cover
Contact Name
Agung Racmadi
Contact Email
lppm@umitra.ac.id
Phone
+6281262639118
Journal Mail Official
jurnal@umitra.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JMB/about/editorialTeam
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB)
ISSN : -     EISSN : 2745892X     DOI : https://doi.org/10.57084/jmb.v4i1
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) adalah jurnal ilmu hukum yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Mitra Indonesia. Tujuan dari JMB untuk menyediakan akses terbuka penuh terhadap jurnal dan isinya sebagai bentuk dukungan terhadap pertukaran pengetahuan secara global dengan menjadikan hasil penelitian untuk dapat bebas diakses oleh publik. JMB terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Focus and Scope JMB adalah: Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Keuangan Manajemen Strategi Manajemen Akuntansi Manajemen Operasional Manajemen Perilaku Organisasi Pengetahuan Manajemen Analisis Keuangan Sistem Informasi Manajemen Kewirausahaan Bisnis Ekonomi Bisnis Internasional E-Business Etika Bisnis
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2021)" : 8 Documents clear
Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Bisnis Pada Distro Starcross Di Bandar Lampung Dengan Menggunakan Soft System Methodology vonny tiara narundana; Satrio Sobri Hamid
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.735

Abstract

Abstract The high competition in the distribution business in the city of Bandar Lampung has an impact on the management of Starcross distributions so that the income received fluctuates every month, this makes researchers aim to find out what alternative strategies are suitable for which Starcross distribution is a priority. for Starcross Distros. in Bandar Lampung. This research uses descriptive analysis method and uses Soft System methodology (SSM) and Annalitical Hierarchy Process (AHP) method. The results of this study indicate that there are three sub-criteria for internal factors and two sub-criteria for external factors. The results of the decision making model using AHP show that the Goal at Starcross Bandar Lampung distribution increases sales with the first priority strategy, namely improving brand image through the Community, Promotion through the Word of Mouth, promotion via the internet and following market trends that consumers are interested in. The alternative strategy for the priority distribution of Starcross in Bandar Lampung is to increase the brand image through the community. Keywords: Business Strategy, Annalitical Hierarchy Process (AHP), Soft System Methodology (SSM)
Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawatinap Pada Rumah Sakit Natar Medika Di Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.766

Abstract

ABSTRAKLembaga kesehatan khususnya Rumah Sakit, saat ini berkembang cukup pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Rumah Sakit memiliki peran menyediakan jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan kompetensinya. Rumah Sakit harus dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal agar pasien merasa puas terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Rumah Sakit yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Rumah Sakit Natar Medika di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Indonesia. Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa Rumah Sakit Natar Medika telah memberikan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, namun perkembangan jumlah pasien berfluktuasi dengan peningkatan yang relatif sangat kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien  terhadap pelayanan rawat inap yang diberikan oleh Rumah Sakit Natar Medika. Penelitian ini menggunakan alat Analisis Tingkat Kesesuaian dan Analisis Diagram Kartesius. Berdasarkan Analisis Tingkat Kesesuaian diperoleh hasil rata-rata Tingkat Kesesuaian sebesar 84,28% dengan katagori sangat sesuai. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kinerja (kualitas pelayanan) yang diberikan oleh Rumah Sakit secara rata-rata sudah sangat sesuai dengan  tingkat kepentingan (kepuasan yang diharapkan) pasien. Dari 20 indikator terdapat 16 indikator dengan katagori sangat sesuai , 3 indikator dengan katagori sesuai, dan 1 indikator dengan katagori cukup sesuai. Berdasarkan Analisis Diagram Kartesius diperoleh hasil: dari 20 indikator, terdapat 4 indikator di Kuadran A (dengan katagori tidak memuaskan), 10 indikator di Kuadran B (dengan katagori sangat memuaskan), 4 indikator di Kuadran C (dengan katagori cukup memuaskan), dan 2 indikator di kuadran D (dengan katagori memuaskan). Jadi secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan rawat inap yang diberikan sudah memberikan kepuasan kepada pasien. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan rawat inap yang diberikan sudah  memberikan kepuasan (dengan katagori memuaskan) kepada pasien pada Rumah Sakit Natar Medika di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Indonesia.Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Analisis Tingkat Kesesuaian, Analisis Diagram Kartesius. 
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PEJUALAN JANGKRIK PADA PERUSAHAAN MAJA FARM DI PESAWARAN
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.729

Abstract

ABSTRACT The Maja Farm company in Pesawaran is engaged in, is an individual company engaged in animal husbandry, namely cricket farming. This company is located in Taman Sari Village, Gedung Tataan District, Pesawaran Regency. The Maja Farm company is currently experiencing problems with a decline in sales value from 2018 of 64.9% and in 2019 the percentage decreased to 30.4%. This research was conducted to analyze suitable marketing strategies to increase sales value at Maja Farm Company in Pesawaran. The analytical tool used in this research is SWOT analysis. From the results of IFAS calculations, the total value is 2.80 and EFAS with a total value of 2.55, from these results in the position where the company is in cell 5, namely the integration strategy through horizontal integration or disruption. From the result of the SWOT matrix combination, the most dominant strategy is SO, with a total of 3.55 and a strategy of ST 2.80. Keywords: Marketing Strategy, Sales, SWOT analysis
Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bandar Lampung) Toton Toton; Senna Enzovani; Bunga Vidya Putri
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.774

Abstract

ABSTRACTProblems in this research was motorcycle sales brand honda beat to PT .Astra Honda Motor experienced fluctuations , sales the highest was in april of 7,03 % , while declining sales the highest was in june of 5,63 %. The problems formulated is whether brand image and prices influential of the decision the purchase motorcycle honda beat in students of the Faculty Business And Economy University Bandar Lampung .Population in this research is students of the faculty business and economy university bandar lampung were 96 respondents , data collection use spss 23.0 version .Based on the results of discussion a conclusion can be drawn that obtained the regression equation is linear multiple of y = 8,018 + 1,084 x1 + 0,459 x2 , value f statistic of 58,608 with significance of 0.000 .Value the coefficients determination 75,4%.Keywords : Brand Image, Price, and Purchase Decision
ANALISIS DISIPLIN DAN BUDAYA KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CABANG DINAS WILAYAH 5 DINAS PENDIDIKAN PROVINSI LAMPUNG Ardansyah Ardansyah; Hepiana Patmarina
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.731

Abstract

Abstract Discipline factor plays a very important role in the implementation of employee work. Discipline enforcement itself affects the behavior of each employee. An employee who has a high level of discipline will continue to work well even without being supervised by superiors. A disciplined employee will not steal work time to do other things that have nothing to do with work. Likewise, employees who have discipline will obey the existing regulations in the work environment with high awareness without any sense of coercion. The research method used in this study is a qualitative research method using a soft system methodology approach. Soft system methodology is a research process which in its implementation uses a systems thinking approach. The results of the research are that the employee discipline is not yet optimal, such as violations of the provisions of working hours, the low sense of devotion, awareness and responsibility for official duties, the provision of services to the community that is still not optimal, the use of uniforms that are not in place, violations of disciplinary regulations The current work culture has not shown anything positive in improving employee performance, such as: Lack of communication between employees with superiors and fellow coworkers, there are still employees who are impolite towards fellow employees and superiors, Lack of leadership role in providing encouragement and employee motivation, the implementation of the organization's vision and mission has not been maximized. The recommendation is that the researcher hopes that the research results can be useful for researchers to add scientific insight to researchers regarding human resource management related to the application of discipline and an ideal work culture to improve employee performance. Then it is expected to be a material for consideration and evaluation for the Branch Office of the Regional 5 Education Office of the Lampung Province in implementing discipline and an ideal work culture for its employees by carrying out a series of appropriate and effective policies and decisions. Keywords: Discipline, Work Culture
Pengaruh Kondisi Fisik, Fasilitas, Lokasi, dan Harga Terhadap Kepuasan Pemilik Rumah di Perumahan Permata Indah Sukarame-Bandar Lampung Jeny Puspita
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.715

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kondisi fisik, fasilitas, lokasi dan harga terhadap kepuasan pemilik rumah di Perumahan Permata Indah Sukarame di Bandar Lampung.Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 77 orang responden yang merupakan warga Perumahan Permata Indah Sukarame di Bandar Lampungsebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung  dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada warga Perumahan Permata Indah Sukarame di Bandar Lampung. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kondisi fisik (X1), fasilitas (X2),lokasi (X3) danharga (X4) terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pemilik rumah (Y) adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 20.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5% dan n = 77 diperoleh t tabel sebesar = 1,99346. Sedangkan t hitung untuk kondisi, untuk lokasi sebesar 8,671, dan untuk harga 3,541 (t hitung t tabel) maka disimpulkan bahwa secara parsial kondisi fisik, fasilitas,lokasi  danharga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemilik rumah di Perumahan Permata Indah Sukarame di Bandar Lampung.Dengan uji F Tingkat signifikansi menggunakan 0,05 (∂ = 5%) maka diperoleh F tabel sebesar 2,50. Sedangkan berdasarkan output olah data diperoleh F hitung sebesar 489,812,  karena F hitung dari F tabel maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama ada pengaruh signifikan antara variabel bebas (kondisi fisik, fasilitas, lokasi  dan harga) terhadap variabel terikat (kepuasan pemilik rumah) di Perumahan Permata Indah Sukarame di Bandar Lampung. Kata kunci: Kondisi Fisik, Fasilitas, Lokasi, Harga, Kepuasan Pemilik Rumah
ANALISIS IMPLEMENTASI PENGELOLAAN TRANSAKSI NON TUNAI TERHADAP GOOD GOVERNANCE PADA PEMERINTAH KOTA METRO Habiburrahman Habiburrahman; Herry Soedarsa Goenawan Soedarsa; Winarni Winarni
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.730

Abstract

Abstract The Metro City Government began implementing a non-cash transaction system in early 2017 in accordance with the Metro Mayor's Instruction Number 3 of 2017 concerning the Implementation of Non-Cash Transactions within the Metro City Government in realizing technology-based good governance For the sake of creating accountability, transparency, effectiveness and budget efficiency in government. The method of data collection in this study was through observation, interviews, questionnaires and documentation and qualitative analysis. The results showed that the hypothesis: "Non-cash transactions have a significant effect on good governance in Metro City" is accepted. Whereas the procedure for implementing non-cash transactions in the implementation of government spending at the Metro City Government has been implemented in stages based on the Circular of the Minister of Home Affairs No. realizing the principles of good governance, namely the principles of accountability, transparency, effectiveness and efficiency. In addition, it is related to the principle of transparency in the implementation of local government spending, every transaction becomes real time. The track record of transactions and all transactions can be easily traced and monitored by looking at the bank statement. While on the principle of effectiveness and efficiency, this non-cash transaction can be right on target, effective and timely Keywords: Non-Cash Transactions, Good Governance 
Lingkungan Kerja Fisik Dan Disiplin TerhadapProduktivitas Kerja (Kasus Karyawan Produksi PT.KMALampung) AK Yohanson; Lukmanul Hakim; Sindi Puspito Sari
Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57084/jmb.v2i2.716

Abstract

AbstrakStudi Penelitian ini bertujuan untuk melihat kajian produktivitas kerja yang dipengaruhi dari sisi lingkungan fisik dan disiplin terhadap karyawan bagian produksi pada PT.Konverta Mitra Abadi Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yakni berupa wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 karyawan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Uji persyaratan instrument menggunakan uji validitas,uji reliabilitas. Uji persyartan analisis data yang digunakan uji linearitas, uji multikolineartias. Metode analisis data yang digunakan regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis mengguanakan uji t dan uji F. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja Fisik berpengaruh terhadap Produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada PT.Konverta Mitra Abadi Lampung sebesar 68,2%. Disiplin kerja berpengaruh pada Produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada PT.Konverta Mitra Abadi Lmapung sebesar 86,5%. Dan secara Simultan sebesar 88,7%.

Page 1 of 1 | Total Record : 8