cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jip@uii.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaliurang Km. 14, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. 55584
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi)
JIP is presented to encourage and facilitate the publication of the result of the research in psychology that uses the intervention. 1. Social Psychology 2. Clinical Psychology 3. Educational Psychology 4. Industrial and Organisational Psychology 5. Islamic Psychology
Articles 208 Documents
AGAMA DAN ILMU PENGETAHUAN Fuad Nashori
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efektivitas Thinking For A Change terhadap Peningkatan Regulasi Diri Warga Binaan Pemasyarakatan Kasus Penipuan Eneng Nurlaili Wangi; Annisa Walastri
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenai seberapa efektif Thinking For a Change (TFAC) terhadap self regulation pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kasus penipuan di LAPAS Wanita Kelas IIA Bandung. Fokus TFAC adalah mengubah pikiran dan keyakinan WBP yang disfungsional menjadi fungsional. Penelitian ini mengunakan metode Quasi Experiment dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Regulasi diri diukur dengan menggunakan skala self regulation rancangan Miller dan Brown yang terdiri atas tujuh aspek, yaitu Receiving, Evaluating, Triggering, Searching, Formulating, Implementing dan Assessing. Berdasarkan uji validitas alat ukur, diperoleh 48 item valid dengan tingkat realibilitas sebesar 0,898. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang WBP kasus penipuan di LAPAS Wanita Kelas IIA Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan intervensi, terjadi peningkatan self regulation dari rendah ke sedang pada subjek penelitian dengan besar perubahan rata-rata 33,22%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemberian Thinking For a Change (TFAC) terbukti efektif dalam meningkatkan self regulation pada WBP kasus penipuan di LAPAS Wanita Kelas IIA Bandung.
Efektivitas Shalat Tahajud dalam Mengurangi Tingkat Stres Santri Sabiq M. Azam; Zaenal Abidin
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas shalat tahajud dalam menurunkan stres Santri Pondok Islam “Y” Bekasi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretest posttest control group design. Hipotesis penelitian ada 2, yang pertama ada penurunan tingkat stres individu setelah melakukan shalat tahajud dibandingkan dengan sebelum melakukan shalat tahajud, dan hipotesis kedua adalah tingkat stres santri yang melakukan shalat shalat tahajud lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukan shalat tahajud. Sampel penelitian ini sebanyak 30 santri, yang terdiri atas 15 santri pada kelompok eksperimen dan 15 santri pada kelompok kontrol. Metode penggalian data dengan menggunakan satu skala psikologi yang terdiri atas 2 aspek yaitu biologis dan psikologis. Hasil uji validitas pada skala stres terdapat 44 aitem valid (α = 0,953), dan analisis data menggunakan paired t test dan independent sample test. Hasil prates dan pascates kelompok eksperimen didapatkan nilai t hitung sebesar 10,821 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05), yang berarti ada penurunan tingkat stres individu setelah melakukan shalat tahajud dibandingkan dengan sebelum melakukan shalat tahajud. Hasil pengujian pascates antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol didapatkan t hitung sebesar -5,042 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti tingkat stres santri yang melakukan shalat shalat tahajud lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukan shalat tahajud. Jadi shalat tahajud terbukti sangat efektif dapat mengurangi tingkat stres santri di Pondok Islam “Y” Bekasi Jawa Barat.
Pengaruh Pelatihan Shalat Khusyuk untuk Mengendalikan Perilaku Seksual Pranikah pada Mahasiswa yang Berpacaran Patricia Intan Suri; Koentjoro Koentjoro
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan shalat khusyuk untuk mengurangi perilaku seksual pranikah pada mahasiswa yang berpacaran di Universitas X. Pelatihan shalat khusyuk adalah upaya penyadaran dan latihan shalat dengan khusyuk untuk mengembalikan kesadaran jiwa sehingga menjadi jiwa yang tercerahkan dan mampu mengendalikan dorongan negatif, seperti nafsu seksual pranikah. Penelitian ini merupakan penelitian action research dengan peserta penelitian terdiri atas 4 orang mahasiswa yang berusia antara 19 hingga 21 tahun. Efektivitas intervensi dievaluasi dengan metode kuantitatif dan analisis deskriprif berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen one-group pretest-posttest design, dengan analisis prates – pascates. Sebelum pelatihan, peserta menerima skala perilaku seksual pranikah dan skala shalat khusyuk untuk skrining peserta pelatihan. Data penelitian dianalisis dengan wilcoxon signed rank. Hasil dari penelitian ini adalah ketika prates dan pascates memiliki nilai Z sebesar -1.826 dengan sig 0,068 (nilai sig > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna tingkat perilaku seksual pranikah subjek sebelum dan sesudah diberikan pelatihan shalat khusyuk. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan shalat khusyuk memiliki pengaruh dalam mencegah perilaku seksual pranikah pada mahasiswa yang berpacaran di Universitas X.
Penggunaan Storytelling untuk Meningkatkan Kesiapan untuk Berubah pada Karyawan Endang Veronica Br Silangit; Haryanto FR
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan storytelling mampu meningkatkan kesiapan untuk berubah karyawan. Storytelling digunakan untuk menyampaikan lima komponen pesan perubahan pada karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan industri telekomunikasi wilayah Yogyakarta. Subjek dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana masing-masing kelompok berjumlah 10 orang. Kelompok eksperimen diberikan storytelling sebanyak lima kali pertemuan, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Rancangan eksperimen menggunakan untreated pretest-posttest control group design (Shadish, Cook & Campbell, 2002). Data yang diperoleh dianalisis melalui uji Wilcoxon Signed‐Rank Test. Hasil menunjukkan bahwa storytelling efektif untuk meningkatkan kesiapan untuk berubah (z = -2.197, p< 0,05).
Peningkatan Produktivitas Kerja dengan Model Kepemimpinan Profetik Ahmad Yasser Mansyur
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art6

Abstract

Wacana gaya kepemimpinan profetik dalam kajian ini merupakan konsep kepemimpinan mutakhir yang dapat menjadi bahan kajian penting untuk mengembangkan teori kepemimpinan bersifat intrinsik. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model gaya kepemimpinan profetik (GK-pro) terhadap personal prophetic leadership dan produktivitas kerja. Aspek demografi turut diuji untuk mengetahui perbedaannya dalam variabel yang dikaji. Dengan menggunakan pendekatan eksperimen penelitian ini mengikutkan 31 karyawan BMT dan Koperasi Syariah di Makassar. Hasil kajian menunjukkan pelatihan GK-pro dapat meningkatkan nilai personal prophetic leadership dan produktivitas kerja karyawan. Variabel-variabel yang dikaji didapati mempunyai perbedaan dari aspek demografi. Selain itu, kajian ini menghasilkan satu konsep kepemimpinan intrinsik berasas syariah yang bermanfaat bagi pengembangan kajian Psikologi Islami.
Pengaruh Pelatihan Relaksasi Zikir terhadap Peningkatan Kesejahteraan Subjektif Istri yang Mengalami Infertilitas Dina Wahyunita; Tina Afiatin; RA. Retno Kumolohadi
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan relaksasi zikir terhadap peningkatan kesejahteraan subjektif istri yang mengalami infertilitas. Pelatihan relaksasi zikir adalah pelatihan yang menggunakan konsep relaksasi zikir dari Maimunah (2011) yang terdiri atas materi infertilitas, materi relaksasi zikir, praktek relaksasi zikir, diskusi pengalaman, dan self monitoring. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang istri yang mengalami infertilitas primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kesejahteraan subjektif, wawancara, dan observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelatihan relaksasi zikir terhadap peningkatan kesejahteraan subjektif pada kelompok penelitian sebelum diberikan pelatihan dan setelah diberikan pelatihan. Analisis kualitatif dilakukan berdasarkan hasil observasi, wawancara, lembar kerja. Hasil penelitian, yaitu semua aspek pada kesejahteraan subjektif menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada istri yang mengalami infertilitas sebelum mendapatkan pelatihan relaksasi zikir dengan setelah mendapatkan pelatihan dengan nilai Z=-1,826, p=0,034 (p<0,05), r=-0,913. Hasil estimasi effect size mengindikasikan bahwa pelatihan relaksasi zikir memiliki a large effect terhadap aspek kepuasan hidup, afek positif, dan afek negatif karena mampu menjelaskan varian kepuasan hidup, varian afek positif, dan varian afek negatif sebesar 83,36%. Kesimpulan penelitian ini adalah kesejahteraan subjektif istri yang mengalami infertilitas lebih tinggi setelah mengikuti pelatihan relaksasi zikir dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan. Kesejahteraan subjektif istri infertilitas meningkat setelah mengikuti pelatihan relaksasi zikir. Pelatihan relaksasi zikir dapat meningkatkan aspek kepuasan hidup dan aspek afektif pada istri yang mengalami infertilitas.
Program Intervensi Narimo Ing Pandum untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Keluarga Pasien Skizofrenia Noor Hanafi Prasetyo; M.A. Subandi
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 2 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program intervensi Narimo Ing Pandum (NIP) untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis keluarga dengan skizofrenia. NIP dikembangkan berdasarkan nilai-nilai Jawa yaitu kesabaran, kebersyukuran dan narimo. Responden penelitian ini adalah 2 keluarga yang merawat penderita gangguan skizofrenia. Pendekatan penelitian quasi experiment dengan desain kasus tunggal A-B-A design diterapkan dalam penelitian ini. Ada dua instrument yang digunakan, yaitu Skala NIP dan Skala Kesejahteraan Psikologis. Analisis data digunakan Visual inspection dan analisis kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa intervensi NIP dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis keluarga yang merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan skizofrenia. Meskipun dalam tahap tindak lanjut ada sedikit penurunan kesejahteraan psikologis, tapi sikap narimo ing pandum mereka masih stabil.
Pengaruh Berbagi Pengetahuan Perencanaan Karir terhadap Efikasi Diri dalam Membuat Keputusan Karir Eko Imam Santosa; Fathul Himam
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss1.art1

Abstract

Tujuan utama dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui efektivitas berbagi pengetahuan dalam perencanaan karir terhadap peningkatan efikasi diri para pencari kerja dalam membuat keputusan karir. Subjek penelitian adalah 57 orang subjek dengan 30 subjek di kelompok eksperimen dan 27 orang di kelompok kontrol. Kriteria subjek adalah sarjana dengan rentang kelulusan 0 hingga 3 tahun yang memiliki skor CDSE rendah, sedang dan tinggi. Kelompok eksperimen akan mendapat manipulasi sedang kelompok kontrol menjadi waiting list setelah penelitian selesai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan anava campuran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa perencanaan karir dengan menggunakan metode berbagi pengetahuan terbukti secara efektif mampu meningkatkan efikasi diri dalam membuat keputusan karir para pencari kerja (F=22,736; p<0,00) dengan sumbangan efektif sebesar 38,8%. Temuan penelitian dan saran bagi peneliti lain didiskusikan lebih lanjut.
Efektivitas Pengembangan Potensi Diri dan Orientasi Wirausaha dalam Meningkatkan Sikap Wirausaha Anissa L. Kadiyono
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) Vol. 6 No. 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss1.art2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas rancangan program pelatihan pengembangan potensi kewirausaan terhadap kemampuan berwirausaha dapat dilakukan dengan melakukan intervensi pengembangan potensi kewirausahaan siswa. Rancangan program diuji coba pada 147 siswa SMK di Jatinangor. Pelatihan dilakukan melalui metode experiental learning. Pelatihan dilakukan selama 2 hari dengan penekanan pada kemampuan mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakat; mengenali potensi diri, motivasi untuk berprestasi, kreativitas, dan memahami sendi-sendi kepemimpinan; serta menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari. Melalui analisis Sikap terhadap Wirausaha siswa, maka diketahui bahwa kontribusiSelf Esteem yang dimiliki oleh siswa tergolong lebih rendah dibandingkan dengan aspek-aspek lain dalam membangun sikap kewirausahaan, yaitu Achievement, Innovation, dan Personal Control. Diperlukan dorongan dan pengawasan dari lingkungan sebagai upaya dalam mengembangkan potensi kewirausahaan yang dimiliki oleh siswa.

Page 1 of 21 | Total Record : 208