjam Isma Jaya Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pikriasyah; Purwanti; Tiara Oktaviana; Wiyaldo
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.72

Abstract

Kesenjangan ekonomi semakin berkembang di Indonesia seperti masalah antara kaya dan miskin masih terjadi dan pemerataan ekonomi belum sepenuhnya menyentuh sampai kepelosok desa. Semua masyarakat pedesaan masih berorientasi pada cara meningkatkan ekonomi hampir semua sibuk untuk bekerja seperti pertani, berdagang, beternak, dan lain-lain. oleh karena itu, sudah sewajarnya bila pembangunan pedesaan harus menjadi prioritas utama dalam rencana strategi dan kebijakan pembangunan di indonesia. jika tidak maka jurang pemisah antara kota dan desa akan semakin tinggi terutama dalam hal ekonomi. salah satu unit usaha yang di harapkan mampu menggerakkan roda ekonomi bangsa, khususnya ekonomi pedesaan adalah Koperasi Unit Desa (KUD) yang merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan secara ekplisit. Koperasi merupakan suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum, yang memberikan kebebasan kepada anggota untuk masuk dan keluar, dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya. Tujuan pendirian kopersi didasarkan pada kebutuhan dan kepentingan para anggota, masing-masing kelompok masyarakat yang mendirikan koperasi memiliki kepentingan atau tujuan yang berbeda.
Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Sumsel Babel Cabang Kayuagung Yulia Citra; Moh. Faizal; Choirunnisak
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat menabung masyarakat pada bank sumsel babel cabang kayuagung. Inti masalah penelitian ini mengenai minat menabung masyarakat pada bank sumsel babel cabang kayuagung, segala aspek terutama dalam mengelola keuangan sehingga dapat mempengaruhi masyarakat memilih bank dan pertumbuhan bank. Berbanding terbalik dengan pertumbuhan penduduk mayoritas muslim di indonesia sehingga perlu dilakukan analisis terhadap minat menabung masyarakat. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menujukan bahwa untuk minat menabung masyarakat yaitu dengan memberikan gambaran kepada masyarakat dengan memperkenlkan operasional dan mekanisme Bank Sumsel Babel Kayu Agung dengan cara : peningkatan ekonomi ,pelayanan yang cepat dan efisien, sumber daya manusia yang profesional dan transparan, sikap dan upaya-upaya pensosialisasian mekanisme, perilaku karyawan yang ramah dan sopan, adanya jaminan keamanan dana nasabah, produk yang beragam menarik dan inovatif, lokasi yang mudah dijangkau dan strategis, proses bagi hasil yang sama-sama menguntungkan, fasilitas ATM dan cabang mudah ditemukan, pelayanan yang mudah dan tidak berbelit- belit, bangunan dan ruangan bank yang bersih dan nyaman, promosi dari bank, adanya dorongan dari pihak lain, sosialisasi melalui tokoh masyarakat dan ulama, adanya konsep yang saling menguntungkan kepada nasabah.. Dengan melihat hasil wawancara yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa faktor Promosi menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi nasabah di bank syariah, kemudian diikuti dengan faktor produk, aktor berikutnya adalah faktor lokasi, serta faktor pelayanan. Sedangkan faktor reputasi tidak mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi nasabah di bank
Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Leasing Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada PT.FIF Group Cabang Bukit Palembang Betris Ayu Adesti; Havis Aravik; Choiriyah
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.74

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor PT. Federal International Finance atau disingkat dengan PT. FIF Group Cabang Bukit Palembang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualiitatif dengan pendekatan deskriptif analisi yaitu mendeskriptifkan yang dikumpulkan dengan hasil wawancara (lapangan) dan observasi untuk memecahkan permasalahan. Hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) perilaku konsumen sangat berpengaruh pada pinjaman yang menggunakan jasa leasing, terutama masyrakat yang menggunakan dana untuk kebutuhan modal usaha dan biaya anak sekolah (pendidikan). 2) perilaku konsumen sangat dipengaruhi oleh keadaan dan situasi lapisan masyarakat karena dengan menggunakan jasa leasing dimotivasi oleh faktor kebudayaan dan gaya hidup yang sangat kuat terutama tinjauan ekonomi dalam perspektif Islam yang tidak bisa dihilangkan oleh masyarakat.
Analisis Bauran Pemasaran Digital Marketing Pada Bank Sumsel Babel Syariah Cab. PIM Palembang Tahun 2022 Rindiani Wulandari
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.75

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Analisis Bauran Pemasaran Digital Marketing Pada Bank Sumsel Babel Syariah Cab. PIM Palembang Tahun 2022 adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni (1)Bagaimana penerapan strategi digital marketing pada Bank Sumsel Babel Syariah Cab. PIM Tahun 2022 (2) Apa saja strategi Digital Marketing yang ada Pada Bank Sumsel Babel Syariah Cab. PIM Palembang Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan melakukan 3 bulan penelitian yakni dari bulan Maret hingga Mei 2022. Adapun hasil penelitian ini (1) Bauran pemasaran Strategi Digital Marketing Pada Bank Sumsel Babel Syariah Cab. PIM Tahun 2022 berirkut berdasarkan hasil observasi dan wawancara mengenai bauran pemasaran Digital Marketing : Produk : Bank sumsel babel memiliki beberapa layanan digital marketing seperti SMS Banking, Phone Banking, ATM, dan QRIS Bank Sumsel Babel Syariah. Harga : produk memiliki harga produk yang berbeda-beda namun terjangkau bagi masyarakat. Tempat : Lokasi bank sumsel babel terlihat strategis dikarenakan dekat dengan Kawasan Mall, kantor, pasar dan sebagainya Promosi : strategi promosi yang dilakukan oleh Bank Sumsel Babel Syariah yakni Iklan, Sales Promotion, Public Relation, Dan Direct Maketing. (2) Digital Marketing Strategi Pada Bank Sumsel Babel Syariah Cab. PIM Palembang Tahun 2022 menggunakan beberapa Digital Marketing seperti (1) website : bank sumsel babel cukup inovatif dan menarik untuk dapat mearik konsumen dilihat dari slide promosi dan informasi mengenai produk bank sumsel yang terpajang, (2) Facebook : laman social media Bank Sumsel Babel menggunakan Media Instagram cukup serimg mengudate, memposting beberapa kegiatan serta informasi mengenai produk Bank Sumsel Babel Syariah, Namun di laman Facebook hal tersebut masih kurang aktif melakukan update. (3) Iklan Online : Bank sumsel babel syariah Palembang melakukan kegiatan iklan online dengan memanfaatkan website dan social media dimana membuat iklan dengan informs- informasi yang menarik dan jelas agar dapat menarik minat konsumen untuk mengetahui lebih mengenai produk Bank Sumsel Babel Syariah
Analisis Saluran Pemasaran Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis) Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka Ita Purnama Sari; Hasbiadi Hasbiadi; Nursalam
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.78

Abstract

Salah satu daerah penghasil ikan cakalang (katsuwonus pelamis) yang ada di Kabupaten Kolaka terletak di Kecamatan Tanggetada. Permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar nelayan Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka adalah semakin banyak lembaga pemasaran maka harga yang diterima para nelayan menjadi rendah sedangkan para konsumen harus membayar dengan harga yang cukup mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ikan cakalang dan margin pemasaran ikan cakalang di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka, dimulai dari bulan Oktober sampai November 2022. Responden dalam penelitian ini adalah nelayan, pedagang pengecer, dan konsumen yang berada di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka. Metode yang digunakan yaitu  metode studi kasus (case study) nelayan sebanyak 14 orang, pedagang pengecer 13 orang, dan konsumen 30 orang. Metode penarikan sampel dilakukan dengan metode sensus, karena yang menjadi sampel adalah seluruh jumlah dari populasi. Hasil penelitian diperoleh (1) Saluran pemasaran ikan cakalang Di Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka terdapat 3 pola yaitu saluran tingkat nol, saluran tingkat I dan saluran tingkat II. (2) Margin pemasaran pada saluran tingkat I pada pengecer yang mengambil langsung pada nelayan sebesar Rp.7.000/Kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.390/Kg, saluran tingkat II pada pengepul sebesar Rp.2.000/Kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.800/Kg, sedangkan pengecer yang mengambil pada pedagang pengepul sebesar Rp.5.000/Kg dengan biaya pemasaran sebesar Rp.151/kg. (3) Efisiensi saluran pemasaran pada saluran tingkat nol sebesar Rp.131/kg dengan tingkat efisien 0,73% < 5%, saluran pemasaran tingkat I sebesar Rp.390/kg dengan tingkat efisien 1,6% < 5% dan biaya pemasaran pada saluran tingkat II sebesar Rp.951/Kg dengan tingkat efisien 3,8% < 5% dalam hal ini biaya pemasaran pada saluran tingkat II lebih besar dari pada  biaya pemasaran tingkat I dan tingkat nol. Hal ini di karenakan semakin panjang saluran pemasaran, maka semakin besar biaya pemasaran pada saluran pemasaran dan semakin tidak efisienlah saluran pemasaran tersebut. (4) Nilai Farmer’s share pada saluran tingkat I dengan pedagang  pengecer Ikan  Cakalang  sebesar 72% dan nilai Farmer’s  share pada saluran tingkat II dengan pedagang pengepul sebesar 90% sedangkan nilai Farmer’s share saluran tingkat II  dengan  pedagang  pengecer sebesar 80%.  
Optimalisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Dalam Mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah Jember Nur Ika Mauliyah; Rani Anggriyani; Lailatul Munawaroh; Luluk Nur Khotimah
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.109

Abstract

Salah satu elemen kunci dalam mencapai tujuan pembangunan daerah adalah meningkatkan pendapatan asli daerah. Upaya untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak perlu digalakkan untuk mencapai pencapaian tersebut. Dalam hal ini, wajib pajak berkontribusi secara nyata dengan memberikan PAD. Fokus masalah pada penulisan ini adalah: Upaya apa saja oleh UPT PPD Jember untuk mengoptimalkan dari pajak kendaraan bermotor? dan Apakah upaya tersebut dapat mempengaruhi PAD? Tujuan penulisan ini berusaha untuk mengukur kontribusi keuangan dari pajak kendaraan bermotor daerah. Berdasarkan hasil penulisan dapat disimpulkan bahwa penerimaan PKB di UPT PDD Jember dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui upaya-upaya yang dilakukan UPT PPD Jember seperti, sosialisasi di kecamatan/kelurahan, sosialisasi tertib pengesahan STNK tahunan dan tertib berlalu lintas, adanya layanan unggulan, seta adanya penagihan melalui surat-surat perpajakan.
Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Pada PT. Taspen Indonesia (Persero) Dessy Nataliana Raubet; Soesi Idayanti; Kanti Rahayu
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.115

Abstract

Suatu perusahaan negara dalam menjalankan roda bisnisnya sangat bergantung pada produktivitas perorangan atau tim didalamnya dengan berpegang pada pedoman penerapan tata pengelolaan perusahaan yang baik atau disebut juga dengan Good Corporate Governance (GCG). PT. Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri atau yang disingkat PT. TASPEN (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang menerapkan Prinsip Good Corporate Governance (GCG). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaturan Good Corporate Governance (GCG) dan penerapannya pada PT. Taspen Indonesia (Persero). Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Pendekatan yang digunakan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data salah satunya dengan melalui daring (internet) dan hasil laporan dari media social official account Instagram PT. Taspen, kemudian dianalisa menggunakan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaturan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang diakomodir oleh Indonesia diwujudkan melalui Peraturan Menteri Negara BUMN nomor PER-01/MBU/2011 sebagaimana telah diubah pada PER-09/MBU/2012 tentang Penerapan Tata Kelola Perushaan yang Baik pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penerapan prinsip Good Corporate Governance yang di jalankan oleh PT. Taspen Indonesia (Persero) sudah cukup baik dalam menerapkan prinsip transparency, accountanbility, dan responsibility dengan diperolehnya berbagai penghargaan-penghargaan dan kolaborasi berbagai lembaga untuk menambahkan kapasitas perusahaan.
CSR Sebagai Komitmen Pelaksanaan Prinsip Responsibility Perusahaan Umum Daerah Tirta Bahari Kota Tegal Muhammad Bagas Prasetyo
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.116

Abstract

Aktivitas sebuah perusahaan pasti akan menimbulkan berbagai macam dampak, baik positif maupun negatif. untuk mengatasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh perusahaan maka dibentuklah sebuah peraturan salah satunya berisi mengenai tanggung jawab sosial perusahaan. hal ini bertujuan agar perusahaan peduli dengan lingkungan dan masyarakat sekitanya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji dan menganalisis mengenai CSR di Perusahaan Umum Daerah Tirta Bahari Kota Tegal. (2) Untuk mengkaji dan menganalisis upaya penyelesaian sengketa apabila terjadi pelanggaran CSR. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif-empiris, dianalisa dengan menggunakan dengan metode deskriptif-analisi, yakni prosedur atau cara memecahkan masalah penelitiaan dengan memaparkan keadaan obyek yang diselidiki sebagaimana adanya berdasarkan fakta yang aktual pada saat sekarang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perumda Tirta Bahari Kota Tegal telah melaksanakan program tanggung jawab sosialnya sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Peraturan undang-undang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal.
Problematika Penyelesaian Perjanjian Franchise Yang Tidak Sesuai Kesepakatan Nur Lutfiyani Dewi
Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN) Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen (JURBISMAN)
Publisher : Penerbit dan Percetakan CV. Picmotiv

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61930/jurbisman.v1i1.117

Abstract

Bisnis Franchise adalah tren bisnis masa depan dengan resiko kegagalan yang kecil dimana pertumbuhannya sangat pesat dan memberi warna tersendiri dalam perekonomian Indonesia. Dalam menjalankan bisnis Franchise ini harus ada payung hukum agar para pihak terjamin hak-haknya. Perjanjian franchise merupakan salah satu aspek perlindungan hukum kepada para pihak dari perbuatan yang merugikan pihak lain. Perjanjian franchise merupakan kesepakatan tertulis yang dibuat oleh kedua belah pihak antara pemberi waralaba (franchisor) dan penerima waralaba (franchisee) yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak serta akibat hukum yang harus dipatuhi oleh para pihak. Sebagai contoh perjanjian franchise di Kaf Fried Chicken. Jenis penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji bentuk problematika perjanjian Franchise Kaf Fried Chicken yang tidak sesuai dengan kesepakatan. (2) Untuk mengkaji cara penyelesaian mengenai problematika perjanjian Franchise Kaf Fried Chicken yang tidak sesuai dengan kesepakatan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang menggunakan data primer. Sumber datanya dapat diperoleh melalui observasi, penyebaran angket, wawancara dan partisipasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya bentuk problematika perjanjian Franchise Kaf Fried Chicken mengenai ketidak sesuaian bahan baku dan pesaingan usaha serta penyelesaian problematika perjanjian tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, akademisi, praktisi, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal.

Page 1 of 2 | Total Record : 20