cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jip@uii.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaliurang Km. 14, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. 55584
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi)
JIP is presented to encourage and facilitate the publication of the result of the research in psychology that uses the intervention. 1. Social Psychology 2. Clinical Psychology 3. Educational Psychology 4. Industrial and Organisational Psychology 5. Islamic Psychology
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2013)" : 10 Documents clear
Syukur dalam Wacana Psikologi Fuad Nashori
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan Syukur Penduduk Miskin Melalui Intervensi Pelatihan Syukur di Surakarta Fadjri Kirana Anggarani; Tri Rejeki Andayani; Nugraha Arif Karyanta
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art1

Abstract

Penelitian ini bermaksud menguji efektivitas pelatihan syukur untuk meningkatkan kebersyukuran penduduk miskin di Surakarta. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah penduduk miskin yang mengikuti pelatihan syukur lebih tinggi kebersyukurannya dibanding penduduk miskin yang tidak mengikuti pelatihan syukur. Subjek penelitian ini adalah warga penduduk miskin dari suatu wilayah RT di Surakarta berjumlah 19 orang. Desain penelitian kuasi eksperimen ini adalah pretest-posttest control group design dengan kelompok eksperimen 10 orang yang diberi pelatihan syukur sebanyak 4 kali dan kelompok kontrol 9 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui modul pelatihan dan Gratitude Resentment and Appreciation Test (GRAT). Berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Sample T Test diperoleh t hitung 3,870 > t tabel 1,740 dan p 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil perhitungan uji Paired Sample T Test diperoleh t hitung 4,294 > t tabel 2,262 dan p 0,002 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pelatihan syukur berpengaruh terhadap peningkatan kecenderungan syukur pada penduduk miskin di Surakarta.
Pelatihan Kepemimpinan Kenabian untuk Meningkatkan Komitmen Mengajar Guru Ela Minchah Laila Alawiyah; Sukarti Sukarti; Ratna Syifa’a Rachmahana
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Pelatihan Kepemimpinan Kenabian dapat meningkatkan komitmen mengajar guru, 22 subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SDIT “H” Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah The one Group Pretest-postest Design. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian yaitu pelatihan kepemimpinan kenabian dapat meningkatkan komitmen mengajar guru SDIT “H”, ditunjukkan dari perbandingan komitmen mengajar guru sebelum pelatihan (pretest) dan setelah setelah pelatihan (pascates) diketahui nilai Sig 0,000 (nilai sig < 0,05). Hal ini berarti hipotesis diterima yaitu ada perbedaan komitmen mengajar guru yang signifikan antara sebelum pelatihan (pretest) dan setelah pelatihan (pascates), kemudian komitmen mengajar guru dilihat lagi hasilnya satu bulan setelah pelatihan (follow up) diketahui nilai Sig 0,006 (nilai Sig < 0,05). Hal ini berarti hipotesis diterima yaitu ada perbedaan komitmen mengajar guru yang signifikan antara sebelum pelatihan (pretest) dan satu bulan setelah pelatihan (follow up). Komitmen mengajar guru setelah pelatihan kepemimpinan kenabian (pascates) dan satu bulan setelah pelatihan (follow up) diketahui nilai Sig 0,426 (nilai Sig > 0,05). Hal ini berarti hipotesis ditolak yaitu tidak ada perbedaan komitmen mengajar guru yang signifikan setelah pelatihan (pascates) dengan satu bulan setelah pelatihan (follow up). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelatihan kepemimpinan kenabian dapat meningkatkan komitmen mengajar guru SDIT “H”.
Pelatihan Dukungan Sosial untuk Meningkatkan Optimisme dan Kemandirian Penyintas Lahar Dingin Merapi Yogyakarta Nuristighfari Masri Khaerani; Mustadin Mustadin; Sara Palila
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dukungan sosial dalam meningkatkan optimisme dan kemandirian pada penyintas lahar dingin erupsi Merapi. Desain eksperimen adalah pretest-postest group design dengan 10 partisipan. Data diperoleh dari skala optimisme Seligman dan skala kemandirian Masrun dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dukungan sosial berpengaruh positif pada kemandirian namun tidak berpengaruh pada optimisme pada pinyintas lahar dingin erupsi merapi.
Efikasi Diri untuk Meningkatkan Optimisme terhadap Pencapaian Karir Karyawan Pkwt Perusahaan X Rocky Valentino; Fathul Himam
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan optimisme pencapaian karir melalui pelatihan efikasi diri pada karyawan PKWT Perusahaan X. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada peningkatan ptimisme pencapaian karir karyawan setelah diberikan pelatihan dengan konsep efikasi diri. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest and posttest. Subjek penelitian ini adalah karyawan PKWT Perusahaan X berjumlah 50 responden, terdiri dari 29 laki-laki dan 21 perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah Angket optimisme pencapaian karir pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Rottinghaus, Day, dan Borgen (2005) dan Angket efikasi diri dengan mengacu pada aspek-aspek yang dituliskan oleh Bandura (1982, 1993, 1997, 2006). Metode Analis data yang digunakan paired sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan optimisme pencapaian karir sebelum dan sesudah diberikan pelatihan efikasi diri.
Pengaruh Pelatihan Dzikir terhadap Peningkatan Kebermaknaan Hidup pada Mahasiswa Wahyu Kurniawan; Rahma Widyana
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dzikir terhadap peningkatan kebermaknaan hidup pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada perbedaan kebermaknaan hidup antara subjek yang mendapatkan pelatihan dzikir dan subjek yang tidak mendapatkan pelatihan dzikir. Subjek yang mendapatkan pelatihan dzikir akan mengalami peningkatan kebermaknaan hidup lebih tinggi daripada subjek yang tidak mendapatkan Pelatihan Dzikir. Subjek dalam penelitian sebanyak 12 orang mahasiswa remaja akhir. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 6 orang subjek sebagai kelompok eksperimen, dan 6 orang subjek sebagai kelompok kontrol. Penempatan subjek dalam kelompok dilakukan secara random. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest control group design. Pengukuran pre test dan post test menggunakan Skala Kebermaknaan Hidup. Metode analisis yang digunakan adalah analisis non parametrik (Mann-Whitney Test). Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol diketahui nilai t sebesar = 0,046 (p<0,05). Berdasarkan analisis tersebut berarti ada perbedaan peningkatan kebermaknaan hidup antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga hipotesis diterima.
Musik Jawa untuk Mereduksi Stres pada Mahasiswa Junaidi Abdullah; Cahyaning Suryaningrum; Susanti Prasetyaningrum
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui apakah musik daerah khususnya musik Jawa dapat mereduksi tingkat stres pada mahasiswa. Rancangan penelitian ini menggunakan One Group Pre and Posttest Design. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa sebanyak 9 mahasiswa dan diperoleh dengan cara purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala stres dan SUDS (subjective units of distress scale). Hasil penelitian menunjukkan nilai (t) = 6,214 dan nilai (p) = 0,000 dimana hasil tersebut menyatakan bahwa ada penurunan skor stres yang signifikan pada mahasiswa sebelum dan sesudah mendengarkan musik Jawa 
Teknik Pengelolaan Diri Perilakuan dalam Menurunkan Kecanduan Internet pada Mahasiswa Yogyakarta Annisa Mutohharoh; Erika Setyanti Kusumaputri
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari teknik pengelolaan diri perilakuan dalam menurunkan kecanduan internet. Subjek penelitian dalam eksperimen ini sebanyak 7 orang mahasiswa. Karakteristik subjek di antaranya : 1) Durasi penggunaan internet antara 8 – 38 jam perminggu atau 2 – 5,5 jam perhari, dan 2) Memiliki kecanduan internet sedang ditunjukkan dengan skor antara 66-88. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa teknik pengelolaan diri perilakuan selama empat kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecanduan internet. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed-Rank Test untuk menguji beda skor dari dua sampel yang berpasangan yaitu data prates dan pascates pada kelompok eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa teknik pengelolaan diri perilakuan memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kecanduan internet pada mahasiswa (p=0,028).
Pengaruh Pelatihan Goal Setting terhadap Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Dewi Lutfianawati; R. Sumedi Priyana Nugraha; Ratna Syifa’a Rachmahana
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal setting pada motivasi belajar bahasa Inggris siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas XIIA SMK “X” Sleman, yang dibagi menjadi 13 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 13 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi belajar bahasa Inggris, wawancara dan observasi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre postcontrol group design. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisiskuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan uji Mann-Whitney untuk mengetahui motivasi belajar bahasa inggris siswa setelah diberipelatihan goal setting. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan observasi, wawancara dan lembar kerja. Hasil penelitian yaitu pada pre test dan post test motivasi belajar bahasa Inggris menunjukkan ada peningkatan setelah diberi pelatihan dengan nilai Z= -4.359, P=0.000, P<0,05. Pada pre test dan follow up motivasi belajar bahasa Inggris menunjukkan ada peningkatan setelah dua minggu diberi pelatihan dengan nilai Z= -2.500, P=0.012, P<0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XII SMK “X”.
Pengaruh Pelatihan Outbound terhadap Peningkatan Kohesivitas Tim Tenaga Kependidikan Nur Pratiwi Noviati; Nidya Pratiwi Zipi
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 5 No. 2 (2013)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art9

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pelatihan terhadap kohesivitas tim. Subjek penelitian terdiri atas 25 orang tenaga kependidikan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model rancangan prates dan pascates dengan menggunakan kelompok eksperimen (one-group pretest-posttest design). Subjek penelitian diberi perlakuan berupa pelatihan dengan metode outbound training. Pengukuran dilakukan sebelum pelatihan berlangsung dengan menggunakan 45 pernyataan yang terdapat dalam skala kohesivitas tim dan satu bulan setelah perlakuan. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan memberikan pengaruh terhadap kohesivitas tim. Terdapat peningkatan kohesivitas tim setelah diberi pelatihan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10