cover
Contact Name
Triyugo Winarko
Contact Email
lppm@umitra.ac.id
Phone
+6281262639118
Journal Mail Official
lppm@umitra.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.umitra.ac.id/index.php/JATSI/about/editorialTeam
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.57084/jatsi.v4i1
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) adalah media publikasi ilmiah yang ditulis oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa di bidang komputer, dll. JATSI menerbitkan makalah penelitian asli, yang direview dan melalui mekanisme secara online. Semua makalah direview setidaknya oleh dua orang reviewer. JATSI diterbitkan dan dicetak oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Mitra Indonesia dan diterbitkan dua kali dalam setiap volume (April dan Oktober) Focus and Scope Focus dan Scope Jurnal : 1. Analysis and Design of Information Systems (Analisis dan Perancangan Sistem Informasi) 2. Android based game (Game Berbasis Android ) 3. E-learning (Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Secara Online atau E-learning) 4. Zakat Calculation Application (Pembuatan Aplikasi penmghitungan Zakat) 5. Sales Information System (Pengembangan Sistem Informasi Penjualan) 6. Learning Media (Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis WEB) 7. Customer Relationship Management (Penerapan Sistem Penjualan dengan E-commerce) 8. Technological Architecture (Penerapan Metode Arsitektur Teknologi)
Articles 38 Documents
Game Mengenal Huruf Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor Untuk Anak Usia 4-7 Tahun saiful isnandar isnandar; budi sutomo; adi prasetia nanda
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam dunia pendidikan, banyak orang tua ingin agar anak-anak dapat mempelajari pelajaran dasar. Salah satu pelajaran dasar tersebut adalah adalah huruf. Namun banyak orang tua mengalami kesulitan saat akan memberikan pengajaran tentang pengenalan huruf karena, anak-anak merasa bosan saat belajar. Oleh karena itu diperlukan program bantu untuk memudahkan dalam belajar mengenal huruf untuk anak usia 4-7 tahun. Aplikasi ini berupa pengenalan huruf, latihan, huruf pisah, dan rangkai kalimat dalam bentuk suara.Aplikasi ini dibangun dan dapat dijalankan pada android. Aplikasi ini dibangun menggunakan MIT App Inventor sebagai editor program.Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan membagikan kuisioner kepada responden. Dari hasil yang diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini dapat membantu responden untuk belajar mengenal huruf. Kata Kunci : Android Mobile, MIT App Inventor, Belajar Mengenal Huruf
E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Mempersingkat Penjualan Hasil Pertanian Ivan Rinaldo; ulfa fitriyani yapan
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 4, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The agricultural sector has an important role in supporting the Indonesian economy. But on the other hand,sometimes many community groups do not benefit due to problems that arise because the distribution chain ofagricultural products are long enough, especially for farmers and consumers (end users). Of course the situationmust be improved, so that the agricultural products of Indonesia can be enjoyed by consumers or farmers withproper.Oneof its effortsisby establishing an e-Commercebasede-Commercesystem in agriculture.E-Commerce based e-Commerce system can be used as an alternative for farmers, used as a media campaign,communication and information and can cut the distribution chain of agricultural products marketing. Thebenefits felt by farmers and consumers directly and indirectly give a positive influence, especially from thebroadermarketingchannelsofagriculturalproductscanincreaseproductiondemandandspurtheprocurementof production among farmers and also the price offered to consumers will be cheaper so that sales in agriculturalproductscanbemore increasedandprofitablefor farmers.
Game Edukasi Mengenal Resep Kue Khas Masyarakat Lampung Berbasis Android yogi andeswari; teuku muhammad fawa'ati; iin marliana
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Edukasi dan pengenalan terhadap resep kue khas masyarakat Lampung sangat diperlukan karena resep kue khas masyarakat Lampung saat ini semakin dilupakan dan juga masih banyak masyarakat Lampung yang kurang mengenal dan mengetahui resep kue tradisional daerahnya sendiri. Kue khas juga merupakan ciri dari suatu daerah, sehingga harus dilestarikan dan diperkenalkan kepada masyarakat.Penelitian ini bertujuan pembuatan game edukasi mengenal resep kue khas masyarakat Lampung yang menyenangkan dan membuat pengguna mudah dalam belajar dan mengingat resep tersebut. Metode yang digunakan penulis dalam perancangan Aplikasi ini adalah metode Prototype karena metode ini merupakan pendekatan terstruktur, Penelitian ini tentunya masih terdapat banyak kekurangan dan hal-hal yang masih perlu dikaji dan dikembangkan kembali. Kata Kunci : Game Edukasi, Resep Kue, Android, Prototype
Pengembangan Aplikasi E-Learning Pada Smk Pelita Bangun Rejo ian harum prasasti; adi prasetia nanda
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK Pelita Bangun Rejoadalah salah satu instansi pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan. Proses belajar mengajar yang ada pada SMK Pelita Bangun Rejobelum memanfaatkan teknologi informasi yang ada, sehingga siswa hanya menerima pelajaran selama jam pelajaran yang ada disekolah berlangsung.Pada penelitian ini dilakukan pengembangan model pembelajaran dengan aplikasi e-learning, yang dibangun berbasis android dengan menggunakan desain user interface (UI) dan user experience (UX) bahasa pemrograman PHP dan model pengembangan sistem agile dengan perancangan UseCase Diagram, Class Diagram, dan Activity Diagram.Berdasarkan pengujian sistem yang telah dibangun dengan pengujian model ISO 9126 hasil persentase penilaian yang diperoleh yaitu, aspek Functionality 100%, aspek Usability 84,50%, aspek Efficiency 86,11%, aspek Reliability 89,72%, dan aspek Portability 100%. Kata Kunci : E-learning, ux, ui, ISO 9126, aspek Efisiensi, Keandalan, aspek Fungsionalitas
PENERAPAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA E-COMMERCE (STUDI KASUS : PT BEESGE ANDALAS PERKASA) apri triansyah triansyah; septian dicky chandra; ian harum prasasti
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pengolahan data terkait data penjualan dan ketersediaan barang yang berjalan saat ini masih menggunakan pencatatan konvensional, yaitu belum adanya suatu sistem yang dapat mengolah data secara otomatis untuk mempercepat proses pengolahan Customer Relation Management (CRM) adalah suatu metode yang digunakan untuk mempermudah proses komunikasi antara konsumen dan perusahaan untuk bertujuan menimbulkan rasa nyaman pada diri konsumen terhadap perusahaan. Salah satu bukti kebutuhan akan sistem yang diinginkan oleh pemilik PT Beesge Andalas Perkasa adalah ingin memiliki suatu sistem yang dapat membantu mempromosikan dan mengenalkan usaha miliknya dan juga meningkatkan penjualan tanpa meski harus membutuhkan biaya yang besar dalam melakukan proses periklanannya.Berdasarkan permaslahan diatas maka penulis terarikuntuk mengangakat judul penelitian “Penerapan Metode Customer Relationship Management PadaE-Commerce (StudiKasus : PT BeesgeAndalas Perkasa)”. Tujuan dari penelitian ini Untuk membantu meningkatkan strategi dan loyalitas dari para pelanggandan meningkatkan daya penjualan yang dimiliki oleh PT Beesge Andalas Perkasa. Kata kunci : E-Commerce, PT Beesge Andalas Perkasa, Customer Relation Management, konvensional
PENGARUHE-COMMERCE DAN PROMOSIDI MEDIASOSIAL TERHADAP KINERJA PEMASARAAN Ulfa Fitriyani Yapan
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Berbagai organisasi terutama organisasi bisnis sudah banyak yang memanfaatkan teknologiinternet.Menggunakanteknologiinternetmerupakancarayanginovatifdalammelakukankegiatanperusahaanuntukmemasukipasardiduniamayayangdisebutsebagaielectroniccommerce(e-commerce).Dengan memanfaatkan teknologi internet, pelaku bisnis dapat melakukan berbagai kegiatan usaha bisnissecara elektronik seperti misalnya transaksi bisnis, berbagi informasi dengan konsumen dan suplier untukmempertahankan hubungan sebelum, selama dan setelah proses pembelian. Tujuan penelitian ini adalahmengetahui pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaranpegadang. Sampel dalam penelitian ini adalahpegadang di Pasar Pagi Kota Tegal yang berjumlah 100orang.Pengolahandatadalampenelitianinimenggunakananalisisregresi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa:1)kemampuane-commerceberpengaruhtidaksignifikanterhadapkinerjapemasaranpegadang,2)promosi di media sosial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran pegadang dan 3)kemampuane-commerce dan promosi di media sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaranpegadang
Rancang Bangun Sistem Informasi Lelang Pakaian Bekas Berbasis Android dicky pratama tenggano; ahmad ikhwan; okta nila sari
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak  Saat ini kebutuhan masyarakat akan jual beli pakaian bekas sangat banyak. Tapi selama ini penerapan jual beli itu hanya melalui social media saja, belum ada aplikasi yang memungkinkan masyarakat untuk menjual atau membeli pakaian bekasnya secara khusus dengan aturan lelang. Tapi tidak sedikit masyarakat yang juga harus menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk pergi ke toko-toko pakaian hanya untuk membeli pakaian saja. Maka disini penulis mengangkat judul “Rancang Bangun Sistem Informasi Lelang Pakaian Bekas Berbasis Android”. Proyek akhir ini bermaksud untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam menjual pakaiannya atau membeli pakaian yang dijual di aplikasi tersebut hanya dari handphone mereka. Kata kunci: Aplikasi Lelang Online, Android, Prototype
PEMBANGUNAN APLIKASI E-COMMERCE PADA COUNTER HANDPHONE BANDAR LAMPUNG Ulfa Fitriyani Yapan; Ivan Rinaldo
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe cellphone sales website is basically presenting an application that is designed into a computerized modeling format that is used to provide online cell phone sales information to the public and to expand the marketing are a which is expected to be able to increase the number of cell phone sales being marketed. From the research analysis carried out, the design of the mobile phone sales application at the web-based Kunci Urip Cell counter uses the SDLC system development method, which is a system whose information system development process starts from the initial concept to the implementation stage and the data collection technique uses observation and interview techniques. Based on the description described, it can be concluded that withth is web site application sales will be more efficient because it will make it easier for customers to make purchases anywhere and anytime without having to come to the counter. And in order to support the smooth running of the work process, there searchers suggest the need to take care of the software (software) and hardware (hardware) in order to keep it safe from damage or computer viruses. Keywords : SDLC, Handphone, Online
Pengembangan Aplikasi E-Learning Pada Smk Widya Yahya Gading Rejo budi sutomo
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK Widya Yahya Gading Rejo adalah salah satu instansi pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan. Proses belajar mengajar yang ada pada SMK Widya Yahya Gading Rejo belum memanfaatkan teknologi informasi yang ada, sehingga siswa hanya menerima pelajaran selama jam pelajaran yang ada disekolah berlangsung.Pada penelitian ini dilakukan pengembangan model pembelajaran dengan aplikasi e-learning, yang dibangun berbasis android dengan menggunakan desain user interface (UI) dan user experience (UX) bahasa pemrograman PHP dan model pengembangan sistem agile dengan perancangan UseCase Diagram, Class Diagram, dan Activity Diagram.Berdasarkan pengujian sistem yang telah dibangun dengan pengujian model ISO 9126 hasil persentase penilaian yang diperoleh yaitu, aspek Functionality 100%, aspek Usability 84,50%, aspek Efficiency 86,11%, aspek Reliability 89,72%, dan aspek Portability 100%. Kata Kunci : E-learning, ux, ui, ISO 9126, aspek Efisiensi, Keandalan, aspek Fungsionalitas
STRATEGI DALAM PEMASARAN ONLINE GUNA MENINGKATKAN HASIL PENJUALAN (Studi Kasus Sambal Seruit Bu Lindi Bandar Lampung) Eva Itma Anna
Jurnal Alih Teknologi Sistem Informasi (JATSI) Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Mitra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Abstrak:Pemasaran online merupakan upaya yang dilakukan sebuah perusahaan untuk mempertahankan usahanya disaat maraknya pengguna media sosial yang mengharuskan masyarakat untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mengurangi aktivitas keluar rumah. Objek dalam penelitian ini adalah Sambal Seruit Bu Lin yangmerupakanusahakulinesambalinstandiKotaBandar Lampung.  Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuidanmenganalisisbagaimanastrategi pemasaran online dalam meningkatkan penjualan melalui segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix. Fokus masalah dalam penelitian ini terkait kendala yang dihadapi, penerapan dan perkembangan penjualan dengan strategi pemasaran online. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dansebagainya.AlatanalisisyangdigunakanyaituSWOTanalysis.Hasilpenelitian menunjukan bahwa pemasaran online efektif untuk meningkatkan penjualan dan melaluiSWOTanalysisdapatdiketahuiadanyapilihanstrategiuntukmeningkatkan penjualan.

Page 1 of 4 | Total Record : 38